Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna V Lite

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Luna V Lite

Luna, merupakan brand smartphone asal Indonesia yang bisa dibilang brand baru rasa lama. Mengapa? Karena Luna merupakan sub-brand dari Evercoss, vendor lokal asal Indonesia yang terkenal sering menghadirkan HP terjangkau. Brand Luna ini dihadirkan Evercoss untuk menyasar pengguna yang butuh HP dengan desain yang lebih premium.

Selain memiliki desain premium, Luna juga biasanya menghadirkan smartphone dengan spesfikasi yang sedikit lebih tinggi dibanding Evercoss, salah satunya adalah Luna V Lite. Luna V Lite ini merupakan produk HP terjangkau dari Luna yang ada di kelas 1 jutaan. Seperti apa Luna V Lite ini?

Carisinyal akan membahas kelebihan dan kekurangan Luna V Lite. Ada 10 poin yang akan dibahas. Kesepuluh poin tersebut terdiri dari 6 poin di bagian kelebihan dan 4 poin di bagian kekurangan. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan soal kelebihan dan kekurangan Luna V Lite.

Spesifikasi Luna V Lite

Luna V Lite

  • Rilis: Februari, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.5 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1140 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: MediaTek MT6737
  • CPU: Octa-core 1.25 GHz
  • GPU: Mali–T720 MP 2
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP Phase Detection autofocus, Dual-LED dual-tone flash
  • Kamera Depan: 8 MP, Soft light flash
  • Baterai: Non-removable 3000 mAh

Kelebihan Luna V Lite

1. Layar IPS HD 18:9 HD+

display luna v lite

* sumber: www.youtube.com

Luna V Lite punya nilai jual pada layarnya yang mengikuti tren layar full display atau layar penuh. Layarnya mengusung dimensi layar 18:9 dengan dimensi layar 5.5 inch. Karena mengusung layar yang lebih memanjang, resolusi layar HP ini jadi bertambah maka dari itu disebut HD+ yang mengacu pada resolusi 720 x 1140 pixels.

Untuk layar 5.5 inch dengan resolusi HD memang tampak biasa saja. Tapi ternyata, tampilan visual layar HP yang menggunakan layar IPS ini tergolong bagus. Menurut Gayafone, tampilan layar Luna V Lite memiliki kedalaman warna yang lebih luas dan layarnya bisa memanjakan mata.

Bisa dibilang, layar pada Luna V Lite ini salah satu nilai lebih yang tentu akan sangat optimal untuk Anda gunakan menonton film maupun Youtube.

2. Sensor Fingerprint dan Face Unlock

fingerprint luna v lite

* sumber: blog.luna.id

Luna V Lite memiliki fitur sensor sidik jari. Fitur sensor sidik jari pada HP ini jadi kelebihan lain yang ditawarkan oleh Luna V Lite. Sensor sidik jari pada Luna V Lite berada di bagian belakang dan tergolong baik dan nyaman digunakan. Seperti kata Teknologue, posisi sensor sidik jarinya terbilang nyaman.

Saat jari menyentuh sensor sidik jari Luna V Lite responnya dalam membuka layar juga tergolong cepat. Sesuatu yang jadi nilai lebih tentunya dari Luna V Lite.

Selain kehadiran sensor sidik jari, kehadiran fitur Face Unlock juga jadi kelebihan lain dari HP ini. Itu artinya, Anda bisa membuka sistem operasi di Luna V Lite dengan memindai wajah saja. Pemindaian wajahnya juga tergolong bagus. Sayangnya, jika di ruangan gelap masih agak sulit. Cukup wajar memang mengingat harga HP ini yang tergolong terjangkau.

3. Dukungan Fast Charging

fast charging Luna V Lite

Luna V Lite memiliki fitur pengisian cepat atau fast charging. Fitur ini dihadirkan Luna sebagai salah satu kelebihan agar Anda yang menggunakan Luna V Lite bisa memakai HP ini lebih lama dari yang Anda perkirakan. Luna sendiri mengklaim jika fitur pengisian cepat ini mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 60 menit atau satu jam.

Dengan fitur pengisian cepat ini, tentu saja Anda tidak perlu lagi menunggu lama dalam pengisian daya. Tapi apakah benar bisa mengisi daya hingga 80% dalam tempo satu jam?

Teknologue mengetes proses pengisian baterai Luna V Lite yang punya kapasitas 3.000 mAh ini. Hasilnya, ponsel ini membutuhkan waktu dua jam lebih sedikit untuk sampai 100%. Hasil yang sama juga didapatkan oleh Gayafone dalam pengujian proses charging baterai.

Lantas apakah durasi tersebut tergolong lama? Untuk ukuran HP dengan chipset MediaTek, pengisian daya cepat yang ada di HP ini terbilang patut diapresiasi. Tidak terlalu cepat memang tapi masih tergolong cukup baik.

4. Android Oreo

Luna V Lite Android Oreo

Kelebihan lain dari Luna V Lite adalah sudah mengusung OS Android Oreo. OS ini sudah hadir sejak bawaan, jadi tak ada cerita Luna V Lite mengusung OS Android seri sebelumnya kemudian mendapatkan update. Kehadiran OS Android Oreo ini tentu hal yang patut diapresiasi karena banyak fitur keren di Android Oreo.

Hanya saja perlu diingat, Luna V Lite hanya memakai basis sistem Android Oreo. Tampilan antarmuka HP ini dikostumisasi dengan LunaOS. Tampilan LunaOS ini tergolong mirip dengan tampilan antarmuka ponsel merek “buah.” Yah, mungkin karena memang semua tampilan antarmuka Android umumnya mengacu pada tampilan antarmuka iOS.

Apakah LunaOS tergolong baik? Untuk pengalaman penggunaan, LunaOS tergolong cukup ramah untuk pengguna dan tentunya bisa memberikan kenyamanan saat memakai Luna V Lite. Ada banyak fitur di LunaOS yang menarik seperti pengaturan untuk kamera selfie, pengaturan akses sensor sidik jari, ataupun optimasi baterai.

5. Punya Desain Menarik

 luna v lite

Luna V Lite memiliki desain yang tampak mewah. Luna cukup pintar dalam “meramu” desain HP ini yang tampak menggoda berkat kilauan bagian belakang HP ini yang tampak seperti keramik. Padahal desain bodi HP ini terbuat dari bahan polycarbonite alias plastik.

Jadi, meskipun desain HP ini dibuat dari bodi plastik tapi dengan sentuhan desain yang tampak premium justru membuat HP ini cukup menarik. Terlebih, Luna mendesain HP ini agar lebih detail dan presisi. Tujuannya jelas agar Luna V Lite bisa lebih mudah digenggam.

Yang perlu diperhatikan bagi Anda yang nantinya akan membeli Luna V Lite, sebaiknya tetap menggunakan kasing transparan. Tujuannya, agar desain cantik HP ini masih terlihat jelas dan tempelan sidik jari tidak menempel di bodi karena Luna V Lite cukup rentan menyisakan jejak jari.

6. Kamera Belakang dan Depan yang Terbilang Baik

hasil foto luna v lite

* sumber: www.youtube.com

Kamera belakang HP ini punya fitur yang terbilang lengkap seperti fitur HD, fitur mode malam, dan lainnya. Kamera belakang Luna V Lite sendiri mengusung sensor 13 MP dengan bukaan f/2.0. Kameranya sudah mendukung fitur seperti phase detection autofocus dan Dual-LED dual-tone flash.

Meski kamera belakang tidak memiliki mode pro, hasil jepretan kamera belakang tergolong baik. Tergolong cukup detail. Bisa dbilang hasil kameranya tergolong memuaskan untuk HP harga 1 jutaan.

Kesan baik juga didapatkan dari kamera depan HP ini. Kamera depan Luna V Lite mengusung sensor 8 MP dengan bukaan f/2.2. Hasil kamera depannya tergolong memuaskan. Memang tidak sekeren hasil kamera depan di HP yang mengusung “selfie” jualan utamanya. Tapi, untuk sekadar selfie, HP ini mampu menghasilkan jepretan yang baik, Luna V Lite tergolong bisa diandalkan.

Kekurangan Luna V Lite

1. Performa Biasa Saja

antutu luna v lite

* sumber: www.youtube.com

Luna V Lite dibekali dengan chipset MediaTek MT6737. Chipset ini terdiri dari prosesor octa core 1.25 GHz yang disokong dengan pengolah grafis Mali-T720MP2. Berdasarkan test Antutu yang dilakukan Gayafone, Luna V Lite punya skor Antutu sebesar 38995.

Dengan skor tersebut, HP ini terbilang bisa diandalkan untuk browsing maupun nonton video. Main games ringan juga tergolong bisa diandalkan. Sayangnya, untuk main games dengan grafis tinggi, performanya menjadi kurang optimal. Contohnya main games MOBA populer semacam AoV ataupun Mobile Legends yang pada pengaturan grafis tinggi kurang maksimal.

Dengan sokongan RAM 2 GB, sebenarnya kinerja tergolong bisa diandalkan. Tapi untuk performa yang lebih tinggi, kinerja HP ini tergolong biasa saja. Tentu kurang baik jika HP ini menjalankan game-game berat dengan grafis 3D yang terlalu tinggi.

2. Memori Internal yang Kecil

AIDA LUNA V LITE

* sumber: www.youtube.com

Kebutuhan data penyimpanan saat ini sudah terlalu tinggi. Dulu ROM 8 GB terasa lumayan, tapi sekarang terasa kecil. Hal yang sama juga berlaku untuk penyimpanan berkapasitas 16 GB. Di rentang harga 1,8 jutaan, rasanya penyimpanan dengan kapasitas 16 GB terasa kecil.

Untuk ukuran saat ini, ukuran satu data berupa foto dan video saja sudah besar. Terlebih jika ROM 16 GB ternyata hampir setengahnya digunakan untuk sistem. Jadi, yah, kapasitas yang didapatkan hanya kisaran 8 atau 9 GB saja.

Memang, Luna memberikan solusi untuk menambah penyimpanan melalui microSD sampai 256 GB. Hanya saja, tentu akan lebih menarik jika kapasitas penyimpanan internal HP ini lebih besar, setidaknya 32 GB.

3. Suara Speaker yang Teredam

SUARA LUNA V LITE

* sumber: www.youtube.com

Luna V Lite punya speaker yang ada di bagian atas layar. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang baik, bahkan saat HP berada di luar (outdoor). Suara yang dihasilkan speaker tergolong lumayan jernih dan enak. Sayangnya, jika HP ini diletakan dalam keadaan terlentang, suara dari speaker jadi terasa teredam.

Hal ini tentu akan sedikit mengganggu kenyamanan Anda ketika menonton video maupun mendengarkan musik saat HP sedang terlentang. Jika tidak dalam keadaan terlentang, suara yang dihasilkan tentu baik.

4. Harga Kalah Saing

Luna V Lite

* sumber: blog.luna.id

Luna V Lite punya daya tawar secara spesifikasi di kelas harga 1 jutaan. Sayangnya, harga banderol HP ini masih agak terlalu tinggi. Luna V Lite dibanderol dengan harga kisaran 1,7 atau 1,8 jutaan. Di rentang harga tersebut, masih ada brand lain yang menawarkan HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Jika saja Luna V Lite ini dijual di kisaran harga 1 sampai 1,5 juta, tentu akan sangat menarik dan banyak orang yang akan melirik HP ini.

Simpulan

Luna V Lite secara keseluruhan merupakan HP yang menawarkan kelebihan di sektor multimedia dan kamera. Bisa dibilang, HP ini cocok untuk Anda yang sering nonton video lewat ponsel. Sektor kamera juga tidak terlalu buruk dan tergolong masih bisa diandalkan.

Sayangnya, untuk Anda yang mencari performa gaming, Luna V Lite bukanlah sebuah solusi. Kinerja Luna V Lite yang tergolong biasa saja membuat HP ini kurang cocok untuk digunakan main game berat. Kalau untuk game ringan, sih, masih oke-oke saja.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment