Menarik, Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Untuk sekian lamanya, akhirnya Infinix mengeluarkan produk smartphone pertama mereka yang menggunakan 5G. Infinix Zero 5G merupakan ponsel yang berada di segmen mid-range, tawarkan beragam fitur yang membuatnya mampu menyaingi ponsel flagship sekalipun.

Beberapa kekuatan utamanya terletak pada pemilihan chipset Dimensity 900 5G yang sangat unggul. Ada juga kamera telefoto yang membuat pengguna untuk melakukan zoom tanpa kehilangan kualitas.

Anda juga dijamin bisa merasakan kecepatan unduhan yang tinggi dengan HP ini, baik saat gunakan jaringan seluler maupun terhubung dengan WiFi. Semakin penasaran dengan HP Infinix 5G perdana ini? Selami seluk-beluknya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Zero 5G

POCO M4 Pro 5G dan Redmi Note 11 Pro 5G tampaknya kedatangan pesaing HP 5G murah yang sulit dikalahkan dari kubu Infinix. Apa saja kelebeihan Infinix Zero 5G? Simak pada poin-poin di bawah ini.

1. Penggunaan Chipset Dimensity 900 5G yang Menyegarkan

Dimensity-900

Jika biasanya Anda hanya menemukan chipset Helio G series di ponsel Infinix, kali ini Anda ditawarkan sesuatu yang berbeda.

Ya, alih-alih chipset Helio G, Infinix Zero 5G menawarkan Dimensity 900 5G sebagai dapur pacunya. Pilihan yang masuk akal, mengingat tak ada satupun SoC Helio G series yang sudah mendukung 5G (hingga artikel ini ditulis), sehingga wajar jika Infinix keluar dari zona nyamannya.

Selain jaringan 5G, Dimensity 900 juga punya kinerja sekelas HP flagship dengan arsitektur CPU yang unggul. Di dalamnya, terbenam dua big core ARM Cortex A78 berkekuatan 2.05 GHz dan enam little core ARM Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz.

Hadirnya kinerja unggul turut diimbangi dengan ukuran transistor mungil 6 nanometer, sehingga Anda dapat mengekspektasikan efisiensi daya yang tinggi pada chipset ini. Sementara untuk pengolah grafisnya, chipset ini libatkan ARM Mali G68 dengan empat inti berkekuatan 900 MHz.

Tentu kehadiran Dimensity 900 5G menjadi angin segar bagi portofolio Infinix. HP Infinix tercanggih sebelum HP ini merupakan Infinix Zero X Pro yang masih gunakan chipset Helio G96.

Chipset ini dikemas dengan arsitektur ARM Cortex A76 yang notabene tidak lebih unggul dari ARM Cortex A78 pada Dimensity 900. Belum lagi, Helio G96 masih berjalan pada proses fabrikasi 12 nanometer.

Jika menilik dari perbandingan NanoReview, sudah kentara kalau Dimensity 900 5G memang juaranya. Ia meraih skor AnTuTu v9 sebesar 419.352, lebih besar dari Helio G96 dengan skor 332.526.

Lebih lanjut lagi, performa tinggi Infinix Zero 5G juga turut didukung dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR5 dengan memori internal 128 GB pada standar UFS 3.1. Menurut GSM Arena, penggunaan standar UFS 3.1 membuat Infinix Zero 5G tampilkan skor lebih unggul dibanding HP lain dengan chipset yang sama.

Hal ini tercermin pada skor AnTuTu v8 pada Infinix Zero 5G yang meraih 419.083, sedikit lebih unggul dari OPPO Reno6 5G dengan skor 362.450. Diketahui, OPPO Reno6 5G hanya gunakan memori internal berstandar UFS 2.2.

Beralih ke performa gaming di dunia nyata, seorang YouTuber bernama Valor Reviews telah mengujian Infinix Zero 5G pada beragam permainan berat. Sebut saja COD Mobile. Saat menjalankan gim tersebut, ponsel ini berhasil menjaga frame rate agar tetap konstan di 60 FPS terlepas berada di pengaturan grafis High.

Frame rate 60 FPS konstan juga dapat dinikmati saat memainkan PUBG Mobile, berada pada pengaturan grafis HDR - Ultra.

Barulah saat memainkan Genshin Impact, Infinix Zero 5G terlihat agak tersendat karena struggling untuk sekadar meraih 30 FPS pada pengaturan Medium. Jika disetel ke Low, bukan mustahil ponsel akan meraih FPS di atas 30.

2. Dukungan Dual 5G dengan Pita Frekuensi yang Melimpah

infinix zero 5g jaringan 5g_

Karena ini merupakan salah satu HP Infinix pertama yang menggunakan jaringan seluler, jelas banyak pemerhati gadget yang tertarik dengan kinerja 5G tersebut. Apakah betul-betul 5G yang beres, ataukah sekadar gimmick?

Rupanya, Infinix Zero 5G ini hadirkan dukungan Dual SIM 5G (SA + SA) dengan jumlah pita frekuensi yang melimpah yakni n38, n40, n41, n77, n78, n79 pada protokol Sub6 TDD dan n1, n3, n5, n7, n8, n20, dan n28 pada protokol Sub6 FDD.

Di antara ke-13 pita jarinagn tersebut, ada n1, n3, dan n40 yang sudah kompatibel dengan infrastruktur 5G di Indonesia, sehingga besar kemungkinan jaringan 5G di HP ini langsung useable dari pabrikan saat digunakan di Tanah Air.

Seolah tidak cukup, Anda pun bisa menikmati kecepatan unduhan yang dahsyat saat terhubung ke WiFi 5 GHz. Sebab, perangkat sudah mengusung protokol WiFi 6 yang diklaim mampu mencapai hingga 1,2 Gbps. Namun, hal ini tentu bergantung lagi pada ISP dan paket bandwidth yang digunakan.

3. Desain Bodi dengan Build Quality Mantap

infinix zero 5g desain bodi_

Jangan kaget jika saat melihat HP ini, Anda malah justru teringat akan OPPO Find X3 Pro. Pasalnya, cara modul kamera menyatu dengan bodi di HP ini begitu mirip dengan sang HP flagship. Desain yang disebut dengan uniframe ini menyebabkan hilangnya ujung-ujung pada camera bump, sehingga lebih nyaman saat digenggam.

Bahan materai yang digunakan HP ini merupakan plastik, namun Infinix merancangnya agar mampu menyerupai tampilan dan sensasi sentuhan kaca. Berdasarkan informasi yang didapat dari GSM Arena, bahannya memang benar terasa seperti kaca. Namun justru itulah yang membuatnya jadi sarang noda sidik jari dan juga cukup licin saat digenggam.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram