Carisinyal / OPPO 2020 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone OPPO Find X2 Pro

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone OPPO Find X2 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

OPPO Find X2 Pro adalah salah satu HP OPPO tercanggih yang dirilis pada bulan Maret, 2020. Mengusung segmen harga tinggi, spesifikasi dan performa pada HP ini sudah dipastikan menjadi salah satu yang terbaik dari semua kalangan HP.

Merk OPPO memang terkenal memiliki desain bodi yang menarik perhatian. Tapi, apa saja aspek-aspek lain yang menjadi keunggulan HP ini? Dan apa saja kekurangannya? Mari simak daftar kelebihan dan kekurangan OPPO Find X2 Pro berikut ini.

Spesifikasi OPPO FIND X2 Pro

Oppo Find X2 Pro

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: AMOLED, 1440 x 3168 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 512 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 48 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4260 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO FIND X2 Pro

Seperti yang diekspektasikan dari HP keluaran merk ternama ini, Samsung Galaxy S20 Plus hadir dengan segudang fitur terbaik dari kelasnya. Ingin tahu apa saja? Simak kelebihan-kelebihan berikut.

1. Performa yang Menakjubkan

oppo-find-x2-pro-kokoh

Bersiap-siaplah untuk terpukau dengan performa yang dimiliki oleh OPPO Find X2 Pro. Saat ini, chipset terbaik yang mampu menjalankan semua game tanpa kecuali adalah Qualcomm Snapdragon 865. Ya, chipset inilah yang terdapat pada HP OPPO canggih ini.

Ditambah dengan arsitektur CPU 8 core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585), Anda dijamin tidak akan mengalami penurunan framerate pada game berat yang dimainkan.

Dilansir dari GSMArena, performa pada OPPO Find X2 Pro ini bahkan tergolong sedikit lebih baik dari chipset Exynos yang tersemat pada Samsung Galaxy S20. Saat dilakukan tes benchmark AnTuTu, OPPO Find X2 mampu mendapatkan skor 593717 sedangkan Exynos 990 pada Samsung Galaxy S20 Ultra hanya 528631. Selisih ini terbilang cukup besar yakni hingga 11-15%.

antutu-benchmark-oppo-find-x2-pro

* sumber: www.gsmarena.com

iPhone 11 Pro Max ternyata unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra meski masih menempati posisi di bawah OPPO Find X2 Pro, yakni sebesar 536883. Skor iPhone ini memiliki selisih 10% di bawah OPPO Find X2 Pro.

Bahkan hasil benchmark di atas menunjukkan bahwa OPPO Find X2 Pro mampu mengalahkan berbagai HP high-end lainnya yang beredar di pasaran. Sebuah prestasi yang patut dibanggakan.

2.  Memori Internal yang Besar

OPPO FIND X2 PRO

* sumber: www.stuff.tv

Meski hanya hadir dengan satu pilihan memori internal, OPPO Find X2 Pro tidak akan mengecewakan Anda yang ingin menyimpan banyak aplikasi. Karena, HP OPPO canggih ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 512 GB.

Kelebihan ini perlu diapresiasi karena tidak ada dukungan kartu memori eksternal pada OPPO Find X2 Pro. Dengan begitu, Anda tetap dapat mendownload file dalam jumlah besar tanpa perlu repot memilih antara memori internal dan eksternal sebagai tempat penyimpanan yang cocok.

3. Terdapat Kamera Periskop

oppo-find-x2-pro-camera

OPPO Find X2 Pro tidak hanya unggul di bidang performa, melainkan pada sektor fotografi – terutama saat memotret jarak jauh. Sebagai informasi, HP ini hadir dengan konfigurasi tiga kamera dengan resolusi 48 MP (wide), 13 MP (periskop), dan 48 MP (ultra wide).

Kamera periskop yang diusung HP OPPO ini juga dibekali dengan kemampuan 5x optical zoom – bahkan menyaingi Samsung Galaxy S20 Plus yang hanya memiliki 3x optical zoom saja.

Pada sebuah percobaan yang dilakukan oleh situs DXOMARK, OPPO Find X2 Pro mampu mempertahankan detail dan ketajaman objek jarak jauh dengan lebih baik ketimbang Xiaomi Mi 10 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Lihatlah ketiga perbandingan di bawah ini.

oppo-find-x2-pro-crop-5x-zoom

OPPO Find X2 Pro 5x zoom. * sumber: www.dxomark.com

Foto di atas adalah hasil jepretan 5x zoom yang telah di-crop dan di-close-up untuk menunjukkan detail. Jika diperhatikan, detail dan kejelasan warna pada hasil foto OPPO Find X2 Pro masih terlihat bagus.

xiaomi-mi-10-pro-crop-5x-zoom

Xiaomi Mi 10 Pro 5x zoom. * sumber: www.dxomark.com

Lalu, foto di atas adalah hasil dari Xiaomi Mi 10 Pro. Sekilas kedua foto di atas hampir terlihat sama, tapi detail yang ditunjukkan pada foto ini terlihat lebih samar dibandingkan hasil foto OPPO Find X2 Pro.

iphone-11-pro-max-crop-5x-zoom

iPhone 11 Pro Max 5x zoom. * sumber: www.dxomark.com

Kemudian yang terakhir adalah iPhone 11 Pro Max dengan hasil foto 5x zoom di atas. Seperti yang terlihat pada gambar, banyak detail yang paling tersamarkan atau yang biasa disebut dengan nge-blur.

Dari percobaan ini, dapat disimpulkan bahwa fitur 5x optical zoom yang dimiliki OPPO Find X2 Pro sangatlah menakjubkan. Detail yang sewajarnya tersamarkan oleh HP lain pada jarak jauh malah tetap terjaga berkat lensa periskop berkualitas baik.

4. Tampilan Layar yang Memukau

OPPO FIND X2 PRO

* sumber: www.trustedreviews.com

Pada dasarnya, Anda pasti akan sering menatap layar HP pada waktu yang cukup lama. Karena itu, beberapa merk HP ternama berusaha menyisipkan teknologi terbaru yang dapat meningkatkan tampilan visual pada layar – tak terkecuali OPPO. Dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci, OPPO Find X2 Pro dijamin memiliki tampilan yang memukau.


Tak hanya itu, HP ini juga memiliki opsi refresh rate 120 Hz yang dapat membuat transisi pergerakan layar lebih responsif. Bahkan, refresh rate yang tinggi ini juga mampu diterapkan pada mode resolusi layar 1440p yang semakin membuat tampilan layar semakin tajam.

5. Desain Bodi yang Menarik

OPPO Find X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

OPPO seringkali lekat dengan stigma stylish pada setiap bodi produk yang dikeluarkannya. Tampilan memukau pada desain produknya selalu mampu memberikan kesan eye-catching, tak terkecuali dengan OPPO Find X2 Pro ini.

HP ini hadir dengan dua pilihan warna yang memukau, yakni oranye (vegan leather) dan hitam (keramik) – mampu menarik minat dua grup audiens yang berbeda. Jika Anda termasuk tipe anak muda yang cenderung colorful dan vibrant, warna oranye adalah pilihan yang pas. Jarang ada HP lain yang memiliki desain warna oranye sehingga Anda bisa tampil berbeda menggunakan HP ini.

Sebaliknya, warna hitam dengan corak keramik yang elegan mampu membuat Anda terlihat sophisticated dan berwibawa. Cocok bagi Anda yang ingin menggunakan HP ini pada ranah profesional.

Tak hanya bicara soal warna, konfigurasi tiga kamera di belakangnya pun terlihat stylish dengan desain vertikal yang memanjang ke bawah. Lalu, meskipun kamera depan bukan lagi pop-up bergerak seperti OPPO Find X, ukuran punch-hole di pojok kiri atas HP tergolong cukup kecil.

Hal ini justru turut menyumbang pada estetika desain tanpa mengganggu pandangan Anda saat menonton YouTube ataupun aktifitas lainnya.

6. Merupakan HP 5G Resmi Pertama di Indonesia

OPPO FIND X2 PRO

* sumber: www.trustedreviews.com

Semakin berkembangnya teknologi, persepsi kita terhadap kata “cepat” kian berubah. Aspek manapun yang mampu membuat kita mendapatkan sesuatu lebih cepat akan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Itulah yang membuat orang tertarik dengan prospek konektifitas 5G di Indonesia.

Untungnya, OPPO Find X2 Pro ini merupakan salah satu HP 5G yang masuk ke Indonesia secara resmi. Meski saat tulisan ini dibuat, teknologi tersebut belum bisa beroperasi di Indonesia, HP OPPO ini dapat langsung dikoneksikan dengan 5G begitu regulasinya sudah rampung. Siap menjadi orang pertama yang menggunakan 5G?

7. Hadir dengan Bodi yang Kokoh

OPPO FIND X2 PRO

Tidak ada seorangpun yang menginginkan HP-nya terjatuh dan rusak. Tapi terkadang hal ini tidak disengaja, itulah perlu bodi yang kokoh dengan pengamanan yang kuat agar tidak mudah rusak.

OPPO Find X2 Pro dilindungi dengan Gorilla Glass 6 agar HP Anda tetap aman saat terjatuh asalkan tidak lebih dari ketinggian 1 meter. Bagaimana kalau terjatuh di genangan air? Tidak usah takut, sertifikasi IP68 turut hadir pada HP ini yang membuatnya aman dari air dan debu.

Kekurangan OPPO Find X2 Pro

Setelah melihat kelebihan tadi, mungkin Anda sudah langsung tertarik untuk membelinya. Tapi, tunggu dulu! Lebih baik pertimbangkan juga kekurangannya agar Anda dapat melakukan informed decision. Simak kekurangan OPPO Find X2 Pro berikut ini.

1. Kapasitas Baterai Kurang Besar

oppo-find-x2-pro-kamera

* sumber: www.forbes.com

Untuk dapat menjalankan aplikasi yang berat, dibutuhkan ketahanan baterai yang besar juga. Sayangnya, kapasitas baterai yang terdapat pada OPPO Find X2 Pro ini kurang memadai dibandingkan dengan HP lain pada segmen harga yang sama, yakni hanya sebesar 4.260 mAh.

Hal ini tentu berbeda dengan HP Samsung Galaxy S20 beserta variannya yang memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh (Plus) bahkan hingga 5.000 mAh (Ultra). Tak hanya itu, bahkan beberapa HP di segmen harga menengah sudah banyak yang berkapasitas 5.000 mAh. Cukup disayangkan mengingat performa dan memori internalnya sangat mendukung untuk bermain game.

Dilansir dari GSMArena, ketahanan baterai HP OPPO ini hanya sekitar 9 jam saat dipakai browsing menggunakan WiFi pada refresh rate 120 Hz (1440p). Sementara itu, Samsung Galaxy S20 Ultra dapat bertahan hingga 12 jam pada refresh rate yang sama meskipun dengan resolusi yang lebih rendah (1080p).

Meski dibekali dengan Super VOOC 2.0 Flash Charge untuk pengisian daya super cepat, kapasitas baterai pada ponsel ini bisa terbilang kurang pas.

2. Tidak Ada Wireless Charging

OPPO Find X2 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Kini, hampir semua HP dari segmen harga tinggi memiliki fitur wireless chargingPenambahan fitur ini merupakan suatu hal yang unik dan baru – hal ini selalu bisa menjadi daya jual HP. Sayangnya, OPPO Find X2 Pro tidak dibekali dengan fitur berguna ini.

Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari wireless charging, misalnya Anda tidak perlu lagi repot mencolok dan melepas kabel casan pada soket HP. Selain itu, pengisian daya tanpa kabel dapat mengurangi resiko korlseting. Untuk HP secanggih OPPO Find X2 Pro, tidak adanya fitur wireless charging terasa tidak lazim.

3. Tidak Memiliki Dukungan Memori Eksternal

oppo-find-x2-pro-3

* sumber: geekculture.co

Ya, HP ini memang memiliki kapasitas memori internal yang besar, yakni 512 GB. Untuk beberapa orang, tidak hadirnya dukungan memori eksternal bukanlah sebuah masalah. Namun, bagi Anda yang menyukai berbagai kemudahan yang ditawarkan microSD, hal ini bisa saja menganggu.

Memori eksternal dapat dicopot dan dijadikan “flash disk darurat” jika perlu. Misalnya Anda menyimpan file penting berukuran besar pada HP Anda dan ingin mengirimkan file tersebut kepada teman. Anda tinggal perlu mencopotnya dan meminjamkannya tanpa repot meng-copy data.

Apalagi jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Plus yang dibekali dengan dukungan microSD, padahal memiliki harga dan kapasitas internal yang hampir sama dengan OPPO Find X2 Pro.

4. Resiko Harga Terlalu Mahal

harga OPPO FIND X2 PRO

Di Indonesia, OPPO Find X2 Pro dibanderol dengan harga Rp17.999.000 alias Rp18 juta kurang seribu. Dengan banderol harga tersebut, Anda bisa mendapatkan OPPO Find X2 Pro dengan RAM 12 GB dan memori internal 512 GB.

Ponsel ini memang layak dibanderol mahal karena fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Tetapi tentu beresiko dan akan dianggap mahal. Harga banderol tersebut bisa dibilang cukup beresiko. Kenapa? Karena di banderol harga tersebut, orang Indonesia biasanya lebih tertarik membeli ponsel Samsung atau iPhone sekalian.

Simpulan

OPPO lagi-lagi melahirkan produk HP yang mampu memikat hati khalayak dengan fitur dan spesifikasi yang kekinian. Desain bodi OPPO Find X2 Pro yang hip menjadi daya tarik yang tak dapat terelakkan. Kemampuan performanya diklaim dapat mengalahkan berbagai HP lain di kelas yang sama – sebuah kelebihan utama yang tidak boleh dilupakan.

HP ini memang tidak hadir dengan dukungan microSD, tapi jika untuk sekadar menaruh file, memori internal sebesar 512 GB mungkin lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Mencari tahu kelebihan dan kekurangan sebuah HP adalah langkah yang bijak. Sekarang, Anda tahu harus apa yang bisa diekspektasikan dari salah satu HP OPPO tercanggih ini. Ingin beli? Klik saja link ini dan berikan kesan pesan Anda mengenai OPPO Find X2 Pro di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Sangat jelas infonya dan sangat membantu untuk para calon costomer.
    Terimakasih infonya semiga banyak manfaat yang barokah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *