Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Moto G6 Plus yang Harus Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Moto G6 Plus yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2018

Kalau mau menyebut salah satu ponsel pintar di kelas menengah pada 2017 lalu, Moto G5s Plus adalah jawabannya. HP dari Motorola alias Moto ini menawarkan spesifikasi yang menarik di kelas harganya, bahkan masih cukup worth it di rentang harganya yang sekarang berada di kelas HP di bawah 3 jutaan.

Kehadiran Moto G5s Plus tampaknya akan diteruskan langkahnya oleh Moto G6 Plus. HP yang satu ini memang belum masuk secara resmi ke Indonesia (saat artikel ini dibuat), tapi layak ditunggu kehadirannya. Moto Indonesia tentunya tak mau ketinggalan momentum menghadirkan hape yang jadi estafet Moto G5s Plus.

Moto G6 Plus ini diluncurkan bersamaan dengan Moto G6 dan Moto G6 Play. Untuk Moto G6 Plus, harga banderolnya adalah kisaran 4 jutaan, meski di Indonesia harganya bisa saja lebih rendah. Tentu jika Moto Indonesia bisa membaca dan paham pasar Indonesia yang umumnya membeli HP pada kisaran 1 sampai 3 jutaan.

Lupakan dulu soal harga, mari fokus apa yang ditawarkan oleh Moto G6 Plus ini. Untuk mengetahuinya, mari simak 10 poin yang terdiri dari 5 kelebihan dan 5 kekurangan Moto G6 Plus berikut ini. Sebelum bahas poin kelebihan dan kekurangan, cek terlebih dahulu spesifikasi Moto G6 Plus berikut ini.

Spesifikasi Moto G6 Plus

  • Rilis: Mei, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.9 inches Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm SDM630 Snapdragon 630
  • CPU: Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 508
  • Memori Internal: 64/128 GB, 4/6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP (f/1.7) + 5 MP (f/2.2), dual pixel phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash [email protected], [email protected]/60fps,
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.2), LED flash, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3200 mAh

Kelebihan Moto G6 Plus

1. Build Quality Premium

Moto G6 Plus mengusung konsep desain yang mirip dengan Moto X4. Hanya saja, desain bodi Moto G6 Plus lebih terasa premium dengan build quality yang baik. Hal ini berkat kombinasi balutan logam dan kaca pada desain bodinya.

Memang ada bagian plastik pada tepian tapi tampak menyatu dengan balutan kaca pada bodinya. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari Moto G6 Plus. Bisa dibilang, Moto mampu menyatukan bodi desain yang baik dari berbagai bahan dan menjadikan Moto G6 Plus terlihat premium meski sebenarnya HP ini bukan HP kelas premium.

Desain dan build quality Moto G6 Plus ini diamini oleh dua situs teknologi terkemuka. Techradar misalnya, mengatakan kalau HP ini punya desain kaca premium. Sementara Trustedreviews menyatakan kalau Moto G6 Plus punya build quality yang baik.

2.  Layar 18:9 yang Terang dan Jernih

Moto G6 Plus merupakan seri G6 yang punya tampilan layar yang terang dan jernih. Bisa dibilang, lebih baik dari saudaranya yang rilis bersamaan, yakni  Moto G6. Tipe layar yang digunakan pada HP ini sendiri adalah IPS LCD dengan rasio layar 18:9 dan resolusi FHD+ alias 1080 x 2160 piksel.

Techradar menyatakan kalau layarnya memiliki tingkat kecerahan yang baik. Di luar ruangan sekalipun, tampilan layarnya cukup cerah tentu dengan mengatur tingkat kecerahan. Kontras warna layar HP ini juga lebih baik jika dibandingkan Moto G6.

Trustedreviews juga mengatakan hal yang kurang lebih sama. Tampilan layar HP ini tergolong baik menjadi kelebihan tersendiri. Bahkan, terdapat pengaturan untuk mengatur temperatur layar. Misalnya dengan memilih tampilan vibrant mode ataupun standar mode. Layar HP ini juga punya tingkat kecerahan yang tergolong adaptif dan tergolong baik.

3. Hasil Foto Kamera Belakang yang Baik

Kamera Belakang Moto G6 Plus

Moto G6 Plus hadir dengan dual kamera belakang 12 MP + 5 MP. Kamera belakang ini punya fitur seperti dual pixel phase detection autofocus dan dual-LED dual-tone flash. Kamera belakang ini juga mampu merekam video beresolusi 2160p dengan 30fps dan video 1080p dengan 30/60fps. Kamera belakang Moto G6 Plus tergolong cukup baik. Bisa dilihat hasil foto Moto G6 Plus berikut ini.

* sumber: www.techradar.com

* sumber: www.techradar.com

* sumber: www.trustedreviews.com

* sumber: www.techradar.com

Menurut Trustedreviews kamera pada Moto G6 Plus ini mampu menangkap gambar pada kondisi cahaya yang cukup mampu menghasilkan foto yang baik, tajam, dan cerah. Selain itu, warna gambar juga cukup akurat seperti aslinya. Selain itu, karena kamera utama bagian belakang punya bukaan f/1.7, foto yang diambil pada kondisi cahaya gelap cukup baik.

Secara keseluruhan, kamera belakang HP ini cukup menyenangkan untuk digunakan. Untuk kamera depan, kamera 8 MP tampak cukup pas dan tidak terlalu buruk juga meskipun tidak bisa juga dibilang cukup baik. Cukuplah untuk selfie buat eksis di medsos.

4. USB Type C dan Fast Charging

* sumber: www.blogdroidseattle.com

Satu hal yang patut diapresiasi dari HP ini adalah hadirnya port USB Type-C. Tak banyak HP di kelas menengah yang memiliki port USB Type-C. Banyak HP yang masih menggunakan port micro USB, padahal dalam beberapa tahun ke depan, trend penggunaan USB Type-C di kelas menengah akan cukup populer.

Kehadiran USB Tupe-C di HP ini membuat proses pemindahan data jadi lebih cepat, pun demikian dengan proses pengisian daya. HP ini bahkan punya teknologi fast charging yang Motorola sebut sebagai Turbo Power charging.

Hasil tes pengisian daya cepatnya tidak terlalu menakjubkan. HP ini bisa diisi penuh dalam rentang waktu 2 jam seperti yang diutarakan oleh Trustedreviews. Sementara menurut Techradar, pengisian daya HP ini selama 15 menit dari 0% bisa mencapai sampai 20%. Pengisian daya baterai dengan teknologi fast charging yang tidak terlalu mengesankan tapi dibilang lambat pun tidak.

5. Daya Tahan Baterai yang Impresif

Moto G6 dibekali dengan baterai 3200 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup baik. Dengan layar 5,9 inch dan tipe IPS LCD kapasitas baterai HP tergolong biasa-biasa saja. Tapi, ternyata daya tahan baterai HP ini tergolong baik.

Trustedreviews menguji HP ini lebih dari seharian, yakni mulai kisaran jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Dengan pemakaian media sosial dan aplikasi chat yang cukup banyak dan sering, daya tahan baterai HP ini hanya turun 50% pada jam 11 malam.

Techradar juga tergolong memuji daya tahan baterai HP ini yang cukup bisa diandalkan dalam 2 hari. Meski dalam tes looping video 720p selama 90 menit hasilnya kurang memuaskan bagi mereka. Tapi secara keseluruhan daya tahan baterai ini tergolong impresif dan cukup baik.

Kekurangan Moto G6 Play

1. Bezel yang Masih Tebal

Moto G6 Plus punya tampilan layar yang baik yang sudah kekinian. Satu hal yang jadi masalah adalah bezel pada bagian layar masih terlalu tebal. Memang masih banyak vendor lain yang masih menghadirkan bezel cukup tebal di HP yang mampu menghadirkan layar penuh. Tapi Moto seharusnya tidak ikut-ikutan juga.

Jika saja Moto G6 Plus punya bezel yang lebih tipis, terutama di bagian dagu, tentu akan membuat layar HP ini tampak lebih penuh. Meski hal ini terdengar menarik, masalah lain muncul karena pada bagian dagu tersemat sensor sidik jari. Tampaknya ini alasan kenapa bezel bawah besar.

Untuk posisi sensor sidik jari, sebenarnya berada di posisi belakang pun tidak terlalu masalah. Tapi, bagian bezel pada layarnya juga tidak terlau gendut-gendut amat.

2. Bentuk Desain Kamera yang Menonjol

Moto G6 Plus adalah HP yang punya dua lensa kamera dan mampu menghasilkan kualitas foto yang baik. Sayangnya, desain dual kamera pada bagian belakang kurang begitu ergonomis ketika disimpan di alas. Pasalnya, desain melingkar pada bagian dual kameranya tampak menonjol yang akan membuat HP tidak seimbang saat dibaringkan di atas meja.

Desain melingkarnya memang tampak cantik tapi sekali lagi kurang efektif jika disimpan di meja atau alas lain. Paling bagus, yah, di balik dengan layar menghadap alas sehingga bagian kamera ada di bagian atas. Hanya saja ini akan membuat repot untuk sekadar melihat notifikasi ataupun informasi jam.

3. Chipset Biasa dan Bloatware

* sumber: www.techradar.com

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan performa HP ini. Chipset Snapdragon 630 masih tergolong bisa diandalkan untuk HP kelas harga menengah. Chipset ini juga lebih baik dibanding Snapdragon 625 yang tahun 2017 jadi chipset favorit untuk kelas menengah.

Yang agak disayangkan, Moto tidak membenamkan chipset Snapdragon yang lebih baru, yakni Snapdragon 636. Chipset Snapdragon 636 punya performa yang lebih baik dan cukup banyak vendor yang memakai chipset ini di kelas menengah. Jika menilik harga yang ditawarkan, jelas akan lebih baik Jika Moto G6 Plus memakai Snapdragon 636.

Seperti apa yang disampaikan oleh Digitaltrends, menyatakan kalau Moto G6 Plus punya performa yang baik jika dibandingkan saudaranya, Moto G6 dan Moto G6 Play. Apalagi HP ini punya AnTuTu 3D Bench sebesar 90,483.

Dengan skor tersebut, HP ini tidak memiliki performa seperti yang diharapkan. Tampaknya, permasalahan terjadi karena masalah software. HP ini mengusung Android Oreo. Dan seperti biasa, Moto mengusung OS Android murni tanpa interface khusus seperti kebanyakan vendor lain.

Umumnya, dengan OS Android murni, performa HP biasanya lebih baik. Sayangnya, Moto justru menghadirkan beberapa aplikasi yang tidak penting. Hal ini yang sering disebut sebagai bloatware yang pada akhirnya mempengaruhi memori internal dan kinerja HP.

Simpulannya, untuk performanya sebenarnya sudah cukup. Main PUBG juga cukup bisa meski dengan pengaturan grafis rendah. Sayangnya, jika menilik pesaing dan kehadiran bloatware, performa HP ini jadi terasa biasa saja.

4. Respon Kamera yang Lambat

Moto G6 Plus punya kualitas foto yang baik. Hanya satu permasalahan kecil dari HP ini, lag ketika melakukan shutter. Bisa dibilang respon ketika memotret kurang begitu gegas. Buat Anda yang kurang sabaran, hal ini akan sangat mengganggu. Beda cerita kalau Anda cukup sabar ketika memotret, Anda akan cukup maklum.

5. Belum Anti Air

Moto G6 Plus sebagai varian yang lebih baik dibanding Moto G6 dan Moto G6 Play, seharusnya bisa punya sertifikasi anti air. Hal ini sangat penting agar HP ini punya nilai jual lebih baik. Memang sih umumnya HP anti air harganya cukup mahal tapi berkat perkembangan HP kelas menengah, bisa saja HP ini jadi pionir sebagai HP kelas menengah yang punya kemampuan anti air.

Sebagai pengganti anti air, HP ini punya ketahanan dari cipratan air. Ya, memang tidak anti air tapi hanya tahan terhadap cipratan air saja.

Simpulan

Moto G6 Plus merupakan HP dari Moto di kelas menengah yang tergolong menarik. HP ini punya nilai multimedia yang baik, semisal dari layarnya yang jernih dan juga kualitas kamera yang cukup baik. Meski memang soal kamera ini punya isu yang lambat tapi masih bisa dimaklumi.

Moto G6 Plus adalah HP yang cocok untuk Anda yang butuh HP dengan keperluan multimedia dan Anda yang suka fotografis. HP ini juga cocok untuk Anda yang butuh HP dengan build quality yang baik. Tertarik dengan HP ini?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment