Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 2 agar Tidak Salah Beli

10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 2 agar Tidak Salah Beli

Nokia 2 adalah HP Nokia Android yang ada di kelas harga terjangkau. Spesifikasi yang ditawarkan HP ini tidaklah terlalu istimewa. Namun, karena HP ini adalah Nokia yang pernah merajai pasar ponsel, HP ini menjadi cukup menarik untuk dilirik. Terlebih karena Nokia 2 ini punya kapasitas baterai yang besar di kelasnya.

Kehadiran Nokia 2 juga sebagai bukti kalau Nokia belum habis. HMD, selaku pemilik lisensi merek Nokia juga tentunya berharap kehadiran Nokia 2 mampu menarik minat pengguna di pasar kelas low-end. Apakah Anda juga cukup tertarik dengan Nokia 2? Jika Anda tertarik dan memutuskan membeli Nokia 2, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan HP Nokia 2 berikut ini.

Spesifikasi Nokia 2

Nokia 2

  • Rilis: Oktober 2017
  • Layar: LTPS IPS LCD 5.0 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1280 pixels
  • Chipset: Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212
  • CPU: Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU: Adreno 304
  • Memori Internal: 8 GB, 1 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB
  • Kamera Belakang: 8 MP, [email protected], ¬†autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4100 mAh

Kelebihan Nokia 2

1. Daya Tahan Baterai yang Baik

Menilik spesifikasi baterai saja, Anda pasti tidak akan meragukan daya tahan baterai Nokia 2. Dengan kapasitas baterai 4100mAh, Nokia 2 ini mampu bertahan cukup lama. Hal ini sesuai dengan klaim mereka bahwa Nokia 2 bisa tahan sampai 2 hari untuk pemakaian normal.

Bisa dibilang, Nokia 2 masuk sebagai salah satu dari deretan HP dengan daya tahan paling lama. Gelar sebagai HP dengan daya tahan baterai tahan lama bukan sekadar klaim semata. GSMArena telah menguji baterai HP ini mampu bertahan sampai 109 jam.

Sedangkan, Tes waktu bicara mencatatkan durasi 28 jam 17 menit, durasi 14 jam 36 menit dicapai HP ini saat tes menonton video. Sementara saat browsing, waktu yang dicapai adalah 14 jam 26 menit.

Dengan angka tersebut, jarang sekali ada HP di kelas bawah yang punya baterai sekelas Nokia 2. Hal ini menandakan kalau daya tahan Nokia 2 memang salah satu yang terbaik dan menjadi nilai jual utama HP ini.

2. Desain Bodi yang Kokoh dan Solid

Salah satu keunggulan HP Nokia dari zaman dulu adalah daya tahan bodinya yang kokoh dan solid dan hal itu yang tak dihilangkan oleh HMD, selaku pemilik lisensi merek Nokia pada HP Nokia Android mereka, termasuk Nokia 2. Desain bodi solid ini jadi kelebihan Nokia 2.

Desain bodi HP ini dibalut dengan aluminium yang membuat HP ini tampak solid. Trustedreviews pun mengakui kalau Nokia 2 adalah HP yang nyaman digenggam dan membuat Trustedreviews sulit menemukan HP sejenis di kelas harga 1 jutaan dengan bodi seperti Nokia 2.

3. Tampilan Layar yang Baik di Kelasnya

Nokia 2

Kelebihan lain dari Nokia 2 adalah tampilan layarnya. Layar HP ini mengusung dimensi layar 5 inch dengan tipe layar LTPS LCD. Resolusi layarnya HD 720p. Layarnya memang tidak mengusung layar Full Display tapi spesifikasi layar ini sudah tergolong baik.

Trustedreviews juga menyatakan kalau layar HP ini memiliki akurasi warna yang baik. Dengan layar LTPS, tampilan sudut pandang layar dan ketajamannya juga tergolong memadai. Untuk layar 5 inch HD dengan kerapatan 294ppi di harga 1 jutaan, layar HP Nokia ini tergolong memiliki visual yang baik.

Selain itu, layar HP ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan pelindung ini, layarnya tentu bisa lebih tahan goresan sehingga Anda tidak perlu takut ketika HP ini masuk ke dalam saku celana jeans.

4. Dedicated microSD Slot

Nokia 2 hadir dengan slot dedicated. Artinya, HP ini punya 3 slot untuk keperluan dual SIM plus microSD. Ini jadi nilai lebih, terutama untuk Anda yang sering menggunakan dua kartu SIM. Kehadiran slot microSD akan sangat membantu Anda untuk menambah memori.

Penambahan memori eksternal ini terbilang wajib. Pasalnya, memori internal Nokia 2 hanya 8 GB. Mengingat kebutuhan data saat ini terbilang tinggi, penambahan memori eksternal untuk menyimpan foto, musik atau video sangat disarankan. Anda bisa memanfaatkan memori penyimpanan eksternal yang mendukung penyimpanan hingga 128 GB.

5. Pure Android Nougat dan Dijanjikan Dapat Oreo

Nokia 2 Android Pure

Kebanyakan ponsel Android mengusung Android dengan kostumisasi antarmuka yang dibuat sendiri. Nah, Nokia 2 hadir dengan sistem operasi Android murni (pure Android). Artinya, tampilan dan fiturnya tak berubah seperti halnya OS Android pada perangkat Google Pixel.

Nokia 2 sendiri hadir dengan Android 7.1.1 Nougat. Apakah HP ini akan mendapat dukungan pembaruan (update)? Yap, salah satu kelebihan lainnya dari Nokia 2 adalah kehadiran OS Android 8.0 Oreo.

Nantinya, setelah mendapat Android Oreo, HP ini akan dioptimalisasi Android Go. Bagi yang belum tahu, Android Go adalah fitur yang memungkinkan HP dengan spesifikasi rendah menjalankan sistem operasi Android terbaru dan Nokia 2 adalah HP yang nantinya akan punya fitur ini.

Kekurangan Nokia 2

1. Performa Tergolong Lamban

Trustedreviews.com menyatakan kalau performa Nokia 2 tergolong lamban. Kinerjanya ketinggalan untuk ukuran ponsel pintar zaman sekarang. Memang harga HP ini terjangkau, tapi di kelas harga yang serupa, ada HP lain yang punya performa lebih baik.

Sebenarnya ketika banyak orang melihat chipset pada Nokia 2, banyak yang pesimis dengan kinerjanya. Tidak berlebihan memang, mengingat Snapdragon 212 adalah chipset yang memiliki prosesor tergolong lamban.

GSMArena juga menyebut performa HP ini lamban setelah melakukan beberapa pengujian dengan aplikasi benchmark. Bahkan, mereka menyebut jika HP lain yang punya prosesor di kelas rendah masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tapi Nokia 2, digunakan untuk sehari-hari pun tergolong lamban.

2. Memori Rendah

Kinerja Nokia 2 yang tergolong rendah salah satu penyebabnya adalah memori RAM yang rendah yakni 1 GB. Untuk HP Android zaman sekarang, RAM 2 GB adalah standar baru untuk menyokong performa dan multitasking. Bisa dibilang, RAM 1 GB sudah kurang mumpuni.

Yang bakal menolong performa Nokia 2 adalah update Android 8.0 Oreo. Pada update ini, nantinya kinerja Nokia 2 dapat dioptimalisasi menggunakan fitur Android Go memory management.

Dengan menggunakan fitur tersebut, peningkatannya mungkin tidak akan langsung menyamai HP dengan RAM 2 GB, tapi pastinya akan ada kenaikan performa mengingat fitur tersebut memang ditunjukan untuk HP Android dengan spesifikasi rendah.

3. Charging yang Lama

* sumber: www.youtube.com

Dengan kapasiatas baterai yang besar, wajar sebenarnya jika Nokia 2 memerlukan waktu lebih lama untuk proses pengisian daya alias charging. Jika saja HP ini punya fitur pengisian daya cepat, durasi pengisian daya tidak akan terlalu masalah. Sayangnya, fitur tersebut tidak ada sehingga membuat proses pengisian daya membutuhkan waktu yang lama.

GSMArena mengamini hal ini. Menurut mereka, untuk mengisi daya Nokia 2 sebaiknya dilakukan pada malam hari. Pasalnya, pengisian daya Nokia 2 membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sampai empat setengah jam. Pengisian daya setengah jam saja hanya akan mendapatkan daya 10% saja.

4. Kamera Biasa-biasa Saja

Nokia 2 dibekali dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Sektor kamera ini memiliki tampilan UI yang baik. Misalnya mode HDR yang diatur ke otomatis secara bawaan. Lalu, bagaimana hasil kamera Nokia 2 ini? Trustedreviews dan GSMArena menyatakan kalau kamera Nokia 2 tidaklah bagus.

Trustedreviews menyatakan kalau hasil foto Nokia 2 hampir secara keseluruhan buruk. Mengambil foto di siang hari misalnya, langit cenderung terlalu terang. Sementara jika mengambil mode HDR, akan tampak cahaya lain yang membuat foto tampak seperti memakai filter di Instagram. Berikut hasil tangkapan kamera belakang Nokia 2.

GSMArena juga menyatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang Nokia 2 kurang bagus. Gambarnya tampak suram dan detail gambar cenderung rendah. Selain kamera belakang yang kurang bagus, kamera depan Nokia 2 juga mengecewakan. Secara keseluruhan, ini berarti sektor kamera memiliki nilai minus dari Nokia 2.

5. Bezel Besar

Desain bodi Nokia 2 yang kokoh dan solid ternyata berpengaruh pada bodi bagian depan. Bodi bagian depan Nokia 2 tampak lebih tebal pada bagian bezel. Bisa dibilang bezel Nokia 2 cenderung besar atau gemuk yang membuat HP dengan layar 5 inch ini terasa lebih besar dimensinya. Satu nilai minus lain dari Nokia 2.

Simpulan

Nokia 2 adalah HP yang punya keunggulan di sektor desain bodi yang kokoh, baterai yang awet, layar yang baik, dan juga dukungan penuh OS Android Murni. Sementara kekurangannya memang terletak pada performa dan kamera yang memang tidak begitu baik.

Secara keseluruhan, Nokia 2 lebih cocok digunakan oleh pangguna pemula. Pengguna tipe ini merupakan pasar yang bagus untuk diambil, terlebih karena Nokia 2 punya daya tahan baterai yang baik. Anda yang kurang tertarik membeli HP ini setidaknya bisa jadi hadiah atau kado buat orang tua Anda. Tertarik? Anda bisa membelinya lewat Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment