Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 8 5G Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setelah merilis seri realme 8 dan realme 8 Pro series, perusahaan yang merupakan sub-brand dari OPPO ini luncurkan kembali realme seri angka lainnya yakni realme 8 5G. Sesuai namanya, ini adalah realme 8 yang sudah dibekali dengan koneksi 5G. Tapi jangan salah kira, harganya ternyata malah lebih murah daripada realme 8 reguler.

Ini karena terjadi beberapa pemangkasan pada spesifikasinya. Kendati begitu, menggunakan realme 8 5G tetap akan terasa seperti ponsel mahal terlepas harganya yang murah. Apakah Anda tertarik untuk mempelajari seluk-beluk selengkapnya mengenai realme 8 5G? Maka dari itu, simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan relame 8 5G berikut ini.

Spesifikasi realme 8 5G

  • Rilis: April 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci Full HD Plus 90 Hz
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme 8 5G

Punya segudang kelebihan layaknya HP mahal, sebenarnya ponsel ini hanya dihargai Rp2,9 jutaan saja, lho! Apa saja ya keunggulannya? Yuk baca yang berikut ini!

1. Chipset Lebih Unggul walau Harga Lebih Murah

Dari segi dapur pacunya, realme 8 5G rupanya menghadirkan spesifikasi yang berbeda. Sebagai informasi, perangkat ini gunakan RAM dengan tipe LPDDR4x Dual Channel dengan frekuensi 2133 MHz, pada opsi 4 GB, 6 GB, dan juga 8 GB.

Sementara itu memori internalnya mengusung tipe UFS 2.1 yang tersedia dalam varian 64 GB dan juga 128 GB. realme 8 5G ini juga punya perbedaan chipset dibandingkan versi regulernya. Tak lagi andalkan Helio G95 dari MediaTek seperti realme 8, kali ini ponsel digarap dengan SoC MediaTek Dimensity 700 5G pada fabrikasi 7 nm.

Penggunaan chipset dengan ukuran fabrikasi sekecil itu diklaim perusahaan dapat menjaga baterai ponsel agar lebih awet. Sekaligus, performa chipset ini juga dinilai lebih baik serta diklaim tidak mudah panas.

Setidaknya hal ini diungkapkan pada perbandingan dari NanoReview, di mana Dimensity 700 5G mendapatkan skor Geekbench 5 lebih unggul dari Helio G95, baik dalam pengujian single core maupun multicore.

Tercatat, Dimensity 700 5G meraih nilai 533 pada single core dan 1713 pada multi-core. Ini lebih tinggi dibanding Helio G95 pada realme 8 reguler yang meraih skor 516 (single core) dan 1713 (multi-core).

Sementara dari sumber lain, tercatat bahwa realme 8 5G mendapatkan poin 567 pada pengujian single core dan multi-core sebesar 1731. Angka yang terbilang besar untuk ponsel 5G yang senilai 2 jutaan ini.

Ditambah lagi, Dimensity 700 memang dibekali koneksi 5G pada peak download speed 2,77 Gbps, otomatis membuatnya pilihan yang lebih menggiurkan dari segi kecepatan internet dibanding Helio G95 yang masih pakai LTE.

2. Menghadirkan Opsi Refresh Rate 90 Hz

Hingga detik ini, opsi laju penyegaran lebih tinggi selalu mampu jadi tren yang menambah daya tarik. Soalnya, kini semakin banyak yang menggandrungi mobile gaming, dan akan mengapresiasi fitur ponsel yang bisa membuat pengalaman bermain lebih menyenangkan.

realme 8 5G dalam hal ini punya layar yang mendukung, menyuguhkan refresh rate 90 Hz yang dapat membuat tampilan pergeseran layar bergerak 50% lebih licin dan mulus. Hal ini pun berdampak baik pada game yang mendukung 90 Hz, sekaligus membuat responsivitas perintah jadi lebih cepat (180 Hz touch sampling rate).

3. Ukuran Layar Lebih Lebar, Widevine L1

Punya layar ukuran besar otomatis membuat realme 8 5G jadi pilihan lebih menarik untuk dipakai menonton film. Di ukurannya yang 6,5 inci dan berjalan pada resolusi Full HD Plus alias 1080 x 2400 pixels, membuatnya sedikit lebih unggul dari realme 8 biasa yang berukuran 6,4 inci.

Kendati begitu, layar versi 5G justru menawarkan tingkat kepadatan piksel yang lebih rendah, yakni 405 ppi alih-alih 411 ppi. Kabar baiknya, realme 8 5G sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 yang artinya ponsel tersebut eligibel untuk mengakses konten HD pada Netflix, Amazon Prime Video, atau layanan streaming lainnya.

4. Kehadiran NFC

NFC
*

Seolah tidak cukup dengan hanya menghadirkan koneksi 5G, perusahaan memutuskan untuk manambahkan fitur NFC juga pada perangkat ini. Seperti yang diketahui, kebutuhan NFC di Indonesia cenderung sempat agak di-underestimate.

Terlihat dari beberapa ponsel yang menyediakan NFC secara market-based di tahun 2020, mengecualikan Indonesia dalam hal eligibilitas NFC. Barangkali karena masyarakat Indonesia dinilai belum banyak yang butuh NFC.

Hal ini perlahan mulai runtuh, dimulai sejak kemunculan realme 7 yang menyengajakan fitur NFC ini untuk varian yang hadir di Tanah Air. Namun entah mengapa kali ini realme 8 4G tidak menghadirkan NFC. Di sinilah realme 8 5G tampil secara cemerlang.

Dengan fitur NFC alias Near Field Communication, perangkat bisa dipakai untuk bertukar data secara cepat dengan perangkat lain tanpa harus melalui proses pairing Bluetooth. Juga, fitur NFC berfungsi untuk lakukan transaksi cashless, mengisi saldo eMoney dengan menempelkan kartu pada bodi belakang ponsel.

5. Desain Bodi yang Memukau

realme 8 5G, seperti saudara-saudaranya, juga punya desain bodi yang cukup berestetika kendati ada beberapa pengurangan aksen dibandingkan dengan versi 4G-nya. Contohnya seperti tulisan DARE TO LEAP yang kini dihilangkan, mengusung tampilan yang lebih standar.

Dan meskipun ponsel hanya dibekali dengan Triple Camera, realme berusaha "menyamarkan" fakta tersebut dengan tetap menampilkan modul Quad Camera. Namun demikian, si satu lensa ekstra ini nampaknya hanya dekoratif dengan tulisan "AI" yang terpampang di dalam bulatannya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram