carisinyal web banner retina

Yuk Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G!

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada September 2022, OPPO indonesia kembali memperkenalkan produk baru untuk melengkapi seri Reno8 yakni OPPO Reno8 Z 5G.Varian ini diperkenalkan bersama OPPO Reno8 Pro 5G, sehingga disebut-sebut memiliki spesifikasi yang tinggi sesuai selera pasar.

OPPO Reno8 Z 5G sendiri diposisikan untuk pasar ponsel mid-range. Walaupun demikian, OPPO menjanjikan fitur yang dihadirkan tetap sama berkualitas seperti HP Flagship. 

OPPO bahkan tetap menghadirkan kamera dengan sensor Sony IMX sehingga menghasilkan gambar yang lebih bagus. Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai OPPO Reno8 Z 5G?

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Simak tabel di bawah ini untuk ketahui kelebihan dan kekurangannya.

KelebihanKekurangan
Desain Tetap Elegan
Layar AMOLED FHD+
Ada Fitur Always-On Display!
Hadirnya In Display Fingerprint Scanner
Kamera 64 MP Sensor Sony IMX
SuperVOOC 33W 
Refresh Rate Layar Hanya 60 Hz
Tanpa Stereo Speaker
 Snapdragon 695 5G yang Kurang Relevan untuk Harganya
Kamera Tanpa Sensor Ultrawide
Produk Kemas Ulang 

Jika ingin lebih dalam soal poin kelebihan kekurangan HP ini, simak pembahasan artikel ini sampai habis sesudah info spesifikasi OPPO Reno8 Z 5G berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 Z 5G

OPPO Reno8 Z 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO Reno8 Z 5G

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Ponsel kamera OPPO ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Tetap Elegan

oppo reno8 7z 5g

OPPO mengusung desain yang elegan dan minimalis khas varian Reno dalam seri Reno8 Z 5G ini. HP ini hadir dengan konsep desain bodi yang kekinian dengan sisi samping yang datar. Hal ini membuat HP nampak lebih solid sekaligus mempermudah pengguna kala menggenggam ponsel dengan lebih nyaman. 

Tidak berbeda jauh dengan seri Reno7 5G, HP OPPO ini menggunakan panel belakang yang memukau dengan teknologi OPPO Glow. Teknologi ini memungkinkan bodi belakang menampilkan kilauan warna yang berbeda saat terkena cahaya. 

Bodi belakang ini masih mirip dengan seri Reno7 Z dengan finishing matte dengan tekstur yang halus di tangan. Tentu ini membuat bodi HP tidak mudah kotor kena debu dan sidik jari.

Tampilan bodi belakang HP ini kian terasa mewah dengan adanya fitur Orbit Lights. Fitur ini ialah lingkaran lampu cahaya berbentuk ring yang mengelilingi lensa kamera. Lampu ring ini akan menyala ketika adanya notifikasi masuk dan saat HP sedang diisi daya. 

Selain modul kamera yang unik, OPPO Reno8 Z 5G  juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 159,9 x 73,2 x 7,7 mm dengan bobot 181 gram. Sang pendahulu justru memiliki ketebalan 7,5 mm dan berbobot 173 gram. 

Walaupun tampak sedikit lebih tebal dan lebih berat, OPPO Reno8 Z 5G nyatanya masih nyaman dan enak digunakan harian. Ponsel ini cukup ramping sehingga mudah disimpan dan dibawa berpergian. 

2. Layar AMOLED FHD+ yang Menarik

Oppo Reno8 Z 5GSumber: Yugatech

Mencoba menyasar pasar HP mid-range dengan serius, OPPO Reno8 Z 5G dibekali spesifikasi layar yang tidak bisa diremehkan. Dalam HP ini terpasang layar panel AMOLED berukuran 643 inci. Layar ini memberikan visual yang jelas berkat resolusi FHD+.

Layar ini didukung dengan tingkat kecerahan yang pas yakni 430 nit pada mode normal dan 600 nit pada mode kecerahan tinggi. Dengan tingkat kecerahan yang pas ini, Anda bisa melihat tampilan layar di HP OPPO dengan jelas meski berada di luar ruangan di siang hari.

Pemilihan panel AMOLED di HP ini memang menjadi kelebihan HP ini. Pasalnya, panel tipe ini mampu menampilkan tampilan yang lebih cerah dan detail dibanding panel layar tipe IPS. Selain itu, panel tipe ini juga diklaim lebih awet baterai.  

Seluruh penguji merasa puas dengan kualitas layar vivo X80 Pro. Menurut Ewdison Then dari Slash Gear, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya benar-benar hidup. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

Sebagai informasi tambahan, layar OPPO Reno8 Z 5G sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

Selain itu, layar ini masih memiliki sejumlah teknologi yang mirip dengan seri Reno sebelumnya. Layar ini memiliki kerapatan piksel 409 ppi. Selain itu, layar ini memiliki dua mode gamut warna yakni mode Vivid dan Gentle.

Dengan sejumlah fitur yang ada tersebut, jelas HP OPPO ini memiliki kualitas layar yang baik untuk penggunaan harian dan gaming. Apalagi, layar ini sudah dibekali pelindung anti gores Schott Xensation Up.

3. Hadirnya In Display Fingerprint Scanner

Oppo Reno8 Z 5G

Selain berfungsi sebagai penampil konten, layar OPPO Reno8 Z 5G juga dapat digunakan sebagai penyedia fitur keamanan. Pasalnya, di dalam layar HP ini ditanami sensor pemindai sidik jari.

OPPO masih memakai teknologi optical standar. Walaupun  demikian, sensor ini terbukti cepat dan akurat membaca sidik jari. Apalagi, posisi sensor juga pas di area bawah layar yang mudah dijangkau. 

4. Kamera 64 MP Sensor Sony IMX

Oppo Reno8 Z 5G

OPPO Reno series terkenal memiliki hasil foto yang mengagumkan karena dibekali kamera resolusi tinggi dan fitur yang menarik. Hal ini juga diterapkan OPPO pada Reno8 Z 5G meski HP ini dipasarkan di kelas menengah.

Sama seperti seri sebelumnya, OPPO menghadirkan triple camera belakang yang mumpuni untuk fotografi. Kamera ini memiliki konfigurasi yang terdiri dari kamera utama 64 MP f/1.7 sensor Sony IMX 709 dengan sudut 80 derajat, kamera bokeh 2 MP f/2.4 , dan kamera makro f/2.4. 

Guna memaksimalkan kamera untuk fotografi yang kekinian, OPPO menambahkan sejumlah mode di aplikasi kameranya. Salah satu mode ialah mode Bokeh Flare Portrait yang disokong teknologi AI terbaru. 

Dengan mode ini Anda bisa mengubah latar belakang subjek menjadi kehilangan fokus atau blur. Menariknya dalam HP ini hasil foto mode ini tampak bagus dan rapi.

Berpindah ke kamera depan, OPPO masih mempertahankan kamera selfie 16 MP f/2.4 dengan bentuk desain punch hole. Untuk hasil fotonya, masih tampak natural terutama di bagian warna kulit.

Perihal perekaman video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi FHD 30 fps.

Tidak lupa, OPPO juga menghadirkan fitur dua-view video. Dengan fitur ini, Anda bisa merekam menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan. Ini memang menarik karena fitur ini biasanya hadir pada seri flagship OPPO.

5. SuperVOOC 33W 

oppo reno8 7z 5g

Tidak seperti kebanyakan ponsel layar AMOLED yang memakai baterai dengan kapasitas besar yakni 5000 mAh keatas, OPPO justru menggunakan kapasitas baterai yang lebih kecil yakni 4500 mAh. 

Kapasitas baterai ini memang dirasa pas untuk kebutuhan harian seperti browsing sosial media, mendengarkan lagu, menonton video hingga main game, Menariknya, OPPO sudah menghadirkan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Dengan fitur pengisian cepat ini, dalam keterangan resmi OPPO, HP ini bisa terisi penuh 100% dalam waktu 68 menit saja.. 

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. OPPO Reno8 Z 5G mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 5G, WIFi 5, dan Bluetooth 5.1.

Kekurangan OPPO Reno8 Z 5g

Di samping lima kelebihan di atas, ada lima hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap ponsel OPPO ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Refresh Rate Layar Hanya 60 Hz

oppo reno8 z 5g

Ponsel mid-range maupun flagship saat ini memang hadir dengan ukuran layar yang cukup lebar. Tidak hanya lebar, beberapa layar juga sudah dibekali sejumlah fitur untuk memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Salah satu fitur yang kini sering ditonjolkan ialah refresh rate. Beberapa HP keluaran terbaru saat ini sudah mulai menggunakan refresh rate yang tinggi mulai 90Hz hingga 120 Hz. Sayangnya, untuk seri Reno8 Z 5G ini hanya menggunakan refresh rate standar 60 Hz.

Hal ini memang tidak berpengaruh untuk penggunaan harian. Namun, untuk Anda yang gemar bermain game dan browsing, refresh rate yang tinggi sangat dibutuhkan agar tampilan animasi lebih halus dan lancar. 

Maka, sungguh disayangkan, HP seharga 6 jutaan ini masih memakai refresh rate standar. Padahal sudah menggunakan panel AMOLED.

2. Tanpa Stereo Speaker

oppo reno8 7z 5g

OPPO seakan masih belum mau memaksimalkan seri Reno sebagai HP untuk entertainment. Hal ini terlihat dari tidak adanya stereo speaker. Hal ini tentu cukup mengecewakan karena di kelas harga yang sama, hampir sebagian besar menggunakan stereo speaker.

Pasalnya, stereo speaker akan membuat pengalaman menonton video maupun bermain game lebih seru dan menyenangkan. Suara speaker ganda juga lebih kencang dan lebih jernih dibanding speaker tunggal biasa.

3. Snapdragon 695 5G yang Kurang Relevan untuk Harganya

Snapdragon 695

OPPO Reno8 Z 5G ditopang oleh chipset Snapdragon 695 5G yang sudah mendukung konektivitas seluler generasi kelima. Lantas, apakah chipset ini cukup mampu mengangkat game berat, tentu jawabannya: bisa. Sayangnya, opsi pemakaian cip ini agak kurang relevan di kelas harganya.

Untuk kelas harganya, seharusnya HP ini sudah dibekali dengan chipset yang lebih gahar lagi. Untuk diketahui, Snapdragon 695 5G dapat ditemui pada beberapa ponsel di segmen harga lebih murah, seperti realme 9 Pro di harga 3 jutaan, ataupun Redmi Note 11 Pro 5G yang disinyalir memiliki harga rilis 4 jutaan.

4. Kamera Tanpa Sensor Ultrawide

oppo reno8 7z 5g

Meski dipasarkan untuk kelas mid-range, OPPO Reno8 Z 5G cukup digarap dengan apik oleh OPPO. Sektor kamera yang dihadirkan cukup tajam dan detail. Sayangnya, lagi-lagi produsen tidak menghadirkan sensor ultrawide dalam konfigurasi kamera belakang.

Hal ini memang cukup disayangkan karena sensor ini cukup berguna untuk memotret subjek yang luas. Walaupun demikian, Anda masih bisa memotret ala ultrawide menggunakan mode panorama, namun tentu lebih rumit dan butuh teknik lagi.

5. Produk Kemas Ulang 

oppo reno8 7z 5g

OPPO Reno8 Z 5G bisa dibilang produk yang dikemas ulang. Pasalnya, ponsel ini masih memiliki spesifikasi yang serupa dengan OPPO Reno7 Z 5G. Hampir tidak ada peningkatan yang signifikan antara OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno8 Z 5G.

OPPO Reno8 Z 5G masih memakai chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G. Chipset ini sama seperti yang terpasang pada Reno7 Z 5G. Chipset ini dipilih karena menawarkan efisiensi konsumsi baterai, performa visual yang baik dan tentu saja konektivitas 5G. 

Selain chipset yang sama, sektor layar, baterai dan lain-lainnya serupa. Hanya perbedaan fitur saja yang sayangnya penambahan fitur tersebut kurang begitu relevan. 

Simpulan

Dipasarkan dengan harga 6 jutaan, OPPO Reno8 Z 5G sejatinya merupakan versi murah dari OPPO Reno8 5G. Memang ponsel ini menghadirkan sektor kamera yang mumpuni khas Reno. Namun, untuk spesifikasi lainnya dirasa masih belum optimal dan belum mampu bersaing.

Apalagi, sejumlah spesifikasi yang dihadirkan tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Walaupun demikian, HP OPPO ini memiliki dapur pacu yang cukup baik untuk multitasking dan bermain game. Selain itu, HP ini juga

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram