Carisinyal / OPPO 2020 / Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4!

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4!

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selang waktu beberapa bulan setelah rilisnya OPPO Reno3, ponsel asal Tiongkok ini pun merilis produk lanjutannya bernama OPPO Reno4. Uniknya, OPPO Reno4 rupanya memiliki harga yang lebih murah dari OPPO Reno3 saat waktu perilisannya.

Tapi jangan salah, harga lebih murah bukan berarti OPPO Reno4 memiliki fitur yang inferior ketimbang pendahulunya. Yuk ketahui beragam kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 yang sangat cocok dimiliki oleh fotografer dan content creator ini.

Spesifikasi OPPO Reno4

Oppo Reno4
  • Rilis: Agustus 2020
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2400 pixels
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4015 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO Reno4

OPPO tidak bosan-bosannya menghadirkan kelebihan di segi kamera. Kira-kira apa saja kelebihan-kelebihan OPPO Reno4 lainnya? Simak poin-poin berikut ini.

1. Layar OLED yang Memukau

layar oppo reno4

Sebagian dari Anda mungkin berpendapat ponsel seharga mid-range kurang cocok kalau masih memiliki panel IPS LCD sebagai layarnya. Inilah yang menjadi kelebihan OPPO Reno4 yang sudah menghadirkan layar berpanelkan OLED dengan kontras rentang dinamis yang lebih tinggi.

Bentang layarnya sebesar 6,4 inci yang tentunya sudah mengusung resolusi Full HD+, yakni tepatnya 1080 x 2400 piksel. Sementara itu, rasio aspeknya berada di angka 20:9 dengan kerapatan piksel sebesar 411 ppi.

OPPO sendiri mengklaim kalau layarnya ini menawarkan tingkatan local peak brightness sebesar 800 nits. Kalau berbicara soal ketahanan layar, ponsel mid-range ini pun dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 agar lebih tahan dari goresan ataupun benturan.

2. Fast Charging Unggul

fast charging oppo reno4

Kemampuan pengisian daya cepat sedang gencar-gencarnya diperhatikan oleh beragam merk ponsel di dunia, termasuk salah satunya OPPO. Di rentang harga 5 jutaan, masih ada beberapa yang menggunakan fast charging berdaya 18 W. Lain halnya dengan OPPO Reno4 yang sudah dibekali fitur VOOC Flash Charge 4.0 yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat, menggunakan daya 30 W.

Seberapa cepatkah fitur fast charging ini? Untuk mengisi daya baterai OPPO Reno4 yang berkapasitas 4.000 mAh, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga penuh. Waktu pengisian yang lumayan cepat untuk seukuran HP 5 jutaan.

3. Memori Internal dan RAM Besar

oppo reno4 nfc

Sudah mengincar banyak aplikasi untuk diinstal? Jangan khawatir storage tidak memenuhi, karena OPPO Reno4 menawarkan kapasitas memori internal yang cukup besar, yakni 128 GB. Soal kecepatannya, penyimpanan internal ini berjalan pada teknologi UFS 2.1.

Kapasitas ini pun disandingkan dengan RAM 8 GB yang sudah lebih cukup untuk segala keperluan multitasking, bahkan saat membuka beberapa aplikasi terberat sekaligus.

Bagi Anda yang ingin memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, tersedia pula slot microSDXC khusus yang mendukung kapasitas maksimal sebesar 256 GB. Ini tentunya sebuah peningkatan ketimbang OPPO Reno3 yang masih menawarkan hybrid slot.

4. Ada Peningkatan Performa

snapdragon 720g

Muda-mudi zaman sekarang mendambakan ponsel yang memiliki performa gahar untuk menunjang kebutuhan bermain game berat. Salah satu HP 5 jutaan terbaik untuk bermain game adalah OPPO Reno4, karena Anda dapat menikmati FPS yang lancar berkat chipset Snapdragon 720G miliknya.

Adapun konfigurasi 8 inti prosesor yang tersemat di HP ini, yakni terdiri dari dua buah Kryo 465 Gold dengan clock speed 2,3 GHz, serta enam inti Kryo 465 Silver berkecepatan 1.8 GHz. Tentu saja CPU ini pun diiringi oleh GPU yang cukup handal pula, yakni Adreno 618.

OPPO Reno4 sungguh merupakan jawaban atas pengguna OPPO Reno3 yang kecewa karena performanya biasa-biasa saja. Dibandingkan Helio P90 pada OPPO Reno3, Snapdragon 720G ini tentu saja lebih unggul.

oppo reno4 comparison antutu

* sumber: nanoreview.net

Seperti yang dilansir dari NanoReview.net, bahwa chipset OPPO Reno4 berhasil meraih skor AnTuTu v8 lebih besar yakni 270.568 ketimbang OPPO Reno3 yang hanya meraih skor 215.931 poin.

Ulasan dari video GadgetIn pun mengungkapkan kalau performa OPPO Reno4 saat bermain game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile lebih bagus ketimbang OPPO Reno3.

Sementara Reno3 tidak dapat menjalankan Mobile Legends di pengaturan frame rate tinggi, sesi permainan game ini berjalan dengan sangat mulus pada OPPO Reno4. Padahal, harga rilis OPPO Reno3 di awal sedikit lebih mahal ketimbang OPPO Reno4.

5. Quad Camera yang Kaya Fitur

kamera oppo reno4

Kualitas kamera tidak hanya ditentukan dari spesifikasi teknisnya saja. Dukungan software yang mendukung juga sanggup membuat kamera HP terlihat stand out ketimbang kompetitornya. Untuk OPPO Reno4 sendiri, Anda bisa mendapatkan keunggulan dari sisi hardware kamera dan juga software-nya.


Dengan menawarkan sokongan quad camera yang mumpuni, Anda bisa leluasa mengambil foto dengan berbagai macam mode, seperti panorama, makro, dan gambar bokeh. Di cangkang belakangnya tersemat lensa utama 48 MP dengan ukuran sensor 1/2.0″ serta bukaan f/1.7. Kamera utama ini juga dibekali fitur PDAF untuk bisa menangkap fokus objek dengan cepat.

Sementara itu, tersedia juga kamera ultra lebar 8 MP yang memiliki FOV atau sudut keluasan sebesar 119 derajat. Adapun dua lensa lainnya yang turut menemani, yakni lensa 2 MP makro dan sensor kedalaman 2 MP.

Bagaimana dengan kemampuan lensa selfie-nya? Sama-sama bagus, kok. Pasalnya, OPPO Reno4 menghadirkan dua lensa di bagian depan – satu lensa untuk memotret berkekuatan 32 MP, satunya lagi adalah lensa khusus AON Smart Sensor beresolusikan 1,2 MP yang bisa digunakan untuk berpindah-pindah navigasi pada aplikasi seperti medsos dan YouTube tanpa melakukan tap.

Tinggal ayunkan tangan di depan kamera ini, maka Anda pun dapat melakukan scroll walau tangan jari tangan Anda sedang kotor akibat dipakai ngemil. Fitur AON Smart Sensor ini tidak berhenti di situ – ada pula fitur yang bisa menyembunyikan notifikasi saat kamera mendeteksi keberadaan orang lain yang mengintip layar ponsel. Menarik, bukan?

Oke, saatnya kembali ke fitur fotografi. Ada banyak sekali fitur-fitur tambahan untuk membuat hasil tangkapan Anda menjadi lebih kekinian, contohnya seperti AI Color Portrait. Fitur ini bisa digunakan pada kamera belakang dan depan, fungsinya untuk mengisolasi objek agar hanya objek tersebut yang berwarna-warni, sedangkan latar belakangnya berwarna hitam putih.

Fitur yang serupa juga dapat dilakukan saat perekam video, yakni Monochrome Video. Fungsinya sama, untuk membuat keseluruhan warna menjadi hitam-putih, namun Anda bisa memilih satu warna pada objek agar tidak berubah.

Masih belum cukup? Ada juga nih fitur yang cocok sekali untuk pelaku content creator, yakni SOLOOP Smart Video Editor. Ini adalah cara termudah mengedit video, karena Anda hanya perlu merekam dan aplikasi bawaan ini akan menambahkan efek sinematik dan menawarkan opsi untuk menambahkan background music.

Kemudian, ada juga keunggulan kamera OPPO Reno4 lainnya, yakni fitur Ultra Night Selfie untuk pemotretan yang bisa meningkatkan exposure pada bagian objek yang tidak terkena cahaya. Jika pada kondisi malam hari yang minim pencahayaan, fitur Ultra Dark Mode bisa menjadi lebih efektif supaya hasil foto lebih terang.

sampel kamera oppo reno4 malam hari

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wUw0pxFOIhk (Vy Vo Xuan)

sampel kamera oppo reno4 zoom 5x

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QS9-BxD31Q8 (Uzone ID)

sampel kamera oppo reno4 ai color picker

AI Color Picker *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QS9-BxD31Q8 (Uzone ID)

sampel kamera oppo reno4

Perbandingan OPPO Reno4 Ultra Clear 108 MP vs. Auto Mode. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=eZjqr8wQbv0 (Wisnu Kumoro)

OPPO Reno4 pun cukup unggul dalam hal videografi karena mendukung resolusi 4K pada kamera belakangnya. Sementara untuk kamera depan mendukung resolusi 1080p. Adapun fitur Ultra Steady 3.0 yang bisa membuat video tetap stabil walau pengguna sambil berjalan atau berlari.

6. Desain Bodi Elegan

desain bodi premium reno4

Salah satu kelebihan lainnya terletak pada desain bodi. OPPO termasuk merk ponsel yang memperdulikan penampilan pada setiap ponselnya, termasuk OPPO Reno4 yang memiliki desain belakang bodi yang terlihat elegan dan trendy dengan sentuhan tekstur doff.

Hasilnya, bodi belakangnya tidak begitu mengkilap namun tetap menampilkan permainan gradasi cahaya saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Terlihat pula corak simbol O dan P yang digabungkan agar tampilannya tampak lebih premium dan elegan.

Untuk varian warnanya sendiri, tersedia pilihan Galactic Blue dan Space Black. Karena mengusung under display fingerprint, di bagian belakang tidak terlihat sensor sidik jari, membuat tampilannya terlihat lebih bersih dan hanya menyisakan konfigurasi empat kamera yang memanjang ke bawah.

7. Bisa Dipakai Nonton Netflix HD

oppo reno4 widevine l1

Meskipun Netflix menyediakan package untuk resolusi HD, nyatanya sebagian perangkat hanya mendukung resolusi 720p saja. Pasalnya, dibutuhkan sertifikasi DRM (digital rights management) tertentu agar sebuah perangkat diizinkan menampilkan konten Netflix secara HD.

Nah, OPPO Reno4 dijamin cocok untuk Anda yang sering menghabiskan waktu pada layanan streaming ini, karena sudah mengantongi Widevine L1 dan sudah siap dipakai untuk menonton Netflix dengan kualitas lebih tajam.

Kekurangan OPPO Reno4

Sudah wajar siapapun tergiur dengan kelebihan-kelebihan OPPO Reno4. Tapi jangan langsung membelinya sebelum Anda melihat poin-poin kekurangan di bawah ini.

1. Tidak Memiliki Sensor NFC

oppo reno4 nfc

Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi seperti berpergian menggunakan jalan tol, pasti butuh fitur yang dinamakan NFC ini. Kepanjangan nama fitur ini adalah Near Field Communication yang dapat membantu Anda mengecek saldo eToll dan kartu pembayaran lainnya hanya dengan menempelkan kartu pada bodi HP.

Nyatanya fitur NFC ini sudah banyak ditemui pada ponsel-ponsel seharga Rp5-jutaan, bahkan beberapa ponsel Nokia terbaru di rentang harga lebih murah sudah dibekali fitur berguna ini. Cukup disayangkan, OPPO Reno4 melanjutkan kekurangannya OPPO Reno3 dengan tidak menghadirkan NFC.

2. Zoom Kamera yang Terbatas

oppo reno4 zoom

Ada kalanya pelaku kreator konten membutuhkan kamera ponsel dengan jangkauan zoom yang tinggi, seperti ketika berusaha mengambil objek hewan ataupun merekam live performance dari kejauhan.

OPPO Reno4 hanya menghadirkan zoom maksimal sebanyak 5x, karena ponsel ini memang tidak dilengkapi dengan lensa telefoto khusus yang umumnya bisa membantu ponsel untuk menangkap gambar dengan jarak yang jauh. Dengan berbagai fitur kameranya yang beragam, kemampuan zoom-nya yang terbatas cukup membuat para fans OPPO bertanya-tanya.

Simpulan

Seperti yang sudah bisa ditebak dari kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 di atas, bahwa ponsel ini sungguh menghadirkan fitur fotografi yang inovatif dibandingkan ponsel lain pada rentang harga yang sama (minus kemampuan zoom).

Banderol harganya yang sebesar Rp4.999.000,- bahkan lebih murah ketimbang OPPO Reno3 yang menjadi pendahulunya, namun menawarkan peningkatan performa yang cukup signifikan.

Apalagi dengan menawarkan fitur Air Control, sebuah fitur yang mulanya dianggap sebagai gimmick awalnya rupanya bisa sangat berguna di kala jari sedang kotor. Tertarik memiliki ponsel ini? OPPO Reno4 sudah memasuki pasar HP Indonesia sejak 6 Agustus 2020. Kalau penasaran dengan pendahulunya, bisa juga kunjungi kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *