Carisinyal / Oppo 2019 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno!

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom adalah dua HP Oppo yang dihadirkan sebagai bagian dari HP Oppo kelas atas. Terutama untuk Oppo Reno 10x Zoom yang menawarkan berbagai spesifikasi dan keunggulan yang menarik.

Oppo Reno versi standar juga sebenarnya cukup menarik, tapi pamornya kalah dengan Oppo Reno 10x Zoom. Wajar karena harga Oppo Reno lebih murah dan spesifikasi yang ditawarkan juga di bawah Oppo Reno 10x Zoom.

Namun, bukan berarti tidak ada hal menarik yang ditawarkan Oppo Reno. HP ini memiliki beberapa keunggulan, meski tentu ada kekurangan. Apa saja plus minus dari HP ini? Silakan simak pembahasannya berikut ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 10x Zoom. Artikel tersebut bisa jadi pembanding dan referensi menarik sebelum membaca artikel ini.

Spesifikasi Oppo Reno

 

Umum

  • Diumumkan
    April, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156.6 x 74.3 x 9 mm
  • Berat
    185 g

Layar

  • Jenis
    AMOLED capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.4 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6 & DCI-P3
  • Resolusi
    1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~402 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • GPU
    Adreno 616

Memori

  • RAM
    6 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    48 MP + 5 MP
  • Fitur
    f/1.7, 1/2.0", 0.8µm, PDAF + f/2.4, depth sensor + Dual-LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    16 MP (motorized pop-up)
  • Fitur
    f/2.0, 26mm (wide), HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, EDR, LE, aptX HD
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    Non-removable 3765 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Fast battery charging 5V/4A 20W (VOOC Flash Charge)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Fog Sea Green, Extreme Night Black, Nebula Purple, Pink Mist
  • Lainnya
    -

Harga

    Kelebihan Oppo Reno

    Apa saja kelebihan yang ditawarkan HP Oppo? Jika penasaran, simak poin-poin kelebihan atau keunggulan Oppo Reno berikut ini.

    1. Desain Kompak dan Ramping

    Oppo Reno versi standar menghadirkan desain dan identitas yang sama seperti halnya Oppo Reno 10x Zoom, desain cantik dengan build quality yang baik.

    Hanya saja, Oppo Reno ini memiliki ukuran yang sedikit lebih pendek karena dimensi layarnya yang hanya 6,4 inci. Berbeda dengan dengan Oppo Reno 10x Zoom yang menawarkan dimensi layar 6,6 inci.

    Hal ini berpengaruh terhadap bodi HP ini yang tampak lebih kompak dan ramping. Seperti yang diungkapkan oleh Techradar, bahwa HP ini menawarkan form factor 19.5: 9, yang membuatnya lebih nyaman digenggam tangan.

    Sisi negatif dari desainnya barangkali hanya soal betapa licinnya bagian bodi belakang. Tetapi jelas hal ini bisa diantisipasi dengan kehadiran kasing.

    2. Layar AMOLED

    oppo reno

    * sumber: www.techradar.com

    Sudah disebutkan sebelumnya, jika Oppo Reno hadir dengan layar 6,4 inci. Layarnya sendiri menawarkan resolusi 1.080 x 2.340 piksel. Layarnya mengusung rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 387 ppi. Layarnya ini memiliki bezel tipis dan hampir seluruh tepian layarnya menyisakan bingkai yang tipis. Tidak ada tempat untuk kamera depan karena HP ini memiliki kamera depan tersembunyi.

    Layar HP ini hadir dengan panel AMOLED yang tergolong bagus dan memesona. Dengan tingkat kecerahan layar sebesar 440 nits, layarnya tampak cerah. Meskipun panel layar ini kalah dengan panel OLED dari Samsung tetapi tampilan layarnya masih tergolong cerah.

    AndroidAuthority sendiri memuji kualitas tampilan layar HP ini yang cerah dan tampak lega. Warna-warna dari layar OLED HP ini memang tampak cerah, bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung, layarnya masih tetap jelas,

    3. Daya Tahan Baterai  dan VOOC

    oppo reno

    * sumber: www.techradar.com

    Oppo Reno memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan Oppo Reno 10x Zoom. Jika Oppo Reno 10x Zoom dibekali baterai berkapasitas 4.065 mAh, Oppo Reno hanya dibekali baterai 3.765mAh.

    Meskipun lebih kecil, tapi daya tahan baterai HP ini tergolong baik. Berdasarkan pengalaman penggunaan dari Techradar, daya tahan baterai HP ini tergolong bisa bertahan seharian untuk penggunaan sedang sampai berat, seperti main gim dan sebagainya.

    Yang menarik justru adalah teknologi pengisian baterainya. HP ini memiliki teknologi pengisian baterai VOOC 20W yang tergolong cepat. Kalau menurut KLGadgetTV, proses pengisian daya baterai HP ini hanya membutuhkan waktu 50 menit dari 10% sampai penuh.

    Kalau hasil tes dari Techradar, teknologi pengisian VOOC di HP ini sedikit lebih lama. Pengisian selama 15 menit mampu terisi 25% dari daya 0%. Sementara untuk mencapai 100%, dibutuhkan waktu 86 menit saja.

    Perbedaan tersebut sebenarnya wajar mengingat kondisi pengisian daya dari awal berbeda. Yang pasti, hal tersebut menunjukan kalau HP ini sudah mendukung teknologi pengisian daya yang tergolong cepat.

    4. Kualitas Kamera 48 MP yang Baik

    Kamera Oppo Reno

    * sumber: www.techradar.com

    Oppo Reno hanya menawarkan kombinasi dua kamera. Satu kamera utama 48 MP dengan  bukaan f/1.7 dan fitur PDAF. Sementara kamera kedua adalah kamera untuk efek kedalaman alias untuk memberi efek bokeh dengan sensor 5 MP.

    Kamera 48 MP pada HP ini memakai sensor Sony IMX586 Quad Bayer yang secara bawaan menghasilkan gambar 12 MP. Sensor yang cukup banyak digunakan di HP kelas atas yang menawarkan sensor 48 MP. Sensor kamera ini juga yang digunakan di kamera utama Oppo Reno 10x Zoom.

    Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari HP ini? Berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang dari HP ini.

    Hasil Kamera Oppo Reno

    * sumber: www.techradar.com

    Hasil Kamera Oppo Reno 2

    * sumber: www.techradar.com

    hasil kamera oppo reno

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=juvkatyeixU

    hasil kamera oppo reno

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=juvkatyeixU

    Kualitas kamera HP ini tergolong bagus. Terlebih jika memotret di kondisi cahaya yang terang. Hal ini senada dengan apa yang diungkap oleh Techradar. Menurut Techradar, kamera pada HP ini mampu menghadirkan foto dengan ketajaman yang baik.

    Selain itu, hasil foto juga menunjukan keseimbangan, tidak terlalu warm dan tidak terlalu cold. Selain itu, ada fitur AI Scene yang mampu meningkatkan kualitas foto dengan masih mempertahankan hasil foto yang lebih realistis. Sementara untuk kamera 5 MP di HP ini, kualitas fotonya tergolong bagus untuk menghasilkan foto potrait.

    Pendapat dari Techradar juga serupa dengan tulisan Cheky Zhu dari Gizmochina, kualitas kamera HP ini tergolong bagus terutama di siang hari. Warna yang dihasilkan tergolong cantik dan memiliki detail yang baik.

    Lantas, bagaimana dengan hasil tangkapan kamera HP ini di malam hari? Berikut contoh hasil tangkapan kamera HP ini di malam hari.

    Hasil Kamera Oppo Reno 3

    * sumber: www.techradar.com

    Hasil Kamera Oppo Reno 4

    * sumber: www.techradar.com

    Untuk pemotretan di malam hari, hasil tangkapan kamera di HP ini pantas dipuji. Setidaknya menurut Techradar, hasil foto di malam hari mampu menghasilkan foto dengan detail yang baik. Hasil fotonya juga dapat menghadirkan foto dengan pencahayaan yang baik dan seimbang

    Malah, hasil foto di kondisi gelap ini benar-benar bersaing dengan HP flagship terbaik di pasar meskipun terkadang hasilnya terlalu tajam.Tentu saja fitur mode malam yang disebut Nightscape juga membantu proses foto di malam hari menjadi lebih baik.

    Seperti yang juga diungkapkan di channel Youtube Gizmochina, bahwa kamera Nightscape mode mampu menghasilkan foto malam hari yang baik. Penggunaan mode juga tergolong mudah dan mampu membuat hasil foto tampak meningkat kualitas warnanya.

    Karena itu, secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera belakang di HP ini tergolong bagus. Barangkali karena sensor 48 MP yang digunakan mampu mengangkat HP ini sebagai salah satu HP dengan kamera 48 MP terbaik.

    5. Kamera Depan Pivot Rising Kamera

    Kamera depan Oppo Reno mengusung teknologi motorized pop-up 16 MP. Teknologi ini memungkinkan kamera bisa sembunyi dan, Oppo menyebutnya sebagai “Pivot Rising Camera”. Teknologi kamera ini jika diperhatikan mirip seperti sirip ikan hiu.

    Hasil tangkapan kamera 16 MP di HP ini sendiri tergolong bagus. Berdasarkan yang diungkap di channel Youtube Gizmochina, kamera depan 16 MP ini mampu menghadirkan warna foto yang kuat dan warnanya tidak over exposure. 

    Penggunaan kamera depan 16 MP untuk kebutuhan vlog juga tergolong bagus. Tentu saja harus dipuji teknologi kamera tersembunyi dari HP ini dengan sentuhan yang sedikit berbeda dengan kamera tipe pop-up lainnya.

    6. Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat

    fingerprint oppo reno

    * sumber: www.techradar.com

    Sama seperti Oppo Reno 10x Zoom, Oppo Reno dibekali dengan teknologi sensor sidik jari di bawah layar. Teknologi yang memang sedang populer dan banyak juga digunakan di HP kelas menengah.

    Kinerja sensor sidik jari di Oppo Reno juga serupa dengan yang ada di Oppo Reno 10x Zoom. Sama-sama cepat dan akurat. Kalau berdasarkan pengakuan Techradar, keberadan sensor sidik jari di layar ini ada di posisi yang nyaman HP ini alias membuat pengguna tidak kesulitan mengaksesnya.

    Semua HP boleh memiliki teknologi sensor sidik jari di layar, masalahnya seberapa cepat dan akurat kinerjanya? Nah, sensor sidik jari di Oppo Reno termasuk yang cepat, akurat, dan nyaman dalam penggunaanya.

    Kekurangan Oppo Reno

    Oppo Reno memiliki beberapa kekurangan, apa sajakah kekurangan itu? Simak poin-poin kekurangan dari Oppo Reno berikut ini.

    1. Performa Biasa Saja di Kelas Harganya

    Performa oppo reno

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=juvkatyeixU

    Oppo Reno hanya dibekali chipset Snapdragon 710. Chipset ini juga tersemat di HP Oppo lainnya, yakni Oppo R17 Pro. Karena itu secara performa, sebenarnya, kedua HP ini memiliki performa yang identik.

    Hal ini juga terlihat dari nilai dAntutu yang didapatkan HP ini. Berdasarkan data dari Kimovil, nilai Antutu dari HP ini ada di angka 167 ribuan saja.

    ANTUTU OPPO RENO

    * sumber: www.kimovil.com

    Dengan angka tersebut, jelas kalau HP ini memiliki performa kelas menengah. Hal ini terlihat dari tes bermain gim PUBG Mobile dan Fortnite yang menurut Techradar sering mengalami frame drop. Namun untuk penggunaan multitasking, performa HP tergolong lancar jaya.

    Channel Youtube KLGadgetTV juga mengatakan kalau performa HP ini untuk main gim, kurang begitu nyaman untuk pengaturan grafis tinggi. Snapdragon 710 memang masih cukup bisa diandalkan untuk main gim seperti PUBG Mobile tetapi dengan pengaturan grafis menengah.

    Mengingat harga HP ini yang di atas kelas menengah dan di bawah kelas atas, jelas membuat performa HP ini kurang menarik di kelas harganya. Kenapa? Karena ada HP lain di kelas harga yang sama yang memiliki chipset lebih baik.

    2. Tidak Ada Kamera Ultra-wide dan Telefoto

    KAMERA OPPO RENO

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=juvkatyeixU

    Hal yang disayangkan dari Oppo Reno adalah hilangnya tipe kamera telefoto dan ultrawide. Kedua tipe kamera tersebut hanya bisa ditemukan di Oppo Reno 1ox Zoom. Oppo Reno hanya menawarkan kamera utama dan kamera efek bokeh.

    Kehilangan kamera telefoto masih masuk akal agar Oppo Reno 1ox Zoom jadi pembeda dan lebih menarik. Tapi sayangnya, Oppo Reno juga bahkan tidak memiliki kamera ultrawide. Tentu alangkah baiknya, jika ada kamera ultrawide di HP ini sehingga HP ini memiliki tiga kamera di bagian belakang.

    3. Tidak Ada 3.5mm Jack atau Adapternya

    oppo reno

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=juvkatyeixU

    Sama seperti Oppo Reno 10X Zoom, Oppo Reno tidak dibekali dengan port 3.5mm audio jack. Tidak ada pula adapter untuk port 3.5mm audio jack. Hal ini jelas membuat HP ini memiliki kekurangan tersendiri jika menilik kelas harganya.

    4. Kurang Kompetitif di Kelas Harganya

    Layar Oppo Reno

    * sumber: www.techradar.com

    Oppo Reno dibanderol dengan harga Rp7 juta atau ada juga yang menjual Rp6.999.000 (saat artikel ini dibuat). Dengan harga tersebut, HP ini harus bersaing dengan HP lain yang memiliki fitur lebih menarik dan chipset yang lebih baik.

    Sebut saja Asus Zenfone 5Z, Pocophone F1 yang harganya lebih murah, Beberapa tipe Huawei kelas atas, dan beberapa HP lainnya. LG G7 malah masih lebih menarik. Karena itu, bisa dibilang, Oppo Reno ini kalah saing di kelas harganya.

    Teknologi Pivot Rising Camera dan sensor sidik jari di layar juga bukan jadi godaan menarik untuk melirik HP ini. Pasalnya, teknologi kamera tersembunyi dan sensor sidik jari di layar juga bisa ditemukan di HP Oppo lain yang lebih murah dari ini, sebut saja Oppo F11 Pro misalnya.

    Simpulan

    Dengan harga kisaran Rp7 juta , Oppo Reno ini jelas kurang menarik untuk dilirik. Mengapa? Kamera 48 MP, layar AMOLED, dan desain bodi yang lebih cantik mungkin bisa jadi daya tarik tersendiri. Tetapi selebihnya, HP ini cenderung biasa saja.

    Namun, jika hal-hal yang disebutkan tidak terlalu masalah, tidak ada salahnya untuk melirik HP ini. Terlebih HP ini memiliki fitur NFC, sebuah fitur yang tidak dimiliki HP Oppo di kelas menengah. Tertarik? Silakan klik link ini untuk membeli HP-nya di Bukalapak.

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar