carisinyal web banner retina

Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Murah Nokia C31

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

HMD Global, yang memegang lisensi ponsel Nokia, mengambil strategi penting pada 2022. Mereka memutuskan untuk tidak lagi membuat ponsel flagship. Fokus HMD Global pun terkonsentrasi pada smartphone kelas entri dan kelas menengah.

HMD Global menilai, menjual smartphone kelas entri dan kelas menengah justru lebih menguntungkan bagi perusahaan. Pasalnya, profitnya bisa segera kelihatan tiap kuartal.

Selain itu, dengan strategi penting ini, HMD Global bisa lebih fokus mengembangkan ponsel Nokia, sehingga punya faktor pembeda yang tak dimiliki ponsel kelas entri dan kelas menengah merek lain. Dalam hal ini adalah durabilitas.

Nah, Nokia C31 - yang akan dibahas dalam artikel ini - juga diklaim memenuhi syarat sebagai smartphone dengan durabilitas yang baik. Sertifikasi IP52 dikantongi HP ini. Namun, kelebihan dari si ponsel bukan cuma itu. Anda bisa menengok rangkuman kelebihan dan kekurangan Nokia C31 pada tabel berikut.

KelebihanKekurangan
Desain kokoh, tahan debu dan percikan air
Layar IPS yang lebar
Slot memori eksternal masih ada
Dukungan Radio FM tanpa kabel
Fitur keamanan biometrik lengkap
Baterai besar
Jaminan pembaruan sistem Keamanan Android
Performa gaming loyo
Port microUSB yang jadul
Sensor kompas dan NFC absen

Bagi yang ingin tahu secara detail, silakan baca artikel ini sampai kelar. Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C31 dimulai dengan sajian spesifikasi utama si ponsel seperti di bawah ini.

Spesifikasi Nokia C31

Nokia C31
Layar IPS LCD 6.74 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Nokia C31

Smartphone kelas entri adalah ponsel esensial. Artinya, ia diciptakan untuk menangani tugas-tugas mendasar. Nokia C31 pun memenuhi syarat sebagai smartphone dengan kategori tersebut. Namun, HP ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang penjelasannya seperti berikut.

1. Desain Kokoh, Tahan debu dan Percikan Air

nokia C31

Nokia memiliki reputasi sebagai ponsel yang awet. Istilah kerennya adalah build-to-last alias diciptakan untuk dipakai sampai rusak. Reputasi yang demikian ingin selalu dilestarikan oleh HMD Global selaku produsen ponsel Nokia.

Dengan begitu, konsumen akan selalu ingat bahwa ketika ingin mencari ponsel untuk pemakaian jangka panjang, Nokia adalah pilihannya. Lalu bagaimana dengan Nokia C31? Apakah ponsel ini dirancang supaya awet?

Jawabannya adalah: ya! Ada beberapa alasan yang mendasari. Pertama, bodi HP ini tidak memakai material kaca yang mudah pecah, juga bukan logam yang bisa penyok. Seluruh bodi HP ini terasa kokoh berkat bahan polikarbonat.

Polikarbonat lebih tahan banting jika dibandingkan dengan dua material lain yang disebutkan. Selain materialnya yang oke, Nokia C31 mengantongi sertifikasi IP52.

Sertifikasi tersebut merupakan jaminan bahwa HP ini akan baik-baik saja saat kemasukan debu. Ia juga tetap normal beroperasi ketika terkena percikan air, misalnya saat hujan.

Adapun bodi Nokia C31 memiliki dimensi yang masih tergolong wajar, yakni 169.2 x 77.98 x 8.55 mm berikut bobot 200 gram. HP ini tersedia dalam tiga pilihan warna: Charcoal, Cyan, Mint. Semua pilihan warna memiliki karakter matte, sehingga penutup belakang ponsel tidak silau dan tidak licin.

2. Layar IPS yang Lebar

nokia C31

Nokia C31 dibekali layar berpanel IPS LCD. Resolusinya masih HD+ alias 720 x 1600 piksel. Namun, tampilannya tetap sedap dipandang dan tidak mengganggu mata. Sisi menarik dari layar HP ini adalah bentangnya yang lebar yaitu 6.74 inci.

Layar dengan bentang 6.5 inci masuk kategori ekstra lebar. Hal ini akan memberi kepuasan bagi penikmat film. Mau nonton anime, K-Drama, serial di Netflix, atau film apa pun, rasanya lega dengan layar yang lebar.

HMD Global tidak menjelaskan panjang lebar soal kemampuan layar dengan refresh rate 60 Hz ini. Mereka cuma menyebut bahwa layar si ponsel diproteksi kaca 2.5D yang kuat, serta punya fitur Brightness boost untuk pemakaian outdoor.

3. Slot Memori Eksternal Masih Ada

nokia C31

Ada tiga konfigurasi memori buat Nokia C31, yakni 3/32 GB, 4/64 GB, serta 4/128 GB. Varian dengan RAM 4 GB tentu lebih menarik karena kemampuan multitasking-nya lebih oke.

Sementara itu, penyimpanan internal 64 GB jadi batas aman saat pengguna hendak memasang berbagai macam aplikasi dan gim. Bahkan koleksi foto, film, dan lain sebagainya bisa pula ditampung.

Andai masih kurang, Nokia C31 punya slot microSD yang bisa dipasangi kartu memori sampai 256 GB. Kalau buat film saja, 256 GB bisa muat sampai ratusan judul!

4. Dukungan Radio FM Tanpa Kabel

wireless radio fm smartphoneSumber: Make Us Of

Sekarang memang zamannya Spotify, YouTube Music, dan aplikasi sejenis. Era telah berganti ketika orang kini sudah lebih suka mendengarkan lagu dengan cara streaming. Tentu saja hal ini karena koneksi internet di Indonesia sudah jauh semakin baik.

Namun, siaran radio belum punah. Masih banyak pendengar setia radio dari beragam kalangan. Bukan cuma yang tua, yang muda pun ada.

Mendengarkan musik via siaran radio jelas murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan. Hanya saja, ponsel-ponsel mahal masa kini justru menghilangkan fitur radio FM. Untungnya HP kelas entri Nokia C31 masih memilikinya.

Bahkan, yang asyik, fitur ini bersifat wireless di Nokia C31. Pengguna bisa memutar siaran radio FM tanpa perlu repot-repot mencolokkan earphone. Hal ini bisa dilakukan lantaran Nokia C31 sudah dibekali antena internal untuk menggantikan earphone.

5. Fitur Keamanan Biometrik Lengkap

nokia C31

HP dengan harga di bawah 200 euro dapat dikategorikan sebagai HP murah. Demikian halnya Nokia C31 yang di Eropa dijual mulai dari 130 euro (sekitar Rp1,9 juta untuk varian 3/32 GB). Meskipun murah, Nokia C31 tetap memiliki fitur keamanan biometrik yang lengkap.

Ia dibekali sensor pemindai muka serta sensor pemindai sidik jari. Meskipun begitu, sensor pemindai sidik jari HP ini masih ditempatkan di bagian belakang. Belum seperti HP-HP lain yang sensor pemindai sidik jarinya ditaruh di posisi nyaman yakni tombol daya.

Keberadaan sensor pemindai sidik jari di Nokia C31 tetap layak diapresiasi. Pasalnya, ada juga lho HP di bawah Rp2 juta yang tak punya sensor tersebut.

6. Baterai Awet

bateraiSumber: Life Wire

Nokia C31 mempunyai baterai dengan kapasitas yang cukup besar. Kapasitasnya mencapai 5050 mAh, sesuai dengan standar masa kini di angka 4000 mAh ke atas. Kalau untuk pemakaian normal, ponsel dengan baterai 5000 mAh secara teori bisa tahan sehari penuh.

Namun, HMD Global mengeklaim, HP ini bisa tahan hingga 3 hari! Klaim ini berdasarkan pengujian di kondisi nyata. Dalam pengujian yang dilakukan HMD Global, HP dipakai selama 5 jam setiap hari di lingkungan indoor. Malam hari HP tidak digunakan.

Materi pengujiannya adalah dipakai untuk berbagai aktivitas. Mulai dari main gim, streaming video, telepon, mengirim SMS, browsing, dan main medsos.

7. Jaminan Pembaruan Android

nokia C31

Dari sekian alasan mengapa memilih ponsel Nokia, software jadi salah satu yang paling dipertimbangkan. Sejak merek Nokia dihidupkan lagi pada 2016, HMD Global berjanji memberi napas panjang buat produk-produk bikinannya. Tak peduli itu ponsel mahal atau murah.

Nokia C31 juga kena imbas positif dari kebijakan tersebut. Sejak dalam kardus, HP ini sudah dipasangi sistem operasi Android 12. Sistem operasi ini merupakan Android murni, alias tidak mendapatkan kustomisasi yang bisa jadi memberatkan ponsel.

HMD Global tidak menjelaskan apakah Nokia C31 memperoleh peningkatan versi Android atau tidak. Hanya saja, mereka menjamin bahwa HP ini mendapatkan pembaruan sistem keamanan. Pembaruan diberikan tiap tiga bulan sekali selama dua tahun setelah si ponsel rilis.

Kekurangan Nokia C31

Berikut ini merupakan catatan-catatan yang mesti Anda perhatikan dari Nokia C31. Beberapa catatan berikut adalah hal yang bisa dipandang sebagai kekurangan si ponsel.

1. Performa Gaming Loyo

nokia C31

Chipset atau SoC yang dipasang di dalam mainboard Nokia C31 adalah UNISOC SC9863A. SoC delapan core ini tidak hanya jadul karena masih pakai fabrikasi 28 nm. Namun, ia tak punya Cortex A75 dan GPU yang mumpuni.

Oleh sebab itu, performa gaming-nya bisa dibilang loyo. Seluruh CPU SoC ini merupakan Cortex A55. Empat core disetel 1.6 GHz, dan empat core lainnya 1.2 GHz. Adapun GPU SoC ini adalah IMG8322 dari PowerVR yang gaungnya sudah tak lagi moncer sejak ditinggalkan Apple.

Dalam situs Nano Review, cip inimemiliki skor AnTuTu 8 sekitar 106 ribu. Skor tersebut setidaknya sudah memberi gambaran bahwa Nokia C31 bukan HP gaming. Kalau sekadar menjalankan gim semacam Subway Surfer dan Clash of Clans, sih, oke saja.

2. Port microUSB yang Jadul

nokia c31

Port alias colokan pengisian daya Nokia C31 belum modern. Ia masih pakai microUSB yang usang, belum USB C. Padahal USB C sudah disepakati jadi port universal yang dipakai banyak gawai antarmerek.

Port microUSB lebih ribet ketimbang USB C. Pasalnya, ia tidak bisa dicolok bolak-balik. Anda mesti memperhatikan mana sisi atas dan bawahnya agar tidak salah colok.

Hal lain yang masih berkaitan dengan port adalah teknologi pengisian dayanya. Nokia C31 cuma dibekali pengisian dengan daya maksimum 5V 2 A atau 10 Watt. Mengecas dengan charger 10W mungkin bisa bikin Anda emosi, karena baterai tak kunjung penuh.

Dengan kapasitas baterai yang mencapai 5050 mAh, Nokia C31 sebaiknya dicas pada malam hari menjelang tidur. Pengguna tak perlu menunggu, tahu-tahu bangun tidur baterai sudah penuh.

3. Sensor Kompas dan NFC Absen

nokia C31

Hanya ada tiga sensor selain pemindai sidik jari yang dikandung Nokia C31. Tiga sensor itu meliputi akselerometer, proksimitas, dan cahaya sekitar. Tidak ada sensor geomagnetik alias kompas.

Absennya sensor kompas jelas bikin HP ini tidak asyik. Soalnya, pengguna jadi tidak bisa mengetahui arah mata angin ketika si ponsel tak tersambung ke jaringan internet.

Sementara itu, kalau ada NFC-nya, Nokia C31 bisa jadi pilihan terjangkau buat orang-orang yang hobi bayar secara non-tunai. Sayangnya fitur ini absen, padahal bisa jadi pembeda buat Nokia C31 dengan HP murah lainnya.

Simpulan

Nokia C31 termasuk ponsel yang bagus. HP ini memiliki fitur yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya. Sebut saja sertifikasi IP52, layar IPS LCD yang lebar, memori besar plus slot eksternal, serta punya fitur keamanan biometrik lengkap.

Baterai besar dan kemampuan menyetek radio tanpa kabel jadi fitur pelengkap selanjutnya. Berdasarkan fitur-fitur tersebut, Nokia C31 akan cocok buat pengguna pemula. Orang tua yang tak ingin anaknya main game secara intens bisa membelikan ponsel ini.

Hanya saja, port yang masih microUSB, pengisian daya lama, dan ketiadaan sensor kompas jadi catatan yang juga harus dipikir masak-masa oleh para peminat. Bagaimana menurut Anda mengenai Nokia C31? Apakah ponsel ini menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram