carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C15 Holiday Edition

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C15 Holiday Edition

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 5 Juni 2021

Apakah Anda sudah membaca artikel kelebihan dan kekurangan realme C15 yang telah kami sajikan? Ponsel tersebut memang cukup unggul untuk kelas harga entry level, dengan pilihan memori internal hingga 128 GB, Quad Camera yang handal, dan baterai yang jumbo. Satu kekurangannya adalah performa chipset, masih pakai Helio G35 yang belum sanggup memainkan game berat dengan begitu baik.

Nah, pada penghujung liburan akhir tahun 2020, lahirlah realme C15 Holiday Edition. Nama lain dari ponsel ini adalah realme C15 Qualcomm Edition, menggunakan chipset dari seri Snapdragon 400 yang performanya lebih unggul. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari realme C15 Holiday Edition ini? Layakkah pemilik realme C15 reguler untuk menggantinya ke Holiday Edition? Simak ulasan singkat berikut ini.

Spesifikasi Realme C15 Holiday Edition

  • Rilis: Juli 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, 720 x 1560 pixels
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme C15 Holiday Edition

Setidaknya ada 6 poin kelebihan realme C15 Holiday Edition yang siap menanti Anda, terutama di bagian chipsetnya. Berikut kami paparkan beberapa kelebihannya di bawah ini:

1. Chipset Lebih Bertenaga

realme c15 holiday edition snapdragon 460

Khusus untuk Holiday Edition, realme C15 dihadirkan dengan chipset entry level dari Qualcomm yang lumayan bertenaga, yakni Snapdragon 460. Chipset ini dibekali dengan fabrikasi 11 nm dan didukung oleh GPU Adreno 610. Ini juga merupakan chipset pertama pada seri Snapdragon 400 yang menawarkan klaster ARM Cortex A73.

Sebagai informasi, chipset yang menawarkan inti ARM Cortex seri A7X sering dianggap sudah sesuai untuk dipakai gaming yang lebih serius. Snapdragon 460 inipun dirilis pada Januari 2020, dan dicanangkan berkali lipat lebih powerful ketimbang Snapdragon 450 yang jadi predesornya. Bahkan sekalipun termasuk anggota seri 400, chipset tersebut sudah melampaui kinerja Snapdragon 625.

Diketahui, realme C15 reguler dibekali dengan chipset MediaTek bernama Helio G35 yang tidak segahar Snapdragon 460. Helio G35 bahkan belum dihadirkan dengan klaster ARM Cortex seri A7X, serta memiliki manufaktur 12 nm yang lebih besar (lebih boros daya).

Dilansir dari perbandingan AnTuTu pada Nanoreview.net, performa Snapdragon 460 lebih unggul 35% dibanding Helio G35. Sementara chipset Qualcomm tersebut meraih angka 147.714 poin, skor pada Helio G35 hanya 109.074.

Artinya sudah cukup jelas, bahwa realme C15 Holiday Edition punya performa gaming yang lebih mantap dibanding versi regulernya. Padahal keduanya dibanderol dengan harga yang sama. Kalau kamu pecinta berat mobile gaming, sungguh tak ada alasan untuk tidak memilih edisi Qualcomm.

2. Baterai Super Jumbo

realme c15 holiday edition baterai

Kalau sudah dilengkapi dengan chipset yang lebih powerful, tidak akan lengkap kalau tanpa baterai yang menunjang. Nah, untuk yang satu ini, Anda tak perlu khawatir. Sudah ada baterai berkapasitas 6.000 mAh yang siap menemani Anda untuk bermain game hingga larut malam sekalipun tanpa dicolokkan ke listrik.

Kalau Anda sering mencari referensi ponsel dengan baterai terbesar, pasti hanya menemukan produk-produk dari merk spesifik saja seperti Ulefone dan BlackView. Kalau mencari brand umum, kebanyakan hanya mentok di 5.000 mAh saja. Artinya dengan baterai 6.000 mAh, realme C15 Holiday Edition sungguh selangkah lebih maju dari para kompetitornya.

Malahan, perusahaan pun mengklaim kalau realme C15 Holiday Edition ini mampu bertahan hingga 9 jam nonstop saat dipakai main Mobile Legends, atau sekitar 60 jam dipakai streaming lagi di Spotify. Berbekal fast charging 18 W, perangkat juga tidak akan butuh waktu lama untuk diisi sampai penuh.

3. Desain Belakang yang Kece

desain bodi realme c15

Seringkali, ponsel hanya menawarkan bodi belakang yang terlihat polos. Tanpa corak, bodi seperti ini terlihat pasaran dan agak membosankan, terlebih kalau Anda tidak mau keluar biaya lagi untuk membeli custom case. Nah, bagi penikmat tampilan aesthetic, cangkang bodi HP ini layak jadi pilihan dengan desain corak potongan berlian yang menghiasi punggungnya.

Ada tiga garis geometris yang melintang secara abstrak sehingga bodinya ini tampak seperti sebuah karya seni yang elegan. Pilihan warnanya juga tidak kalah menarik. Ada warna Marine Blue yang mengingatkan kita akan warna biru laut, juga warna Seagull Silver yang menyerupai warna burung camar.

4. Tahan Percikan Air

realme c15 holiday edition tahan percikan air

Realme C15 Holiday Edition juga tidak hanya berfokus pada tampilan bodi, melainkan juga ketahanannya. Perusahaan yang merupakan sub-brand dari OPPO ini mengakui kalau HP tersebut sudah melewati berbagai uji coba pengetesan seperti jatuh, penggunaan tombol Power dan volume, tes konektor, semua dilakukan selama puluhan ribu kali.

Jadi, tidak ada ceritanya tuh tombol Power rusak sampai tidak dapat dinyalakan. Selain itu juga, rupanya HP ini sudah dilengkapi dengan ketahanan terhadap percikan air seperti beberapa tetes gerimis yang tak sengaja kena bodi, atau saat ketumpahan setetes air minum. Tapi perlu diingat, bukan berarti realme C15 punya sertifikasi IP rating ya!

5. Bisa Reverse Charging

realme c15 baterai

Kalau Anda punya teman yang HP-nya sering low-batt, realme C15 Holiday Edition ini bisa jadi penyelamat. Soalnya, dengan baterainya yang begitu besar, Anda tinggal hubungkan ponsel tersebut dengan kabel OTG, dan hubungkan ujung satunya lagi ke ponsel teman untuk menggunakan reverse charging. Ini fitur yang tidak dimiliki semua HP, sebuah solusi bagus di kala lupa membawa power bank.

6. Hasil Kamera Cukup Memukau

Kamera realme C15

Realme C15 Holiday Edition tidak berbeda dari versi regulernya dalam hal kamera, sama-sama menawarkan Quad Camera dengan resolusi utama 13 MP. Sebagai informasi, realme C15 reguler adalah yang pertama yang menyuguhkan empat kamera belakang.


Lensa-lensa pendampingnya terdiri dari sensor ultrawide 8 MP, dan dua lensa 2 MP dengan masing-masing memiliki fungsi black and white dan lensa retro. Kendati sama-sama punya fungsi untuk menghadirkan foto monokrom, nyatanya lensa B/W dan retro ini berbeda.

Terlihat bahwa lensa retro menghasilkan foto hitam putih yang, sesuai namanya, bernuansakan retro. Tampak seperti foto yang diambil di zaman 1980-an. Sedangkan, hasil foto B/W lebih cenderung "hangat". Nanti Anda bisa bandingkan keduanya pada sampel foto yang kami sajikan.

Sementara untuk lensa ultrawide-nya, mampu menangkap gambar pada sudut lebih luas lagi, 119 derajat. Anda pun akan disambut oleh fitur-fitur menarik untuk menambah variasi pada foto yang diunggah ke Instagram. Misalnya saja, ada Chroma Boost yang dapat meningkatkan kualitas warna foto, perekaman video 1080p, mode bokeh, HDR mode, dan juga Super NightScape Mode untuk mencerahkan bagian gelap pada foto.

hasil kamera foto realme c15 portrait lens

Realme C15 Holiday Edition B/W Lens. * sumber: c.realme.com

hasil foto realme c15 holiday edition retro

Realme C15 Holiday Edition Retro Lens. * sumber: c.realme.com

hasil kamera realme c15 holiday edition mode malam

Hasil foto Realme C15 mode malam. * sumber: www.91mobiles.com

hasil kamera realme c15 holiday edition mode HDR

Realme C15 mode HDR. * sumber: www.91mobiles.com

Kekurangan Realme C15 Holiday Edition

Mengetahui kelebihan ponsel memang perlu, tapi tidak akan komplit kalau belum tahu kekurangannya. Oleh karena itu, berikut kami sajikan 4 poin kekurangan utama sebagai bahan pertimbangan.

1. Bezel Bawah Agak Tebal

Karena menduduki posisi entry level, realme C15 Holiday Edition ini dibuat dengan desain layar Infinity U atau waterdrop notch, bukan punch hole yang biasanya dimiliki oleh ponsel segmen menengah dan ke atas.

Layar berponi ini cukup banyak peminatnya karena ukuran layar bisa terlihat lebih luas. Tapi khusus untuk realme C15 Holiday Edition ini, sayangnya terdapat bezel yang cukup tebal di bagian bawahnya. Hal ini bisa jadi kekurangan dari segi estetika, terasa kurang enak dilihat saat berusaha terhanyut ke dalam film yang ditonton.

2. Resolusi Layar Kalah Saing

layar realme c15

Realme C15 Holiday Edition dibekali dengan layar IPS berukuran 6,5 inci, sama seperti versi reguler. Dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, layarnya terbilang aman dari bekas goresan. Namun kekurangannya, layar ponsel hanya dibekali dengan resolusi 720p alias HD Plus, tepatnya 720 x 1600 piksel.

Resolusi 720p terasa kurang pas untuk ukuran layar yang besar, karena bisa mempengaruhi ketajaman dan keterbacaan tulisan pada layar. Selain itu, di rentang harga yang sama sudah banyak ponsel beresolusikan 1080p agar tampilan video lebih enak dilihat. Memang, di seri realme C jarang ada HP yang menawarkan Full HD Plus. Semoga ke depannya realme seri C ini bisa kedapatan resolusi Full HD agar punya daya saing lebih tinggi.

3. Tidak Ada Varian Memori 128 GB

realme c15 holiday edition memori internal

Khusus untuk yang Holiday Edition, Anda hanya akan kedapatan varian memori internal sebesar 64 GB dengan balutan RAM 4 GB. Hal ini dapat terlihat pada laman pembelian di situs resmi realme. Sedangkan kalau mau yang pakai kapasitas 128 GB, mau tidak mau harus gunakan yang versi MediaTek.

Padahal seperti yang Anda ketahui, kebutuhan akan banyak aplikasi selalu meningkat setiap harinya. Kalau saja tersedia varian 128 GB, Anda tentu bisa memiliki jumlah aplikasi dan game dua kali lipat lebih banyak.

4. Belum Pakai USB Tipe-C

realme c15 micro usb

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=toO03OI9J1Y

Saat ini, penggunaan kabel casan microUSB sudah mulai tergerus oleh zaman, tergantikan oleh USB tipe-C yang lebih nyaman dan kecepatan transfer data lebih tinggi. Tapi kalau Anda memilih realme C15 Holiday Edition, Anda harus rela menggunakan kabel microUSB sebagai metode pengecasannya.

MicroUSB yang ujungnya berbentuk trapesium menyulitkan pengguna untuk mencolokkan kabel ke lubang di HP. Berbeda dengan USB tipe-C yang selalu bisa masuk dalam sekali colok. Padahal di rentang harga serupa, banyak yang sudah pakai USB tipe-C. Penggunaan microUSB ini sekilas membuat realme C15 Holiday Edition tampak seperti ponsel murahan.

Simpulan

Rupanya, perbedaan Holiday Edition dan versi reguler hanya terletak pada varian memori internal dan penggunaan chipsetnya. Sementara untuk kamera, baterai, dan desain bodi, semuanya tetap sama. Bagaimana dengan yang sudah keburu beli realme C15 biasa? Apakah layak menggantinya dengan yang Holiday Edition?

Jawabannya ya tergantung kebutuhan. Helio G35 sebenarnya bukan chipset yang jelek-jelek amat, dan masih lebih dari cukup untuk memainkan game selevel MLBB. Tapi kalau mau push rank PUBG atau COD, disarankan sih pakai yang Holiday Edition supaya frame rate-nya tidak tersendat-sendat.

Tapi kalau Anda hanya suka dengan baterainya yang besar dan kameranya yang mumpuni, realme C15 reguler saja sudah cukup, kok. Masih mencari-cari HP murah lainnya? Yuk kunjungi daftar HP Rp2 jutaan dari beragam merk lainnya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram