carisinyal web banner retina

Mari Menelisik Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A6000

Smartphone kelas entry level semakin hari semakin canggih saja. Para produsen smartphone tampaknya tidak mau kalah dari Xiaomi yang sukses dengan smartphone murah berspesifikasi wah. Kini, saudara senegara Xiaomi yakni Lenovo mencoba peruntungannya dengan merilis Lenovo A6000.

Lenovo A6000 hadir dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni, mulai dari layar HD, prosesor quad coce, hingga jaringan LTE. Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini hanya dibanderol seharga Rp 1,5 jutaan. Lantas apa sajakah kelebihan dan kekurangan Lenovo A6000 ini? Marik kita review satu persatu komponennya.

Bodi dan Desain

Lenovo A6000 hadir dengan layar 5 inci dan desain yang cukup cantik untuk perangkat entry level. Sayangnya smartphone ini tidak dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 3. Ketiadaan pelindung buatan Corning tersebut tampaknya menjadi imbas dari harganya yang murah.

Cover belakang dari smartphone ini terbuat dari plastik. Cover tersebut dilapisi komponen yang membuatnya terasa seperti karet sehingga tidak akan licin ketika dipegang.  Pada panel sebelah kanan terdapat tombol power dan volume. Sedangkan di panel atas Anda akan menemukan 3.5mm audio jack dan port micro USB.

kelebihan dan kekurangan Lenovo A6000

Pada bagian belakang bawah terdapat Dolby speaker, sedangkan di pojok kiri atasnya terdapat kamera 8Mp plua LED flash. Sementara di panel depan terdapat layar beserta tombol navigasi di bawahnya. Secara keseluruhan smartphone ini memiliki dimensi sebesar 141 x 70 x 8.2 mm dan berat 128 gram.

Prosesor dan fitur

Lenovo A6000 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 410 SoC dengan prosesor 1.2GHz quad-core Cortex A53 dan GPU Adreno 306. Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk menghasilkan performa yang mumpuni, terlebih dengan dukungan RAM sebesar 1 GB.

Dalam pengetesan AnTuTu, smartphone ini mampu menghasilkan nilai 20182 sedangkan dengan Quadrant mencapai angka 1128. Smartphone ini juga tidak memiliki masalah berarti ketika memainkan berbagai game papan atas seperti Asphalt 8.

lenovo a6000 antutu

Berbagai jenis format video juga dapat diputar dengan baik di Lenovo A6000 ini. Hanya saja, video dengan resolusi Full HD 1080p akan sedikit mengalami masalah berupa patah-patah. Secara keseluruhan, performa dari smartphone ini cukup baik dan tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

Memori, Fitur, dan Baterai

Untuk urusan penyimpanan data, smartphone ini menyediakan memori internal sebesar 8GB. Dari kapasitas tersebut 3,33 GB diantaranya sudah digunakan untuk keperluan sistem. Jika masih kurang maka Anda bisa memanfaatkan slot MicroSD yang mampu menampung hingga 32 GB.

Seperti perangkat entry level lainnya, Lenovo A6000 juga menyediakan fitur dual SIM. Salah satu kartu SIM tersebut bisa digunakan di jaringan 3G ataupun 4G LTE. Dukungan terhadap jaringan LTE ini tentu menjadi sebuah kelebihan karena saat ini masih jarang ada smartphone murah yang mendukungnya.

Sedangkan untuk baterainya, smartphone ini dilengkapi dengan baterai Li-Po 2300 mAh yang bisa dilepas. Baterai tersebut mampu bertahan dalam keadaan standby selama 264 jam di jaringan 2G dan 264 jam di jaringan 3G.

Software

Lenovo A6000 berjalan pada sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dengan tampilan antarmuka Lenovo Vibe 2.0. Tampilan UI-nya ini tidak menyertakan app drawer sehingga Anda hanya tinggal menggeser ke kanan dan ke kiri untuk mengakses semua aplikasi.

aplikasi lenovo a6000

Cukup banyak aplikasi yang sudah diinstal ketika Anda membelinya seperti txtr ebooks, Guvera music streaming app, game Frog HD, Asphalt 8, dan masih banyak lagi. Berbagai aplikasi khas Lenovo juga sudah terdapat di dalamnya seperti Security, SYNCit, dan SHAREit. Tentu saja aplikasi bawaan Lenovo tersebut tidak bisa dihapus tanpa diroot.

Aplikasi SYNCit sendiri berguna untuk mem-backup kontak, SMS, serta riwayat panggilan ke penyimpanan awan. Sementara SHAREit dapat digunakan untuk mengirim foto, video, dokumen, dan lainnya melalui jaringan Wi-fi channel yang mirip dengan Wi-fi direct. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat PC Windows dan juga iOS.

Fitur menarik lainnya adalah pergantian profil yang bisa dilakukan dengan cepat. Ketika Anda mengatur volume, akan muncul pilihan profil Silent/Meeting/General/Outdoor di layar yang bisa langsung Anda pilih. Sementara pada notification tray Anda akan menemukan 14 jenis tombol quick action.

Kamera

kamera lenovo a6000

Sampel kamera Lenovo A6000

Lenovo A6000 dibekali dengan kamera 8 MP pada bagian belakang dan 2 MP pada bagian depan untuk foto selfie. Di bagian belakangnya juga terdapat sebuah LED flash yang akan membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya.


Meskipun di atas kertas spesifikasi kamera tersebut cukup menjanjikan, namun tidak ada keistimewaan yang disuguhkan pada hasil pemotretannya. Hasil foto dan video dari smartphone ini dapat dibilang cukup standar dan tidak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya. Hal tersebut sebenarnya dapat dimaklumi jika melihat banderol harga yang diusungnya.

Layar

Lenovo A6000 menyuguhkan layar 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Layar tersebut berjenis IPS sehingga mampu menghasilkan viewing angle yang cukup luas. Warna dan kecerahan yang ditampilkannya juga sudah cukup baik. Namun, Anda tetap harus mengatur tingkat kecerahan yang tinggi ketika digunakan di bawah cahaya matahari.

Karena tidak dilengkapi dengan pelindung semacam Gorilla Glass, maka Lenovo juga menyertakan sebuah screen protector dalam paket pembeliannya. Layar dari smartphone ini juga cukup mudah meninggalkan bekas jari sehingga Anda harus rutin membersihkannya.

Simpulan

Dari review kelebihan dan kekurangan Lenovo A6000 di atas dapat disimpulkan jika smartphone ini menonjolkan dukungan 4G LTE dan performa yang mumpuni sebagai daya tarik penjualannya. Layar 5 inci yang dimilikinya juga menjadi sebuah keuntungan karena smartphone pesaingnya masih menggunakan layar di bawah 5 inci.

Sedangkan untuk kekurangan smartphone ini terdapat pada ketiadaan pelindung Gorilla Glass serta kualitas kameranya yang biasa-biasa saja. Secara keseluruhan dengan harga Rp 1.499.000, Lenovo A6000 sangat layak dimiliki bagi Anda yang menginginkan smartphone berlayar 5 inci. Jika ingin layar yang lebih kecil, maka pilihannya jatuh ke pada Xiaomi Redmi 1s atau Asus Zenfone 4C.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram