Carisinyal / Realme 2020 / Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 6

Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 6

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Maret 2020

Realme 6 datang ke Indonesia sebagai sebuah ponsel yang dijual di kisaran Rp3 jutaan. Menilik harganya, ponsel ini berada di kelas menengah. Tetapi menilik namanya, seharusnya Realme 6 ini jadi penerus Realme 5 yang dijual di harga Rp1,9 juta sampai Rp2 jutaan.

Hanya saja, Realme sendiri menegaskan kalau Realme 6 hadir bukan sebagai penerus Realme 5 tetapi Realme 5 Pro. Realme 5 Pro sendiri memang dijual di harga Rp2 sampai Rp3 jutaan. Lantas, seperti apa Realme 6 ini? Apakah ponsel ini menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Realme 6 berikut ini.

Spesifikasi Realme 6

Realme 6

  • Rilis:Maret, 2020
  • Layar: 6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~405 ppi)
  • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • Memori Internal: 64/4 GB, 128/6 GB, 128/8 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme 6

Realme 6 memiliki banyak kelebihan yang menarik. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Sensor Sidik Jari yang Cepat

Realme 6

* sumber: www.smartprix.com

Realme 6 datang dengan sensor sidik jari di bagian samping, menyatu dengan tombol daya. Kehadiran sensor sidik jari di samping ini tentu satu hal yang menarik mengingat Realme 5 Pro sebelumnya menghadirkan sensor sidik jari di bagian belakang. Respon sensor sidik jari di bagian samping ini juga tergolong cepat.

Situs teknolgoi Smartprix mengatakan jika sensor sidik jari ini tergolong cepat. Bentuknya juga cukup memanjang sehingga gampang diakses tangan. Menariknya, ponsel ini mendukung teknologi kombinasi sensor pengenalan wajah dan sensor sidik jari untuk membuka layar. Kemampuan sensor pengenalan wajah di ponsel ini juga tergolong cepat.

2. Tahan Cipratan Air + Corning Gorilla Glass 3

Realme 6

Realme 6 mempertahankan fitur tahan terhadap cipratan air, kemampuan yang juga ada di Realme 5 dan Realme 5 Pro. Bedanya sekarang, build quality ponsel ini ditingkatkan dengan hadirnya pelindung Corning Gorilla Glass 3 di bagian layar. Memang masih versi 3, tetapi lebih baik memakai Corning Gorilla Glass daripada tidak sama sekali.

3. Layar 90Hz

Realme 6

Realme 6 datang dengan dimensi layar 6,5 inch beresolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini memakai panel IPS yang sebenarnya cukup wajar jika menilik kelas harga.

Yang tidak wajar dan membuat layar ponsel ini jadi unggul adalah dukungan refresh rate 90 Hz dan 120Hz touch-sensing. Di kelas harganya, jarang ada sebuah ponsel yang sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Dengan refresh rate 90 Hz, pengalaman menikmati konten tentu lebih menyenangkan.

Hadirnya dukungan refresh rate 90 Hz menjadi daya tarik besar dari ponsel ini. Tidak memakai panel AMOLED bukan menjadi satu kekurangan tersendiri. Bahkan jika tingkat kecerahannya cenderung biasa tetapi tidak jelek, jadi bisa dimaklumi.

3. Daya Tahan Baterai Cukup Lama

Realme 6

Realme 6 hadir dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Kapasitas ini mengalami peningkatan jika dibandingkan Realme 5 Pro yang hanya 4.035 mAh. Dengan daya tersebut, ketahanan baterai ponsel ini tergolong bagus. Seperti yang ditulis oleh Smartprix, jika daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 1,5 sampai 2 harian.

Karena Realme 6 menawarkan refresh rate 90 Hz, jelas akan berpengaruh terhadap pemakaian baterai. Karena itu, situs 91mobiles melakukan benchmark terhadap baterai di Realme 6 dalam dua mode. Berikut detail hasilnya.

 

PC Mark Realme 6

* sumber: www.91mobiles.com

 

Terlihat pada gambar di atas, dalam benchmark PCMark untuk uji baterai, Realme 6 mencatatkan skor 9 jam 50 menit atau hampir 10 jam. Hasil ini adalah hasil uji Realme 6 dengan mode layar 60 Hz. Pada mode layar 90Hz, waktu yang didapatkan adalah hampir 8 jam atau tepatnya 7 jam 51 menit.

Menilik data di atas, jelas jika mode 60Hz dapat membuat daya tahan baterai lebih lama. Meskipun jika menilik hasil PCMark, daya tahan baterai ponsel ini tidak lama. Karena biasanya angka untuk daya tahan lama mencapai belasan. Namun, berdasarkan pemakaian penggunaan yang diutarakan Smartprix,  daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 2 harian adalah sesuatu yang patut diapresiasi.

4. Pengisian Daya Super Cepat 30W

Realme 6

Realme 6 ternyata sudah mendukung teknologi  pengisian cepat 30W. Hal ini merupakan sebuah peningkatan mengingat Realme 5 Pro hanya mendukung pengisian cepat 20W. Realme sendiri mengklaim jika kecepatan pengisian daya ponsel ini hanya membutuhkan waktu 55 menit untuk mencapai 100%.

Benarkah demikian? Situs 91Mobiles mengatakan jika durasi pengisian daya ponsel dari 0% ke 100% membutuhkan waktu 60 menit. Sementara situs Gadgets NDTV mengatakan jika durasi pengisian sampai penuh dibutuhkan waktu sampai lebih dari satu jam. Dalam waktu 30 menit, daya dapat mencapai 65%.

Menilik hasil tersebut, klaim Realme akan waktu pengisian ponsel ini yang mencapai 55 menit memang tidak akurat tetapi mendekati. Hasilnya tidak terlalu beda jauh yang berarti hal ini menandakan jika ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang awet.

6. Performa Chipset yang Bagus

Realme 6

Realme 6 datang dengan chipset Mediatek Helio G90T. Chipset ini merupakan chipset Mediatek khsusus untuk bermain gim yang dibangun dengan proses fabrikasi 12nm.

Di dalam chipset ini, tersemat prosesor octa core yang terbagi dalam dua kluster. Kluster pertama dua core Cortex-A76  2.05GHz dan kluster kedua enam core Cortex-A55 2.0GHz. Untuk pengolah grafis, chipset ini dibekali GPU Mali-G76 MC4.

Chipset ini sudah digunakan di Redmi Note 8 Pro. Dan performanya bisa dibilang tergolong baik. Hal ini juga bisa dilihat dari skor Antutu dari ponsel ini yang bisa mencapai 290 ribuan.

 

antutu realme 6

* sumber: www.91mobiles.com

Sebagai gambaran, Realme 5 Pro yang memakai Snapdragon 712 hanya mencapai skor Antutu 221 ribuan untuk pengujian Antutu 8. Skor ini jelas lebih rendah jika menilik skor yang dibandingkan Realme 6.

Smartprix sendiri mengatakan jika G90T ini sangat bagus untuk memainkan gim. Apalagi performanya bisa bersaing dengan Snapdragon 720G yang ada di Realme 6 Pro, malah sebenarnya lebih baik. Sayangnya, pemakaian gim cukup lama, misalnya PUBG Mobile selama 30 menit, suhu ponsel ini bisa mencapai 43 derajat. Terlepas dari hal ini, performa dari ponsel ini tergolong bagus.

6. Kamera Selfie Oke

Realme 6

* sumber: www.smartprix.com

Realme 6 hadir dengan kamera depan 16 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.0. Yang menarik, kamera ini mampu menghadirkan kualitas selfie yang baik. Situs Timesnownews jika kualitas selfie dari ponsel ini tergolong baik. Malah menurut mereka hasilnya lebih bagus tangkapan kamera depan dibandingkan kamera belakang.

Sementara menurut Pricebaba, kamera depan Realme 6 ini mampu menghadirkan foto selfie yang menghasilkan warna kulit alami dan detail yang tinggi. Kamera ini juga tergolong akurat ketika memakai mode potret.

Kekurangan Realme 6

Realme 6 sendiri hadir dengan beberapa kekurangan. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Kamera Tidak Memberikan Impresi yang Baik

Realme 6

Realme 6 datang dengan empat kamera di bagian belakang. Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 64 MP dengan fitur PDAF, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro, hanya kamera utamanya saja yang mengalami peningkatan. Realme 5 Pro sendiri hadir dengan konfigurasi empat kamera. Tiga kamera lainnya serupa dengan Realme 6. Hanya saja kamera utamanya menawarkan resolusi 48 MP.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari ponsel ini? Mari simak beberapa contoh hasil kamera dari Realme 6 berikut ini.

hasil tangkapan kamera realme 6

* sumber: www.timesnownews.com

hasil tangkapan kamera realme 6

* sumber: www.smartprix.com

hasil tangkapan kamera realme 6

* sumber: www.91mobiles.com

Menilik hasil tangkapan kamera Realme 6, gambar yang dihasilkan terkesan bagus. Smartprix menyebut kalau kualitas tangkapan kamera 64 MP dari ponsel ini dapat menangkap detail kaya dalam kondisi pencahayaan yang tepat. Hanya saja untuk kondisi kurang cahaya, hasilnya cenderung redup dan kurang memuaskan.

Situs Timesnownews merasa kurang puas dengan hasil kamera belakang ponsel ini. Menurut mereka, hasil foto dari ponsel ini tidak menunjukan kesan memuaskan atau memberi impresi yang positif. Hanya saja, Timesnownews memuji kualitas jepretan kamera 64 MP yang lebih tajam jika dibandingkan menggunakan mode 12 MP.

Situs Smartprix sendiri memberi catatan bahwa kamera belakang ponsel ini mengalami penurunan kualitas ketika di dalam ruangan dan dalam kondisi cahaya redup. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri bagi Realme 6.

2. Desain Membosankan

realme 6

* sumber: www.smartprix.com

Realme 6 hadir dengan desain yang terinspirasi dari komet. Karena itu bentuk garis desain Realme 6 menampilkan pola seperti komet. Tentu rancangan desain ponsel ini tergolong menarik. Sayangnya, bentuk desain Realme 6 terasa membosankan dan terkesan sama dengan ponsel Realme sebelumnya.

Terlebih lagi Realme 6 ini datang dengan bodi dan bingkai polikarbonat alias plastik. Tentu bisa diperdebatkan hal ini jadi kekurangan atau tidak. Tetapi hal ini membuat desain ponsel tidak terasa kokoh.

3. Tidak Ada NFC

Realme 6

Realme 6 hadir di Indonesia dengan dua varian. Varian pertama adalah RAM 4 GB dengan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp3,4 juta. Varian kedua adalah RAM 8 GB dengan internal 128 GB yang dibanderol dengan harga Rp3,8 juta.

Menilik harganya, jelas kalau ponsel ini berada di kelas Rp3 jutaan yang membuat ponsel ini akan lebih baik jika memiliki fitur NFC. Apalagi, pesaing ponsel ini, yang bahkan harganya lebih murah, Redmi Note 8 Pro, datang dengan fitur NFC.

Simpulan

Realme 6 bisa dibilang adalah ponsel yang memiliki banyak peningkatan jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Peningkatan tidak hanya fitur tetapi juga banderol harganya yang naik, mengingat Realme 5 Pro sendiri ketika hadir dijual dengan harga Rp3 juta kurang seribu untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128GB.

Menilik spesifikasi yang ditawarkan, Realme 6 ini bakal bersaing dengan Redmi Note 8 Pro. Apalagi keduanya memiliki chipset yang sama. Hanya saja, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Realme 6 ini cocok dipilih untuk mereka yang suka selfie dan membutuhkan performa serta layar dengan refresh rate 90 Hz. Tertarik dengan Realme 6?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *