carisinyal web banner retina

Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9i 5G Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme Number series memang tidak ada habisnya, ya. Di tahun 2022, seri ini sudah menuju generasi ke-9 alias realme 9 series. Anggota-anggotanya pun beragam; mulai dari realme 9 5G, realme 9, realme 9i, realme 9i 5G, realme 9 Pro, realme 9 Pro+.

Bahkan, ada pula yang dinamakan realme 9 5G Speed Edition (varian layar 144 Hz). Nah, yang mau Carisinyal bahas kali ini adalah realme 9i 5G. Sama seperti realme 9i, ponsel ini juga berada di kelas harga Rp2 jutaan, namun dengan chipset lebih gahar. Berikut info tabel kelebihan dan kekurangan realme 9i.

KelebihanKekurangan
Desain Bodi Bernuansakan Retro CD yang Glamorous
Performa Gegas untuk Main Gim
Kualitas Layar yang Cukup Oke
Baterai dengan Ketahanan Baik
Hasil Foto Punya Kualitas Oke
Charging Lambat
Tidak Ada Perekaman 60 FPS
Tanpa Stereo Speaker
Tanpa Kamera Ultrawide
Tidak Gunakan Panel Layar AMOLED

Setelah melihat poin kelebihan dan kekurangan di atas, apakah Anda jadi lebih tertarik pelajari realme 9i 5G lebih lanjut? Jangan ke mana-mana, simak dulu spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi realme 9i 5G

realme 9i 5G
Layar IPS LCD 6.55 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan realme 9i 5G

Sedikit bocoran: realme 9i 5G hadir dengan desain yang benar-benar unik serta performa gaming yang dahsyat. Apa lagi kelebihan-kelebihan lainnya? Simak penjabaran berikut ini.

1. Desain Bodi Bernuansakan Retro CD yang Glamorous

realme 9i 5g desain_

Ada sebuah perbedaan mencolok antara realme 9i reguler dengan varian 5G-nya. Ya, versi 5G hadir dengan desain bodi yang lebih fresh dan beda dari yang lain.

Tidak lagi menggunakan camera island seperti mayoritas ponsel, bodi mengandung dua kamera besar dengan satu bulatan kecil di sampingnya yang agak menjorok keluar. Menimbulkan kesan desain yang unibodi dan seamless.

realme 9i 5G sendiri menganut konsep "Laser Light Design" sebagai temanya, menghadirkan sensasi nostalgia compact disc dengan balutan glitter yang tunjukkan kilauan cahaya. Desain bodi tampaknya ditujukan untuk memberikan vibe musik retro garis keras.

91mobiles.com menyatakan bahwa realme 9i 5G hadir dengan desain baru yang menyegarkan, kendati mudah menjadi sarang noda sidik jari. Disebutkan pula bahwa bobotnya yang sebesar 187 gram terdistribusikan dengan rata pada keseluruhan bodinya.

Tampaknya tren layar melengkung sudah mati, karena kita semakin ke sini semakin sering melihat desain tepian yang rata alias flat edge. Begitu juga dengan yang dimiliki realme 9i 5G. Keputusan yang bagus sih, membuat ponsel lebih nyaman digenggam tanpa tergelincir dari tangan.

Untungnya saja, bagian-bagian sudutnya (corner) dibentuk melengkung guna berikan kenyamanan berlebih. Dengan bentuk melengkung, tangan tidak akan sakit terbentur atau tertusuk tepiannya.

Varian-varian warna yang dimiliki realme 9i 5G pun cukup beragam, dan semuanya benar-benar sesuai dengan tema retro musik ala 80-an dan 90-an. Terdapat Rocking Black, si hitam memesona yang berikan kesan kalem dan misterius.

Ada pula Metallica Gold dan Soulful Blue, dengan warna emas dan biru yang begitu aesthetic dilihat serta memancarkan kilauan cahaya menarik saat dilihat dari sudut-sudut yang berbeda.

Untuk semakin membuat tampilannya tampak bersih, sensor sidik jari pun diletakkan di samping. Menyatu dengan tombol Power. Ini guna menghindari "pengotoran" bodi belakang dengan penampakkan ceruk - fenomena yang biasa terjadi pada ponsel dengan sensor di punggung.

Meski ada yang bilang bahwa realme 9i 5G bukanlah HP terbaik di kelas menengah, siapa pun mesti setuju kalau desainnya adalah salah satu yang terkece di seluruh industri smartphone.

2. Performa Gegas untuk Main Gim

dimensity 810 5g_

Untuk soal dapur pacunya, realme 9i 5G tidak mengikuti 4G counterpart-nya yang gunakan Snapdragon 680. Alih-alih demikian, realme 9i 5G justru mengikut realme 9 5G yang sama-sama gunakan Dimensity 810 5G. Alhasil, performanya pun sungguh melonjak tajam.

Menurut klaim dari realme, ponsel berbalutkan chipset 6 nm tersebut mampu meraih skor AnTuTu sebesar 385.373 poin. Ini merupakan prestasi cukup mengagumkan di kelas harga 2 jutaan, bahkan menyerupai realme Narzo 50 5G yang dirilis dengan harga termurah 3 jutaan.

Di dalam chipset tersebut, terdapat konfigurasi prosesor delapan inti yang mengesankan, yakni dua inti high performance ARM Cortex A76 berfrekuensi 2.4 GHz dan enam inti hemat daya Cortex A55 dengan clock speed 2.0 GHz. Ada pula Mali G57 MC2 sebagai kartu pengolah grafisnya.

Perlu diketahui pula, realme 9i 5G membawakan memori internal 64 GB dan 128 GB dalam bentuk UFS 2.2. Disertai dengan opsi RAM 4 GB dan 6 GB, realme 9i 5G bukanlah HP yang mengecewakan dalam menunjang multi-tasking.

Seutas pengujian benchmark yang dilakukan 91mobiles.com kian membuktikan kinerja dahsyat HP ini. Pada tes AnTuTu v9, ponsel ini meraih skor 400.256 poin. Ya, skor ini bahkan melampaui klaim yang diberikan realme.

Selain itu, ponsel juga bawakan skor Geekbench 5 sebesar 601 (single core) dan juga 1796 poin (multi-core). Saat diujikan kestabilannya dalam menangani muatan berat selama 30 menit, CPU Throttling Test menunjukkan grafik yang fluktuatif.

Mendekati menit ke 30, tampak bahwa kinerja ponsel menurun ke 70% dari kapabilitas maksimalnya. Ini dikarenakan ponsel mencapai suhu tinggi dan kinerjanya diturunkan demi mengurangi suhu panas tersebut.

Di luar semua itu, kemampuan chipset dari realme 9i 5G perlu diuji pada praktik di dunia nyata. Masih dari sumber yang sama, ponsel sanggup menjalankan gim berat seperti Asphalt 9 dan New State Mobile kendati dengan performa yang tidak maksimal. Masih terasa beberapa frame drop saat memainkan keduanya.

Berdasarkan pantauan penulis dari video yang diunggah Akshay Gaming ke YouTube, realme 9i 5G tampak sanggup memainkan PUBG Mobile dengan frame rate di angka 30-40 FPS (dengan pengaturan Smooth - Ultra). Anda juga dapat memilih grafis HD - High jika diinginkan.

Anda juga bisa mengharapkan pengalaman gaming yang lancar ketika bermain Free Fire. Menurut pengujian YouTuber PSG Gamer, permainan dapat berlangsung tanpa frame drop sama sekali kendati pada pengaturan tertinggi (Max Graphics, High Res., Shadow On).

Saat penulis melakukan review pada realme Narzo 50 5G (Dimensity 810), permainan Genshin Impact dapat berjalan dengan lancar pada pengaturan Medium 60 FPS. Berdasarkan hal ini, tampaknya aman berasumsi bahwa realme 9i 5G punya performa serupa lantaran pakai chipset yang sama.

3. Kualitas Layar yang Cukup Oke

realme 9i 5g layar_

Bagi Anda yang mencari HP dengan layar yang cukup oke, realme 9i 5G akan menjadi pilihan yang pas. Sebab, ia mendukung dimensi bentang layar luas di angka 6,6 inci pada resolusi Full HD+.

Layar smartphone tidak dibekali dengan pelindung Gorilla Glass, namun hadir dengan Panda Glass agar terlindungi dari kemungkinan baret. Rasio bodi-ke-layarnya juga cukup luas lantaran gunakan desain poni waterdrop notch.

Secara desain layar, realme 9i 5G tidak sebaik 4G counterpart-nya yang gunakan kamera punch hole. Meski begitu, keduanya sama-sama gunakan panel IPS LCD dengan dukungan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Sebagaimana ponsel dengan dukungan refresh rate tinggi pada umumnya, realme 9i 5G memungkinkan pengguna memilih profil laju penyegaran sesuai keinginan. Saat memilih opsi variable refresh rate, layar akan otomatis berpindah-pindah antara 60 Hz dan 90 Hz, tergantung kebutuhan.

91mobiles.com berkata kalau layar ponsel mendukung hingga 400 nit, hadirkan pengalaman visual yang tajam saat menonton konten, serta memiliki viewing angle yang luas. Disebutkan pula bahwa layar cukup oke untuk penggunaan di dalam maupun luar ruangan.

Keterangan yang agak berbeda dilontarkan oleh indianexpress.com dan digit.in. Menurut pengujian, layar realme 9i 5G hanya bisa mencapai pencerahan maksimal antara 314 hingga 315 nit, dengan minimumnya berada di angka 2 nit. Kedua sumber mengatakan bahwa pengguna akan merasakan kesulitan saat melihat layar di bawah terik matahari.

Layar dari realme 9i 5G juga tidak mendukung HDR dan hanya mengantongi sertifikasi Widevine L3. Artinya, ia hanya bisa melihat konten Netflix dan Amazon Prime pada resolusi SD.

Terlepas dari itu semua, yang terpenting layar relame 9i 5G masih cocok untuk konsumsi konten harian. Kehadiran 90 Hz juga menjadi sentuhan manis untuk membuat aktivitas scrolling tampak mulus.

4. Baterai dengan Ketahanan Baik

realme 9i 5g baterai_

Tidak semua perangkat yang punya kapasitas baterai 5.000 mAh punya ketahanan yang baik. Selain faktor baterai, chipset yang digunakan juga berpengaruh. Seperti realme 9i 5G contohnya, yang punya ketahanan baik lantaran mendukung kapasitas 5.000 mAh dengan chipset berfabrikasi 6 nm.

Menurut pengujian 91mobiles.com, realme 9i 5G berhasil meraih durasi ketahanan 16 jam pada PC Mark Test. Saat digunakan pada aktivitas harian seperti menonton video, browsing, mengecek medsos, dan sedikit gaming, ponsel pun mampu bertahan hingga seharian penuh.

Ditambah lagi, digit.in juga mengatakan bahwa ponsel bertahan selama 15 jam saat pemutaran video lokal 1080p pada aplikasi VLC. Jika diawet-awet, bukan tidak mungkin realme 9i 5G bertahan hingga dua hari pada satu situs pengecasan.

5. Hasil Foto Punya Kualitas Oke

realme 9i 5g kamera_

realme 9i 5G mengusung kamera utama 50 MP, serupa dengan yang dimiliki saudaranya yaitu realme 9i dan realme 9 5G. Kamera tersebut hadir dengan bukaan f/1.8, focal length 27 mm, serta ukuran sensor 1/2.76 inci. Tentu saja, tersedia fitur PDAF untuk penguncian fokus yang secepat kilat.

Sebagai kamera kedua dan ketiganya, menggunakan sensor 2 MP depth dan juga makro 2 MP. Konfigurasi kamera ini tidak berbeda dengan realme 9i 4G dan juga realme 9 5G.

Dengan resolusi kamera tinggi 50 MP, artinya pengguna bisa menggunakan teknologi Quad Bayer agar kamera menangkap cahaya lebih banyak. Ini guna hasilkan output gambar 12.5 MP dengan ketajaman dan pencahayaan yang lebih baik.

Meski kamera belakangnya sama seperti realme 9i dan realme 9, namun terjadi penurunan resolusi kamera depan dari 16 MP menjadi 8 MP.

Sejumlah fitur fotografi yang menarik turut dihadirkan, seperti 50 MP Ultra-Clear Shot, Street Photography Mode 2.0, Ultra Micro, dan juga 8 MP Selfie Camera.

Secara keseluruhan, kamera dari realme 9i 5G mampu hadirkan warna yang begitu menyala dan mengigit. Berikut adalah beberapa sampelnya.

realme 9i 5g camera sample_Sumber: 91mobiles.com
realme 9i 5g camera sample 3_Sumber: 91mobiles.com
Pemotretan Malam Hari
realme 9i 5g camera sample 2_Sumber: 91mobiles.com
Mode Portrait

Bisa dilihat dari sampel di atas, warna-warna yang dihasilkan begitu punchy dan menyala. Begitu pun dengan detail yang dihadirkan, cukup pas untuk mengunggahnya ke Instagram dengan percaya diri.

Kendati begitu, kondisi malam harinya cukup terbatas karena tidak mampu menjaga exposure dengan baik. Detailnya pun terasa berkurang dibandingkan dengan pemotretan siang hari. Meski sudah menggunakan mode malam, peningkatan yang terjadi hanya sedikit.

Penulis pribadi sudah merasa oke dengan hasil-hasil foto tersebut. Untuk ponsel 2-3 jutaan, realme 9i 5G terbilang mampu hasilkan kualitas foto yang cukup aesthetic. Kalau soal mode malamnya, kami rasa ponsel 2 jutaan mana pun juga akan kesulitan hasilkan foto yang bagus.

Kekurangan realme 9i 5G

Begitu syulit menghadirkan ponsel 5G di harga terjangkau. Mau tak mau, realme mesti melakukan pemangkasan demi menjaga harganya semiring mungkin. Hal inilah yang membuat realme 9i 5G memiliki beberapa kekurangan berikut ini.

1. Charging Lambat

realme 9i 5g featured image_

realme 9i 5G hadir dengan port pengecasan USB Type-C agar lebih mudah menghubungkan kabel ke perangkat. Meski baterainya punya ketahanan baik, namun ponsel tidak dibarengi dengan fast charging yang memadai.

Ya, smartphone hanya mendukung fast charging 18 W saja yang notabene merupakan pengisian daya obsolet di masa sekarang. Padahal, di harga 2 juta, sudah cukup beragam ponsel yang gunakan daya 33 W, sebut saja POCO M4 Pro dan Infinix Note 11.

Dengan pengecasan daya 18 W, HP disebutkan mampu mencapai 100% dari 0% dalam waktu cukup lama yaitu 2,5 jam, menurut pengujian oleh 91mobiles.com. Selain itu, digit.in juga turut menyatakan bahwa dibutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

2. Tidak Ada Perekaman 60 FPS

realme 9i 5g tanpa 60 fps_

Pernahkah Anda merasa kualitas video yang diunggah ke Instagram Story berkurang drastis? Ini karena Instagram memiliki polis untuk mengompresi setiap file video yang diunggah.

Itu mengapa, hasil video yang diunggah akan terasa memiliki kualitas yang berbeda, kadang kali malah video jadi sedikit patah-patah. Isu ini bisa diatasi dengan merekam menggunakan frame rate 60 FPS.

Sayangnya, jika menilik dari GSM Arena, realme 9i 5G sendiri hanya mendukung perekaman hingga 1080p di 30 FPS. Baik untuk kamera belakang, maupun kamera depannya.

3. Tanpa Stereo Speaker

realme 9i 5g tanpa stereo speaker_

Selain kamera, realme 9i 5G juga punya kelemahan di sisi audionya. Ya, ponsel 5G yang harganya di sekitaran 2-3 jutaan ini rupanya hanya dibekali dengan single speaker saja, alias di bawah bodi.

Ini tentu jadi sebuah pertimbangan sebelum membeli. Pasalnya, realme 9i 4G-nya saja sudah menghadirkan stereo speaker guna hasilkan suara seimbang dari kiri dan kanan (pada mode lanskap).

Mengingat tema desain HP ini berhubungan dengan CD musik retro, penulis pikir HP ini akan hadir dengan stereo speaker. Setidaknya, Anda masih bisa hubungkan perangkat ini dengan earphone melalui port 3.5mm jack audio yang tersedia.

4. Tanpa Kamera Ultrawide

realme 9i 5g tanpa ultrawide_

Satu lagi permasalahan yang dimiliki realme 9i 5G soal kameranya, yakni absennya sensor ultrawide. Ya, hasil foto kamera primernya memang layak diacungi jempol. Namun, Anda akan kesulitan saat ingin memuat banyak orang dalam satu frame. Mau tidak mau, harus andalkan mode panorama atau gunakan lensa eksternal.

Penulis mengerti bahwa realme mesti mengorbankan sisi kamera demi bisa merilis ponsel 5G di harga terjangkau. Akan tetapi, nyatanya tidak mustahil untuk hadirkan 5G dan ultrawide sekaligus di harga murah. Contoh saja Samsung Galaxy A22 5G yang sudah menggunakan kamera ultrawide 5 MP di harga 2 jutaan.

5. Tidak Gunakan Panel Layar AMOLED

Kualitas layar realme 9i 5G sebenarnya masih bisa dibilang layak di kelas harganya. Akan tetapi, jika Anda menginginkan ponsel 2 jutaan dengan layar lebih cerah, bisa memilih smartphone yang sudah pakai panel AMOLED.

Memang ada HP 2 jutaan yang pakai AMOLED? Tentu ada, bahkan jumlahnya terbilang banyak. Misalnya saja Redmi Note 11, Redmi Note 10s, Samsung Galaxy M22, Infinix Note 11, dan masih banyak lagi. Hmm, jadi bikin realme 9i 5G tampak obsolet, enggak, nih?

Simpulan

Yap, segitu saja kelebihan dan kekurangan realme 9i 5G yang mesti Anda ketahui sebelum beli. Jadi, sebenarnya HP ini cocok untuk siapa? Pastinya untuk mereka yang menggandrungi aktivitas gaming.

Soalnya, chipset-nya sudah pakai Dimensity 810 yang gahar banget. Lagipula, ia sudah mendukung jaringan 5G sehingga internet-an menjadi lebih cepat. Cocok untuk yang suka bermain gim online secara kompetitif.

Baterainya yang awet seharian juga mendukung kegiatan gaming pada orang-orang bermobilitas tinggi. Kini tidak perlu mejeng di satu lokasi agar selalu dekat dengan stop kontak. Gaming berjam-jam bisa tetap asyik tanpa khawatir low battery.

Masalah hanya akan terjadi apabila baterai abis, karena Anda dijamin butuh waktu lama untuk mengecasnya kembali sampai penuh. Ini lantaran perangkat masih gunakan fast charging 18 W dengan durasi pengecasan 2-3 jam.

Kalau Anda mencari smartphone dengan layar berkualitas tinggi dan kamera variatif, realme 9i 5G mungkin tidak akan sesuai dengan Anda. Meski layar terbilang oke untuk keseharian, namun ia tidak dilengkapi dengan panel AMOLED. Alhasil, kecerahannya pun tidak begitu ideal.

Tidak adanya kamera ultrawide juga diprediksi menjadi deal-breaker bagi penggiat fotografi, apalagi bagi pengguna yang hobi menghasilkan jenis-jenis foto kreatif.

Saat artikel ini ditulis, realme 9i 5G baru tersedia untuk pasar India saja. Harga rilisnya dimulai dari 14.999 rupee atau sekitar Rp2,8 jutaan (RAM 4 GB + 64 GB), dan 16.999 rupee alias Rp3,1 jutaan (RAM 6 GB + 128 GB). Semoga harganya tetap semurah ini saat masuk ke Indonesia, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram