Carisinyal / OPPO 2020 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33 (2020)

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33 (2020)

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki smartphone yang terjangkau dari brand yang populer bisa jadi pilihan yang menarik beberapa orang. Tidak jarang orang seperti ini ingin ponsel dengan brand tertentu tetapi dengan rentang harga yang terjangkau.

Contohnya adalah ponsel dri OPPO, OPPO A33 2020. Penggunaan 2020 mengacu pada tahun keluarnya OPPO A33 ini mengingat OPPO juga punya nama ponsel yang sama yang dikeluarkan pada tahun 2015. Jadi, penyebutan 2020 sebagai pembeda dari versi 2015. Namun, di artikel ini penyebutan disederhanakan menjdi OPPO A33 saja.

OPPO A33 sendiri bisa jadi pilihan menarik mengingat kelas harganya yang hanya kisaran Rp2,1 jutaan. Dengan kelas harga ini, OPPO A33 menawarkan spesifikasi yang cenderung mirip dengan OPPO A53, yang harga banderolnya lebih mahal.

Lantas, seperti apa sebenarnya OPPO A33 ini? Untuk mengetahuinya, simak kelebihan dan kekurangan OPPO A33 berikut ini.

Spesifikasi OPPO A33 2020 

  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: LCD 6,5 inci
  • Chipset: Snapdragon 460
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Kelebihan OPPO A33

OPPO A33 memang HP murah tetapi memiliki banyak kelebihan di kelas harganya. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Refresh Rate 90 Hz

OPPO A33

Pada umumnya, ponsel hanya punya refresh rate 60 Hz. Namun, kini ada beberapa ponsel yang menawarkan refresh rate lebih dari 60 Hz. Salah satunya adalah OPPO A33.

Ponsel ini memiliki refresh rate 90 Hz. Apa kelebihannya? dengan refresh rate yang lebih tinggi, scroll layar menjadi lebih halus dan enak dipandang mata. Menariknya, fitur semacam ini biasanya hanya hadir di ponsel Rp3 jutaan ke atas.

Dengan harga Rp2 juta lebih sedikit, fitur refresh rate 90 Hz menjadimenarik. Terlebih layarnya juga punya touch sampling rate 120 Hz, yakni sebuah fitur tentang seberapa cepat ponsel merespon terhadap sentuhan.

Fitur ini juga sangat berguna ketika memainkan gim yang mendukung penggunaan refresh rate 90 Hz. Meski jumlahnya masih sedikit. Terlepas dari itu, kehadiran fitur ini sangat bagus dan membuat OPPO A33 sebagai ponsel termurah yang punya refresh rate 90 Hz.

2. Punch-Hole Display

OPPO A33

OPPO A33 menawarkan layar dengan dimensi 6,5 inci. Layarnya ini mengusung resolusi 720 x 1600 piksel. Kerapatan layarnya sendiri adalah 269 ppi.

Yang menarik, layar ponsel ini memiliki konsep layar penuh dengan pola punch-hole display. Pola desain ini membuat layar terasa penuh di bodi dengan tambahan lubang hitam untuk kamera depan yang terpisah dengan beze.

Konsep punch-hole display ini umum digunakan di ponsel kelas menengah sampai kelas atas. Tentu hadirnya konsep ini di ponsel harga terjangkau membuat OPPO A33 tergolong menarik dari sisi tampilan.

3. Dual Stereo Speaker

OPPO A33

OPPO A33 memiliki fitur yang serupa dengan OPPO A53. Fitur tersebut adalah fitur dari sisi suara, yakni kualitas suara stereo speaker.

Dengan menawarkan dua speaker,OPPO A33 dapat menghasilkan suara yang imsersif dan lebih lantang. Terlebih karena OPPO A33 memiliki teknologi Dirac 2.0 yang bisa meningkatkan kualitas suara agar terdengar tajam dan ngebass. Teknologi ini juga dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan detail.

4. Baterai Tergolong Awet

OPPO A33

OPPO A33 menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang sama yang juga dimiliki OPPO A53. Dengan kapasitas baterai yang besar, OPPO A33 mampu menawarkan daya tahan baterai yang lebih awet dan dapat dipakai mencapai dua hari pemakaian.

OPPO A33 juga fitur yang dinamakan Super Power Saving Mode. Jika diaktifkan, HP bisa dipakai untuk menelepon pada durasi 1 jam walau sisa baterainya tinggal 5%.

Yang menariknya lagi, OPPO A33 memiliki fitur pengisian cepat 18 W. Dengan pengisian yang cepat ini, tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya ponsel ini sampai penuh. Satu hal lagi, OPPO A33 sudah memakai port USB Type-C.

6. Fitur di Color0S 7.2 yang Menarik

OPPO A33

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh ponsel OPPO terbaru, termasuk OPPO A33, adalah ColorOS. OPPO A33 ini hadir dengan ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

ColorOS 7.2 ini menawarkan beberapa fitur menarik. Contohnya adalah asisten yang lebih cerdas dan intuitif. Ada juga fitur Multi-User dan Ikon Pull-Down Gesture.


Fitur Multi-User atau multi pengguna merupakan fitur yang memungkinkan ponsel memiliki ruang tersendiri sehingga pengguna bisa membuat ruang berbeda untuk pengguna berbeda.

Sementara Ikon Pull-Down Gesture adalah fitur yang memudahkan penggunaan ponsel dengan satu tangan. Selain kedua fitur tersebut, masih banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh ColorOS 7.2 ini.

7. Desain Bodi Unik

OPPO A33

OPPO A33 menghadirkan bodi desain yang serupa dengan dengan OPPO A53. Hanya saja nama warna yang ditawarkan berbeda. OPPO A33 menawarkan nama warna Mint Cream dan Moonlight Black. Sementara OPPO A53 menawarkan warna Fancy Blue dan Electric Black.

OPPO A33 hadir dengan desain yang terinspirasi oleh pesona ombak laut yang berkilau dan menembus cahaya. Bagian belakang desainnya adalah desain tekstur yang sempurna yang dapat menampilkan keindahan refleksi sebuah warna prismatik cahaya yang cemerlang. Sangat menarik dan bagus di kelas harganya.

8. Penggunaan Chipset Snapdragon 460

OPPO A33

OPPO A33 menawarkan chipset Snapdragon 460. Chipset yang sama yang digunakan di OPPO A53. Karena OPPO A53 lebih mahal, penggunaan Snapdragon 460 di OPPO A33 menjadi lebih menarik dan jadi salah satu keunggulan tersendiri.

Pasalnya, Snapdragon 460 merupakan chipset yang diklaim sebagai Snapdragon seri 400 terbaik sepanjang masa. Snapdragon 460 ini diklaim mampu meraih performa 70% lebih baik jika dibandingkan Snapdragon 450.

Dibangun dengan proses fabrikasi 11 nm, Snapdragon 460 menawarkan chpset teknologi Kryo, tepatnya adalah Kryo 240 Gold yang berbasiskan ARM Cortex A73 serta Kryo 240 Silver dengan ARM Cortex A53. Chipset ini juga pertama kalinya dalam seri 400 yang menghadirkan Adreno seri 600, yakni Adreno 610.

Performa ponsel dengan Snapdragon 460 tergolong oke untuk kelas harganya. Seperti yang dikatakan oleh JagatReview, bahwa Snapdragon 460 meraih skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 146.787 poin. Angka yang menarik untuk sebuah ponsel di kelas harga terjangkau.

Satu hal yang perlu diperhatikan, OPPO A33 ini memiliki banderol harga yang dekat dengan OPPO A5 2020. Ponsel tersebut memiliki chipset Snapdragon 665 yang memiliki performa dan spesifikasi yang lebih baik.

Selain itu, di kelas harga ini, ada ponsel lain yang menawarkan performa lebih baik. Contohnya Redmi Note 9 dengan Helio G85 ataupun Redmi 9 dengan Helio G80. Terlepas dari itu, karena harga OPPO A33 ada di kisaran Rp2,2 juta, banderol harga tersebut dapat dimaklumi.

Kekurangan OPPO A33

OPPO A33 tentu tidak hanya memiliki kelebihan. Ponsel yang satu ini juga memiliki kekurngan. Berikut kekurangan yang dimiliki OPPO A33.

1. Resolusi Layar Belum Full HD+

Oppo A33

OPPO A33 menawarkan layar 90 Hz, punch hole display, dan juga bezel yang tergolong tipis untuk kelas harganya. Sayangnya, layar yang bagus ini terasa “dicederai” dengan resolusi yang hanya HD+ saja.

Pasalnya, di kelas harga Rp2 jutaan, sudah banyak ponsel lain yang menawarkan resolusi Full HD+. Mungkin bakal lain ceritanya jika panel yang digunakan adalah panel AMOLED. Namun, panel layar HD+ memang memberi keuntungan ke daya tahan baterai yang lebih irit.

2. Minus di Sisi Kamera

OPPO A33

OPPO A33 memilikitiga kamera di bagian belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Konfigurasi kamera ini serupa dengan kamera OPPO A53. Tidak ada perubahan. Hal ini cukup mengecewakan karena OPPO A33 tidak menawarkan kamera ultra-wide. Padahal ponsel lain di kelas harga yang serupa, ada yang menawarkan kamera ultra-wide.

Selain itu, kamera depan OPPO A33 mengalami pengurangan. Jika OPPO A53 menawarkan kamera selfie dengan resolusi 16 MP, OPPO A33 hanya menawarkan kamera selfie 8 MP. Sebenarnya satu hal yang bisa dimaklumi karena kelas harganya lebih murah. Tetapi ketikdahdiran kamera ultra-wide jelas sesuatu yang cukup mengecewakan.

Simpulan

OPPO A33 memang dihadirkan sebagai alternatif yang lebih murah dari OPPO A53. Ponsel ini bisa jadi pilihan untuk pengguna dengan dana Rp2 juta lebih sedikit tetapi ingin meminang ponsel dengan layar 90 Hz, baterai yang awet, dan Snapdragon 460.

Dengan kisaran Rp2,1 jutaan, OPPO A33 memang cukup menarik meski menawarkan RAM 3 GB dan storage 32 GB. Tetapi jika bisa menambah dana, sebaiknya membeli OPPO 53 yang dibanderol di kisaran Rp2,4 jutaan. Terlebih OPPO A53 menawarkan RAM dan storage yang lebih besar. Kamera OPPO A53 juga terasa lebih baik.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *