10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Oppo Reno 10x Zoom adalah HP kelas atas. Kelasnya jelas sama dengan HP kelas atas semacam Samsung Galaxy S10 series atau HP lainnya. Spesifikasi HP ini jelas cukup mentereng tetapi masih tetap kalah lantaran tidak memiliki sertifikasi anti-air, sesuatu yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S10 series.

Sebenarnya bisa jadi alasan tidak hadirnya sertifikasi anti-air karena HP ini menawarkan kamera tersembunyi yang bisa muncul ketika mengakses aplikasi kamera. HP dengan tipe kamera seperti ini memang agak sulit mendapat sertifikasi anti-air tetapi tentu seharusnya ada usaha lebih bagi Oppo agar HP ini memiliki nilai lebih selain teknologi kamera pop-up.

2. Tidak Ada 3.5mm Jack atau Adapternya

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Tampaknya memang sekarang era HP untuk meninggalkan port 3.5mm audio jack. Tidak ada port untuk headset audio jack di HP ini. Port yang tersedia hanyalah USB Type-C yang memang bisa memiliki banyak fungsi.

Tapi sedihnya juga, dalam paket penjualan, Oppo tidak menyertakan adapter USB Type-C to audio jack. Hilangnya port audio jack seharusnya bisa digantikan dengan kehadiran adapter pengganti. Karena itu, faktor ini jadi kekurangan tersendiri dari Oppo Reno 10x Zoom.

3. Tidak Mendukung Wireless Charging

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Satu kekurangan lain dari Oppo Reno 10x Zoom adalah HP ini tidak mendukung pengisian baterai tanpa kabel alias wireless charging. Mengapa hal ini sangat penting? Karena HP lain di kelas yang sama, bahkan yang harganya lebih murah memiliki teknologi pengisian cepat tanpa kabel ini.

4. Masalah Harga

Oppo Reno 10x Zoom di Indonesia dijual dengan harga Rp12,999.000 alias hampir Rp13 juta. Untuk sebuah Hp kelas atas, harga tersebut cukup wajar. Sayangnya, fitur yang dihadirkan tampak masih kurang masuk akal.

Bandingkan dengan HP lain dengan harga yang sama tetapi memiliki keunggulan yang lebih baik, seperti anti-air atau fitur pengisian tanpa kabel. Seharusnya, harga banderol HP ini lebih murah meskipun memang teknologi kamera tersembunyi dan kamera periskop di HP ini patut diapresiasi.

Simpulan

Oppo Reno 10x Zoom merupakan HP kelas atas dari Oppo yang memiliki fitur dan teknologi yang menarik. Fitur seperti kamera periscope telefoto, kamera depan tersembunyi, dan keunggulan seperti performa dan daya tahan baterai tentu jadi nilai lebih tersendiri.

Sayangnya, dari sisi harga, jelas HP ini tidak untuk semua orang. Barangkali mereka yang memang memiliki dana cukup banyak dan penasaran dengan teknologi yang dihadirkan Oppo ini, bisa lirik Oppo Reno 10x Zoom. Tertarik? Jika tertarik, silakan beli HP ini di toko online dengan klik link ini.

«12 3
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram