Carisinyal / Nokia 2019 / Mantul! Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 4.2

Mantul! Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 4.2

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Mei 2019 adalah waktu peluncuran salah satu produk terbaru Nokia yang bernama Nokia 4.2. Perangkat tersebut datang dengan kualitas yang cukup mumpuni, terutama dari segi desain. Selain itu, fitur-fitur yang dibawa oleh Nokia 4.2 telah disesuaikan dengan baik satu sama lain.

Datang dengan dua varian warna dan memori, Nokia 4.2 adalah ponsel di segmen menengah ke bawah yang menarik untuk diulas. Berikut ini kami akan menyajikan bahasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Nokia 4.2. Sebelumnya cek dulu spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Nokia 4.2

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    149 x 71.3 x 8.4 mm
  • Berat
    161 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    5.71 inci
  • Resolusi
    720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~295 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU
    Adreno 505

Memori

  • RAM
    2 GB
  • Memori Internal
    16 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 400 GB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    13 MP + 2 MP
  • Fitur
    f/2.2, 1/3", 1.12µm, PDAF + depth sensor + LED flash
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP
  • Fitur
    f/2.0, 1/4", 1.12µm
  • Video
    -

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE, aptX
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    microUSB 2.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion
  • Kapasitas
    Non-removable 3000 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    -

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Pink Sand
  • Lainnya
    -

Harga

    Kelebihan Nokia 4.2

    Inilah beberapa kelebihan dari ponsel cerdas Nokia 4.2 yang perlu kamu ketahui sebelum membeli.

    1. Dilengkapi Google Assistant

    Salah satu fitur paling menarik yang dibawa Nokia 4.2 adalah Google Assistant dengan tombol khusus. Cukup tekan tombol tersebut untuk menyelesaikan banyak tugas hanya dengan suaramu. Jika kamu ingin berbicara dengan Google Assistant, baik mengajukan pertanyaan atau perintah, maka kamu cukup tekan dan tahan tombol khusus tersebut.

    Semakin sering kamu menggunakan Google Assistant, maka aplikasi tersebut dapat mempelajari kebiasaan-kebiasaanmu. Jika kamu orang yang super sibuk dengan berbagai jadwal pertemuan, jamuan, dan sebagainya, maka Google Assistant bisa sangat bermanfaat bagimu. Terlebih hal ini telah dibuat khusus di sebuah smartphone keren kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau.

    2. Desain Berkelas

    Salah satu hal yang disukai banyak orang dari Nokia adalah desainnya. Dari dulu hingga sekarang desain ponsel-ponsel Nokia selalu terlihat elegan, berkelas, mengerti kebutuhan pengguna, dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitu juga dengan Nokia 4.2. Walaupun bukan perangkat kelas atas, Nokia 4.2 mampu tampil apik dan memanjakan mata.

    Dimulai dari body-nya yang tipis (8,4 mm) hingga kaca 2,5D lengkung premium bagian depan dan belakang, ponsel ini mampu memberikan rasa nyaman saat kamu pegang dengan tanganmu. Nokia 4.2 tampil premium dengan dua pilihan warna manis, yaitu hitam yang elegan dan pasir merah muda yang menawan.

    3. Rasio Tampilan 19:9

    Salah satu keunggulan utama Nokia 4.2 adalah ukuran layarnya yang mencapai 5,7 inci dibuat memanjang dengan aspek rasio 19:9. Dari hal ini saja Nokia 4.2 sudah terlihat asyik dilihat-lihat, sempurna untuk pengoperasian satu tangan, serta cukup populer di antara ponsel berlayar besar lainnya. Dilihat dari sudut manapun Nokia 4.2 tetap nyaman dipandang.

    Panel depan ponsel ini dibubuhi notch setengah lingkaran sebesar tetesan embun yang terlihat cocok dengan tampilannya. Notch tersebut juga berfungsi sebagai kamera selfie dan pembuka kunci wajah biometrik. Panel belakang dan sisi-sisinya adalah tempat yang dibuat rapi untuk menempatkan kamera, LED flash, sensor sidik jari, berbagai tombol serta lubang untuk audio, data/daya, dan lain-lain.

    4. Dual Kamera

    Dari segi pencitraan, Nokia 4.2 telah dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13 MP dan 2 MP sensor mendalam (depth sensor) plus deteksi dua fase dan lampu kilat. Di bagian depan ada sensor kamera selfie sebesar 8 MP yang terletak di notch dan juga berfungsi sebagai pembuka kunci ponsel dengan wajah atau face unlock.

    Tidak disebutkan adanya fitur penyempurna bidikan seperti panorama dan HDR. Tapi inilah Nokia, pecinta gadget pasti sudah tahu bagaimana kualitas bidikan kamera ponsel-ponsel Nokia. Sensor-sensor kamera yang dimiliki oleh Nokia 4.2 sudah cukup bagus untuk mengabadikan berbagai momen indah. Berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang Nokia 4.2

    kamera nokia 4.2 sample 2

    * sumber: www.indiatoday.in

    kamera nokia 4.2 sample 3

    * sumber: www.indiatoday.in

    nokia 4 sample 4

    * sumber: www.indiatoday.in

    nokia 4 sample 5

    * sumber: www.indiatoday.in

    kamera nokia 4.2 sample 1

    * sumber: www.indiatoday.in

    Oh yah, kamera pada Nokia 4.2 juga dibekali berbagai kemampuan canggih seperti mode bokeh dan alterasi bidikan tingkat lanjut. Untuk kelas harganya, hasil tangkapan kamernaya cukup lumayan.

    5. Menggunakan Android One

    Android_One_logo

    * sumber: commons.wikimedia.org

    Nokia 4.2 menawarkan pengalaman Android seutuhnya dengan Android One yang berjalan pada Android 9.0 Pie. Dengan demikian ponsel ini tidak dibebani dengan berbagai perangkat lunak pihak ketiga yang kadang sangat merugikan. Hasilnya adalah ponsel mampu berjalan lebih mulus karena tidak perlu membaca aplikasi-aplikasi tidak berguna.

    Selain itu, pengguna juga tetap akan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan gratis yang tidak akan memperlambat kinerja ponsel. Tidak lupa teknologi AI (Artificial intelligence ) atau kecerdasan buatan juga ditambahkan Nokia pada produknya yang ini. Hal itu dapat mempelajari caramu menggunakan ponsel untuk nantinya memberikan pengalaman terbaik dengan perangkat tersebut.

    6. Biometrik Lengkap

    Agar ponsel Nokia 4.2-mu tetap aman, Nokia telah memberikan fitur biometrik lengkap yang berupa sensor sidik jari di panel belakang dan face unlock di panel depan. Keduanya dapat kamu andalkan dengan baik, cepat, dan efisien. Bahkan dengan algoritma pembelajaran yang mendalam dan deteksi mata terbuka, fitur pengenalan wajah ponsel ini mampu bekerja bahkan dalam kondisi cahaya rendah sekalipun dan hanya dalam hitungan detik.

    7. Hadir dengan NFC

    NFC

    * sumber: pixabay.com

    Jika kamu suka melakukan pembayaran cashless, kamu pasti tidak asing dengan teknologi NFC. Teknologi NFC pada sebuah ponsel mampu memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi digital. Tinggal tempel, barang yang kamu beli bisa langsung terbayar.

    Mudah sekali bukan? Di zaman sekarang, smartphone dengan NFC banyak dicari oleh sebagian orang dan Nokia 4.2 adalah salah satu perangkat yang menyediakan teknologi tersebut.

    Kekurangan Nokia 4.2

    Berikut adalah beberapa kekurangan dari Nokia 4.2 yang perlu kamu perhatikan.

    1. Resolusi Layar Terbilang Rendah

    Walaupun Nokia 4.2 datang dengan layar beraspek rasio 19:9 yang elegan, tapi sayang resolusi layar yang dimilikinya adalah HD+ standar (1520 x 720 piksel). Hal ini berpengaruh pada kerapatan piksel yang dihasilkan, yaitu sekitar 295 ppi. Jika dibandingkan dengan harga jual Nokia 4.2, rasanya kurang menarik karena perangkat ini tidak datang dengan resolusi Full HD di mana pengguna dapat menikmati kualitas tampilan yang lebih baik.

    2. Tidak Ada Proteksi Layar

    Saat ini kamu sudah dapat membeli smartphone Rp 1 jutaan yang dibekali dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass 3 atau sejenisnya. Tapi hal itu tidak ditemukan di pada layar Nokia 4.2 yang dijual di angka Rp 2 jutaan. Jadi, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli pelindung layar sejenis tempered glass jika ingin layar Nokia 4.2-mu terhindar dari goresan-goresan.

    3. Chipset dan Baterai Kurang Garang

    Selain pelindung layar, beberapa smartphone kelas entry-level juga banyak yang dibekali dengan jeroan yang cukup garang. Baterai misalnya, agar mampu menarik minat pembeli, kapasitas yang digunakan harus di atas 3000 mAh. Bahkan ada pabrikan yang memberikan kapasitas baterai di angka 4000 mAh pada smartphone-smartphone kelas menengah ke bawah mereka.

    Sebagian orang juga mungkin akan menilai sebuah ponsel dari jeroannya. Nokia 4.2 disebut-sebut memiliki kinerja yang unggul dengan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 439 yang dibawanya.

    Tapi hal ini bisa sedikit kalah saing dengan beberapa kompetitornya yang menawarkan mesin yang lebih unggul dan bekerja lebih cepat. Seperti yang juga tertulis di situs Kimovil, berdasarkan nilai Antutu-nya, Nokia 4.2 ini punya nilai yang rendah. Tercatat nilai Antutu Nokia 4.2 hanya mencapai angka 88 ribuan saja. Nilai yang kecil memang untuk kelas harganya.

    Simpulan

    Secara keseluruhan, Nokia 4.2 adalah ponsel yang menggiurkan. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh perangkat ini telah ditakar dengan baik dan disesuaikan satu sama lain. Misalnya kapasitas baterai 3000 mAh-nya dapat bertahan cukup lama berkat bantuan AI dan resolusi layar HD yang tidak terlalu menguras daya.

    Dan walaupun jeroannya dapat dibilang kurang nendang (termasuk kapasitas RAM yang tidak lebih dari 3 GB), Nokia 4.2 telah dibuat berjalan cepat dengan menggunakan Android One yang berjalan pada Android 9.0 Pie. Jadi, menurut penulis semuanya sudah diatur dengan baik. Nokia adalah brand besar yang terpercaya. Setiap produk-produk yang dikeluarkannya selalu membawa “kualitas”.

    Jika kamu ingin membeli ponsel Nokia 4.2, jangan lupa untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini ya.

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar