Carisinyal / Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Router VPN

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Router VPN

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juli 2019

Sebagian besar para marketing online sudah mengenal apa itu jaringan virtual pribadi atau VPN (virtual private network). Saat ini, penggunaan VPN sudah lazim di kalangan pemasar digital. Anda tentunya juga mengetahui bahwa menggunakan jaringan publik dapat beresiko peretasan dan pencurian data. Apabila ada pihak yang ingin menjatuhkan bisnis Anda, mereka akan selalu mencari cara untuk menyusup ke sistem Anda.

Dengan jaringan virtual pribadi, Anda akan merasa lebih tenang karena data dan informasi pribadi Anda dijamin aman. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga privasi transaksi dan aktivitas Anda. Dan salah satu kabar baik tentang koneksi VPN saat ini adalah VPN sudah dapat dihubungkan dengan router.

Penggunaan router pada jaringan virtual pribadi merupakan terobosan luar biasa bagi para pemasar online saat ini. Apakah Anda memerlukan router VPN? Jawabannya tergantung apakah Anda sudah memilikinya atau belum. Tetapi jika belum, Anda tentu memerlukannya, terutama jika Anda tertarik dengan bidang pemasaran bisnis online. Singkatnya, dengan kemajuan masyarakat dan teknologi saat ini, sayang sekali jika Anda mengabaikan pentingnya VPN.

Mengapa Harus Menggunakan VPN?

Private-Internet-Access-Features-

Bagi para pelaku bisnis online, melakukan transaksi yang aman dengan kolega dan mitra bisnis adalah salah satu prioritas utama. Dengan koneksi jaringan virtual pribadi, Anda akan memiliki koneksi dengan alamat terenkripsi. Selain itu, penggunaan internet Anda akan aman karena alamat IP tersembunyi (anonim). Dengan cara ini, sistem Anda dapat terhindar dari upaya peretasan dan pencurian data.

Dalam masyarakat modern sekarang ini, ada banyak gadget seperti laptop, ponsel, tablet, iPad, dan banyak lagi yang memerlukan koneksi internet. Bahkan, hampir setiap rumah tangga di lingkungan sekitar Anda telah memiliki setidaknya satu perangkat seluler.

Oleh karena itu, untuk melindungi semua gadget ini dari kebocoran data dan virus, Anda harus memiliki koneksi VPN di rumah Anda. Untuk efisiensi yang lebih baik, Anda dapat menggunakan router VPN untuk memastikan bahwa semua perangkat aman dari peretasan. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan router VPN di rumah Anda.

Kelebihan Menggunakan Router VPN

1. Menghubungkan banyak perangkat pada satu koneksi VPN

vpn router

Menautkan beberapa koneksi VPN pada setiap perangkat akan sangat merepotkan, dan tentu saja mahal. Selain itu, hal ini juga akan menghabiskan banyak waktu Anda.

Oleh karena itu, cara yang lebih nyaman dan paling efisien adalah menghubungkan VPN Anda ke router. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan semua perangkat dengan koneksi jaringan virtual pribadi. Hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk menggunakan internet secara bebas tanpa rasa khawatir. Anda dapat memiliki privasi dengan jaringan yang aman dan terjamin.

2. Instalasi cepat dan mudah

Anda mungkin penasaran tentang perbedaan router VPN dan router biasa. Pada dasarnya, keduanya sama saja yaitu berfungsi sebagai input utama untuk membagi koneksi antara jaringan dan perangkat. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa router VPN memiliki konektivitas pribadi.

Saat Anda tidak memiliki router, Anda harus menginstal VPN satu per satu di beberapa perangkat. Hal ini akan membuang-buang waktu karena Anda harus mengunduh dan menginstalnya secara terpisah. Oleh karena itu, memiliki router VPN akan menjadi cara paling efisien untuk memiliki beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan aman yang sama.

Kekurangan Menggunakan Router VPN

1. Instalasi rumit dan penyedia VPN tidak kompatibel

install-a-vpn-router

Dibandingkan dengan aplikasi VPN, instalasi router VPN bisa dibilang lebih rumit untuk dipasang. Anda mungkin akan membutuhkan bantuan provider VPN untuk pengaturannya. Meskipun tidak sesulit yang dibayangkan, tetapi instalasi router VPN ini akan membutuhkan waktu sedikit lebih banyak sampai router VPN bisa digunakan.

Selain itu, beberapa provider VPN tidak menyediakan fitur pengaturan untuk dihubungkan ke router VPN. Oleh karena itu, jika provider VPN Anda tidak sesuai, maka Anda hanya tetap akan terhubung ke satu jaringan saja. Ada berbagai alasan mengapa beberapa tidak menawarkan pengaturan router VPN. Misalnya saja, karena kualitas VPNnya tidak cukup tinggi untuk bekerja dengan router.

2. Semakin banyak perangkat, kecepatan koneksi lebih rendah.

Masalah utama ketika menggunakan router VPN adalah koneksi menjadi lebih lambat ketika ada banyak perangkat yang terhubung. Dengan cara ini, semua perangkat masih mendapatkan konektivitas terenkripsi, namun loading time akan jauh lebih lambat dari biasanya karena koneksi yang terbatas.

outer bekerja untuk membagikan koneksi. Itu berarti, untuk setiap perangkat yang terhubung, jaringan juga berbagi sebagian dari kecepatannya. Ini mungkin menjadi masalah kritis bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang memiliki bisnis yang memerlukan koneksi grup.

Ini juga masalah bagi orang yang menggunakan internet untuk streaming video, mengunduh, dan bermain game online. Namun, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki koneksi cepat atau menginstal koneksi VPN berkecepatan tinggi yang dapat menangani lalu lintas.

Kesimpulan

Penggunaan VPN router sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki bisnis berbasis online. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menginstal VPN. Terlebih lagi apabila Anda  menggunakan router VPN, lebih banyak lagi manfaat yang Anda terima. Jadi, jika Anda ingin memiliki koneksi yang aman dan terjaga selama 24 jam setiap harinya, maka menginstal router VPN adalah pilihan terbaik.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar