Carisinyal / HP 2019 / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OnePlus 7 Pro!

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OnePlus 7 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juni 2019

OnePlus, salah satu brand yang sangat saya sayangkan tidak muncul resmi di Indonesia. Padahal brand ini  menarik perhatian ketika mengeluarkan OnePlus generasi pertama. Sayang seribu sayang, OnePlus tidak tampak resmi di Indonesia. Ynag ada dijual pun adalah garansi internasional alias tidak resmi.

Meskipun tidak hadir resmi, HP dari OnePlus memang cukup menarik perhatian. Tak jarang banyak yang mau beli HP OnePlus  meskipun tidak hadir secara resmi. Tengok saja, di marketplace, banyak orang menjual OnePlus 6T. Hal yang sama akan berlaku ketika OnePlus 7 Pro sudah mulai banyak di pasaran.

Tidak sedikit bakal ada yang mau mengimpor OnePlus 7 Pro. Ya, hal ini karena OnePlus 7 Pro, sama seperti seri sebelumnya, mampu menarik perhatian banyak orang. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari OnePlus 7 Pro ini? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi OnePlus 7 Pro

  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • RAM & Memori: 10 GB & 256 GB
  • Kamera: Triple 48 MP + 16 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: -

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OnePlus 7 Pro

Jika Anda tertarik menggunakan HP OnePlus 7 Pro ini, maka Anda juga perlu ketahui beberapa kelebihan yang ditawarkannya.

1. Performa Mantul, Kencang Habis!

Perfoma OnePlus 7 Pro

* sumber: www.tomsguide.com

Rasanya aneh kalau saya menyebut OnePlus 7 Pro tidak memiliki performa yang kencang. Bagaimana tidak, OnePlus 7 Pro dibekali dengan Snapdragon 855, chipset terbaik untuk Android saat ini. Selain itu, OnePlus 7 Pro jadi HP salah satu HP yang memakai penyimpanan dengan teknologi UFS 3.0.

Sebagai perbandingan, OnePlus 6T, memakai penyimpanan dengan teknologi UFS 2.1. Penggunaan UFS 3.0 dengan sokongan Snapdragon 855 jelas membuat OnePlus 7 Pro memiliki performa yang kencang habis. Skor Geekbench dari pengujian yang dilakukan GSMArena ini adalah buktinya.

geekbench single core oneplus 7 pro

geekbench single core oneplus 7 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Dari data Geekbench tersebut, terlihat jika OnePlus 7 Pro mendekati angka Samsung Galaxy Fold untuk multi-core dan unggul dari LG G8 ThinQ. Hanya saja untuk single-core, OnePlus 7 Pro kalah dari LG G8 ThinQ. Menariknya, nilai yang didapatkan Xiaomi Mi 9 ternyata mengungguli OnePlus 7 Pro di dua pengujian tersebut.

Nilai Antutu justru menempatkan OnePlus 7 Pro lebih unggul dari LG G8 ThinQ, Samsung Galaxy Fold, dan Apple iPhone XS Max. Skor 364.025 tentu bukan skor Antutu yang sembarangan, skor yang amat kencang. Hanya saja sekali lagi, OnePlus 7 Pro kalah dari Xiaomi Mi 9.

antutu oneplus 7 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Sebenarnya tidak disebut kalah mutlak, perbedaan poin Geekbench tersebut juga tipis. Hanya saja hal ini menunjukan jika Xiaomi Mi 9 memiliki optimasi yang lebih baik. Pasalnya, Xiaomi Mi 9, LG G8 ThinQ, dan juga OnePlus 7 Pro, memakai chipset yang sama, Snapdragon 855.

Tentu saja nilai benchmark bukan satu-satunya penilaian. Karena itu, saya sertakan data dari situs Moneycontrol. Situs ini menguji OnePlus 7 Pro dengan berbagai gim sepertI PUBG, Asphalt 9, dan Sniper 3D.

Gim-gim tersebut membutuhkan CPU dan GPU yang intensif. Hasilnya, bermain ketiga gim tersebut di OnePlus 7 Pro berjalan lancar dan tidak ada framerates drop maupun lag. Hanya satu catatan penting dari Moneycontrol adalah bodi yang kepanasan ketika digunakan bermain cukup lama.

Oh yah, OnePlus 7 Pro juga makin optimal performanya karena layar di HP ini sudah mendukung framerates 90Hz. Hal ini membuat pengalaman bermain gim menjadi lebih baik. Bahkan, meskipun tidak mengusung konsep HP gaming, OnePlus 7 Pro bisa jadi salah satu HP yang layak masuk sebagai HP gaming terbaik.

2. Pengisian Daya Super Cepat

OnePlus 7

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterainya ini ternyata memiliki teknologi pengisian daya yang tergolong cepat. Seperti yang diungkapkan oleh Tomsguide yang mengatakan kalau pengisian dari 0% sampai 60% dapat terisi selama 30 menit saja.

Jika waktu pengisian mencapai satu jam, persentase daya yang dicapai adalah 92%. Hasil pengujian yang sama juga dilakukan oleh GSMArena. Waktu pengisian yang ditempuh dan hasilnya tergolong sama, yakni 30 menit untuk daya 60%.

Dengan dua hasil pengujian tersebut, jelas kalau OnePlus 7 Pro memiliki kemampuan pengisian daya yang baik. Berkat teknologi yang OnePlus sebut sebagai “Warp Charge”, teknologi pengisian daya ini mampu memberikan daya dengan tegangan 30W.

3. Layar Bezel Tipis, All-Full-Screen 

OnePlus 7 Display

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7 Pro memiliki layar 6,67 inci. Layarnya tergolong besar. Layarnya ini mengusung QuadHD+ 1440 x 3120 pixels dan layarnya sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Yang menarik, panel layar yang digunakan HP ini adalah Fluid AMOLED.

Penggunaan Fluid AMOLED membuat OnePlus 7 Pro memiliki tampilan warna yang lebih baik. Terlebih HP ini juga mendukung tkenologi  DCI-P3 dan HDR10+. Tidak ketinggalan, layarnya mengusung framerates 90Hz yang membuat pergerakan layar menjadi lebih smooth. 

4. UI OxygenOS

OnePlus 7 Display

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Salah satu karya terbaik dari HP OnePlus adalah UI Oxygen OS. UI ini mampu menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Seperti yang diungkapkan Trustedreviews, UI Oxygen OS ini menawarkan Android yang apik dan bersih serta mudah untuk digunakan dan kuat.

Tomsguide juga memuji OxygenOS ini. Menurut mereka, OxygenOS memiliki tampilan yang bersih, sederhana, mudah dinavigasi. Fitur tambahan seperti Zen Mode dan Screen Recording membuat OxgenOS bisa dibilang adalah UI yang terbaik untuk digunakan. 

5. In-display Fingerprint Unlock yang Responsif

fingerprint OnePlus 7 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

Salah satu keunggulan lain dari OnePlus 7 Pro adalah teknologi sensor sidik jari di layar. Sensor sidik jari di layar ini memiliki respon yang tergolong bagus. Banyak reviewer yang memuji kecepatan dan respon dari OnePlus 7 Pro ini.

6. Teknologi Kamera Pop-up Bukan Kaleng-kaleng

kamera pop-up OnePlus 7 Pro

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7 Pro menawarkan kamera depan 16 MP dengan sistem motorized pop-up. Kehadiran kamera tersembunyi ini tentu memberi pengaruh pada layar HP yang tampak lebih penuh dan tanpa notch.

Tomsguide mengatakan kalau hasil tangkapan selfie dari OnePlus 7 Pro tergolong bagus. Apalagi lensanya dapat diperluas. Techradar juga memuji kamera depan OnePlus 7 Pro, termasuk memuji form factor dalam membuat kamera pop-up ini.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Techradar, kamera pop-up OnePlus 7 Pro ini tergolong responsif. Pengujian yang dilakukan adalah dengan menjatuhkan HP dalam keadaan kamera pop-up terbuka. Ketika jatuh, mekanisme akan turun secara otomatis sehingga kamera pop-up benar-benar terlindungi. Ini artinya, kamera depan OnePlus 7 Pro tergolong bagus dan bukan kaleng-kaleng.

7. Tahan Air Tapi Tidak MemilikI Sertifikasi IP68

one plus 7 tes waterproof

* sumber: www.getdroidtips.com

OnePlus 7 Pro tidak memiliki sertifikasi anti-air atau tahan-air. Apakah ini artinya OnePlus 7 Pro bakalan mati jika dimasukan ke dalam air? Ternyata tidak.

Situs Getdroidtips kemudian melakukan pengecekan apakah OnePlus 7 Pro tahan air atau tidak. Hal ini didasari karena tidak ada keterangan resmi yang menyatakan kalau HP ini memiliki sertifikasi IP68, sertifikasi tahan air yang biasanya dimiliki HP kelas atas.

Hasilnya ternyata mengejutkan. OnePlus 7 Pro dimasukan ke dalam wadah yang berisi air selama 15 menit. Setelah itu diangkat. Saat pemeriksaan, tidak ada bagian yang rusak. Layar, speaker, bahkan kamera pop-up berjalan dengan baik tanpa kerusakan. Hal ini menunjukan keunggulan tersendiri dari OnePlus 7 Pro.

Kekurangan OnePlus 7 Pro

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, namun ternyata HP ini juga masih memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

1. Hasil Kamera Biasa Saja untuk Kelasnya

kamera belakang OnePlus 7 Pro

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7 Pro dibekali dengan kamera yang memakai sensor Sony IMX586. Sensor ini tampak populer karena banyak dipakai di berbagai HP yang mengusung sensor 48 MP. Meskipun pada dasarnya sensor tersebut adalah 12 MP yang dilengkapi dengan teknologi Pixel Binning.

Sensor 48 MP di OnePlus 7 Pro hanyalah salah satu dari tiga kamera belakang. Kamera kedua hadir dengan sensor 16 MP yang berfungsi sebagai ultra-wide. Sementara kamera ketiga adalah 8 MP yang berfungsi sebagai telephoto dengan kemampuan zoom sampai 3x. Fitur OIS disematkan pada sensor 48 MP dan juga 8 MP.

Sementara kamera 16 MP tidak memiliki fitur OIS tetapi tetap memiliki fitur  autofocus. Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera belakang OnePlus 7 Pro? Berikut contohnya.

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro 4

*

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro

* sumber: www.tomsguide.com

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro 3

* sumber: www.tomsguide.com

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro 2

* sumber: www.tomsguide.com

Hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro tergolong bagus. Bisa dibilang hasil fotonya memiliki peningkatan yang lebih baik jika dibandingkan seri OnePlus sebelumnya. Maklum OnePlus memang jarang menghadirkan seri HP yang fokus dengan kemampuan kamera.

Karena itu, kehadiran tiga kamera di bagian belakang ini patut diapresiasi. Seperti yang dibilang oleh situs Tomsguide yang menyatakan kalau hasil tangkapan OnePlus 7 Pro tergolong memiliki gambar yang jernih dan bagus. Hanya saja, bagus saja tidak cukup.

Di kelasnya, OnePlus 7 Pro masih kalah saing dari HP lain. Tidak buruk memang tetapi hasil tangkapan kamera dari OnePlus 7 Pro tidak terlalu sempurna. Untungnya, OnePLus 7 Pro mengikuti tren dengan menghadirkan mode Nightscape 2.0. Hasil tangkapan mode ini bisa dilihat di bawah ini.

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro Night Mode

* sumber: www.trustedreviews.com

Kalau menurut Trustredreviews, hasil tangkapan mode malam dari OnePlus 7 Pro mengalami peningkatan yang baik. Hanya saja, ada banyak pekerjaan rumah bagi OnePlus 7 Pro agar hasil fotonya bisa lebih baik, terutama untuk mode malam.

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro Normal

* sumber: www.trustedreviews.com

Sekarang mari telisik kamera telepoto dari OnePlus 7 Pro. Gambar kucing di atas, diambil memakai sensor telepoto yang ada di OnePlus 7 Pro. Karena kamera ini memiliki kemampuan 3x optical zoom, mari lihat 3x optical zoom dari gambar di atas yang bisa disimak berikut ini.

hasil tangkapan kamera OnePlus 7 Pro lossless optical zoom

* sumber: www.trustedreviews.com

Bagaimana? Kalau secara pribadi, saya melihat hasil 3x zoom dari HP ini tergolong baik. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Trustedreviews. Hasil optical zoom 3x di HP ini tergolong bagus. Hanya saja tidak lebih baik jika dibandingkan HP papan atas semacam Huawei P30 Pro dan Google Pixel 3. 

Secara keseluruhan, hal ini berarti kamera belakang OnePlus 7 Pro masih perlu mengalami peningkatan ke arah lebih baik. Bukan jelek, tetapi terasa kurang sempurna untuk kelasnya.

2. Daya Tahan Baterai Kurang Lama

baterai OnePlus 7 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

OnePlus 7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Secara angka, kapasitasnya tergolong besar. Namun, sayangnya, daya tahan baterai ini tidak terlalu lama. Hal ini juga yang ditunjukan dari pengetesan baterai yang dilakukan GSMArena.

GSMArena mencatat bahwa OnePlus 7 Pro ternyata hanya mendapatkan skor endurance rating 85h. Bukan skor yang baik untuk sebuah HP dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

baterai oneplus 7 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Namun perlu diingat juga pengujian ini dilakukan dengan mode layar 90Hz. Jika memakai mode 60Hz, daya tahan baterai OnePlus 7 Pro cenderung lebih baik.

Kalau berdasarkan pengujian yang dilakukan Tomsguide, daya tahan baterai OnePlus 7 Pro cenderung buruk. Pengujian internal yang mereka lakukan menunjukan kalau daya tahan baterai OnePlus 7 Pro hanya mencapai 9 jam 31 menit. Hal ini berbeda dengan hasil yang ditunjukan OnePlus 6T dengan pengujian sama yang menunjukan waktu 10 jam 23 menit.

3. Desain Bodi Cenderung Berat dan Tidak Ringkas

layar OnePlus 7 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

OnePlus 7 Pro memiliki bobot 206 gram. Bobot tersebut sudah dihitung dengan frame aluminium yang menyelimuti bodi HP ini. Dengan layar yang penuh, bezel tipis, dan tanpa notch, membuat HP ini tampak memberikan tampilan visual penuh.

Hanya saja, Trustredreviews memiliki catatan tersendiri tentang desain bodi HP ini. Meskipun bodinya terkesan solid, OnePlus 7 Pro cenderung berat di tangan. Bentuknya tidak terasa ringkas dan memungkinkan HP ini lepas dari genggaman jari.

4. Tidak Ada 3,5 Audio Jack

OnePlus 7

* sumber: www.tomsguide.com

Tidak adanya slot microSD di OnePlus 7 Pro masih bisa dimaklumi. Pasalnya, OnePlus 7 Pro memiliki penyimpanan UFS 3.0 yang kecepatannya 20x lebih cepat dari memori microSD. Tipe penyimpanan ini juga lebih cepat dari tipe penyimpanan yang ada di HP pada umumnya.

Penambahan slot microSD tentu akan terasa sia-sia. Hal ini tampaknya bisa dimaklumi. Saya juga tidak terlalu masalah sebenarnya. Hanya saja, OnePlus 7 Pro tidak menghadirkan port 3,5 mm alias port untuk mendengarkan musik.

5. Tidak Mendukung Wireless Charging

wireless charger

Selain tidak menghadirkan audio jack, OnePlus 7 Pro juga tidak menghadirkan teknologi pengisian cepat tanpa kabel. Sebagai HP kelas atas, tentunya teknologi ini sebaiknya hadir di OnePlus 7 Pro.

Simpulan

OnePlus 7 Pro adalah HP yang cukup bersaing. HP ini menawarkan banyak hal menarik, terutama performa dan layarnya yang tergolong bagus. Untuk kamera, OnePlus 7 Pro juga menawarkan kamera dengan kualitas foto yang baik. Hanya saja kalah saing dengan HP lain yang memiliki kamera dengan kualitas yang lebih baik.

Satu hal yang menarik dari OnePlus 7 Pro adalah kemampuan tahan airnya meskipun tidak ada sertifikasi resmi. Keunggulan ini membuat OnePlus 7 Pro punya nilai plus lain dari hanya sekadar jualan performa.

OnePlus 7 Pro ini saya sarankan untuk Anda yang butuh HP dengan performa tinggi.  Berminat meminang HP ini? Jika berminat, lansung saja beli OnePlus 7 Pro di Bukalapak dengan klik link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar