Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i yang Perlu Diketahui!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Realme Indonesia tergolong masif dalam memperkenalkan produk Realme 5 series secara resmi ke Indonesia. Betapa tidak, Realme menghadirkan 4 varian Realme 5 yaitu Realme 5, Realme 5 Pro, Realme 5s, dan Realme 5i.

Produk terakhir yang disebut cukup menarik perhatian. Menarik karena spesifikasi yang ditawarkan Realme 5i pada dasarnya cenderung mirip dengan Realme 5. Lantas, seperti apa Realme 5i ini? Simak saja langsung pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme 5i berikut ini.

Spesifikasi Realme 5i

Realme 5i
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 665
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Realme 5i

Ada beberapa poin kelebihan yang ada di Realme 5i. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Plastik Tapi Memiliki Desain yang Bagus

Realme 5i

Realme 5i datang dengan bobot 195 gram dengan dimensi 164,4 x 75 x 9,3 mm. Ukuran ini cenderung mirip dengan Realme 5 yang menawarkan bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. Tidak aneh memang karena Realme 5i memiliki bentuk yang cenderung identik dengan Realme 5.

Bedanya, Realme 5 datang dengan desain yang tampak mewah. Sementara Realme 5i datang dengan desain yang cenderung biasa, terkesan murah, dan sangat terlihat kalau bodi ponsel ini terbuat dari plastik. Meskipun Realme 5 sendiri terbuat dari plastik.

Hanya saja meski terlihat plastik, desain dari Realme 5i cukup menarik. Desainnya tergolong bagus karena pada kondisi tertentu, desain belakang Realme 5i dapat menampilkan pola matahari terbit. Realme sendiri menyebut desain Realme 5i ini sebagai Real Craftsmanship.

Apa itu Real Craftsmanship? Berdasarkan informasi dari situs Realme.com, Real Craftsmanship ini mengacu pada teknologi polesan kaca di bagian bodi belakang yang diproses dengan teknologi mutakhir menggunakan mesin radium carving. Karena hal inilah, tidak belebihan, jika menyebut kalau Realme 5i memiliki desain yang bagus meskipun memakai bodi plastik.

2. Tahan Percikan Air

realme 5i

Realme 5i masih mempertahankan fitur yang juga dimiliki oleh Realme 5, yakni fitur ketahanan terhadap percikan air atau cipratan air. Dengan teknologi ini, tentu Realme 5 menjadi menarik karena di kelas harganya, kehadiran fitur tahan cipratan air menjadi satu daya tarik tersendiri.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

realme 5i
*

Realme 5i dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini sama besarnya dengan Realme 5 dan Realme 5s. Kedua produk tersebut sendiri memiliki daya tahan baterai yang tergolong baik. Lalu, apakaha daya tahan baterai Realme 5i juga tergolong baik?

benchmark baterai realme 5i
*

Situs Hungrygeeks menguji baterai dari Realme 5i menggunakan benchmark PCMark. Hasilnya, bisa disimak pada gambar di atas. Terlihat kalau Realme 5i mendapatkan waktu 16 jam 25 menit. Waktu yang cukup lama tentunya.

Situs Zeebiz sendiri mencatatkan kalau daya tahan baterai Realme 5i bisa mencapai 30 sampai 36 jam. Waktu tersebut dapat ditempuh dengan penggunaan medium. Hal ini jelas menegaskan kalau Realme 5i memiliki daya tahan baterai yang tergolong baik.

4. Snapdragon 665

Realme 5i datang dengan chipset Snapdragon 665, yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 ini hadir dengan delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.

Penggunaan Snapdragon 665 di Realme 5i menandakan kalau sebenarnya performa dari Realme 5i cenderung identik dengan Realme 5. Pasalnya, Realme 5 juga menggunakan chipset yang sama. Lantas, bagaimana dengan performa dari Snapdragon 665 di Realme 5 ini? Mari lihat hasil benchmark berikut ini.

benchmark realme 5i
*

Data di atas, merupakan data hasil pengujian yang dilakukan oleh Yugatech. Dari data di atas, terlihat kalau dalam pengujian Antutu 8, Realme 5i mendapatkan skor 172 ribuan. Sementara untuk Geekbench 5, Realme 5i mendapatkan skor single-core 310 dan multi-core 1.374.

Untuk 3D Mark, ponsel ini memiliki skor 1.077 untuk tes Sling Shot Extreme OpenGL. Sementara pada tes Sling Shot Extreme, skor yang didapatkan adalah 1.043.

Menilik data di atas, jelas kalau Realme 5i memiliki performa yang sebenarnya tergolong bagus. Seperti kata Yugatech, kalau performa ponsel ini tergolong lancar untuk berbagai urusan. Meskipun perlu diantisipasi sesekali lag ketika diajak bermain gim.

Hal yang sama juga diungkap oleh GadgetsNDTV. Situs ini mengatakan jika Snapdragon 665 di Realme 5i memiliki performa yang tergolong baik. Diajak untuk multitasking juga lancar, bahkan multitasking menjadi menyenangkan karena sistem tidak menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Empat Kamera Belakang

realme 5i
*

Kamera belakang Realme 5i serupa dengan Realme 5i, bahkan cenderung identik dengan empat kameranya. Jenis lensa yang digunakan juga serupa. Hal ini sebenarnya menunjukan kalau kualitas kamera Realme 5i pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan Realme 5.

Realme 5 datang dengan empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.

Realme 5i datang dengan empat kamera belakang. Kamera utamanya adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.3. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk efek bokeh.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram