carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 28 Juni 2021

Kalau Anda adalah seorang penggiat gaming sejati dan membutuhkan gadget yang sempurna untuk kebutuhan, salah satu jawabannya sudah pasti Lenovo Legion 2 Pro dan Lenovo Legion Duel 2.

Kedua HP tersebut sejatinya adalah satu HP yang sama, hanya berbeda nama saja. Tapi kendati begitu, Lenovo Legion 2 Pro dan Legion Duel 2 tidaklah sama sepenuhnya. Mereka menghadirkan konfigurasi RAM dan juga penggunaan sistem operasi yang berbeda.

Yang pasti, ponsel gaming ini berada di ranah flagship seperti ASUS ROG Phone 5 dan juga Xiaomi Black Shark 4, sehingga anda akan menemukan beragam fitur dan spesifikasi canggih yang dapat diapresiasi gamer sejati.

Namun apakah yang membuat ponsel gaming Lenovo ini layak dilirik dibanding kompetitornya? Nah, untuk dapat menjawabnya, Carisinyal pun jabarkan spesifikasi, kelebihan, juga kekurangan dari ponsel ini. Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, silakan simak yang di bawah ini.

Spesifikasi Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2

Lenovo Legion 2 Pro
  • Rilis: April 2021
  • Layar: AMOLED 6,92 inci 1080 x 2460 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 64 MP + 16 MP
  • Kamera Depan: Motorized pop-up 44 MP
  • Baterai: Li-Po 5500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2

Kira-kira apa yang menjadikan HP ini menonjol dibanding HP gaming flagship lainnya? TIdak perlu bingung, cari tahu jawabannya pada poin-poin kelebihan berikut ini!

1. Ukuran Layar Lebar yang Tiada Lawan

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 2

Semua orang tahu kalau layar termasuk aspek paling penting saat bermain game. Nah, Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 rupanya hadirkan ukuran layar yang paling tinggi di antara para pesaingnya. Layarnya ini merupakan panel Super AMOLED E4 dengan ukuran 6,92 inci! Wow, layar yang sungguh besar dan impresif sekali, bukan?

Besarnya layar ini juga bahkan terlihat lebih lega mengingat tidak ada penampakkan kamera depan sama sekali. Lebih lanjut lagi, layar Lenovo Legion 2 Pro ini juga tawarkan resolusi Full HD Plus (2460 x 1080 piksel), sertifikasi HDR10+, hingga opsi refresh rate tinggi 144 Hz dan touch sampling rate setinggi 720 Hz.

Selain itu, layarnya ini juga dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland® yang membuat layar agar tidak mengganggu kesehatan mata. Tingginya spesifikasi layar ini sangatlah layak untuk diapresiasi, mengingat ASUS ROG Phone 5 saja hanya punya layar 6,78 inci.

Kendati begitu, kami cukup menyayangkan Lenovo Legion 2 pro dan Duel 2 hanya mengandalkan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 5 saja. Padahal pesaingnya dari ASUS sudah pakai Gorilla Glass Victus.

2. Performa Snapdragon 888 yang Menakjubkan

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 4

Namanya juga HP gaming pada kelas flagship, pastinya hadirkan chipset yang terbaik pada masanya. Seperti Lenovo Legion 2 Pro dan Lenovo Legion Duel 2 misalnya, yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 sebagai dapur pacunya.

Selain itu, besarnya RAM kedua ponsel ini juga mempengaruhi peningkatan performa dalam game. Lenovo Legion 2 Pro menghadirkan RAM sebesar 18 GB yang berjalan pada tipe LPDDR5. Berbeda dengan Lenovo Legion Duel 2 yang opsi RAM maksimalnya adalah 16 GB.

Perlu diketahui, meskipun Lenovo Legion 2 Pro dan ASUS ROG Phone 5 sama-sama pakai chipset Snapdragon 888, tapi sebuah sumber mengatakan kalau Lenovo Legion 2 pro mengalahkan ASUS ROG Phone 5 dari segi benchmark.

Adalah Notebookcheck.net, yang menyebutkan bahwa Lenovo Legion 2 Pro mampu meraih skor benchmark Master Lu sebesar 962.115, sedikit lebih tinggi dibandingkan ASUS ROG Phone 5 yang meraih skor 947.284. Ini sebuah pertanda kalau Lenovo Legion 2 Pro memang bukan lawan yang bisa diremehkan.

3. Hadirkan Gaming Triggers di Bahu dan Belakang Bodi

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 6

Seperti yang mungkin pernah Anda rasakan, bermain game di sebuah smartphone cenderung terasa awkward karena kontrol yang tidak mendukung gaming secara sempurna. Lain halnya jika Anda menggunakan Lenovo Legion 2 Pro, karena ia menawarkan gaming trigger yang akan membuat pemain seperti sedang menggunakan kontroler konsol.

Gaming trigger ini dinamakan Octa-Trigger, mirip-mirip seperti fitur AirTrigger yang ada di ASUS ROG Phone 5. Nah, Octa-Trigger sendiri juga menyertakan mekanisme Dual HaptiX yang akan memberikan sensasi feedback yang presisi.


Baca juga:

Dinamakan Octa-Trigger karena ada delapan tombol yang bisa di-bind sesuai keinginan. Dua tombol berada pada layar dalam bentuk in-display force touchpoint, lalu dua tombol berada di bahu ponsel (seperti tombol L1, L2, R1, dan R2), dan dua lagi ada di belakang bodi. Jadi, totalnya memang ada delapan.

4. Memiliki Dua Kipas Pendingin Built-In

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 8
Image source: nowthetech.com

Kegiatan gaming dengan pengaturan grafis rata kanan dalam waktu lama akan membuat ponsel panas. Itu mengapa, Lenovo Legion 2 Pro dihadirkan dengan dua buah kipas pendingin yang mampu mengatur sirkulasi udara untuk membuang panas. Dengan begitu, durasi game bisa berlangsung lebih lama tanpa mudah membuat bodi panas.

Tidak hanya fungsinya saja yang keren, tapi bentuk visualnya pun sungguh enak dilihat. Soalnya, salah satu kipas tersebut menampilkan permainan lampu RGB yang menari-hari. Duh, serasa punya PC Tower RGB berspesifikasi tinggi.

5. Mekanisme Pop-Up Kamera Depan Khusus Live Streaming

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 10

Saat membahas layar tadi, kami sempat menyinggung kalau di bodi depan tidak terlihat ada kamera selfie sama sekali. Lho, masa iya sih HP flagship tidak punya lensa selfie? Tenang dulu, Lenovo Legion 2 Pro punya kok! Hanya saja, lensanya ini menggunakan mekanisme pop-up bermotor.

Tapi mekanisme ini tidak sama persis dengan yang ada di POCO F2 Pro. Soalnya, lensa depan 44 MP yang dimiliki Lenovo Legion 2 Pro berada di samping, alias digunakan pada mode lanskap.

Alhasil, pemain pun bisa melakukan live streaming saat bermain game. Wajah Anda akan ditampilkan di layar dalam bentuk picture-in-picture, dan posisinya bisa di-drag dan ditaruh ke mana saja.

Kamera depan 44 MP ini juga dihadirkan dengan fitur-fitur beragam yang dikhususkan untuk para konten kreator. Misalnya saja, Anda bisa gunakan teknologi AI untuk menghilangkan background. Lalu, Anda juga bisa menggunakan avatar 3D dari wajah Anda, beserta pilihan-pilihan efek dan overlay yang pastinya menarik untuk dicoba.

6. Bisa Mengisi Baterai Pakai Dua USB Type-C Sekaligus

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 12

Bukan rahasia lagi kalau kegiatan gaming itu selalu menguras baterai. Nah, oleh karena itulah, Lenovo Legion 2 Pro ini menyuguhkan kapasitas 2-cell baterai yang totalnya adalah 5.500 mAh.

Memang sih tidak sebesar ASUS ROG Phone 5 yang punya baterai 6.000 mAh. Tapi, Lenovo Legion 2 Pro tetap unggul dalam hal lain. Yakni, kemampuan untuk mengisikan daya menggunakan dua port USB Type-C sekaligus.

Benar sekali, HP ini memiliki port USB Type-C yang ada di samping dan di bawah bodi. Fitur yang juga dimiliki ASUS ROG Phone 5. Hanya saja, Lenovo Legion 2 Pro mampu menggunakan kedua port secara bersamaan untuk hadirkan fast charging 90 W alih-alih single charging yang hanya memiliki daya 65 W.

Nah, dengan pengisian daya pada kedua port bersamaan, Lenovo Legion 2 Pro pun bisa dicas dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu 30 menit saja. Cepat sekali, bukan?

Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2

Terlepas dari beragam kelebihannya, Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 memang punya beberapa kekurangan yang menjadikannya kalah saing dengan HP lain pada harga yang sama. Berikut adalah beberapa poin kekurangannya.

1. Tidak Pakai Sertifikasi IP

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 14

Sebagai ponsel flagship, ada beberapa standar yang seharusnya tidak boleh dilupakan. Salah satu nya yang paling umum adalah proteksi anti debu dan air atau yang biasa disebut sebagai Ingress Protection (IP).

Yang tertinggi dan paling umum pada jajaran ponsel flagship adalah IP68, menawarkan ketahanan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter pada durasi mencapai 30 menit.

Sayangnya, Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 tidak menawarkan sertifikasi IP Rating sama sekali. Anda benar-benar harus pastikan untuk tidak menjatuhkan HP ke air dengan tidak sengaja, atau konsekuensinya ya HP akan langsung rusak.

2. Absennya MicroSD Slot dan 3.5 mm Jack Audio

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 16

Seiring perkembangan zaman, HP flagship kain mengalami perubahan. Nah, yang menjadi tren flagship sekarang ini adalah menghilangkan slot microSD serta 3,5 mm jack audio. Itu karena perusahaan merasa bahwa audiens tidak memerlukannya lagi, mengingat memori internal Lenovo Legion 2 Pro punya kapasitas hingga 512 GB UFS 3.1.

Pun, 3,5mm jack audio juga tidak akan ditemukan pada ponsel ini. Mungkin tujuannya untuk mendorong pengguna agar membeli earphone Bluetooth, atau memang tidak ada space lagi untuk hadirkan port tersebut. Padahal, ASUS ROG Phone 5 masih menawarkan port ini, lho!

3. Tanpa Wireless Charging

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 18

Ada kalanya, pengguna ingin rasakan fitur pengisian daya yang unik dan hanya eksklusif dimiliki ponsel flagship, yakni wireless charging. Sebagian orang anggap fitur ini hanyalah gimmick untuk memberikan kesan inovatif yang "wah", sebagian orang lainnya percaya kalau mereka butuh fitur tersebut guna menghindari wear and tear akibat kebanyakan cabut pasang kabel.

Mau bagaimana pun, pengguna harus siap kecewa mengetahui Lenovo Legion 2 Pro sama sekali tidak hadirkan wireless charging dalam bentuk apapun. Tidak mengapa lah ya, toh HP ini sudah hadirkan dua port USB Type-C yang bisa mengisi baterai secara berbarengan.

4. Bobot Lebih Berat Dibanding Kompetitor

10 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 2 Pro dan Duel 2 20

Merupakan ponsel gaming yang kaya fitur, meningkatnya bobot bodi pada Lenovo Legion 2 Pro memang tidak bisa terhindari. Perangkat gaming ini punya tingkat ketebalan 9,9 meter, masih lebih tipis dari ASUS ROG Phone 5 yang 10,3 mm.

Akan tetapi, ponsel ini punya bobot bodi yang lebih berat dari pesaingnya, yakni 259 gram. Beda dengan ASUS ROG Phone 5 yang punya bobot 238 gram atau Black Shark 4 yang seringan 210 gram.

Simpulan

Di beberapa sektor, Lenovo Legion 2 Pro mungkin kalah dibandingkan pesaingnya. Tapi bukan berarti HP ini tidak punya keunggulan unik yang bisa bikin kompetitor iri.

Kamera depan 44 MP miliknya sangatlah inovatif dan out of the box. Lenovo mengerti betul akan keresahan yang dialami pengguna, yakni sulitnya memulai live streaming saat kita tidak punya aksesoris webcam yang bagus.

Lenovo Legion 2 Pro sendiri telah hadir di pasar Tiongkok pada April 2021, memiliki banderol harga 3699 yuan atau setara dengan Rp8,1 juta (varian 8 GB + 128 GB). Apakah Anda sudah tidak sabar rasakan asyiknya push rank pakai HP ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram