Carisinyal / Realme 2020 / Lebih Murah, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Lebih Murah, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bersamaan dengan Realme 7, merk sub-brand dari OPPO ini juga turut merilis variannya yang lebih ringan, yakni Realme 7i. Kedua HP ini sama-sama menyongsong pasar mid-low, tapi sudah dibekali dengan salah satu fitur yang umumnya hanya ditemukan pada kelas harga di atasnya.

Realme seri angka ini memang senantiasa mendapatkan pembaharuan spesifikasi dan performa dari tahun ke tahun. Nah, jika Anda penasaran apakah dengan kebolehan yang dihadirkan perangkat ini, silakan baca kelebihan dan kekurangan Realme 7i, si HP trend-setter yang cukup banyak menyita perhatian pecinta gadget.

Spesifikasi Realme 7i

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme 7i

Memang, ponsel ini tidak segahar atau menawarkan fitur selengkap Realme 7. Tapi bukan berarti Realme 7i ini tidak memiliki kelebihan. Untuk itu, Carisinyal infokan beberapa poin kelebihan berikut agar Anda mengetahuinya.

1. Refresh Rate 90 Hz

realme 7i 90hz

Seperti Realme 7, varian 7i ini juga sama-sama dihadirkan dengan kemampuan refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz. Ini merupakan sebuah kejutan yang menyenangkan, mengingat laju penyegaran ini umumnya hanya hadir pada ponsel-ponsel di segmen harga yang lebih tinggi.

Dibandingkan dengan laju penyegaran 60 Hz konvensional, Realme 7i kini bisa menampilkan transisi pergerakan layar yang lebih nyaman dan smooth. Mengingat harganya yang lebih murah dari Realme 7, kehadiran refresh rate 90 Hz ini justru semakin layak diapresiasi.

2. Memori Internal dan RAM Besar

realme 7i ram dan memori internal

* sumber: selular.id

Kapan lagi bisa punya HP Rp3 jutaan dengan memori internal dan RAM yang besar? Sementara kebanyakan ponsel lain masih menawarkan RAM 6 GB, Realme 7i sudah lebih unggul dengan menghadirkan RAM 8 GB dengan teknologi LPDDR4X.

Di balik itu, ada juga memori internal sebesar 128 GB pada standar UFS 2.1. Dengan memori internal dan RAM sebesar ini Anda pun bisa leluasa menginstal aplikasi dan game sebanyak apapun yang diinginkan. Selain itu, tersedia juga slot khusus memori eksternal yang mendukung kapasitas hingga 256 GB.

3. Kinerja Quad Camera yang Menakjubkan

realme 7i quad camera

Realme 7i memiliki konfigurasi kamera yang serupa dengan Realme 7. Perangkat ini dibekali dengan empat lensa di bodi belakang yang mencakup kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.8 dan ukuran sensor 1/1.73 inci, ditemani oleh kamera ultra wide 8 MP dengan sudut keluasan 119 derajat, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP.

Lensa utamanya ini sungguh mampu menangkap cahaya lebih banyak untuk menghasilkan foto dengan ketajaman dan lebih baik, entah itu saat pencahayaan optimal maupun pada kondisi malam hari.

Sedangkan untuk pengambilan gambar menggunakan lensa ultra wide, Anda pun bisa menangkap foto pemandangan dengan sudut keluasan lebih lebar. Foto keluarga atau grup pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Lensa makronya sendiri juga bermanfaat untuk memotret objek dari jarak super dekat, bahkan jaraknya bisa mencapai kedekatan 4 cm. Terakhir, ada sensor B/W yang juga berfungsi sebagai sensor potret. Di sini Anda bisa mengatur tingkat kedalaman bokeh dan menghasilkan foto noir ala-ala film jadul alias hitam putih.

Di segmen harga Rp3 jutaan, ponsel yang menghadirkan kamera 64 MP merupakan sebuah keunggulan yang menarik. Anda bisa nilai sendiri sampel kameranya sebagai berikut ini.

realme 7i kamera mode potrait

Realme 7i mode potret. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=i1fLM-xKB0w

realme 7i mode macro

Realme 7i mode makro. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=i1fLM-xKB0w

realme 7i mode malam

Realme 7i mode malam. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=i1fLM-xKB0w

4. Baterai Sangat Awet

realme 7i baterai

Karena game zaman sekarang memiliki grafis yang tinggi-tinggi, hal ini cukup membuat baterai boros. Apalagi jika menggunakan refresh rate 90 Hz. Untungnya, Realme cukup berbaik hati menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan durasi pemakaian yang panjang.

Seperti Realme 7 yang merupakan “kakak”-nya, Realme juga menjamin perangkat sanggup bertahan hingga 34 hari dalam keadaan siaga. Sedangkan untuk durasi bermain game, Realme 7i ini tidak akan kehabisan baterai walau dipakai selama 13 jam. Durasi pemakaian yang sangat lama, bukan?

Tentunya Anda pun bisa memanfaatkan fitur Super Power Saving Mode untuk membuat perangkat tetap bertahan walau sisa baterai tinggal 5%. Saat mode ini diaktifkan, Anda bisa memilih enam aplikasi pilihan yang masih bisa digunakan. Serta, daya 5% ini pun masih bisa dipakai mendengarkan lagu di Spotify selama 5 jam.

Tidak itu saja, Realme 7i juga dilengkapi dengan kemampuan fast charging 18 W yang bisa membuatnya dicas lebih cepat. Sementara itu, tersedia juga reverse charging menggunakan kabel OTG agar perangkat bisa menjelma sebagai power bank.

5. Desain Bodi yang Stylish

realme 7i desain bodi

Baik Realme 7 dan Realme 7i sama-sama memiliki desain bodi yang memukau. Bedanya, kalau Realme 7 terinspirasi dari kaca cermin, kali ini Realme 7i mendapatkan ide desain ciamiknya dari Kutub Utara.


Bodi belakangnya menampilkan satu garis yang melintang secara diagonal untuk memisahkan dua warna yang agak berbeda. Di sisi lain, ada sensor sidik jari yang menghiasi bodi belakang di bawah modul kamera. Anda juga bisa memilih warna Polar Blue yang menghadirkan tone yang sejuk, serta variasi Aurora Green alias hijau tua.

6. Dimensi Bodi Tipis dan Ringan

realme 7i dimensi

* sumber: selular.id

Bobot dan ketebalan ponsel turut menyumbang pada kenyamanan pengguna secara keseluruhan. Makanya, Realme 7i dirancang untuk menghadirkan bobot yang ringan dan ukuran bodi yang tipis agar bisa masuk ke kantong dengan mudah.

Dimensi bodi perangkat ini sebesar 164.1 x 75.5 mm dengan ketipisan 8.9 mm. Selain tipis, Realme 7i juga enak digenggam lama-lama karena bobotnya hanya sebesar 188 gram saja.

Jika dibandingkan, Realme 7i ini lebih unggul dari varian Realme 7 biasa yang membawa ketebalan sebesar 9,4 mm dan berat 195 gram. Artinya, Realme 7i memang tidak mudah membuat tangan lelah, dan Anda pun bisa dengan mudah membawanya ke mana-mana.

Kekurangan Realme 7i

Tampaknya Realme 7i cukup unggul di beberapa parameter untuk kelas harganya. Tapi, ada juga beberapa kekurangan yang mengurangi daya jual pada perangkat, yakni sebagai berikut.

1. Chipset Kurang Berdaya Saing

realme 7i performa chipset

Anda sedang mencari HP bertenaga kuat untuk bermain game favorit? Sudah ada Realme 7i yang mengandalkan SoC dari Qualcomm dengan tajuk Snapdragon 662. Ini adalah salah satu chipset yang ditujukan untuk ponsel menengah ke bawah.

Snapdragon 662 juga disertai dengan GPU Adreno 610 dan mengandalkan konfigurasi prosesor octa core. Prosesor-prosesor ini terdiri dari empat buah Kryo 260 Gold berbasiskan ARM Cortex A73 (2.0 GHz) serta empat buah Kryo 260 Silver berbasiskan ARM Cortex A53 dengan clock speed 1.8 GHz.

Realme 7i juga telah mengandalkan sistem operasi independen bernama Realme UI, tidak lagi menggunakan ColorOS yang merupakan milik OPPO.

Snapdragon 662 yang dihadirkannya sebenarnya cukup baik dalam menghadirkan pengalaman gaming yang lancar. Hanya saja, untuk harga yang ditawarkannya, lebih baik pilih HP lain dengan chipset yang lebih bertenaga.

Pasalnya, Realme 7i punya pesaing yang lebih gahar, seperti vivo Y50 dengan Snapdragon 665, Redmi Note 9 Pro yang diotaki Snapdragon 720G, dan masih banyak lagi.

Channel video GadgetIn pun mengamini pernyataan tersebut, beliau mengatakan kalau Realme 7i kurang terasa maksimal dalam memainkan game Mobile Legend dan juga PUBG Mobile. Jadi, kalau Anda mencari HP di harga Rp3 jutaan yang performanya paling besar, Realme 7i bukan HP untuk Anda.

2. Resolusi Layar Masih HD+

realme 7i resolusi hd plus

Di saat pengguna berusaha menikmati kegiatan hiburan seperti menonton film ataupun browsing, resolusi layar menjadi aspek yang penting untuk dibicarakan. Nah, Realme 7i ini rupanya tidak sama dengan Realme 7. Alih-alih menghadirkan resolusi layar Full HD+ seperti “kakak”-nya, perangkat ini hanya mentok di resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel.

Layarnya ini pun berjalan pada aspek rasio sebesar 20:9 dan kerapatan piksel sebesar 270 ppi. Layar Realme 7i ini juga dihadirkan dengan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci, mengusung desain kamera punch-hole di pojok kiri atas yang menjadi tren HP zaman sekarang.

Untuk ketahanan layarnya sendiri, ada lapisan pelindung Corning Gorilla Glass yang melapisinya demi menjaga layar dari goresan-goresan. Layar HD+ ini sungguh menjadi kekurangan, karena HP lain di luar sana sudah banyak yang sudah dibekali Full HD+ yang memiliki tingkat ketajaman lebih baik.

3. Tidak Memiliki NFC

realme 7i no nfc

Realme sebenarnya termasuk jarang menghadirkan fitur NFC di Indonesia. Soalnya, HP seri angka sebelumnya seperti Realme 6 dan Realme 6i juga tidak menyertakan konektivitas ini ke Tanah Air.

Itu mengapa para fans Realme pun agak terkejut saat mengetahui Realme 7 menawarkan fitur NFC ini. Tidak tanggung-tanggung, bahkan NFC di Realme  7 hanya tersedia di Indonesia!

Lantas bagaimana dengan Realme 7i? Sayangnya, perangkat ini memang tidak menyediakan NFC. Padahal Realme 7i dan 7 sama-sama berada di rentang harga Rp3 jutaan, walau Realme 7 lebih condong ke harga Rp4 juta.

Anda pun tak bisa mengecek saldo eToll melalui NFC pada perangkat ini, salah satu kekurangan yang bisa membuat penggemar gadget membatalkan niat untuk membeli Realme 7i.

4. Masih Dihadirkan dengan Widevine L3

netflix hd

Kabar buruk bagi Anda yang berharap bisa nonton Netflix dengan resolusi HD. Pasalnya, tidak sembarang ponsel diberikan izin untuk menampilkan konten beresolusi tinggi.

Realme 7i juga termasuk salah satu perangkat yang hanya mentok di 720p, karena sertifikasi DRM yang dihadirkan merupakan Widevine L3. Ini berbeda dengan sertifikasi Widevine L1 yang disematkan pada Realme 7.

Simpulan

Rupanya, Realme 7i masih tergolong cukup oke untuk harga yang ditawarkannya. Dirilis berbarengan dengan Realme 7, ini adalah perangkat yang pas bagi Anda yang ingin memangkas budget ataupun menganggap Realme 7 terlalu overkill untuk kebutuhan Anda.

Dengan menawarkan mode 90 Hz, Anda sungguh akan merasakan value yang tinggi pada perangkat. Karena nyatanya hanya segelintir HP saja yang memiliki fitur ini pada segmen harga menengah ke bawah.

Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan fitur NFC ataupun menikmati konten HD pada Netflix. Serta, performanya masih tergolong kalah saing untuk harga Rp3 jutaan.

Tapi kalau Anda tidak butuh performa yang terlalu kencang, Snapdragon 662 masih cukup oke untuk menjalankan game. Tertarik? Realme 7i dihadirkan dengan harga Rp3.299.000,- dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Yuk dapatkan HP ini melalui link ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *