Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro Max Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Apple lagi-lagi berhasil mencuri perhatian warganet pecinta gadget berkat perilisan iPhone 13 series. Banyak yang kerap memuji kehebatan iPhone karena menawarkan pengalaman pengguna yang solid dan lancarnya bernavigasi tanpa lag sama sekali.

Pada tahun 2021, iPhone 13 series pun dirilis pada beberapa varian yakni iPhone 13 reguler, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan terakhir adalah iPhone 13 Pro Max. Masing-masing menawarkan berbagai hal yang berbeda sesuai dengan budget dan kebutuhan penggunanya.

Walau keempatnya hadirkan daya tarik tersendiri, hanya iPhone 13 Pro Max lah yang memiliki semuanya. Mulai dari performa yang lebih baik, layar dengan fitur beragam, hingga ketahanan baterai yang lebih awet. Untuk lebih jelasnya soal HP ini, sebaiknya Anda simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari iPhone 13 Pro Max berikut ini.

Spesifikasi Apple iPhone 13 Pro Max

Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4352 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Apple iPhone 13 Pro Max

Setidaknya, iPhone 13 Pro Max memiliki 7 kelebihan utama yang membuatnya layak dimiliki. Yuk, simak poin-poin kelebihan di bawah sebelum membeli!

1. Kinerja Chipset yang Tidak Tertandingi

A15 Bionic

Ada satu hal yang selalu bisa diandalkan dari produk Apple, salah satunya adalah performa. Dari tahun ke tahun, iPhone selalu dibekali dengan chipset yang tangguh dan mengalahkan berbagai pesaingnya dengan mudah.

Kali ini, iPhone 13 Pro Max dibekali dengan chipset A15 Bionic yang merupakan kombinasi antara enam inti. Keenam inti tersebut adalah dua buah unit Avalanche berkekuatan 3.223 GHz serta empat inti Blizzard yang berlari pada frekuensi 1.82 GHz.

Chipset tersebut mengusung proses fabrikasi 5 nanometer dengan TDP (Thermal Design Power) sebesar 6W untuk efisiensi baterai yang lebih ditingkatkan lagi. Apple A15 Bionic juga turut mebyuguhkan GPU (Graphical Processing Unit) dengan 5 inti yang diklaim 50% lebih tangguh dari chipset smartphone lain manapun.

Chipset yang juga turut digunakan oleh Appe iPad Mini generasi 2021 ini mengandung 15 miliar transistor dan disertai dengan perangkat jaringan neural yang disebut sebagai Superfast Neural Engine.

"Mesin saraf" tersebut terdiri dari 16 inci dan mampu menjalankan sebanyak 15,8 triliun proses komputasi. Apple menyebut bahwa hal ini memungkinkan adanya fitur mode sinematis, Smart HDR 4, dan masih banyak lagi.

Hasil Benchmark AnTuTu v9

Dilansir dari laman resmi AnTuTu.com, iPhone 13 Pro Max menempati urutan ketiga, hanya dikalahkan oleh iPad Pro 5 (12,9 inci) dan iPad Pro 5 (11 inci) di mana keduanya mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 1 jutaan. Wajar saja, iPad Pro 5 memang menggunakan chip Apple M1 yang tenaganya sudah setara dengan laptop dan MacBook.

Untuk iPhone 13 Pro Max sendiri, hasil skor total yang didapatnya adalah 854218 poin. Besaran skor ini bahkan lebih tinggi dibandingkan beberapa HP gaming Android yang menempati urutan tertinggi seperti ASUS ROG Phone 5 (822290) dan nubia Red Magic 6 Pro (825145). Diketahui, kedua ponsel gaming ini diotaki oleh Snapdragon 888.

Pengujian Performa Game

Menurut sebuah video pengujian di YouTube oleh MetalPhoenix45, iPhone 13 Pro Max bahkan mampu menjalankan Dolphin Emulator (Smash Bros.) dengan frame rate stabil di angka 60 FPS. Kuatnya performa HP ini turut didukung oleh YouTuber Dame Tech, yang berhasil menjalankan permainan Genshin Impact pengaturan grafis tertinggi tanpa terlihat lag sama sekali.

2. Ketahanan Baterai yang Luar Biasa Tangguh

Ya, iPhone 13 Pro Max memang memiliki fitur ProMotion yang dapat mengubah refresh rate layar menjadi 120 Hz. Ini umumnya menguras banyak baterai, sehingga mempengaruhi ketahanan baterai secara keseluruhan.

Namun, untungnya Apple memiliki solusi untuk menghindari masalah tersebut yakni dengan menyesuaikan refresh rate berdasarkan jenis konten yang sedang dinikmati.

Di saat sedang membuka ebook yang cenderung tidak membutuhkan banyak pergeseran layar, refresh rate yang diaktifkan adalah 10 Hz saja. Namun saat memainkan game tertentu yang mendukung laju penyegaran tinggi, refresh rate yang aktif adalah 120 Hz.

iPhone 13 Pro Max juga memiliki ketahanan baterai lebih baik dibandingkan varian iPhone 13 lainnya, yakni hingga 2,5 jam lebih awet. Kapasitas baterai yang dimilikinya sebesar 4352 mAh atau 16,75 Whr.

GSMArena menyebutkan bahwa iPhone 13 Pro Max memiliki ketahanan baterai yang jauh meningkat dibandingkan iPhone 12 Pro Max yang dirilis pada tahun 2020. Contohnya saja seperti saat beraktivitas pemutaran video offline, ponsel ini bisa bertahan selama 24 jam, alias 9 jam lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya.

Sumber yang sama juga menyebut bahwa endurance rating ponsel ini mencapai skor 121 jam, lebih tinggi dibandingkan iPhone 12 Pro Max (95 jam), Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (114 jam), dan Xiaomi Mi 11 Ultra (95 jam).

3. Ukuran Layar Paling Besar, Mendukung ProMotion 120 Hz

Secara spesifikasi dasar, iPhone 13 Pro Max mengemas layar dengan panel Super Retina XDR OLED yang mengemas sertifikasi HDR10 dan menampilkan standar kualitas Dolby Vision. Di ukuran bentang layarnya yang sebesar 6,7 inci, Apple memberikan resolusi 1284 x 2778 piksel pada aspek rasio 19,5:9 pada kerapatan 458 ppi.

Di saat sedang menikmati konten HDR, baik itu foto ataupun video, layar mampu memberikan kecerahan hingga mencapai 1200 nit. Apple juga mengklaim kalau layarnya ini memberikan tingkat kecerahan 25% lebih baik saat digunakan di luar ruangan pada siang hari.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram