carisinyal web banner retina

Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 5G, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada kuartal pertama tahun 2023, OPPO selaku brand ternama asal Tiongkok kembali meluncurkan kembali anggota baru pada OPPO A series, OPPO A78 5G. Di Indonesia, OPPO A78 5G hadir secara resmi pada Maret 2023.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan persenjataan yang cukup solid pada sisi performa dapur pacu, sehingga dapat diandalkan untuk gim berat dan juga aktivitas-aktivitas yang berbasiskan grafis.

Ada pun sisi fotografinya juga turut didukung dengan hardware dan software yang cukup mumpuni di kelasnya. Agar punya sedikit gambaran, sebaiknya perhatikan poin-poin kelebihan dan kekurangan pada tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Layar dengan kualitas baik, mendukung 90 Hz
Tidak ada ultrwide
Cocok untuk gaming kasual berkat performa dahsyat dari Dimensity 700
Kurang cocok untuk kreasi konten
Kemampuan fotografi yang menawan
Tidak dirilis dengan Android 13 + banyak bloatware
Desain bodi keren dengan ketahanan yang Unggul
Pengalaman audio yang menyenangkan
Konektivitas unggul dengan NFC
7. Baterai awet seharian + SuperVOOC 33 W

OPPO A78 5G memiliki kualitas layar yang baik untuk menonton, pengalaman grafis lancar saat memainkan gim populer, serta kekuatan baterai yang sangat layak di kelas harga mid-range. Untuk tahu info selengkapnya, berikut kami sajikan kelebihan dan kekurangan OPPO A78 5G.

Spesifikasi OPPO A78 5G

OPPO A78 5G
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO A78 5G

Setidaknya ada 7 kelebihan OPPO A78 5G yang mesti Anda ketahui. Mau tahu apa saja? Yuk, jangan lewatkan penjabaran poin-poin di bawah ini, ya.

1. Layar dengan Kualitas Baik, Mendukung 90 Hz

oppo a78 5g layar_

OPPO A78 5G merupakan smartphone yang dapat diandalkan dari sisi layarnya. Meski bukan panel AMOLED, namun layar IPS LCD yang digunakannya terbilang unggul dari sisi laju penyegaran.

Ya, OPPO A78 5G diketahui memiliki mode refresh rate 90 Hz yang dapat membuat pergeseran animasinya 50% lebih licin ketimbang 60 Hz konvensional. Oleh karena itu, menggunakan HP ini untuk bermain gim yang support 90 Hz seperti Dead Trigger 2 dan Alto's Odyssey, adalah keputusan yang tepat.

Layar tersebut mendukung kecerahan tipikal hingga 480 nit dan kecerahan HBM hingga 600 nit, sehingga tidak akan membuat pengguna kesulitan saat harus mengecek layar di bawah terik matahari.

Ponsel dengan ukuran layar 6,56 inci ini berada pada resolusi HD+ 720 x 1612 piksel pada aspek rasio 20:9. Selain itu, layar diketahui punya kerapatan piksel sebesar 269 ppi (pixel per inch).

Untuk menunjang beragam aktivitas yang berbeda, Anda pun bisa memilih dua mode warna pada pengaturan layar. Yang pertama adalah mode vivid yang tampilkan gamut warna 100% DCI-P3. Mode ini cocok digunakan saat melakukan konsumsi konten karena warna-warnanya akan condong lebih keluar dan menyala.

Namun jika Anda menggunakan ponsel untuk bikin konten, sebaiknya pilih mode gentle yang menunjukkan gamut warna 100% sRGB. Ini agar lebih akurat saat memasangkan warna pada konten yang Anda buat.

Smartphone ini menampilkan desain bodi tetesan air (waterdrop notch) dengan bezel super tipis pada sisi kiri, kanan, dan atasnya. Bagian dagu alias bawah terlihat sedikit lebih tebal, tapi masih terlihat tipis sehingga tidak menjadi distraksi saat beraktivitas di ponsel.

2. Cocok untuk Gaming Kasual Berkat Performa Dahsyat dari Dimensity 700

dimensity-700-5g

Oke, rata-rata orang akan condong memilih brand lain jika mencari HP gaming. Pasalnya, OPPO A series kadang kala dianggap kurang baik dari sisi performa gimnya. Tapi jangan salah loh, OPPO A78 5G ini punya performa yang tidak bisa dianggap remeh.

Dibekali dengan chipset Dimensity 700 5G yang berfabrikasi 7 nm, SoC ini membawakan delapan inti prosesor yang mencakup dua inti high performance dan enam inti efficiency. Dua inti yang pertama adalah Cortex A76 dengan clock speed 2.2 GHz, dan enam inti lainnya merupakan Cortex A55 berkekuatan 2 GHz.

Agar ampuh dalam menangani aktivitas grafis, chipset juga mengandalkan GPU berupa Mali G57 MC2 yang punya performa bagus di kelas harganya. Ponsel OPPO A78 5G juga diketahui punya memori internal berjenis UFS 2.2 pada kapasitas 128 GB, serta RAM 8 GB LPDDR4x yang bisa diperluas hingga 16 GB melalui RAM Expansion.

Berdasarkan pengujian benchmark yang tertera di situs nanoreview, Dimensity 700 adalah SoC yang benar-benar dapat diandalkan. Skor AnTuTu v9 yang didapatnya diketahui mencapai angka 338 ribuan. Sedangkan, skor Geekbench 5 menunjukkan angka 562 poin (single core) dan 1725 poin (multi-core).

Menurut M. Faisal pada laman review di news9live.com, performa HP ini tergolong lancar jaya saat melakukan navigasi antarmuka. Ponsel ini berjalan cepat saat membuka aplikasi tanpa ada lag yang terdeteksi. Bahkan ketika banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, ponsel tetap terasa cepat.

Faisal turut menuturkan bahwa OPPO A78 5G sama sekali tidak melakukan force stop pada aplikasi mana pun ketika ada 20 aplikasi yang berjalan di belakang. Hal ini menunjukkan kalau OPPO A78 5G mampu me-manage RAM-nya dengan baik.

Ponsel ini juga punya performa yang lancar saat memainkan sejumlah judul kasual, seperti PUBG Mobile, MLBB, Free Fire, dan gim populer lainnya. Bahkan smartphone ini masih cukup mampu menjalankan Genshin Impact, meskipun pada pengaturan Lowest dengan frame rate yang tidak mencapai 60 FPS.

Secara kesimpulan, performa HP ini dikatakan baik untuk harga yang ditawarkan. Anda tidak akan mendapatkan pengalaman gim yang 100% mulus, tapi masih lebih oke ketimbang sejumlah pesaingnya yang masih gunakan Snapdragon 680, atau bahkan SoC yang lebih rendah dari itu.

3. Kemampuan Fotografi yang Menawan

oppo a78 5g kamera_

Kemampuan fotografi sudah menjadi staple bagi smartphone besutan OPPO, dan OPPO A78 5G ini pun bukan pengecualian. Sebagai persenjataan fotografinya, ponsel ini menggunakan kamera sensor 50 MP pada bukaan diafragma f/1.8 dan focal length sebesar 27 mm. Sudah tersedia fitur PDAF agar perpindahan fokusnya berjalan dengan cepat.

Untuk kamera keduanya hanya menampilkan kamera 2 MP pada bukaan apertur f/2.4 dengan fungsi depth sensor, alias untuk memberikan efek bokeh pada foto secara natural. Tidak ada tambahan lensa lain selain yang disebutkan tadi, setidaknya untuk bagian belakang.

Nah, pada bagian depan, terdapat kamera sensor berkekuatan 8 MP pada bukaan f/2.0 dan focal length 27 mm untuk menunjang aktivitas selfie, vlogging, serta online meeting. Baik kamera depan dan belakangnya punya kemampuan recording pada resolusi 1080p hingga 30 FPS.

OPPO menyematkan berbagai fitur AI untuk meningkatkan kualitas hasil foto. Yang pertama adalah AI Portrait Retouching yang dapat mendeteksi umur, jenis kelamin, dan informasi lainnya agar dapat menerapkan retouching dengan lebih akurat.

Yang kedua adalah mode 108 MP Ultra-Clear Image yang dapat menghasilkan foto dengan detail melimpah. OPPO bahkan mengklaim kalau hasil foto akan tetap terlihat tajam meski sudah di-zoom beberapa kali.

Selanjutnya adalah fitur monochrome video yang bisa memunculkan warna merah, hijau, atau biru dan membuat warna lainnya jadi hitam putih. Cocok bagi kreator konten yang ingin bereksperimen dengan cara baru untuk menarik perhatian penonton melalui karya seni.

Mau tahu bagaimana penampakan sampel hasil foto OPPO A78 5G? Berikut ini beberapa sampel yang kami himpun dari sejumlah sumber.

OPPO A78 5G sampel fotoSumber: News9live.com
OPPO A78 5G sampel fotoSumber: News9live.com

Berdasarkan dua contoh di atas, tampaknya hasil foto OPPO A78 5G terlihat agak over-sharpened sehingga kurang begitu terlihat natural. Tapi menurut pantauan penulis, fitur HDR-nya tetap masih work alias tidak terlalu backlight saat memotret sisi langit. Detail yang tertangkap juga terbilang oke. Hasil keseluruhannya tetap layak jika kita tidak terlalu nit-picking.

Selanjutnya adalah sampel foto portrait, portrait selfie, dan foto mode malam. Entah atas alasan apa, portrait di kamera belakang tidak memberikan result yang diinginkan. Isolasi subjeknya tidak terlalu terlihat rapi, dan efek bokeh-nya juga tidak memberikan kesan baik.

Kebalikannya pada selfie portrait yang terlihat juara. Benar-benar terlihat ada perbedaan fokus pada subjek utama dengan latar belakangnya. Ini termasuk kasus langka di mana kamera depan punya kualitas foto lebih bagus daripada kamera belakangnya.

Lalu, mode malam di HP ini juga bisa Anda gunakan saat menggunakan kamera utama di belakang. Hasilnya seperti yang bisa diduga, cenderung standar di kelas harganya. Masih banyak terlihat noise dan exposure-nya pun condong agak minim.

4. Desain Bodi Keren dengan Ketahanan yang Unggul

oppo a78 5g featured image_

Bukan OPPO namanya kalau tidak membuat bodi belakangnya terlihat unik. Wajar, karena segmen pasar terbesar dari brand ini adalah perempuan yang sering kali menekankan pentingnya tampilan bodi. Nah, OPPO A78 5G ini benar-benar terlihat cantik dengan menampilkan dua camera bump berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal.

Dilihat dari tampilannya, kedua lingkaran tersebut tampaknya tidak terlalu menonjol secara fisik sehingga tidak akan mudah goyang-goyang ketika ditaruh di atas permukaan meja yang datar.

Kedua bulatan kamera ini berada di dalam elemen visual berbentuk lonjong yang memanjang dari atas hingga ke area bawah bodi. Ini merupakan salah satu bentuk desain punggung paling unik yang pernah saya lihat.

Frame ponsel ini memiliki bentuk datar alias flat, dengan keempat ujung sisi yang mengusung bentuk rounded edge. Berkat sensor sidik jari yang diletakkan di samping, smartphone ini terlihat begitu cantik dan bersih.

OPPO A78 5G ini juga memiliki setidaknya dua varian warna yang bisa dipilih, yakni Glowing Purple dan Glowing Black. Saya pribadi cukup menyukai opsi warna yang pertama karena warna ungunya tidak terlalu gelap. Bahkan ia memiliki warna soft yang terlihat chic.

Selain tampil menarik, OPPO juga merancang HP ini dengan build quality jempolan. Ponsel membawakan ketahanan terhadap percikan air yaitu IPX4. Dengan begini, ponsel dapat bertahan meski sudah terkena tumpahan air dari segala arah, baik itu ketika terkena tetesan air minum ataupun gerimis.

OPPO A78 5G juga telah lolos serangkaian uji ketahanan seperti 20 ribu kali pencolokkan port USB, 150 ribu kali penekanan tombol volume, kejatuhan dari ketinggian 1 meter, hingga 14 hari pengujian suhu panas dan kelembaban tinggi.

5. Pengalaman Audio yang Menyenangkan

oppo a78 5g stereo speaker_

Baik untuk menonton film, bermain gim, atau menikmati konten di TikTok, OPPO A78 dapat memberikan pengalaman mengasyikkan berkat adanya kualitas stereo speaker yang baik. OPPO menyebutkan kalau HP ini dapat secara otomatis menyesuaikan lingkungan untuk memberikan pengalaman suara terbaik pada sebuah smartphone.

Di kala sedang menonton TikTok dan IG Reels di tempat umum, Anda pun tetap bisa menikmati suaranya dengan jelas dengan cara menaikkan volume hingga 200%. Fitur memaksimalkan suara volume ini juga sangat berguna saat harus mengangkat telepon penting atau mendengarkan VN di lingkungan yang crowded.

Yang bikin HP tergolong menarik, ia masih dilengkapi dengan kehadiran 3.5 mm jack audio port agar dapat mendengarkan lagu menggunakan earphone reguler.

6. Konektivitas Unggul dengan NFC

oppo a78 5g nfc_

Tidak semua ponsel di kelas harga menengah hadir dengan konektivitas NFC. Meski begitu, NFC tetap jadi sebuah "barang wajib" pada mid-range karena dapat membuat hidup penggunanya jadi lebih praktis. OPPO A78 5G kebetulan menjadi salah satu HP OPPO yang sudah tawarkan NFC tersebut.

HP ini juga membawakan beragam konektivitas lain yang tak kalah unggulnya, sebut saja Bluetooth yang berada pada versi 5.3. Di saat banyak ponsel lain masih gunakan Bluetooth 5.2, Anda kini bisa merasakan latensi lebih rendah serta penggunaan TWS yang lebih hemat daya.

Tidak lupa, ponsel juga disertai dengan dukungan protokol Wi-Fi 5 GHz dual band, USB Type-C 2.0 yang sudah mendukung on the go, serta sensor sidik jari di samping (side-mounted fingerprint) yang menyatu dengan tombol daya.

7. Baterai Awet Seharian + SuperVOOC 33 W

oppo a78 5g baterai_

Sejatinya, smartphone adalah benda yang senantiasa menyala setiap saat. Oleh karena itu pastikan Anda memilih HP yang punya ketahanan baterai unggul, seperti pada OPPO A78 5G ini misalnya.

OPPO meyakini bahwa kapasitas baterai 5.000 mAh di HP ini dapat bertahan hingga 7,5 jam saat digunakan gaming, 22,8 jam durasi telepon, serta 16 jam pemutaran video.

Ketahanan baterai ini didukung dengan dua fitur penghematan baterai, yaitu Super Power Saving Mode serta Super Night-time Standby Mode. Menurut pantauan M. Faisal pada laman news9live.com, ponsel ini dapat bertahan hingga dua hari meski digunakan secara intensif. Lalu, streaming video menggunakan jaringan 5G selama 5 jam hanya memakan daya sebanyak 50%.

OPPO A78 5G juga hadir dengan charger berdaya 33 W. OPPO menyebutkan bahwa smartphone ini bisa diisi hingga 52% dalam waktu 30 menit, atau dari 0-100% dalam waktu 67 menit. Klaim ini tidak beda jauh dengan pengujian yang dilakukan M, Faisal, yakni butuh waktu 75 menit untuk isi baterai dari 0-100%.

Kekurangan OPPO A78 5G

Spesifikasi dan fitur OPPO A78 5G terbilang menggiurkan. Namun, tetap ada sejumlah kekurangan yang mesti Anda perhatikan sebelum beli, yakni sebagai berikut.

1. Tidak Ada Ultrawide

oppo a78 5g tanpa ultrawide_

Kamera OPPO A78 5G tergolong bagus sebenarnya. Tapi ada kekurangan yang bisa menjadi deal-breaker bagi sebagian orang, terlebih pada pengguna yang sering bepergian ke tempat alam. Ya, HP ini tidak menghadirkan sensor ultrawide sehingga tidak dapat memotret pada sudut keluasan yang tinggi.

2. Kurang Cocok untuk Kreasi Konten

oppo a78 5g tanpa 4k dan 60 fps_

Masih berkenaan dengan kameranya, OPPO A78 5G dirasa kurang cocok untuk menunjang content creation karena fitur perekamannya yang cukup minim. Ponsel ini hanya bisa merekam hingga 1080p di frame rate 30 FPS saja, tidak dapat mendukung 60 FPS.

Mata manusia pada umumnya sudah menganggap cukup pada frame rate 30 FPS. Namun jika Anda berniat unggah video ke Instagram, TikTok, atau status WhatsApp, dikhawatirkan ada penurunan kualitas setelah melalui proses kompresi masing-masing platform.

Jika diunggah dalam bentuk 60 FPS, penurunan kualitasnya tidak akan begitu terasa. Kemampuan vidiografi HP ini juga dirasa tidak ideal karena tidak dapat merekam pada resolusi 4K.

3. Tidak Dirilis dengan Android 13 + Banyak Bloatware

color os 13_

Software menjadi pertimbangan yang tak kalah pentingnya saat memilih HP. OPPO A78 5G dikemas dengan antarmuka ColorOS 13 berbasiskan Android 12 yang merupakan versi Android di tahun 2022. Sebagai smartphone yang dirilis pada kuartal pertama di tahun 2023, semestinya ia sudah dibekali dengan Android 13 yang lebih baru.

Rata-rata smartphone hanya dibekali dengan dukungan update versi Android sebanyak dua kali. Dikhawatirkan, OPPO A78 5G yang dirilis dengan versi lebih lawas tidak akan memiliki usia support update lebih langgeng.

Simpulan

Saat artikel ini ditulis per 5 Februari 2023, OPPO A78 5G belum dirilis di Indonesia. Salah satu negara pertama yang kedapatan HP tersebut adalah India, di mana OPPO A78 5G memiliki harga 18.999 rupee alias sekitar Rp3,5 jutaan.

Dengan harga yang ditawarkan, OPPO A78 5G terbilang cukup menggiurkan dari sisi hasil foto kameranya. Meski tidak sempurna, tapi detail yang tertangkap kamera membuatnya cukup aesthetic untuk diunggah ke medsos.

Berbekal NFC, membuat ponsel ini layak diandalkan ketika sedang bepergian menggunakan kendaraan roda empat. Kini Anda bisa mengecek saldo eMoney setiap saat sehingga tidak perlu khawatir saldo kosong saat hendak menuju parkiran.

Saya pribadi cukup menyayangkan absennya kamera ultrawide di HP ini. Begitu pun dengan absennya perekaman 60 FPS dan juga 4K, membuatnya kurang ideal untuk membuat konten di TikTok.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram