Carisinyal / Realme 2020 / Mantap, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C3!

Mantap, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C3!

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Jika ingin mencari ponsel Realme termurah, maka Realme C seri adalah jawabannya. Seri C ini merupakan HP Realme yang dijual dengan harga Rp1 jutaan saja. Contohnya adalah Realme C1 dan Realme C2. Keduanya dijual dengan harga Rp1,2 jutaan saja (saat artikel ini dibuat).

Realme Indonesia juga membawa keluarga C lainnya yang bernama Realme C3. Ponsel ini dijual dengan harga Rp1 jutaan atau lebih tepatnya di bawah Rp2 juta. Harga resminya adalah Rp1.699.000.

Dengan banderol harga tersebut, apa yang ditawarkan oleh Realme C3? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Realme C3 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Realme C3

Realme C3

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2020
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    164.4 x 75 x 9 mm
  • Berat
    195 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi
    720 x 1560 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~270 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)
  • GPU
    Mali-G52 2EEMC2

Memori

  • RAM
    3 GB
  • Memori Internal
    32 GB
  • Memori Eksternal
    microSDXC (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    12 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    - 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8", 1.25µm, PDAF
    - 2 MP, (makro)
    - 2 MP, f/2.4, (sensor mendalam)
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5", 1.12µm
  • Fitur
    HDR, panorama
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian daya baterai 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Frozen Blue, Blazing Red
  • Lainnya
    - Tahan percikan

Kelebihan Realme C3

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Realme C3. Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut kelebihan Realme C3 yang barangkali perlu Anda ketahui.

1. Kehadiran 3 Kamera

Kamera Realme C3

Realme C3 di Indonesia hadir secara spesial. Mengapa spesial? Karena Realme C3 versi Indonesia hadir dengan tiga kamera belakang. Hal ini berbeda dengan Realme C3 versi India yang hanya menawarkan dua kamera saja.

Realme C3 versi India hanya menawarkan dua kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera depth sensor 2 MP. Sementara Realme C3 yang hadir resmi di Indonesia hadir dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera utama ponsel kedua versi Realme C3 sama-sama menawarkan kamera 12 MP. Karena itu, hasil fotonya juga tidak akan terlalu jauh berbeda. Adapun foto hasil tangkapan kamera Realme C3 bisa disimak contohnya berikut ini.

hasil tangkapan kamera realme c3

* sumber: www.91mobiles.com

hasil tangkapan kamera realme c3

* sumber: www.91mobiles.com

Hasil tangkapan kamera HP ini bisa dikatakan kategori cukup. Gadgets NDTV misalnya mengatakan kalau kualitas foto ponsel ini lebih baik dibandingkan hasil foto ponsel lain di kelas harga yagn sama. Hanya saja hasil foto tampak memiliki detail yang kurang.

Sementara situs 91mobiles mengatakan jika hasil foto dari Realme C3 ini tergolong baik dan memiliki warna yang layak. Hanya saja hal tersebut didapatkan di kondisi cahaya terang alias di bawah sinar matahari. Di kondisi cahaya yang kurang, hasil tangkapannya di bawah rata-rata. Sebenarnya hal ini wajar karena ponsel di kelasnya mengalami masalah yang sama.

Situs teknologi asal Indonesia, Gizmologi sendiri mengatakan kalau hasil tangkapan kamera dari ponsel ini tergolong memuaskan untuk kelas harganya. Menurut mereka detail foto tergolong baik. Selain itu mode potret bekerja baik dan kamera makro ponsel ini menarik karena menawarkan perspektif lain.

2. Performa Kencang di Kelasnya

mediatek helio g70

Realme C3 dibekali dengan chipset dari Mediatek. Chipset tersebut adaah Helio G70. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Mediatek juga memiliki chipset Helio G series lain yakni Helio G90 yang digunakan di Redmi Note 8 Pro.

Di dalam chipset Helio G70 sendiri, tersemat prosesor octa core yang terdiri dari 2 core Cortex-A75 berkecepatan 2.0 GHz untuk performa kencang dan 6 core Cortex-A55 1.7 GHz untuk kebutuhan performa yang lebih hemat daya. Chipset ini memiliki pengolah grafis bernama GPU Mali-G52 2EEMC2.

Tentu menarik menilik performa dari ponsel ini? Bagaimana performa dari ponsel ini? Untuk mengetahuinya, simak gambar di bawah ini.

BENCHMBENCHMARK REALME C3ARK REALME C3

* sumber: www.smartprix.com

Menilik gambar di atas, tampak kalau Realme C3 mendapat skor 190 ribuan untuk benchmark Antutu 8. Sementara pada pengujian Geekbench 5, skor yang didapatkan adalah 336 untuk single-core dan 1.257 untuk multi-core.

Skor tersebut tergolong luar biasa di kelasnya. Terlebih fakta kalau ponsel ini mampu menjalankan gim berat dengan baik. Seperti yang diungkapkan oleh Gadgets NDTV yang mengatakan kalau Realme C3 dapat menjalankan PUBG Mobile dengan lancar pada pengaturan grafis HD dan frame rate High.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh situs Smartprix. Berdasarkan pengalaman mereka, Realme C3 dapat menjalankan tugas harian dengan lancar. Ponsel ini juga dapat melakukan multitasking dengan baik. Perpindahan aplikasi dan navigasi terasa lincah. Ponsel ini juga bisa menjalankan gim Asphalt 9 dan PUBG Mobile dengan lancar.

Di Indonesia sendiri, Realme C3 hadir dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Dengan memori yang besar tersebut, membuat performa ponsel ini tergolong bagus di kelas harganya. Bahkan, jika menilik nilai Antutu, skor yang diraih Realme C3 ini mengalahkan skor Antutu ponsel lain dengan harga yang lebih mahal.


3. Daya Tahan Baterai yang Besar

baterai realme c3

Realme C3 dibekali dengan baterai 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tentunya tergolong besar. Kapasitasnya ini meningkat jika dibandingkan Realme C1 yang hanya 4.230 mAh dan Realme C2 yang hanya memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Daya tahan baterai ponsel ini sendiri tergolong biasa. Gadgets NDTV mengungkapkan jika Realme C3 dapat bertahan sampai dua hari penuh dalam satu kali pengisian daya. Hasil tersebut didapatkan dengan penggunaan memainkan beberapa gim, chat WhatsApp, dan interneetan menggunakan Google Chrome.

Gadgets NDTV juga menguji daya tahan baterai ponsel ini pada pengujian HD video loop. Hasilnya, Realme C3 dapat bertahan sampai 28 jam 20 menit. Dan hasil ini tergolong luar biasa mengingat biasanya ponsel kebanyakan hanya ada di belasan jam saja.

Daya tahan baterai yang lama juga diungkapkan oleh Mashable India. Situs ini mengatakan jika Realme C3 dapat bertahan sampai dua harian. Hal ini jelas menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong bagus.

4. Fingerprint

fingerprint realme c3

Realme C3 yang hadir resmi di Indonesia punya keunggulan lain. Keunggulan tersebut adalah hadirnya sensor sidik jari di bagian belakang. Sensor sidik jari ini tidak ditemukan di Realme C3 yang beredar di India. Tentu kehadiran sensor sidik jari ini jadi satu kelebihan tersendiri di Realme C3 versi yang beredar resmi di Indonesia.

5. Desain yang Tergolong Menarik

Desain Realme C3

Realme C3 hadir dengan desain yang menarik. Konsep desain bodinya mirip seperti desain Realme 5i yang menawarkan konsep desain Sunrise Design. Konsep ini memungkinkan bodi belakang ponsel memiliki efek seperti matahari terbit.

Desain bodinya sendiri terbuat dari polikarbonat. Hal yang tidak perlu dianggap kekurangan karena di kelas harganya, tentu penggunaan bodi polikarbonat ini tergolong wajar. Desain bodi pada Realme C3 secara umum tergolong menarik dan atraktif.

6.  Tahan Percikan Air

realme c3 design

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Realme C3 adalah fitur tahan dari cipratan air. Realme mendesain ponsel ini sedemikian rupa, seperti menghadirkan penutup plastik dan penyegelan port agar melindungi bagian dalam sehingga ketika terkena cipratan air, ponsel tidak mengalami berbagai masalah.

7.  Android 10 Realme UI

realme c3 realme UI

Keunggulan lain yang ditawarkan Realme adalah Realme UI. Realme C3 ini bisa dibilang sebagai ponsel pertama Realme yang hadir resmi di Indonesia dengan menawarkan Realme UI. Realme UI sendiri merupakan antarmuka besutan Realme yang masih berbasis Android 10 dan ColorOS.

Yap, satu hal menarik lainnya dari Realme C3 adalah sudah menghadirkan OS Android 10. Yang tidak ketinggalan, Realme UI menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana dan cenderung mirip dengan OS Android murni. Hal ini tentu memberi pengalaman menarik kepada para pengguna Realme.

Kekurangan Realme C3

Realme C3 memiliki beberapa kekurangan. Apa sajakah kekurangan yang ada di Realme C3? Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki Realme C3.

1. Tidak Dilengkapi Fast Charging

desain realme c3

Realme C3 tidak mendukung pengisian cepat. Ponsel ini hanya mendukung pengisian 10W. Efeknya, waktu pengisian ponsel ini tergolong lama. Seperti yang diutarakan oleh Gizmologi yang mengatakan kalau waktu pengisian Realme C3 tergolong lama, yakni mencapai 3,5 jam.

2. Port Micro USB

realme c3

* sumber: www.smartprix.com

Realme C3 masih menggunakan port micro USB. Tentu akan menarik melihat ponsel ini memakai port USB Type-C. Terlebih, pesaing di kelas harganya, seperti Redmi 8A dan Redmi 8 sudah menawarkan port USB Type-C.

3. Kualitas Hasil Foto yang Kurang Maksimal

Realme C3 (3 cameras)

Realme C3 hadir dengan kombinasi tiga kamera yang menarik. Hanya saja hasil foto dari kamera ponsel ini masih terasa kurang maksimal. Padahal, kamera ponsel ini punya potensi menghasilkan foto yang lebih baik.

Simpulan

Realme C3 adalah ponsel yang memiliki performa baik di kelas harganya. Ponsel ini bisa dipilih oleh mereka yang membutuhkan ponsel kencang di kelas harga Rp1 jutaan. Selain itu, ponsel ini juga memiliki beberapa fitur menarik yang membuat ponsel ini memiliki value yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Apakah HP ini layak beli? Jelas, Realme C3 tergolong ponsel yang layak dibeli, terutama untuk Anda yang memiliki dana kisaran Rp1,6 jutaan untuk membeli ponsel. Berminat meminang ponsel ini? Jika berminat, silakan beli Realme C3 di Shopee pada link ini dan Lazada pada link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *