carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan iTel Vision1 Pro!

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan iTel Vision1 Pro!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 24 Maret 2021

Berbicara soal ponsel entry-level atau tingkat pemula, tidak bisa lepas dari kehadiran dari iTel. Mengangkat "Join-Enjoy" sebagai filosofi mereknya, iTel memilik misi sebagai penyedia teknologi komunikasi seluler yang ramah di kantong untuk semua orang.

Di tahun 2020, untuk pertama kalinya iTel merambah ke pasar Indonesia dengan mengenalkan dua perangkatnya yakni iTel Vision1 dan iTel Vision1 Plus. Menariknya, kedua ponsel cerdas tersebut menawarkan harga yang terjangkau di kisaran Rp1 jutaan tapi dengan spek tren masa kini.

Seperti vendor posel pintar lainnya, iTel terus mengeluarkan berbagai inovasi untuk bisa bersaing di dunia perponselan. Ini dibuktikan dengan kemunculan produk terbarunya bernama iTel Vision1 Pro. Perangkat dari iTel satu ini hadir dengan pilihan warna Ice Cyristal Blue dan Cosmic Shine.

Sebagaimana diketahui kalau produk tingkat pemula umumnya dipatok dengan harga yang murah, begitu pun pada iTel Vision1 Pro yang dipasarkan pada kisaran 6,499 Rupe atau jika dikonversikan yaitu Rp1,25 jutaan. Di harga segitu kamu bisa mendapatkan pengalaman menjalankan ponsel pintar berbasis sistem operasi Android 10 Go Edition.

Lalu, apa saja kelebihan dari iTel Vision1 Pro? Adakah kekurangan dari ponsel cerdas garapan iTel ini? Mari kita ulas bersama mengenai kelebihan dan kekurangan iTel Vision1 Pro. Namun, sebaiknya terlebih dahulu dapat memperhatikan spesifikasi singkat yang dimiliki oleh iTel Vision1 Pro di bawah ini:

Spesifikasi iTel Vision1 Pro

iTel vision1 Pro Cover
  • Rilis: 2021
  • Layar: 6,5 inci HD+
  • Chipset: Quad-core 1.4 MHz
  • GPU: Mali-T820
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD
  • Kamera Belakang: 8 MP + 0,8 MP +  0,8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-po 4.000 mAh, tidak dapat dilepas

Kelebihan iTel Vision 1 Pro

Di pemaparan tentang kelebihan iTel Vision1 Pro, Carisinyal hanya ingin mengajak kamu untuk tidak terlalu berekspektasi tinggi pada perangkat ini. Jadi, mohon dimaklumi mengingat ponsel pintar ini termasuk ke jajaran entry-level. Yuk, langsung saja kita bahas satu persatu!

1. Baterai yang Cukup Mumpuni

4000mah

Mengulik soal kapasitas baterai, iTel Vision1 Pro menyematkan ukuran sesuai standar ponsel pintar zaman now, Li-Po 4000 mAh. Meski tidak ada peningkatan dari pendahulunya yakni Tel Vision1 dan iTel Vision1 Plus, tetapi dengan kapasitas baterai tersebut memungkinkan perangkat dapat bertahan lama.

Dihimpun dari BGR, iTel Vision1 Pro mengklaim kekuatan daya baterai dapat bertahan selama 24 jam dalam penggunaan rata-rata, 32 jam untuk mendengarkan musik, tujuh jam untuk memutar video, dan enam jam lamanya dalam menjalankan aplikasi gaming atau permainan.

Kemampuan super pada baterainya ini tidak lain karena ditopang dengan adanya AI Power Master, memungkinkan iTel Vision1 Pro mampu bekerja 10% lebih efektif. Fitur ini juga dapat menghentikan temporer perangkat lunak yang tidak aktif dan secara bersamaan mengurangi caching pada memori berlebihan agar daya tidak boros.

2. Berbagai Sensor pada Sistem Keamanan

itel vision kamera

Sebuah ponsel pintar tentunya harus mempresentasikan dari kepintarannya dalam berbagai aspek, tidak terkecuali yaitu sistem keamanan. Dalam sistem keamanan, hal yang paling penting diperhatikan pada sebuah ponsel yakni privasi. Kini banyak vendor ponsel pintar berlomba-lomba menawarkan perangkatnya dengan sistem keamanan yang selektif untuk menjaga privasi penggunanya.

Salah satunya adalah iTel Vision1 Pro yang menyuguhkan berbagai sensor pada para penggunanya mulai dari sidik jari, face unlock, Screen Fill Light, hingga fitur LiveNess Mode. Pada sensor sidik jarinya ditempel di bagian belakang atau cangkang, sehingga tidak mengganggu implementasi layar dengan bezel tipis.

Sementara untuk fitur face unlock memungkinkan iTel Vision1 Pro dapat membuka kunci akses berdasarkan wajah pengguna yang telah teregistrasi. Bisa dikatakan, ponsel ini sudah mendukung teknologi face recognition. Dilanjutkan dengan fungsi Screen Fill Light yang memiliki keahlian membuka perangkat dalam kondisi atau ruangan yang minim cahaya.

Lalu, untuk LiveNess Mode akan memberikan perlindungan keamanan daya yang lebih ketat berkat teknologi bi-detection. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu khawatir kalau ada orang lain yang memakai foto pengguna untuk membuka iTel Vision1 Pro miliknya. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya diminta untuk mengedipkan mata sebagai persetujuan membuka iTel Vision1 Pro.

3. Tampilan Tipis Kekinian

itel Vision 1 Pro bodi

Bagi kamu yang ingin merasakan dan menikmati ponsel pintar dengan ketebalan 8,5 mm, maka tepat sekali jika kamu memilih iTel Vision1 Pro. Selain memiliki desain unibody ultra-efisiensi yang tipis, juga menyuguhkan layar 6,52 inci beresolusi HD+ 1600x720. Layar yang besar ini membuat penggunanya dapat lebih leluasa saat menjelajahi ponsel seperti bermain gim atau menonton video.

Diselimuti kaca 2,5D, membuat wajah iTel Vision1 Pro memiliki tampilan setiap sisinya yang menawan bahkan bila digunakan dengan satu tangan sekalipun. Menawarkan desain lengkung yang halus menjadikan iTel Vision1 Pro sebagai ponsel tertipis produksi iTel sejauh ini. Menarik, pada area cangkang iTel Vision1 Pro memiliki kemampuan untuk mengurangi jejak sidik jari di bodi belakangnya,

4. Serba-Serbi AI pada Kamera

itel vision1 pro camera

Kamera dengan kecerdasan kini tengah menjadi primadona, banyak produsen ponsel pintar mulai menyematkan kecerdasan buatan pada lensa baik kamera depan maupun belakang. Pada kamera iTel Vision1 Pro tentunya dapat merasakan kecanggihan dari kecerdasan buatan ini mulai dari AI Smile Selfie, AI Potrait HDR, AI Face Beauty 3.0, dan AI Bokeh Effect.

Tidak hanya itu, adapun Triple rear camera dan kamera utama 8MP dari iTel Vision1 Pro yang dapat mendukung penambahan kualitas gambar dengan HDR portrait. Kemudian, dihadirkan dengan fitur kekinian yaitu AI Dirty Lens Detection yang memungkinkan sensor kamera dapat terdeteksi dan memberikan informasi ke pengguna di kala lensa kontor.

5. Kehadiran Gallery Go App

Gallery Go Android

Keunggulan Lain yang bisa pengguna iTel Vision1 Pro rasakan yaitu suguhan galeri offline - Gallery Go besutan Google. Terkhusus ponsel yang berbasis Android Go seperti iTel Vision1 Pro, penggunanya dapat menikmati galeri yang cepat dan ringan.


Selain itu, soal penyimpanan gambar atau video di galeri pada perangkat Vision1 Pro akan menjadi lebih lihai dan lebih mudah dalam mencari, mengdatur, serta menyimpan. Pengguna juga bisa lebih mudah dalam menciptakan tampilan foto terbaik menggunakan fitu auto-enchane, sehingga foto yang diedit akan tampak lebih jernih.

6. Opsi RAM dan Ruang Penyimpanan

cara mengecek sensor xiaomi
*

Memiliki ponsel dengan RAM dan Ruang Penyimpanan yang besar saat ini adalah sebuah keharusan, terlebih jika penggunanya sering menyimpan berkas berukuran besar. Soal kapasitas ROM dan RAM tampaknya tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna iTel Vision1 Pro karena telah hadir dengan membawa kapasitas yang cukup besar.

Dalam hal ini sayangnya iTel Vision1 Pro hanya menyediakan dua opsi yakni 32/2 GB dan 32/3 GB. Dengan ukuran RAM dan ruangan penyimpanan sebesar itu, jelas cukup untuk menyimpan dan memasang aplikasi pada perangkat Vision1 Pro

Kekurangan iTel Vision1 Pro

Tidak Hanya kelebihan, ada kekurangan yang hadir di dalam HP ini. Sebelum membeli, sebaiknya kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan berikut ini:

1. Tidak Ada SIM Tray

itel Vision 1 Pro bodi
*

Untuk sebagian orang aspek ini mungkin tidak bisa dibilang sebagai suatu kelemahan, tapi bagi beberapa orang bisa jadi tidak memiliki SIM Tray di samping ponsel adalah sebuah kelemahan pada perangkat seluler masa kini.

Sebagai ponsel pintar keluaran terbaru, iTel Vision1 Pro merancang penempatan SIM Ganda dan microSD nya di bawah cangkang  belakang. Sehingga bagi pengguna yang ingin memasang SIM atau microSD harus terlebih dahulu membuka cangkang perangkat.

Bila mengutip perkataan dari kanal Gadget Max, tidak adanya SIM Tray dan perancangan tata letak slot SIM dan microSD di dalam ponsel mengurangi sisi elegan dari iTel Vision1 Pro. Selain itu, mengingat tipisnya layar dan bagian belakang maka cara membukanya harus super hati-hati agar tidak rusak atau patahnya cangkang.

3. Performa Rata-Rata di Kelasnya

Unisoc

Dioperasikan dengan chipset produksi Unisoc bertipe Spreadtrum SC9832E, platform ini menjadi solusi bagi ponsel pintar 4G dengan fitur dasar atau entry-level seperti iTel Vision1 Pro. Platform tersebut memiliki kinerja yang kuat, integrasi yang baik, dan konsumsi daya listrik rendah.

Namun, dibandingkan dengan ponsel canggih lainnya yang berada di tingkat yang sama bisa dikatakan iTel Vision1 Pro memiliki performa standar. Ini terlihat dengan penggunaan pada chipset-nya yang masih memasang fabrikasi 28 nm, padahal untuk sebuah model yang lahir pada 2020 rerata telah menggunakan chipset fabrikasi 14 nm.

Menurut Gadget Max, performa dari iTel Vision1 Pro tidak lebih baik dari pendahulunya. Selanjutnya, perangkat ini memang bukan sebuah ponsel gaming mengingat chipset-nya memiliki empat buah core berbasis Cortex-A52, akan tetapi untuk penggunaan media sosial sudah lebih dari cukup. Untuk tampilan grafisnya, tampaknya pengguna iTel Vision1 Pro hanya bisa merasakan grafis di tingkat smooth medium, belum mendapatkan pengaturan grafis yang fantastis.

3. Pengisian Daya Baterai Lama

poco m3 fast charging 2

Tidak seperti ponsel pintar entry-level pada umumnya yang lahir zaman saat ini, iTel Vision1 Pro tidak diusung dengan teknologi pengisian cepat atau fast charging. Tentunya hal ini sayang sekali mengingat daya baterai yang ditanamkan sudah besar, tetapi dalam proses pengisian daya masih lelet.

Melihat ulasan video dari saluran Tech With Zaki, proses pengisian yang lama pada iTel Vision1 Pro terbuktikan dengan uji coba. Zaki selaku pemilik saluran tersebut mencoba mengisi daya pada iTel Vision1 Pro yang saat itu baterainya tinggal 4%, setelah dilakukan pengisian baterai selama 30 menit rupanya daya yang masuk baru sekitar 16%.

Simpulan

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari iTel Vision1 Pro. Perangkat ini cocok bagi kamu yang sedang mencari ponsel pintar dengan harga terjangkau, tetapi dengan spesifikasi yang bagus. Namun, untuk kamu yang tengah mendambakan sebuah ponsel gaming sebaiknya pikir dua kali untuk mengambil iTel Vision1 Pro.

Gimana tertarik untuk membelinya? Bila kamu masih ragu memutuskan ponsel mana yang cocok untuk dibeli, bisa mampir ke artikel lain di Carisinyal yang membahas kelebihan dan kekurangan berbagai ponsel pintar dari beragam vendor. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa membaca terkait iTel Vision1 di sini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram