Carisinyal / Realme 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 5s yang Perlu Diketahui!

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 5s yang Perlu Diketahui!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Realme 5 series ternyata bukan hanya Realme 5 dan Realme 5 Pro. Ada juga Realme 5 series lainnya yang disebut sebagai Realme 5s. Ponsel ini bisa dikatakan sebagai pengisi antara Realme 5 dan Realme 5 Pro jika menilik kelas harganya yang mencapai Rp2,7 juta.

Lantas, apakah Realme 5s ini tergolong ponsel yang menarik? Seperti apa ponsel yang satu ini? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme 5s berikut ini.

Spesifikasi Realme 5s

Realme 5s

Umum

  • Diumumkan
    November, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    164.4 x 75.6 x 9.3 mm
  • Berat
    198 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3+
  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~269 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU
    Adreno 610

Memori

  • RAM
    4 GB
  • Memori Internal
    64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.8, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4", 1.12µm
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm (kamera makro khusus)
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3", 1.12µm
  • Fitur
    HDR, panorama
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian daya baterai 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Crystal Purple, Crystal Blue, Crystal Red
  • Lainnya
    Fitur body:
    - Tahan percikan

Kelebihan Realme 5s

Ada enam poin kelebihan yang ada di Realme 5s. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Solid

desain realme 5s

* sumber: www.smartprix.com

Realme 5s hadir dengan bobot yang sama dengan Realme 5, yakni 198 gram. Dimensi yang dimiliki ponsel ini juga serupa dengan Realme 5, yakni 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. Tentu desain dan feel yang solid yang dirasakan di Realme 5 terasa juga di Realme 5s.

Tidak ada peningkatan yang terlalu signifikan jika dibandingkan Realme 5 pada sektor desain. Desainnya masih menawarkan cuting diamond dengan desain bodi polikarbonat. Tapi yang jelas, desain ponsel ini tergolong solid yang membuatnya cukup nyaman digenggam.

2. Anti Cipratan Air

realme 5s

Salah satu keunggulan Realme 5 yakni ketahanan terhadap cipratan air. Hal yang sama juga berlaku di Realme 5S. Ponsel ini hadir dengan ketahanan terhadap cipratan air. Teknologi yang digunakan juga sama, yakni fitur perlindungan kelembaban multi-layer untuk slot SIM, celah, penutup baterai, dan lain-lain.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

realme 5s

Realme 5s dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang sama yang juga dibenamkan di Realme 5. Dan Realme 5 dikenal sebagai salah satu smartphone dengan daya tahan baterai yang baik.

Pada pengujian yang dilakukan GSMArena, Realme 5s mendapatkan endurance rating 143 hours. Sebagai pembanding, Realme 5 mendapatkan endurance rating 144 hours. Tentu perbedaan ini tidak terlalu signifikan. Hal ini berarti daya tahan baterai Realme 5s tergolong hemat daya, sama seperti Realme 5.

endurance rating realme 5s

* sumber: www.gsmarena.com

Sementara untuk pengujian seberapa lama daya tahan baterai ini sehari-hari, Smartprix memiliki datanya. Menurut pengalaman penggunaan dari Smartprix, daya tahan baterai Realme 5s bisa mencapai sehari lebih dengan penggunaan berat.

Sementara situs BGR.in mengatakan kalau Realme 5s dapat bertahan sampai dua hari dengan pemakaian ringan seperti memotret, mengirim pesan, atau memainkan gim kasual.

Dalam penggunaan berat, seperti beberapa jam nonton, main media sosial, dan main gim, daya tahan baterai bisa sampai 40% di akhir hari. Hasil ini menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong impresif

4. Performa Prosesor Oke

performa realme 5s

* sumber: www.smartprix.com

Realme 5s dibekali dengan chipset Snapdragon 665, chipset yang serupa dengan Realme 5. Chipset Snapdragon 665 ini memiliki delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.

Lantas, bagaimana dengan performa dari Snapdragon 665 ini? Berikut nilai Antutu pada Realme 5s.

antutu realme 5s

* sumber: www.gsmarena.com

Pada pengujian Antutu 7, terlihat kalau Realme 5s memiliki skor yang mirip dengan Realme 5, wajar karena keduanya memakai chipset yang sama. Hanya saja, jika dibandingkan Redmi Note 8 yang juga hadir dengan chipset yang sama, Redmi Note 8 unggul 10 ribu poin.

Perbedaan 10 ribu poin memang tidak akan terlalu berpengaruh pada hasil keseluruhan. Tapi setidaknya, data tersebut menunjukan posisi Realme 5s secara performa yang kurang lebih serupa dengan Realme 5 dan Redmi Note 8. Dan Snapdragon 665 ini sudah dikenal sebagai chipset cukup kencang dengan performa efisien.

5. Kamera yang Lebik Baik

desain realme 5s

* sumber: www.bgr.in

Realme 5s hadir dengan konfigurasi empat kamera, serupa dengan Realme 5. Sebagai informasi, Realme 5 hadir dengan empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.

Lalu, bagaimana dengan konfigurasi kamera Realme 5s? Realme 5s sama-sama menawarkan kamera ultrawide, kamera makro, dan kamera depth sensor yang serupa dengan Realme 5. Pembedanya ada di kamera utamanya. Kamera utama Realme 5s hadir dengan sensor Samsung GW1 48 MP yang memiliki bukaan f/1.8.

Dengan resolusi yang lebih besar, jelas kamera utama ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik. Untuk membuktikannya, simak contoh hasil tangkapan kamera dari Realme 5 berikut ini!

hasil tangkapan kamera realme 5s

* sumber: www.realme.com

hasil tangkapan kamera realme 5s

* sumber: www.realme.com

hasil tangkapan kamera realme 5s

* sumber: www.smartprix.com

Terlihat kalau Realme 5s mampu menangkap foto dengan sangat baik. Kamera utama ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik. GSMArena sendiri mengatakan kalau kamera utama Realme 5s memiliki rentang dinamis yang baik. Dan dalam mode malam, hasilnya menunjukan peningkatan yang lebih baik jika dibandingkan kamera Realme 5.

Situs BGR.in juga mengatakna kalau hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus. Hasil bidikannya tergolong layak meski ketika dilakukan pembesaran, detailnya cenderung minimal. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera Redmi Note 8 yang sama-sama menawarkan kamera 48 MP masih lebih baik.

6. Kamera Depan Cukup Oke

layar realme 5s

* sumber: www.smartprix.com

Realme 5s memiliki kamera depan 13 MP. Kamera ini serupa dengan kamera depan Realme 5. Hanya saja perlu diingat, kamera ini tidak sepenuhnya 13 MP. Gambar yang disimpan, hanya menghasilkan gambar 8 MP.

Meskipun demikian, hasil kamera selfie dari Realme 5s tergolong oke. Berdasarkan pengujian kamera depan yang dilakukan GSMArena, kamera depan ponsel ini memiliki detail yang bagus dan memiliki jangkauan dinamis yang lebar. Perlu diingat, kamera depan ini hanya mendukung fixed focus sehingga ketika memotret terkadang hasilnya tidak fokus.

Kekurangan Realme 5s

Ada empat kekurangan dari Realme 5s ini. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Kamera Makro dan Ultra-wide Kurang Memuaskan

kamera realme 5s

Kamera ultra-wide dan kamera makro pada ponsel ini bisa dikatakan sebagai gimmick alias tidak terlalu spesial. GSMArena mengatakan kalau kamera ultra-wide pada ponsel ini memiliki detail yang buruk dan rentang dinamisnya cukup sempit.

Untuk kamera makronya, situs BGR.in mengatakan jika hasil bidikan kamera makro tidak begitu bagus, kurang jelas, dan detail. Hasil foto efek bokeh juga kurang meyakinkan. Artinya, kamera depth sensor pada ponsel ini tidak bekerja terlalu optimal.

2. Tidak Mendukung Fast Charging

layar realme 5s

* sumber: www.bgr.in

Memiliki kapasitas baterai yang besar adalah satu hal, dan memiliki pengisian cepat adalah hal lain. Kedua hal ini seharusnya sudah saling melengkapi. Hal yang tidak ditemukan di Realme 5 dan hadir kembali di Realme 5S.

Yap, tidak ada peningkatan untuk pengisian cepat. Charger bawaan ponsel ini hanya mendukung 10W yang berarti pengisian daya baterainya tergolong lama. BGR.in memiliki data kalau durasi pengisian yang ditempuh ponsel ini dari 0 sampai 100% adalah 2 jam 30 menit. Tergolong cukup lama tentunya.

3. Layar Masih HD+

realme 5s

Realme 5s masih memiliki spesifikasi layar yang serupa dengan Realme 5. Layarnya adalah IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel alias HD+ saja. Layarnya juga dibekali Corning Gorilla Glass 3+. Tidak terlalu spesial memang tapi cukup diapresiasi.

Permasalahannya, sektor layar yang hanya HD+ ini membuat ponsel ini jadi kurang istimewa. Padahal harganya ada di Rp2,7 jutaan. Bandingkan dengan beberapa ponsel lain di kelas harga ini yang menawarkan resolusi layar lebih baik. Contohnya adalah vivo Y19 atau Samsung Galaxy M30s yang harganya ada di kisaran Rp2,8 jutaan.

Malah, Redmi Note 8 yang harganya lebih murah, menawarkan resolusi Full HD+. Tentu hal ini jadi kekurangan tersendiri.

4. Tidak Memakai USB Type-C

port realme 5s

* sumber: www.smartprix.com

Satu kekurangan lain dari Realme 5s adalah masih tidak didukungnya USB Type-C. Satu masalah lain yang ada di Realme 5 berlanjut di Realme 5s. Satu faktor lain yang mengecewakan tentunya

Simpulan

Realme 5s bisa dibilang sebagai ponsel yang menarik, tetapi hanya di sektor kamera utamanya yang menawarkan 48 MP. Selebihnya, spesifikasi ponsel ini serupa dengan Realme 5. Dengan harga mencapai Rp2,7 jutaan (dan biasanya bakal turun), jelas peningkatan di sektor kamera kurang berarti.

Ponsel lain di kelas harga tersebut, masih lebih menarik. Malah Redmi Note 8 yang menawarkan kamera 48 MP menawarkan kualitas kamera yang lebih baik. Namun, tidak ada salahnya juga jika memang mau meminang ponsel ini. Silakan beli ponsel ini melalui toko online di link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *