Carisinyal / Realme 2018 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C1, HP Kencang Rp1 Jutaan

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C1, HP Kencang Rp1 Jutaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Maret 2019

Laku keras! Itulah yang dialami oleh HP Realme, sub-brand dari Oppo pada tiga produknya, Realme 2 Pro, Realme 2, dan Realme C1. Nama terakhir laris saat penjualan flash sale karena dibanderol dengan harga Rp.1.499.000. Harga yang murah jika menilik spesifikasi yang ditawarkan.

Alasan lain yang membuat Realme C1 laku karena HP ini memiliki spesiifkasi yang tidak jauh berbeda dengan Realme 2 yang harga flash sale di Lazada mencapai Rp1.999.000. Saat artikel ini dibuat, baik Realme 2 maupun Realme C1 sudah hadir di toko online dan offline tetapi dengan harga yang lebih mahal namun masih cukup worth it untuk dibeli.

Lalu seperti apa sebenarnya Realme C1 ini? Apa plus minus dari Realme C1? Untuk menjawab hal tersebut, mari simak kelebihan dan kekurangan Realme C1 berikut ini.

Spesifikasi Realme C1

Realme C1

  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 16 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 4230 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.550.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme C1

1. Daya Tahan Baterai Cukup Lama

baterai realme c1

* sumber: www.youtube.com

Kalau Anda membaca artikel tentang kelebihan dan kekurangan Realme 2, Anda pasti tahu kalau daya tahan baterai tersebut tergolong baik. Daya tahan baterai Realme 2 mendapat endurance rating 121 jam dari GSMArena.

Karena daya tahan Realme 2 ini serupa dengan Realme C1, yakni 4.230 mAh, daya tahan HP ini tentu tidak terlalu jauh beda. Apalagi keduanya memiliki tipe layar dengan dimensi dan resolusi yang sama.

Menurut Krida, Youtuber pemilik channel Teknologue, mengatakan kalau Realme C1 dapat bertahan sampai 36 jam lamanya. Penggunaan tersebut sudah termasuk main gim. Hal ini berarti berarti daya tahan baterai Realme C1 memang tergolong istimewa.

Tidak sedikit reviewer yang kagum dengan daya tahan baterai Realme C1 ini.  Malah, banyak yang bakal lupa bawa power bank jika sudah membawa HP ini. Karena hal ini, daya tahan baterai Realme C1 jadi salah satu kelebihan yang memang ditonjolkan HP ini, serupa dengan Realme 2.

2. Performa Oke di Kelasnya

Performa Realme C1

* sumber: www.youtube.com

Realme C1 dibekali dapur pacu Snapdragon 450. Dapur pacu yang serupa dengan Realme 2. Untuk diketahui, chipset Snapdragon 450 memiliki performa yang sedikit di bawah chipset kelas menengah Snapdragon 625. Performa HP ini bisa dibilang baik. Memainkan gim PUBG misalnya, dengan pengaturan grafis moderate tergolong oke dan lancar.

Mengingat harga Realme C1 ada di kelas harga Rp1 jutaan, penggunaan Snapdragon450 di HP ini terasa istimewa, bahkan lebih istimewa dibandingkan Realme 2 yang sedikit lebih mahal harganya.

antutu realme c1

* sumber: www.youtube.com

Nilai Antutu Realme C1 ini sebenarnya hampir 70 ribu, seperti terlihat pada gambar di atas. Tidak jauh beda dengan Realme 2 yang berarti perfomanya memang tidak terlalu jauh. Pembeda kedua HP ini hanya di sektor memori. Realme C1 hanya mengusung RAM 2 GB dan ROM 16 GB sementara Realme 2 hadir dengan varian RAM 3 GB ROM 32 GB dan RAM 4 GB ROM 64 GB.

Pembeda hanya di sektor memori ini, membuat Realme C1 seperti Realme 2 versi Lite. Terlepas dari hal tersebut, mari akui bersama jika performa Realme C1 tergolong baik di kelasnya. Mengingat, saat artikel ini dibuat, hampir tidak ada HP Rp1 jutaan yang mengusung Snapdragon 450. Pesaing terdekat Realme C1 hanyalah Xiaomi Redmi 5 yang harganya sebenarnya sedikit lebih mahal.

3. Kamera Belakang Tergolong Baik di Kelasnya

kamera realme c1

Realme C1 datang dengan kamera ganda yang terdiri dari kamera normal 13 MP. Kamera 13 MP ini memiliki bukaan f / 2.2. Kamera kedua adalah kamera 2 MP untuk dept effect alias untuk membantu menghasilkan foto bokeh.

Untuk sektor kamera belakang ini, Realme C1 memiliki kualitas foto yang sama dengan hasil tangkapan kamera belakang Realme 2. Berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera Realme C1.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

Menurut Krida, hasil tangkapan kamera belakang Realme C1 tergolong luar biasa. Tentu luar biasa di kelasnya. Kameranya dapat menangkap gambar yang jernih. Pujian juga diungkapkan oleh Tabloid Pulsa. Menurut Tabloid Pulsa, Realme C1 ini mampu menghadirkan hasil foto yang natural dan memiliki ketajaman yang baik.

Untuk hasil video, Realme C1 ini mampu merekam video 1080p. Hasil rekaman cukup jernih meski terasa sekali kameranya bergoyang. Tapi untuk kelas harga Rp1 jutaan, hal ini masih bisa dimaklumi.

Untuk kamera depan, Realme C1 hadir dengan kamera depan 5 MP. Satu pembeda lain dari Realme C1 dan Realme 2 ini terletak dari kameranya. Kamera depan 5 MP ini tergolong cukup baik dan layak pamer di media sosial. Apalagi kamera depan ini sudah dibekali fitur AI Beauty. Sektor kamera, baik depan dan belakang rasanya cukup pantas sebagai kelebihan.

4. Desain yang Menarik

Realme C1

Realme C1 datang dengan bodi berbahan polikarbonat. Bodi polikarbonat ini dilaminating sehingga terkesan menarik dan terlihat seperti kaca. Karena desain ini, desain bodi Realme C1 ini terasa mewah dan bodi belakangnya bisa dijadikan cermin.

Penggunaan bahan polikarbonat ini sebenarnya bisa jadi kelebihan dan kekurangan. Lantas apakah desain bodi ini jadi satu kelebihan atau kekurangan? Realme C1 dapat mengemas bodi HP ini jadi terasa lebih baik. Build quality HP ini terasa beda dan bagus jika dibandingkan HP lain yang sejenis. Karena faktor tersebut, bagian desain jadi satu kelebihan tersendiri.

5. Triple Slot

* sumber: www.youtube.com

Satu kelebihan lain yang sebenarnya kecil tapi umumnya cukup diperhatikan oleh pengguna, yakni soal slot SIM. Pengguna Indonesia zaman now lebih menyukai HP dengan triple slot, yakni dua slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk microSD.

Mengingat Realme C1 ini hanya hadir dengan ROM 16 GB, hadirnya slot microSD tanpa mengganggu slot SIM2 ini tentu patut diapresiasi. Artinya, HP ini dapat berjalan menggunakan dua kartu SIM plus microSD.

6. Layar Dimensi Luas

kelebihan dan kekurangan Realme C1

 

Realme C1 hadir dengan spesifikasi layar yang mirip dengan Realme 2. Layarnya sama persis, termasuk dengan bentuk notch kelebihan dan kekurangan Realme 2di bagian atas. Soal layar ini, pada artikel dijelaskan jika layar jadi sektor kekurangan.

Hal tersebut berdasarkan dari pernyataan GSMArena, yang mengatakan layar Realme 2 bukan HP dengan layar yang memiliki tingkat kecerahan dan ketajaman yang ideal. Untuk di kelas harganya, layar tersebut mungkin terasa kurang.

Beda dengan Realme C1 yang berada di kelas harga yang ada di bawahnya, layarnya masih tergolong bagus. Seperti kata Teknologue, layar HP ini yang mengusung dimensi layar 6,2 inci dengan 1520 x 720 piksel, tampilan layar HP ini terasa wow dan baik.

7. Sensor Lengkap dan Face Unlock yang Cepat

* sumber: www.youtube.com

Hal menarik dari Realme C1 adalah kehadiran sensor yang lengkap. HP ini memiliki sensor seperti HP kelas menengah. Ada sensor magnetic ada juga sensor gyroscope yang tentunya berguna untuk bermain gim yang mendukung augmented reality. Di kelas harganya, hampir jarang ada HP yang memiliki sensor lengkap seperti Realme C1.

Selain sensor yang lengkap, Realme C1 memiliki fitur face unlock. Fitur ini tergolong baik. Menurut Krida dari Teknologue,  face unlock tergolong cepat.

Kekurangan Realme C1

1. Speaker Terasa Kurang Layak

 

Realme C1 sebenarnya tidak bisa dikatakan memiliki kekurangan karena di kelas harganya, HP ini tergolong baik. Tapi memang tidak ada yang sempurna. Seperti speakera pada Realme C1 yang ada di bagian bawah.

Posisi speaker ini masih bisa dimaklumi meskipun ada resiko tertutup oleh tangan saat main gim. Yang jadi masalah, hasil suara yang dihasilkan speaker ini terasa kurang nendang. Satu hal yang sebenarnya masih bisa dimaklumi.

2. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Realme C1

*r sumber: www.youtube.com

HP Rp1 jutaan lainnya umumnya sudah hadir dengan sensor pemindai wajah dan sensor sidik jari. Sayangnya, Realme C1 tidak memiliki sensor sidik jari. Ketidakhadiran sensor sidik jari ini masih bisa dimaklumi mengingat Realme C1 memiliki sensor yang lengkap.

Selain itu, sensor pemindah wajah Realme C1 sudah tergolong cepat. Hanya mungkin tidak hadirnya sensor sidik jari ini bisa jadi masalah, terutama untuk mereka yang terbiasa membuka layar HP menggunakan sensor sidik jari.

3. Tidak Ada Fast Charging 

charging realme c1

* sumber: www.youtube.com

Realme C1 membawa baterai berkapasitas besar. Dan sudah dibahas sebelumnya jika daya tahan baterai HP ini terbilang lama. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan hadirnya fitur fast charging. 

Charger Realme C1 hanya hadir dengan output 1A yang berarti pengisian daya HP ini bakal memakan waktu alias tidak mendukung fast charging. Untuk menyiasati pengisian daya HP ini, barangkali penggunaan charger pihak ketiga yang mendukung fast charging bisa jadi solusi yang baik.

Simpulan

Banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh Realme C1 seperti yang dijelaskan di atas, barangkali jadi faktor yang membuat  Realme C1 laku keras di pasaran. Betapa tidak, dengan harga kisaran Rp1,6 jutaan saja (harga berbeda-beda tiap toko), HP ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan kelebihan.

Lantas, untuk siapa Realme C1 ini? Untuk siapa saja. Realme C1 adalah HP untuk semua orang yang membutuhkan HP murah dengan spesifikasi yang cukup wah. Tetarik dengan Realme C1? Jika tertarik, silakan beli Realme C1 di Bukalapak lewat link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C1, HP Kencang Rp1 Jutaan”

  1. Puas banget pakenya. Batrenya Tahan lama, Kelebihannya Bisa shootvideo pada layar, ya seperti screen shot gitulah dalam bentuk video. Untuk Harga segitu dijamin Gak mengecewakan.

Tinggalkan komentar