10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 5s yang Perlu Diketahui!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Realme 5 series ternyata bukan hanya Realme 5 dan Realme 5 Pro. Ada juga Realme 5 series lainnya yang disebut sebagai Realme 5s. Ponsel ini bisa dikatakan sebagai pengisi antara Realme 5 dan Realme 5 Pro jika menilik kelas harganya yang mencapai Rp2,7 juta.

Lantas, apakah Realme 5s ini tergolong ponsel yang menarik? Seperti apa ponsel yang satu ini? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme 5s berikut ini.

Spesifikasi Realme 5s

Realme 5s

[aps_product_specs id="57061"]

Kelebihan Realme 5s

Ada enam poin kelebihan yang ada di Realme 5s. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Solid

desain realme 5s
*

Realme 5s hadir dengan bobot yang sama dengan Realme 5, yakni 198 gram. Dimensi yang dimiliki ponsel ini juga serupa dengan Realme 5, yakni 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. Tentu desain dan feel yang solid yang dirasakan di Realme 5 terasa juga di Realme 5s.

Tidak ada peningkatan yang terlalu signifikan jika dibandingkan Realme 5 pada sektor desain. Desainnya masih menawarkan cuting diamond dengan desain bodi polikarbonat. Tapi yang jelas, desain ponsel ini tergolong solid yang membuatnya cukup nyaman digenggam.

2. Anti Cipratan Air

realme 5s

Salah satu keunggulan Realme 5 yakni ketahanan terhadap cipratan air. Hal yang sama juga berlaku di Realme 5S. Ponsel ini hadir dengan ketahanan terhadap cipratan air. Teknologi yang digunakan juga sama, yakni fitur perlindungan kelembaban multi-layer untuk slot SIM, celah, penutup baterai, dan lain-lain.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

realme 5s

Realme 5s dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang sama yang juga dibenamkan di Realme 5. Dan Realme 5 dikenal sebagai salah satu smartphone dengan daya tahan baterai yang baik.

Pada pengujian yang dilakukan GSMArena, Realme 5s mendapatkan endurance rating 143 hours. Sebagai pembanding, Realme 5 mendapatkan endurance rating 144 hours. Tentu perbedaan ini tidak terlalu signifikan. Hal ini berarti daya tahan baterai Realme 5s tergolong hemat daya, sama seperti Realme 5.

endurance rating realme 5s
*

Sementara untuk pengujian seberapa lama daya tahan baterai ini sehari-hari, Smartprix memiliki datanya. Menurut pengalaman penggunaan dari Smartprix, daya tahan baterai Realme 5s bisa mencapai sehari lebih dengan penggunaan berat.

Sementara situs BGR.in mengatakan kalau Realme 5s dapat bertahan sampai dua hari dengan pemakaian ringan seperti memotret, mengirim pesan, atau memainkan gim kasual.

Dalam penggunaan berat, seperti beberapa jam nonton, main media sosial, dan main gim, daya tahan baterai bisa sampai 40% di akhir hari. Hasil ini menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong impresif

4. Performa Prosesor Oke

performa realme 5s
*

Realme 5s dibekali dengan chipset Snapdragon 665, chipset yang serupa dengan Realme 5. Chipset Snapdragon 665 ini memiliki delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.

Lantas, bagaimana dengan performa dari Snapdragon 665 ini? Berikut nilai Antutu pada Realme 5s.

antutu realme 5s
*

Pada pengujian Antutu 7, terlihat kalau Realme 5s memiliki skor yang mirip dengan Realme 5, wajar karena keduanya memakai chipset yang sama. Hanya saja, jika dibandingkan Redmi Note 8 yang juga hadir dengan chipset yang sama, Redmi Note 8 unggul 10 ribu poin.

Perbedaan 10 ribu poin memang tidak akan terlalu berpengaruh pada hasil keseluruhan. Tapi setidaknya, data tersebut menunjukan posisi Realme 5s secara performa yang kurang lebih serupa dengan Realme 5 dan Redmi Note 8. Dan Snapdragon 665 ini sudah dikenal sebagai chipset cukup kencang dengan performa efisien.

5. Kamera yang Lebik Baik

desain realme 5s
*

Realme 5s hadir dengan konfigurasi empat kamera, serupa dengan Realme 5. Sebagai informasi, Realme 5 hadir dengan empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.

Lalu, bagaimana dengan konfigurasi kamera Realme 5s? Realme 5s sama-sama menawarkan kamera ultrawide, kamera makro, dan kamera depth sensor yang serupa dengan Realme 5. Pembedanya ada di kamera utamanya. Kamera utama Realme 5s hadir dengan sensor Samsung GW1 48 MP yang memiliki bukaan f/1.8.

Dengan resolusi yang lebih besar, jelas kamera utama ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik. Untuk membuktikannya, simak contoh hasil tangkapan kamera dari Realme 5 berikut ini!

hasil tangkapan kamera realme 5s
*
hasil tangkapan kamera realme 5s
*
hasil tangkapan kamera realme 5s
*

Terlihat kalau Realme 5s mampu menangkap foto dengan sangat baik. Kamera utama ponsel ini mampu menangkap gambar dengan baik. GSMArena sendiri mengatakan kalau kamera utama Realme 5s memiliki rentang dinamis yang baik. Dan dalam mode malam, hasilnya menunjukan peningkatan yang lebih baik jika dibandingkan kamera Realme 5.

Situs BGR.in juga mengatakna kalau hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus. Hasil bidikannya tergolong layak meski ketika dilakukan pembesaran, detailnya cenderung minimal. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera Redmi Note 8 yang sama-sama menawarkan kamera 48 MP masih lebih baik.

6. Kamera Depan Cukup Oke

layar realme 5s
*

Realme 5s memiliki kamera depan 13 MP. Kamera ini serupa dengan kamera depan Realme 5. Hanya saja perlu diingat, kamera ini tidak sepenuhnya 13 MP. Gambar yang disimpan, hanya menghasilkan gambar 8 MP.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram