Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno7 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

OPPO termasuk dalam salah satu brand smartphone terbaik asal Tiongkok dengan portofolio produknya yang segmented dan memiliki keunggulan di fitur-fitur spesifik. Contonya saja OPPO Reno7 5G, sang ponsel kelas menengah ke atas yang diluncurkan pada Q1 2022, merupakan penerus dari OPPO Reno6 5G.

Dikhususkan untuk menunjang fotografi, OPPO Reno7 5G tidak hanya sekadar membawakan kamera yang bagus tapi juga didukung dengan fitur software menarik. Apalagi melihat sisi desainnya, siapa pun akan terkemuka karena OPPO Reno7 5G memang membawakan teknologi desain eksklusif yang tidak dimiliki brand lain. Semakin penasaran? Simak dulu spesifikasinya di bawah ini!

Spesifikasi OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO Reno 7 5G

Tidak cukup haya melihat spesifikasinya saja, Anda pun harus mengetahui poin-poin kelebihan dan kekurangan OPPO Reno7 5G agar bisa mengenal lebih dekat. Cek poin-poin kelebihan berikut!

1. Layar AMOLED yang Cerah + Refresh Rate 90 Hz

layar oppo reno7 5g

Jika Anda mendambakan layar yang menggugah pada sebuah smartphone untuk menunjang kegiatan menonton, OPPO Reno7 5G bukan opsi yang buruk. Bahkan, ia tergolong menghadirkan layar dengan kualitas yang begitu terang, cerah, dan tajam berkat panel Rigid LTPS AMOLED yang dihadirkannya.

Layar ini memiliki ukuran 6,43 inci pada resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Ia pun mengusung aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel sebesar 409 ppi.

Karena disertai dengan HDR10+, layar OPPO Reno7 5G ini juga dapat memberikan tampilan konten dengan rentang dinamis yang lebih tinggi, contohnya saat menonton video di platform YouTube. Adapun keberadaan serifikasi Widevine L1 membuatnya mampu tampilkan konten 1080p pada platform OTT (over-the-air) seperti Netflix dan Amazon Prime.

Berdasarkan laman spesifikasi resmi OPPO, ponsel ini hadirkan tingkat kecerahan tipikal sebesar 430 nit, serta mampu tampilkan kecerahan 800 nit saat melihat konten HDR. Sementara itu, kecerahan puncak saat berada di bawah terik matahari bisa mencapai hingga 600 nit.

Layar ponsel ini mendukung warna 8-bit, alias mampu menampilkan sebanyak 16,7 juta warna. Di sisi lain, Anda juga dapat menikmati pergerakkan layar yang lebih mulus berkat refresh rate 90 Hz yang 50% lebih tinggi dibanding 60 Hz konvensional. Juga, layar dibekali dengan touch sampling rate 180 Hz menggunakan dua jari.

Anda bisa memilih mode gamut warna yang berbeda, yakni mode Vivid yang hadirkan gamut 100% DCI-P3 atau 135% sRGB, serta mode Gentle dengan 76% DCI-P3 atau 103% sRGB.

Tidak lupa, layar dengan rasio perbandingan bodi-ke-layar 90,8% ini juga turut dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang dapat mencegah kerusakan layar akibat tergores atau pun terjauh pada ketinggian hingga 1,2 meter ke permukaan beton.

2. Bobot Bodi yang Semakin Ringan

bodi oppo reno7 5g

Desain pada OPPO Reno7 5G tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Sama-sama hadirkan model kamera depan punch-hole, Anda akan menemukan tampilan cutout di bagian kiri atas. Hampir keempat sisinya dibuat dengan begitu tipis, kecuali bgaian bawah yang memang terlihat lebih tebal.

Kendati tidak banyak yang berubah dari OPPO Reno6 5G, namun ponsel ini rupanya memiliki peningkatan dari segi bobot bodi. Semula memiliki bobot sebesar 182 gram pada sang generasi pendahulu, kini hanya 173 gram pada OPPO Reno7 5G.

Adapun untuk dimensi bodinya, ponsel ini mengusung ukuran panjang 160,6 mm, lebar 73,2 mm, dan ketebalan 7,8 mm. Walau lebih ringan, tapi ponsel ini rupanya sedikit lebih tebal daripada OPPO Reno6 5G dengan ketebalan 7,6 mm.

Desain pada HP ini sedikit agak melengkung, tidak seperti varian Pro-nya atau pun seperti OPPO Reno6 5G yang hadirkan bingkai datar. Untuk semakin membuat tampilannya cantik, HP ini turut membawakan desain OPPO Reno Glow seperti para generasi pendahulunya.

Namun kini ditambah juga dengan teknologi Laser Direct Imaging (LDR), sebuah teknik yang biasa digunakan untuk proses pembuatan semikonduktor untuk hasilkan corak mikro dengan bentuk yang begitu akurat. OPPO menyebut teknik ini memang pertama kali hadir pada smartphone. Dari segi opsi, Anda bisa memilih varian warna Starry Black dan Startralis Blue.

3. Kemampuan 64 MP Triple Camera yang Unggul

kamera oppo rneo7 5g

Keunggulan kamera OPPO Reno7 5G tidak hanya pada spesifikasi hardiware-nya, melainkan juga pada fitur-fitur fotografinya yang unik dan inovatif. Ia dikemas dengan konfigurasi Triple Camera yang tampilkan lensa utama 64 MP (f/1.7) dengan FOV 80,5 derajat dan fitur AF, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan FOV 118,9 derajat, dan lensa makro 2 MP (f/2.4).

Kamera belakang turut mendukung resolusi perekaman video hingga 4K pada frame rate 30 FPS, dan menyediakan fitur EIS sebagai stabilisasi pada perekaman 1080p@60fps. Adapun zoom video yang didukungnya hingga 20x, dengan kemampuan perekaman ultra-wide (zoom 0,6x) pada resolusi 1080p dan 720p.

OPPO juga mengklaim bahwa pengalaman merekam di ponsel ini bagaikan sedang menggunakan DSLR. Berkat adanya fitur Bokeh Flare Portrait Video dan Smart Skin Tone Protection AI, pengguna akan senantiasa mendapatkan efek bokeh yang menakjubkan walau merekam pada kondisi malam dan terang. Dijamin, hasil rekaman Anda akan terlihat seperti adegan film ataupun dokumentasi pernikahan.

Ingin hasil rekaman tetap optimal sekalipun pada adegan pencahayaan yang rumit? Tenang, ada fitur AI Highlight yang akan mengaktifkan fitur Ultra Night Video atau Live HDR yang akan senantiasa menyelaraskan pencahayaan secara real-time, demi menghindari isu backlight.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram