Yuk, Kenali Beberapa Kelebihan dan Kekurangan OPPO A54!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Bahkan apabila 128 GB dirasa masih kurang, kamu bisa memanfaatkan slot kartu microSD yang untungnya terpisah dari dua laci nanoSIM. Ukuran maksimal microSD yang dapat kamu pasang di ponsel ini adalah 256 GB.

Sementara itu, RAM dengan ukuran 4 GB tentu sudah cukup untuk mengimbangi kebiasaan pemakaian zaman sekarang yang serba multitasking. Menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan sangat memungkinkan.

4. Baterai Mumpuni

Kalau dilihat dari ukurannya yang tidak begitu besar, ponsel ini bisa jadi mengandung baterai yang biasa-biasa saja. Ternyata ukuran baterai disematkan cukup besar, lho. Benar, baterai litium polimer yang ada di dalam bodi OPPO A54 punya kapasitas 5000 mAh.

Secara teori, baterai 5000 mAh bisa membuat OPPO A54 menemani penggunanya sehari penuh. Agaknya hal itu tidak berlebihan mengingat resolusi layar ponsel ini hanya HD+. Menurut klaim OPPO, dalam kondisi baterai penuh, A54 bisa dipakai untuk streaming video sampai 19,9 jam, atau mendengarkan musik tanpa henti hingga 41 jam!

Bukan cuma baterai berukuran besar yang diberikan untuk menunjang sektor daya ponsel yang satu ini. Sebab, OPPO juga memberi fitur-fitur fungsional. Fitur pertama adalah Super Power Saver Mode yang bisa kamu aktifkan supaya si ponsel bisa menyala lebih lama. Khususnya ketika dayanya sudah hampir habis, tetapi kamu masih harus bertelepon atau mengirim SMS.

Fitur selanjutnya adalah teknologi pengisian cepat 18 Watt (9V, 2 A), yang memungkinkan kamu mengisi baterai ponsel ini lebih cepat ketimbang dengan adaptor 10 W (5 V, 2 A). Kanal YouTube Balee Review mengatakan bahwa pengecasan selama 30 menit membuat baterainya terisi 25%. Oh iya, charger yang diberikan dalam paket penjualan sudah memakai port USB tipe C.

Terakhir, ada fitur Optimized Night Charging agar baterai tidak overcharged dan bisa memiliki umur pakai yang panjang. Singkatnya, fitur ini berguna ketika kamu mengecas ponsel sambil ditinggal tidur. Daya yang berasal dari adaptor akan mengisi baterai secara cepat sampai kapasitas 80 persen.

Kemudian, ponsel akan memutus aliran listrik kendati kabel tetap terhubung. Pengisian daya akan dilanjutkan sesaat sebelum kamu terbangun, sehingga baterai OPPO A54 akan penuh ketika mata kamu sudah terbuka dengan sempurna.

5. Sensor dan Port Lengkap

OPPO A54 memang dihadirkan untuk mengisi segmen smartphone terjangkau. Meski demikian, sensor-sensor yang dimilikinya tergolong lengkap, mulai dari akselerometer, cahaya, proksimiti, hingga kompas. Sensor giroskop saja yang belum ada.

Sensor biometrik untuk keamanan juga lengkap. Meliputi pemindai sidik jari yang ada di samping kanan (menyatu dengan tombol power), dan pemindai wajah. Selain sensor, port yang tersedia juga lengkap karena tidak hanya USB C saja yang ada. Melainkan ada juga jack audio 3,5 mm yang dipasang di bagian bawah.

Masih disematkannya jack 3,5 mm membuat kamu punya opsi mendengar kualitas audio lebih baik dengan bujet terjangkau. Sebab, kamu tak perlu membeli konverter jack 3,5 mm ke USB. Selain itu, harga headset 3,5 mm tentu lebih miring ketimbang earphone nirkabel (TWS).

6. Mendukung Wi-FI AC dan Bluetooth 5.0

Jaringan internet adalah kebutuhan yang wajib bagi sebagian orang. Seiring perkembangan teknologi, orang-orang menuntut internet harus memiliki kecepatan tinggi dan punya koneksi stabil. Jaringan internet yang disalurkan via Wi-Fi generasi 4 (2,4 GHz) memang sudah cukup kencang, maksimum 600 Mbps.

Namun, frekuensi Wi-Fi generasi 4 bisa menghadapi masalah ketidakstabilan ketika dipasang di lingkungan padat, dengan jumlah pemakai banyak. Karena itulah Wi-Fi generasi 5 yang bisa berjalan di pita frekuensi 5 GHz hadir. Wi-Fi 5 menawarkan koneksi dengan stabil karena latensinya cukup rendah.

Selain itu, kecepatan maksimum yang bisa diperoleh juga lebih tinggi, bisa mencapai 3,5 Gbps. Beruntung sudah OPPO A54 mendukung teknologi yang bakal masif digunakan pada masa mendatang ini. Mengenai sektor bluetooth, OPPO A54 dibekali dengan Bluetooth 5.0.

Bluetooth generasi ini juga dikenal punya laju transfer data yang tinggi, stabil, dan irit daya. Karena itu, kamu tak perlu waswas ketika memasangkan earphone nirkabel dengan OPPO A54 untuk mendengar musik atau menonton video. Sebab, keluaran suara tidak akan delay, baterai ponsel pun tetap bakal awet.

Adapun jika koneksi internet tidak ada, kamu tetap bisa mendapat hiburan secara gratis karena ponsel ini mendukung Radio FM.

Kekurangan OPPO A54

OPPO A54 memang bukan ponsel yang sempurna. Pasalnya, ponsel yang satu ini memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan itu mungkin bisa kamu maklumi ataupun tidak. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

OPPO A54 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. Terdiri atas lensa utama 13 MP f/2.2, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 2 MP f/2.4. Sementara itu, ada satu lingkaran kamera depan 16 MP f/2.0 di pojok kiri yang membuat layar ponsel ini bergaya punch hole.

Hasil foto jepretan kamera OPPO A54 keren menurut kanal YouTube Balee Review. Detail dan warna yang dihasilkan bagus, terutama jika mode HDR diaktifkan untuk memotret di luar ruangan. Saat dipakai untuk menghasilkan foto bokeh, perpotongan antara objek utama dengan latar belakang juga disebut rapi.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram