Yuk, Tengok Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia C20!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

HMD Global belum mau menyerah dalam memproduksi HP Nokia. Upaya mereka terlihat dengan peluncuran Nokia C20 pada April 2021. Wujud HP kelas entri ini pun sudah terpampang di situs resmi Nokia Indonesia.

Anda yang punya ikatan hati dengan ponsel Nokia mungkin akan tergiur untuk langsung mendapatkannya. Tapi, tunggu dulu, ada baiknya Anda membaca kelebihan dan kekurangan Nokia C20 dalam artikel ini. Pembahasan dalam artikel ini tidak bersifat mutlak.

Namun, setidaknya Carisinyal bisa memberi gambaran kepada Anda mengenai apa saja yang ditawarkan Nokia melalui ponsel satu ini. Baiklah, sebelum ke pembahasan utama, silakan berkenalan dulu dengan Nokia C20 dengan membaca spesifikasi ringkasnya di bawah ini.

Spesifikasi Nokia C20

Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Nokia C20

Nokia C20 menawarkan hal-hal simpel tetapi tepat guna sebagai kelebihannya. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya berikut.

1. Desain Simpel

Anda yang suka dengan kesederhanaan bisa jadi akan merasa cocok dengan penampilan Nokia C20 yang simpel dan elegan. Desain ini diberi nama Nordic. Nokia tidak mencoba memberikan polesan aneh-aneh pada ponsel yang punya dimensi 169,9 x 77,9 x 8,8 mm ini.

Penutup belakangnya diberi warna kalem, yakni Dark Blue atau Sand, dengan tekstur garis-garis untuk mencegah bodi terasa licin. Di situ hanya ada modul kamera berbentuk lingkaran, logo Nokia, dan segaris lubang speaker.

Oh iya, jangan salah dengan bahan plastik polikarbonat yang menyusun penutup belakang dan frame-nya. Sebab, bahan ini justru lebih tahan benturan ketimbang kaca. Adapun bagian depan Nokia C20 terdapat layar bergaya tetesan air yang dibikin dengan bahan 2D Panda Glass, sebuah material tahan goresan.

Layar ponsel berbobot 191 gram ini memiliki ukuran bezel yang wajar untuk HP kelas entri, dengan menempatkan logo Nokia di sisi bawah.

2. Layar Lebar

Anda yang baru beralih memakai smartphone tidak akan kesulitan beradaptasi dengan Nokia C20. Pasalnya, ponsel ini punya layar IPS yang lebar dengan bentangan 6,52 inci. Anda tidak akan kesulitan membaca tulisan di layar selebar itu.

Kejadian salah pencet juga akan sangat minim terjadi di layar beresolusi 720 x 1600 piksel (269 ppi) ini. Sisi positif selanjutnya tentu saja Anda akan terpuaskan ketika menyaksikan konten video baik offline maupun online. Sebab, layar IPS terkenal punya tampilan yang bagus sekalipun dilihat dari berbagai sudut.

Selain itu, pelajar yang sedang melaksanakan kegiatan belajar daring turut terbantu karena materi serta wajah teman dan gurunya bisa ditampilkan dengan cukup baik.

3. Kamera dengan Lampu Flash Ganda

Lampu LED flash di kamera belakang sudah biasa, tapi bagaimana dengan kamera depan? Ternyata banyak ponsel yang masih belum lampu flash di kamera depan. Beruntung Nokia C20 punya, sehingga Anda tak perlu susah-susah berswafoto dengan kamera belakang jika kondisi sedang gelap.

Baik kamera depan maupun belakang ponsel ini memiliki resolusi 5 MP. Resolusi itu cukup untuk sekedar seru-seruan mengabadikan momen. Adapun jika difungsikan untuk merekam video, resolusi maksimal yang bisa dicapai adalah 720p 30fps.

4. Slot MicroSD Khusus

Memori internal 16 GB yang dipunyai Nokia C20 memang pas-pasan untuk zaman sekarang. Pasalnya, dari hari ke hari ukuran aplikasi tambah besar. Kapasitas tampung memori internal sebesar itu juga bakal terpangkas jika Anda menggunakannya untuk menyimpan file-file media.

Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan slot MicroSD khusus yang bisa diakses dengan membuka penutup belakang ponsel ini. Kapasitas kartu microSD yang dipasang bisa sampai 256 GB.

Alhasil, kini Anda punya opsi untuk melimpahkan seluruh file media seperti lagu, foto, video, dan dokumen lain ke microSD. Sedangkan memori internalnya didedikasikan untuk meng-install aplikasi.

4. Software

Ukuran RAM 2 GB yang terpasang di mainboard Nokia C20 mungkin terlihat kecil. Namun, hal itu bukanlah masalah yang berarti karena sistem operasi Android yang dipasang adalah Android 11 Go. Ya, Android Go adalah versi ringan dari Android untuk mengoptimalkan ponsel dengan spesifikasi rendah.

Android Go versi terbaru ini menawarkan performa 20 persen lebih cepat daripada Android 10 Go, saat sebuah ponsel membuka aplikasi. Kemudian, Google selaku pengembang Android Go, menjanjikan free RAM 900+270 MB untuk menjamin pengalaman multitasking yang lebih baik.

Hal menarik dari Android 11 Go di Nokia C20 ini adalah tidak ada kustomisasi antarmuka. Karena itu, ponsel ini memakai software murni yang sangat bersih dan stabil. Nokia pun menjamin ponsel ini mendapat pembaruan keamanan tiap tiga bulan selama 2 tahun.

5. Radio FM dan Jack 3,5 mm

Kata siapa smartphone harus selalu terhubung dengan jaringan internet? Dalam kondisi darurat, atau saat Anda berada di remote area, internet adalah hal yang sulit ditemui. Padahal, di sisi lain, Anda harus senantiasa tahu soal kabar terkini. Untungnya, Nokia C20 bisa memberi solusi dengan kemampuan menyetel radio FM.

Cukup colokkan headset kabel ke jack audio 3,5 mm yang berada di atas ponsel, maka Nokia C20 langsung bisa dipakai untuk mendengarkan siaran radio lokal. Anda pun kini dapat mengetahui informasi terbaru sekaligus mendapatkan hiburan gratis.

Kekurangan Nokia C20

Ada beberapa hal yang semestinya ada di ponsel kelas entri tetapi belum dipunyai Nokia C20. Kami menilai hal itu sebagai kekurangan yang patut Anda cermati. Simak poin-poin penjelasan berikut untuk mengetahuinya!

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram