Carisinyal / OPPO 2020 / Yuk Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A91

Yuk Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A91

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

OPPO yang merupakan merk asal Tiongkok ini meriils HP baru pada Maret 2020 dengan nama OPPO A91. Sesuai dengan reputasi yang lekat pada merk OPPO, HP ini juga memiliki keunggulan-keunggulan tertentu seperti desainnya yang menarik dan juga kualitas kamera yang tidak ada tandingannya.

Tapi, kelebihannya tentu tidak berhenti di situ. Ada pula beberapa kekurangan OPPO A91 yang perlu Anda perhatikan jika berniat membelinya. Daripada penasaran, langsung saja simak beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A91 berikut ini.

Spesifikasi OPPO A91

Oppo A91

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6771V Helio P70
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO A91

Tertarik dengan OPPO A91? Wajar saja, karena banyak kelebihan-kelebihan dari HP ini yang bisa Anda nikmati, termasuk dari segi resolusi kamera dan juga desain. Apa saja kelebihan lainnya? Simak yang berikut ini!

1. Desain Bodi yang Stylish

oppo-a91-1

Bukan OPPO namanya kalau tidak memiliki desain bodi yang enak dilihat, contohnya seperti OPPO A91 yang hadir dengan tiga varian warna yakni Dark Blue, Red, dan Blue. Konfigurasi empat kamera pada punggung HP disusun secara vertikal memanjang ke bawah dengan sisi yang melengkung.

Dari bagian depan, layar dibuat dengan hanya menyisakan sedikit ruang di sisi kiri dan kanannya (bezel-less), membuatnya tampak benar-benar fullscreen sehingga dapat menonton YouTube dengan ukuran layar yang besar. Terdapat juga kamera selfie sebesar 16 MP yang sedikit menjorok ke bagian layar, terlihat kekinian.

Secara keseluruhan, OPPO A91 ini memang memiliki desain yang menarik – salah satu kelebihan yang umum ditemukan pada mayoritas HP besutan OPPO.

2. Terdapat Fitur In-Display Fingerprint 3.0

oppo-a91-indisplay-fingerprint

Sensor sidik jari termasuk fitur yang umum ditemukan pada HP keluaran terbaru, termasuk pada segmen harga menengah ke atas. Namun, tidak semua hadir dengan fitur in-display fingerprint seperti yang terdapat pada OPPO A91.

In-display fingerprint ini artinya Anda dapat membuka layar HP dengan menempelkan jari pada layar, dan bukan pada sensor sidik jari yang umumnya berada di punggung HP. Pada fitur in-display fingerprint 3.0, tingkat kecepatan dan keamanan semakin ditingkatkan. Fitur ini mampu membuka layar dengan kecepatan 0,32 detik dan juga aman dari pendeteksian sidik jari palsu berkat akurasi sensor fingerprint yang baik.

3. Kamera Utama Memiliki Resolusi Besar

oppo-a91-desain-stylish

Tidak perlu meragukan kemampuan OPPO A91 untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus, karena HP besutan merk Tiongkok ini dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera belakang. Untuk kamera utama, HP ini memiliki lensa dengan resolusi yang cukup besar, yakni 48 MP.

Sebagai tambahan, terdapat juga lensa dengan resolusi 8 MP untuk menjangkau area yang sangat luas (ultra wide), lensa 2 MP untuk memotret objek dengan jarak dekat (makro), dan lensa 2 MP lainnya untuk mendapatkan efek bokeh pada foto.

4. Memiliki Fitur Fast Charging yang Cukup Baik

OPPO-A91-2

Ada kalanya kita ingin meninggalkan rumah dengan keadaan HP tercas penuh. Karena itu, fitur fast charging atau pengisian daya dengan cepat seringkali menjadi faktor utama saat memilih sebuah HP. Untuk hal ini, OPPO A91 menjadi pilihan yang pas karena memiliki fitur fast charging 30W (VOOC Flash Charge 3.0) yang mampu mengecas hingga 50% dalam waktu 30 menit.

5. Didukung dengan Layar Super AMOLED

OPPO-A91-5

Kejernihan layar pada HP tentu saja merupakan aspek penilaian yang penting. OPPO A91 dirilis dengan menggunakan layar AMOLED yang memiliki tingkat kecepatan respon yang tinggi dan lebih hemat daya. Dimensi layar 6,4 inch yang diusung pada HP ini juga terbilang besar, sehingga cocok dipakai aktifitas sehari-hari dengan nyaman.

Oh ya, tidak perlu khawatir layar mudah retak karena HP ini sudah dilapisi oleh pelindung Gorilla Glass 5 yang dapat meredam benturan hingga ketinggian 1 m.

6. Memiliki Slot Khusus untuk Memori Eksternal

oppo-a91

Bagi sebagian orang, slot memori eksternal selalu menjadi fitur yang menguntungkan. Tapi sayangnya, seringkali kita harus rela menggunakan slot SIM kedua untuk menggunakan microSD. Untungnya, OPPO A91 hadir dengan tiga slot (SIM 1, SIM 2, dan memori eksternal).

Dengan begini, tidak perlu lagi mencabut pasang kartu – Anda bisa menggunakan SIM 2 dan microSD hingga 512 GB di saat yang bersamaan.

Kekurangan OPPO A91

Bukankah kelebihan-kelebihan OPPO A91 tadi menggiurkan? Tapi sebaiknya jangan langsung memutuskan untuk beli. Ada baiknya disimak dulu beberapa kekurangan HP OPPO ini sebagai berikut.

1. Tidak Terdapat Optical Zoom pada Kamera

oppo-a91-4

Meski hadir dengan kualitas kamera yang tidak dapat diremehkan, Anda yang hobi fotografi mungkin akan sedikit kecewa dengan HP ini. Soalnya, tidak terdapat kamera telefoto yang memungkinkan Anda mengambil objek jarak jauh. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan digital zoom atau mendekatkan diri ke objek jika tidak ingin kualitas foto menjadi buram.

2. Masih Menggunakan Android 9 Pie Saat Rilis

oppo-a91-6

Siapapun ingin memiliki HP dengan fitur dan keunggulan terbaru. Namun, OPPO A91 sayangnya tidak hadir dengan Android 10, melainkan masih menggunakan Android 9 Pie saat rilis dengan user interface ColorOS 6. Sungguh aneh, mengingat saat HP ini diluncurkan, berbagai HP lain pada segmen harga yang sama sudah memiliki Android 10 secara default.


Hal ini memang bukan kekurangan yang sangat fatal karena Anda dapat meng-upgrade sendiri ke versi Android terbaru. Tapi, alangkah baiknya kita tidak perlu melakukan effort lebih untuk mendapatkan Android 10.

3. Tidak Terdapat NFC

oppo-a91-7

Di saat semuanya harus serba praktis, fitur yang memudahkan pembayaran juga semakin diminati oleh masyarakat. Salah satu fitur pada HP untuk memudahkan pembayaran adalah NFC (Near Field Communication) yang saat ini sudah banyak hadir pada kebanyakan HP keluaran terbaru.

Jika Anda sering berpergian keluar kota, tidak hadirnya fitur NFC pada OPPO A91 mungkin jadi sebuah kekurangan. Padahal, fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengecek saldo e-Toll dan melakukan pembayaran cashless.

4. Chipset Tidak Istimewa

Performa oppo a91

OPPO A91 hadir dengan chipset Mediatek MT6771 Helio P70. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core yang terdiri dari empat core Cortex-A73 berkecepatan 2.1 GHz  dan empat core Cortex-A53 dengan kecepatan 2.0 GHz. Untuk pengolah grafis, tersemat GPU Mali-G72 MP3.

Penggunaan chipset Helio P70 ini sebenarnya bukan sesuatu yang istimewa. Chipset ini tidak jelek tetapi juga tidak bagus untuk kelas harganya. Apalagi jika menilik pesaing di kelas harga yang sama, banyak ponsel yang dibekali chipset yang lebih baru dan lebih bertenaga.

Sekadar informasi, chipset Helio P70 digunakan di OPPO F11 dan OPPO F11 Pro, yang dirilis pada tahun 2019. Sementara OPPO A91 ini hadir di Maret 2020. Hal ini jelas mengindikasikan kalau OPPO tidak melakukan peningkatan untuk bagian chipset.

Sekali lagi, chipset yang digunakan di ponsel ini tidak istimewa. Tapi yah, untuk main gim masih oke. Seperti yang diungkapkan oleh David dari channel Youtube Gadgetin, kalau ponsel ini tergolong lancar untuk main gim seperti PUBG Mobile. Hanya saja, pengaturan grafisnya mentok di HD dengan framerate hight.

Simpulan

OPPO A91 memang layak dilirik dengan desain bodinya yang stylish dan kekinian, juga dengan resolusi kamera utama yang cukup besar yakni 48 MP. Layar Super AMOLED yang diusung juga mampu menghasilkan tampilan layar yang tajam dan enak di mata.

Namun sayangnya, HP ini hadir membawa Android 9 Pie yang sudah seharusnya ditinggalkan semenjak adanya Android 10. Anda juga tidak dapat memotret objek dengan jarak terlalu jauh karena HP ini tidak dilengkapi dengan lensa teleskop maupun fitur optical zoom.

Bagaimana? Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan OPPO A91, apa kesan yang Anda rasakan? Silakan klik link ini jika Anda tertarik untuk membelinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *