Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo 3T

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Juni 2022, realme Indonesia telah meluncurkan varian barunya dari seri GT yaitu realme GT Neo 3T. HP yang dirilis berbarengan dengan realme GT Neo 3 ini hadir bukan tanpa membawa apa-apa, HP ini muncul menjadi ponsel gaming kelas menengah dengan spesifikasi yang lengkap.

Dengan menyandang nama ponsel gaming, realme GT Neo 3T ditenagai oleh chipset yang tergolong cepat dan anti lag ketika bermain game yaitu SOC Qualcomm Snapdragon 807. Selain memiliki chipset premium, HP ini juga telah dibekali RAM dan kapasitas baterai yang cukup besar sehingga menjadi lebih terasa lengkap sebagai ponsel gaming untuk kelas menengah.

Di sisi lain, desain atau tampilan dari HP satu ini memiliki kesan yang bersemangat dan menarik (tergantung pada warna yang dipilih), kinerja yang mumpuni, dan pengisian daya yang cepat menjadi tambahan lain untuk dipertimbangkan dari HP ini.

Namun, apakah hal-hal tersebut sudah cukup untuk bersaing dan sesuai dengan kebutuhan pasar pada akhir 2022 ini? Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja kemampuan dari realme GT Neo 3T ini, mari simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan yang telah kami siapkan untuk kamu.

Spesifikasi realme GT Neo 3T

realme GT Neo 3T
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme GT Neo 3T

Dibanderol dengan harga Rp5 jutaan, realme GT Neo 3T memiliki daya tariknya sendiri. Nilai jual yang dimilikinya patut dipertimbangkan karena siap bersaing dengan ponsel kelas menengah lainnya.

1. Desain yang Menarik dan Fresh

realme GT Neo 3T

realme GT Neo 3T hadir sebagai model baru dengan desain yang sangat fresh dan tentunya sangat menarik. Dengan HP ini, realme seakan telah melangkah lebih jauh dengan memberikan kesang yang baik kepada para penggunanya. Bagaimana tidak, tampilan “kotak-kotak” khas papan catur di bagian belakang terlihat bagus dan sangat menarik.

Penempatan posisi kamera belakang juga bisa dibilang rapi dan pas sehingga enak dilihat. Pada saat yang sama, pola kotak-kotak yang khas tersebut tidak blak-blakan, tetapi ditampilkan dengan cara yang unik. Pola kotak-kotak ala papan catur itu hanya akan terlihat ketika berada di bawah sudut cahaya tertentu yang menjadikannya terlihat mahal dan berkelas.

realme GT Neo 3T tidak hanya menawarkan varian warna kuning saja, tetapi juga disediakan varian lainnya. Varian kotak-kotak yang khas dengan abu-abu dan putih menjadi opsi lain untuk pilihan warnanya. Abu-abu dan putih memberikan kesan tampilan yang lebih klasik tetapi tetap menarik.

2. Layar AMOLED yang Keren

realme GT Neo 3T

Jangan dulu merasa puas, bagian depan HP ini tidak kalah menariknya dengan bagian belakang. realme GT Neo 3T dibekali dengan layar berukuran 6,62 inci dan refresh rate mencapai 129Hz. HP ini juga menjadi satu dari sedikit ponsel kelas menengah yang menggunakan panel untuk model-model unggulan yaitu E4 top-notch Samsung.

Untuk bagian warna, layar HP ini mampu mencakup 100% P3 Gamut dan 106% warna NTSC yang cocok untuk konten HDR. realme GT Neo 3T juga telah dilengkapi oleh sensor cahaya ambient ganda yang mendukung 16000 tingkat penyesuaian kecerahan. Dalam prosesnya, layar akan menyesuaikan kecerahannya secara halus bahkan ketika intensitas cahaya terus berubah.

3. Performa Kelas Flagship

Qualcomm Snapdragon 870 5G_

realme GT Neo 3T telah dilengkapi dengan SoC Snapdragon 870 sebagai chipset yang mampu bersaing di ponsel kelas menengah, meskipun sudah agak tua. Chip ini pertama kali muncul pada awal tahun 2021, meskipun begitu chip kelas menengah ini masih sangat mumpuni untuk dipakai.

Qualcomm Snapdragon 870 merupakan SOC dengan fabrikasi 7nm yang memiliki konfigurasi octa-core yaitu 1 unit Kryo 585 Prime berbasis Cortex A77 (3,2 Ghz), 3 unit Kryo 585 Gold berbasis Cortex A77 (2,42 Ghz), dan 4 inti Kryo 585 Silver basis Cortex A55 (1,8 Ghz).

Dalam segi performa, SoC ini cukup unggul untuk ponsel kelas menengah karena didukung oleh GPU Adreno 65. Tidak hanya itu, performa HP ini akan lebih kencang karena didukung oleh spesifikasi RAM yang tinggi yaitu RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Dengan spesifikasi itu, HP ini sudah mampu menjalankan berbagai game 3D tanpa lag atau hambatan.

Situs TechAdvisor menyatakan kalau Snapdragon 870 di realme GT Neo 3T masih tergolong kompetitif, bahkan jika diadu performanya dengan ponsel flagship 2022. Berdasarkan pengujian mereka, nilai Snapdragon 870 di realme GT Neo 3T masih tergolong lebih unggul jika dibandingkan chipset Mediatek baru seperti Dimensity 1300 pada OnePlus Nord 2T.

4. Kamera Utama 64 MP yang Oke

REALME GT NEO 3T

Dari segi kamera, realme GT Neo 3T memiliki tiga kamera di bagian belakang. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP yang memiliki sudut pandang 119 derajat, dan kamera makro 2 MP. Sedangkan untuk bagian depannya, HP ini mengandalkan kamera selfie 16 MP.

Meskipun memiliki spesifikasi kamera yang sama dengan pendahulunya, realme GT Neo 3T mampu menghasilkan gambar dengan menggunakan kamera belakang yang jauh lebih baik. Hal itu disebabkan oleh adanya sensor Sony IMX766 yang menjadikan gambar memiliki kualitas yang lebih baik.

Selain itu, realme GT Neo 3T juga memiliki fitur lainnya di dalam kamera, misalnya Super Nightscape, Street Photography, dan beberapa filter lainnya yang bisa menambah kesan dramatis untuk setiap gambar yang diambil.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, kamu bisa mengabadikan setiap detail dan warna yang lebih cerah baik pada siang atau malam hari.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram