carisinyal web banner retina

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 22 September 2021

OPPO A11k adalah ponsel kelas entri yang dirilis pada bulan November 2020. Ponsel ini dibanderol di bawah dua jutaan dan hanya tersedia dalam satu varian saja. Kehadirannya menambah keramaian persaingan di kelas harga tersebut.

Jika Anda berencana untuk membeli OPPO A11k, Anda bisa membaca garis besarnya dalam bahasan kelebihan dan kekurangan OPPO A11k ini. Sebelumnya Anda dapat mengetahui dulu spesifikasi OPPO A11k di bawah ini.

Spesifikasi OPPO A11k

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 1

  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,22 inci, 720 x 1520 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO A11k

Berikut adalah beberapa hal menonjol yang ditawarkan oleh OPPO A11k.

1. Desain Cantik dan Bodi Tipis

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 3

Untuk memikat calon pengguna, OPPO A11k hadir dengan desain yang disebut 3D Diamond Blaze yang menampilkan petak seperti berlian. Permukaannya dibuat bertekstur sehingga menambah kenyamanan saat digenggam.

Bodi OPPO A11k juga cukup tipis dan ringan, nyaman digunakan sebagai perangkat sehari-hari. Tersedia dalam varian warna biru dan hitam, ponsel ini cocok untuk pengguna yang dinamis.

2. Tampilan dengan Blue Light Shield

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 5

OPPO A11k menampilkan layar IPS yang cerah dengan kecerahan tipikal 450 nit. Ini membantu tampilan tetap terbaca dengan cukup baik di siang hari yang cerah.

OPPO juga memberikan perisai berupa Gorilla Glass 3. Tidak cukup kuat untuk menahan goresan benda-benda tajam memang, namun ini cukup efektif untuk melindungi layar dari goresan-goresan ringan yang mengancam setiap waktu.

Untuk pengalaman pengguna yang nyaman, layar OPPO A11k dilengkapi dengan perisai cahaya biru. Teknologi ini membantu menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan mata, sehingga Anda tetap merasa nyaman saat menggunakan perangkat setiap harinya.

Secara keseluruhan, tampilan OPPO A11k memang tidak beda jauh dengan produk-produk lain di kelasnya. Akan tetapi, kualitas visualnya cukup memberi Anda kesenangan, khususnya saat menonton dan bermain game.

3. Memiliki Sensor Sidik Jari

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 7

OPPO A11k memang sudah sepatutnya memiliki sensor sidik jari untuk akses dan keamanan perangkat yang nyaman. Seperti kebanyakan ponsel menengah ke bawah pada umumnya, sensor sidik jari OPPO A11k dipasang di bagian belakang. Dengan respon yang lumayan cepat, Anda dapat mengakses HP ini dengan mudah.

Selain sensor sidik jari, Anda juga dapat memanfaatkan kecanggihan kecerdasan buatan untuk membuka perangkat dengan Face Unlock. Memang kecepatan responnya terbilang lambat, namun ini bisa menjadi alternatif saat Anda ingin merasakan pengalaman baru saat mengeksplor perangkat Anda.

4. Performa Oke

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 9

Dapur pacu OPPO A11k mengandalkan prosesor delapan inti dari Mediatek yang dapat berlari hingga 2,35 GHz. Performa prosesor ini tergolong handal untuk sebuah ponsel entri. Anda bisa mengandalkannya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar dengan baik. Bermain sosial media, menonton video, dan menjelajah web bisa dilakukan dengan lancar.

Untuk bermain game ringan dalam intensitas rendah, prosesor tersebut cukup memadai untuk melakukan hal tersebut. Namun, jika Anda senang bermain game secara intens, Anda sebaiknya memilih ponsel lain dengan prosesor yang lebih tinggi.

5. Baterai Tahan Lama

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 11

Baterai dengan kapasitas 4000 mAh bisa dibilang standar paling rendah saat ini di dunia Android. Maka dari itu, setiap pabrikan ponsel Android berlomba-lomba untuk menghadirkan kapasitas baterai di atas angka tersebut.

OPPO A11k dibekali dengan baterai 4230 mAh yang dapat mendayai perangkat sepanjang hari. Dalam klaimnya, OPPO mengatakan kalau baterai tersebut dapat bertahan hingga 17 jam untuk menonton video HD online dan hingga 8 jam untuk bermain game.

6. Memiliki Beberapa Fitur Perangkat Lunak yang Bermanfaat

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 13

OPPO A11k berjalan dengan sistem operasi ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 Pie. Dalam OS tersebut OPPO membenamkan beberapa fitur yang bisa bermanfaat bagi sebagian pengguna.

Salah satu contohnya adalah Riding Mode. Fitur ini membantu Anda tetap fokus di jalan dengan memblokir panggilan dan notifikasi yang tidak penting.

Lalu ada Smart Sidebar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengakses file, mengambil tangkapan layar, dan masih banyak lagi, semua dari aplikasi yang sedang digunakan.

7. Memiliki Teknologi Dirac

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 15

Dirac secara otomatis mengoptimalkan kualitas suara lewat mode audio pintar pada apa yang Anda lakukan - bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton video. Apa pun yang Anda dengar, itu akan menjadi pengalaman yang hidup dan nyata. Dirac sendiri merupakan perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam mengoptimalkan audio digital.

Kekurangan OPPO A11k

Setelah mengupas beberapa hal menarik dari OPPO A11k, di bawah ini adalah beberapa bagiannya yang terbilang kurang menonjol.

1. RAM Kecil

ram android

OPPO A11k hanya dibekali dengan RAM sebesar 2 GB. Untuk ukuran saat ini, RAM sebesar itu terbilang sangat kurang untuk sebuah ponsel Android. Meski HP ini menggunakan prosesor yang cukup kuat di kelasnya, namun RAM 2 GB-nya membawa Anda pada sejumlah keterbatasan.

OPPO A11k memadai untuk menunjang kebutuhan dasar sehari-hari seperti menjelajah web dan menonton video. Namun ketika Anda menggunakannya untuk multitugas atau bermain game dalam intensitas tinggi, Anda mungkin mengalami lag atau semacamnya.

Karena ada beberapa produk yang lebih murah yang menawarkan RAM yang lebih besar, jelas ini menjadi salah satu kelemahan terbesar dari OPPO A11k. Tidak seperti memori penyimpanannya yang dapat ditambah dengan microSD, tidak ada jalan bagi Anda untuk menambahkan kapasitas RAM, selain membeli ponsel baru.

2. Masih Dual Camera

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 18

Salah satu pesaing terdekat OPPO A11k adalah Redmi 9. Varian termurah Redmi 9 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB dijual dengan harga yang sama dengan OPPO A11k di angka Rp 1,7 jutaan.

Dalam hal kamera Redmi 9 jelas lebih unggul karena memiliki pengaturan empat kamera di belakang yang lebih bagus (13/8/5/2). Bandingkan dengan kamera belakang OPPO A11k yang hanya terdiri dari dua sensor standar (13/2).

Meski kualitas bidikannya layak untuk fotografi sehari-hari, namun kamera Redmi 9 mampu memberikan pengalaman yang lebih kaya. Salah satunya adalah fotografi close-up dengan menggunakan kamera makronya.

3. Layar Tidak Full HD

Cek Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A11k Sebelum Beli 20

OPPO A11k juga masih kalah soal kualitas tampilan secara keseluruhan. Resolusi layar yang digunakannya hanya HD+. Jika tidak ada pesaing yang menggunakan layar Full HD, ini bukan suatu masalah.

Namun buktinya ada, salah satunya adalah Redmi 9. Panel IPS-nya yang lebih besar hadir dengan resolusi FHD+ yang menawarkan kepadatan ppi tinggi. Ini membuat gambar menjadi lebih tajam dan nyaman dilihat.

Simpulan

Jika Anda kamu mendang-mending, Anda pasti suka dengan perbandingan. Karena persaingan semakin ramai, Anda mungkin sulit menentukan mana ponsel pilihan Anda, termasuk saat memilih OPPO A11k.

Secara keseluruhan OPPO A11k ini tampil cukup menawan. Untuk harga awal yang ditawarkan, yakni Rp 1,7 jutaan, HP ini masih layak dipertimbangkan. Namun semuanya kembali lagi pada diri Anda sendiri, apakah ingin membeli saat ini atau menunggu harganya turun.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram