Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 2 agar Tidak Salah Beli

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Nokia 2 adalah HP Nokia Android yang ada di kelas harga terjangkau. Spesifikasi yang ditawarkan HP ini tidaklah terlalu istimewa. Namun, karena HP ini adalah Nokia yang pernah merajai pasar ponsel, HP ini menjadi cukup menarik untuk dilirik. Terlebih karena Nokia 2 ini punya kapasitas baterai yang besar di kelasnya.

Kehadiran Nokia 2 juga sebagai bukti kalau Nokia belum habis. HMD, selaku pemilik lisensi merek Nokia juga tentunya berharap kehadiran Nokia 2 mampu menarik minat pengguna di pasar kelas low-end. Apakah Anda juga cukup tertarik dengan Nokia 2? Jika Anda tertarik dan memutuskan membeli Nokia 2, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan HP Nokia 2 berikut ini.

Spesifikasi Nokia 2

Nokia 2

[aps_product_specs id="39941"]

Kelebihan Nokia 2

1. Daya Tahan Baterai yang Baik

Menilik spesifikasi baterai saja, Anda pasti tidak akan meragukan daya tahan baterai Nokia 2. Dengan kapasitas baterai 4100mAh, Nokia 2 ini mampu bertahan cukup lama. Hal ini sesuai dengan klaim mereka bahwa Nokia 2 bisa tahan sampai 2 hari untuk pemakaian normal.

Bisa dibilang, Nokia 2 masuk sebagai salah satu dari deretan HP dengan daya tahan paling lama. Gelar sebagai HP dengan daya tahan baterai tahan lama bukan sekadar klaim semata. GSMArena telah menguji baterai HP ini mampu bertahan sampai 109 jam.

Sedangkan, Tes waktu bicara mencatatkan durasi 28 jam 17 menit, durasi 14 jam 36 menit dicapai HP ini saat tes menonton video. Sementara saat browsing, waktu yang dicapai adalah 14 jam 26 menit.

Dengan angka tersebut, jarang sekali ada HP di kelas bawah yang punya baterai sekelas Nokia 2. Hal ini menandakan kalau daya tahan Nokia 2 memang salah satu yang terbaik dan menjadi nilai jual utama HP ini.

2. Desain Bodi yang Kokoh dan Solid

Nokia 2 body

* sumber: www.trustedreviews.com

Salah satu keunggulan HP Nokia dari zaman dulu adalah daya tahan bodinya yang kokoh dan solid dan hal itu yang tak dihilangkan oleh HMD, selaku pemilik lisensi merek Nokia pada HP Nokia Android mereka, termasuk Nokia 2. Desain bodi solid ini jadi kelebihan Nokia 2.

Desain bodi HP ini dibalut dengan aluminium yang membuat HP ini tampak solid. Trustedreviews pun mengakui kalau Nokia 2 adalah HP yang nyaman digenggam dan membuat Trustedreviews sulit menemukan HP sejenis di kelas harga 1 jutaan dengan bodi seperti Nokia 2.

3. Tampilan Layar yang Baik di Kelasnya

Nokia 2

Kelebihan lain dari Nokia 2 adalah tampilan layarnya. Layar HP ini mengusung dimensi layar 5 inch dengan tipe layar LTPS LCD. Resolusi layarnya HD 720p. Layarnya memang tidak mengusung layar Full Display tapi spesifikasi layar ini sudah tergolong baik.

Trustedreviews juga menyatakan kalau layar HP ini memiliki akurasi warna yang baik. Dengan layar LTPS, tampilan sudut pandang layar dan ketajamannya juga tergolong memadai. Untuk layar 5 inch HD dengan kerapatan 294ppi di harga 1 jutaan, layar HP Nokia ini tergolong memiliki visual yang baik.

Selain itu, layar HP ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Dengan pelindung ini, layarnya tentu bisa lebih tahan goresan sehingga Anda tidak perlu takut ketika HP ini masuk ke dalam saku celana jeans.

4. Dedicated microSD Slot

Nokia 2 hadir dengan slot dedicated. Artinya, HP ini punya 3 slot untuk keperluan dual SIM plus microSD. Ini jadi nilai lebih, terutama untuk Anda yang sering menggunakan dua kartu SIM. Kehadiran slot microSD akan sangat membantu Anda untuk menambah memori.

Penambahan memori eksternal ini terbilang wajib. Pasalnya, memori internal Nokia 2 hanya 8 GB. Mengingat kebutuhan data saat ini terbilang tinggi, penambahan memori eksternal untuk menyimpan foto, musik atau video sangat disarankan. Anda bisa memanfaatkan memori penyimpanan eksternal yang mendukung penyimpanan hingga 128 GB.

5. Pure Android Nougat dan Dijanjikan Dapat Oreo

Nokia 2 Android Pure

Kebanyakan ponsel Android mengusung Android dengan kostumisasi antarmuka yang dibuat sendiri. Nah, Nokia 2 hadir dengan sistem operasi Android murni (pure Android). Artinya, tampilan dan fiturnya tak berubah seperti halnya OS Android pada perangkat Google Pixel.

Nokia 2 sendiri hadir dengan Android 7.1.1 Nougat. Apakah HP ini akan mendapat dukungan pembaruan (update)? Yap, salah satu kelebihan lainnya dari Nokia 2 adalah kehadiran OS Android 8.0 Oreo.

Nantinya, setelah mendapat Android Oreo, HP ini akan dioptimalisasi Android Go. Bagi yang belum tahu, Android Go adalah fitur yang memungkinkan HP dengan spesifikasi rendah menjalankan sistem operasi Android terbaru dan Nokia 2 adalah HP yang nantinya akan punya fitur ini.

Kekurangan Nokia 2

1. Performa Tergolong Lamban

* sumber: www.gsmarena.com

Trustedreviews.com menyatakan kalau performa Nokia 2 tergolong lamban. Kinerjanya ketinggalan untuk ukuran ponsel pintar zaman sekarang. Memang harga HP ini terjangkau, tapi di kelas harga yang serupa, ada HP lain yang punya performa lebih baik.

Sebenarnya ketika banyak orang melihat chipset pada Nokia 2, banyak yang pesimis dengan kinerjanya. Tidak berlebihan memang, mengingat Snapdragon 212 adalah chipset yang memiliki prosesor tergolong lamban.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram