carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 21 Juni 2021

Sebagai salah satu anggota dari serangkaian produk AIoT yang diluncurkan realme pada 11 November 2020, realme Narzo 20 ini hadir sebagai ponsel yang mendukung segala kebutuhan gaming dan memiliki rasio value for money yang menggiurkan.

HP ini merupakan penerus dari realme Narzo dan Narzo 10 yang meluncur duluan, dan kini giliran duo Realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro yang menunjukkan kehebatannya. Membawa sejumlah peningkatan dari segi baterai dan performa, realme Narzo 20 merupakan kontestan yang bisa mengancam kejayaan HP-HP murah lainnya. Sebagus apa sih realme Narzo 20 ini? Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Spesifikasi realme Narzo 20

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 1
  • Layar: IPS LCD, 6.5 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz
  • GPU: ARM Mali-G52
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-po 6000 mAh

Cek Harga dan Spesifikasi Selengkapnya

Kelebihan Realme Narzo 20

Ada setidaknya 6 poin kelebihan realme Narzo 20 yang membuatnya layak dinobatkan sebagai rajanya entry-level, yakni sebagai berikut.

1. Performa Game Sangat Kencang

realme narzo 20 chipset

Untuk seukuran ponsel di harga Rp2 jutaan, Realme Narzo 2o ini rupanya dibekali dengan dukungan chipset yang kencang, lho! Ia sudah mengandalkan chipset khusus gaming dari MediaTek dengan tajuk Helio G85, chipset yang sedikit lebih unggul ketimbang Helio G80 pada Redmi 9 dan realme Narzo 10.

Helio G85 ini sendiri terdiri dari dua inti ARM Cortex A75 dengan clock speed mencapai 2.0 GHz, ditambah dengan enam core ARM Cortex A55 berkecepatan 1.8 GHz.

Chipset yang memiliki ukuran manufaktur sebesar 12 nm ini juga menyertakan kartu pengolah grafis Mali-G52 MC2 serta RAM berkapasitas 4 GB LPDDR4X (1800 MHz) Bersamaan dengan ini, ada juga memori internal 64 GB. Memang, tipe memorinya hanya eMMC 5.1 alih-alih UFS 2.0, tapi hal ini wajar mengingat harganya yang begitu bersahabat.

Sebagai perbandingan, mari simak skor AnTuTu v8 dari HP yang berjalan pada sistem operasi realme UI ini. Menurut sumber dari 91mobiles.com, Realme Narzo 20 meraih angka 204.495 poin. Salah satu kontestan yang sulit untuk ditandingi adalah Redmi Note 9 yang berada di rentang harga yang sama.

Menggunakan Helio G80, Redmi Note 9 memiliki skor 200.488, sedikit di bawah Realme Narzo 20. Jadi, memang bisa disimpulkan kalau performa Realme Naro 20 termasuk yang terbaik di antara yang terbaik.

2. Baterai Awet Berkapasitas 6.000 mAh

realme narzo 20 baterai

Bosan dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh? Nah, realme Narzo 20 sedikit lebih unggul karena menghadirkan kapasitas 6.000 mAh. Inilah yang menambah pada daya tariknya dibandingkan dengan ponsel lain, karena pengguna bisa bermain game pada perangkat dengan durasi yang lebih panjang pula.

Ingin tahu persisnya penggunaan Realme Narzo 20 sehari-hari? Berdasarkan video pengujian yang diunggah Tech Updates, realme Narzo 20 bisa bertahan hingga 12 jam 48 menit dengan kondisi tingkat pencahayaan di angka 50%. Penggunaan ini mencakup kegiatan menonton YouTube, bermain game seperti Asphalt 9 dan Free Fire, membuka Instagram, hingga pemutaran video beresolusikan 1080p.

Selain dari penggunaan sehari-hari yang super awet, perangkat ini juga dibekali dengan fitur Super Power Saving mode yang bisa menolong penggunanya di kala sisa baterai tinggal 5% lagi. Bayangkan saja, Anda masih bisa memutar lagu di Spotify ataupun chat di WhatsApp hingga berjam-jam lamanya, sekalipun baterai sudah mau koit. Jadi, realme Narzo 20 memang tidak dapat dipungkiri lagi keawetan baterainya.

3. Fast + Reverse Charging

realme narzo 20 fast charging

Khawatir baterai lama dicas? Jangan khawatir, karena ponsel ini sudah menghadirkan Fast Charging 18 W untuk menambah kecepatan pengisian daya. Sementara itu, perangkat tentunya sudah menggunakan port pengisian USB tipe-C dan mendukung pengisian daya terbalik (reverse charging).

Keberadaan reverse charging ini berguna di kala Anda ingin mengecas aksesoris seperti TWS ataupun smartwatch, dan juga bisa untuk mengisi daya ponsel teman yang membutuhkannya.

Oh ngomong-ngomong, pada penasaran enggak dengan seberapa cepat baterai realme Narzo 20 bisa terisi? Sebagai pengingat, perangkat ini memiliki baterai sebesar 6.000 mAh. Jadi wajar kalau butuh waktu lebih lama untuk mengisinya hingga penuh. Menggunakan casan 18 W yang termasuk dalam boks pembelian, sebuah video mengungkapkan kalau HP bisa dicas hingga penuh dalam waktu 4 jam 18 menit.

4. Hasil Foto Memukau

realme narzo 20 kamera

Tidak hanya cocok dipakai oleh orang yang suka main game, realme Narzo 20 ini juga menyediakan fitur fotografi yang mumpuni untuk menghasilkan karya-karya fotografi yang indah. Terdapat konfigurasi tiga kamera di bodi belakangnya, mencakup satu lensa lebar 48 MP dengan ukuran sensor 1/2.0 inci sebagai lensa utamanya.

Adapun dua lensa lain yang turut menemani supaya mode-mode pemotretan bisa lebih beragam, seperti mode ultra lebar pada FOV 119 derajat dengan lensa 8 MP, dan mode makro menggunakan kamera 2 MP.

Berdasarkan hasil sampel yang terlihat di bawah ini, realme Narzo 20 berhasil menjaga keutuhan detil dengan baik. Secara keseluruhan memiliki ketajaman yang bagus dengan menampilkan sisi terbaik dari objek yang diambil. Jika mengaktifkan mode HDR, pencahayaannya pun menjadi lebih kece. Artinya, fungsi HDR memang berjalan dengan semestinya pada perangkat ini.

Di kala pemotretan malam hari, ya sudah bisa ditebak kalau kualitasnya agak menurun. Tapi mode malamnya sungguh membantu, Anda akan melihat peningkatan kualitas cukup signifikan (dari segi eksposur dan detil) jika membandingkan foto malam dengan mode biasa dan Night Mode.

5. Tampilan Bodi Belakang Kece

realme narzo 20 desain

Kalau berbicara soal ponsel, tidak mungkin kita membahas spek teknis melulu. Ada kalanya tampilan desain juga berpengaruh dalam meningkatkan daya jual. Seperti realme Narzo 20 contohnya, hadir dengan desain bodi belakang yang mengkilau dan unik sehingga terlihat seperti HP mahal.

Desain premium yang membalut keseluruhan jeroan perangkat ini menghadirkan pantulan cahaya yang membentuk huruf V. Menurut realme sendiri, V di sini dimaksudkan sebagai representasi yang melambangkan kata victory alias kemenangan. Nah, jadi Anda pun yang bermain game menggunakan ponsel ini akan terasa seperti juara.

Ada dua jenis varian warna yang bisa disesuaikan menurut preferensi pengguna. Yang satu adalah Glory Silver dan yang kedua merupakan warna Victory Blue yang juga tidak kalah kecenya.

Untuk modul kameranya juga membuat tampilan perangkat ini terlihat lebih premium, menggunakan modul Matrix Desain berbentuk persegi alih-alih persegi panjang vertikal seperti kebanyakan HP pada umumnya. Siap tampil kece menggunakan Narzo 20?

6. Hadir dengan 3-Card Slot

realme narzo 20 3card slot
*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=0SEWbTeegus&feature=youtu.be&ab_channel=realmeIndonesia (realme Indonesia)

Salah satu kunci agar penggunaan realme Narzo 20 terasa lebih optimal adalah menambahkan kartu memori eksternal. Supaya, penampungan file tidak perlu bercampur dengan lokasi penginstalan aplikasi. Biar tidak usah repot hapus-hapus data saat aplikasi tidak bisa diinstal.

Biasanya pengguna enggan melakukan ini karena harus mengorbankan kartu SIM keduanya. Nah, sebagai HP yang mengerti kebutuhan pengguna, tentunya realme Narzo 20 sudah dilengkapi dengan 3-card slot, alias Anda bisa menggunakan dua kartu SIM dan satu microSD (hingga 256 GB) sekaligus.

Kekurangan Realme Narzo 20

Mau tidak mau, konsumen harus mengakui kalau realme Narzo 20 ini bukanlah tanpa kekurangan. Setidaknya ada 4 kekurangan yang bisa Anda simak di bawah ini.

1. Bodi Cukup Tebal

realme narzo 20 bodi

realme Narzo 20 memang punya baterai yang awet, tapi hal ini memang berujung pada dimensi bodinya yang cukup bongsor dan kurang nyaman untuk digenggam. Bayangkan saja, tingkat ketebalannya bahkan hampir mencapai 9,8 mm. Kurang 2 mm lagi untuk mencapai 10 mm! Tebal sekali, bukan?

Ditambah lagi, realme Narzo 20 juga terasa begitu berat dengan bobot sebesar 208 gram. Ini merupakan ukuran yang terbilang besar untuk konsumen bisa merasakan kenyamanan maksimal dalam penggunaan sehari-hari.

2. Layar Hanya HD Plus

realme narzo 20 layar

Perangkat ini tergolong punya layar yang berukuran besar untuk menunjang konsumsi konten visual. Ia disertai dengan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan desain poni tetesan air, cukup standar untuk ponsel di kelas harga Rp2 jutaan. Tidak seperti realme Narzo yang menawarkan laju penyegaran tinggi 90 Hz, kali ini Narzo 20 hanya mentok di angka 60 Hz saja.

Tidak hanya itu, layar ponsel masih beresolusi HD Plus sebesar 720 x 1600 piksel, padahal sudah banyak kompetitor di harga sama menawarkan resolusi Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel. Alhasil dari tingkat ketajamannya pun kalah dibandingkan dengan beberapa ponsel lain.

3. Tidak Bisa Nonton Netflix HD

netflix hd

Selain dari resolusi layar yang cukup rendah, realme Narzo 20 juga belum dibekali dengan dukungan Netflix HD. Pasalnya, perangkat ini memang hanya mengantongi Widevine L3 saja, bukan Widevine L1 seperti varian Pro-nya. Alhasil, kualitas saat menonton layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime hanya tergolong biasa-biasa saja.

4. RAM Terbilang Kecil

realme narzo 20 ram

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian performa, bahwa realme Narzo 20 ini dilengkapi dengan ukuran RAM berkapasitas 4 GB LPDDR4X. Nah, pertanyaannya, apakah RAM ini sudah terbilang cukup untuk penggunaan sehari-hari? Jawabannya tentu iya.

Tapi kalau Anda bandingkan dengan beberapa ponsel lain, sebenarnya RAM 4 GB ini bukanlah yang terbaik di kelasnya. Sudah banyak HP lain di rentang harga Rp2 jutaan yang sudah memiliki RAM sebesar 6 GB.

Simpulan

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan realme Narzo 20 yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Satu hal yang pasti, bahwa perangkat ini memang dipasarkan untuk anak muda yang menggandrungi kegiatan bermain game dengan optimal. Itu sebabnya chipsetnya dipilih yang begitu gahar dengan harga yang sangat bersahabat di kantong mahasiswa.

Begitu juga dengan dukungan baterainya yang mencapai 6.000 mAh, dijamin bisa mendukung sesi bermain hingga seharian penuh. Alhasil, kegiatan nongkrong Anda bisa terasa lebih mengasyikkan. Sayangnya memang bodinya terasa tebal dan berat sehingga bisa jadi berpengaruh ke dalam penggunaan sehari-hari.

realme Narzo 20 ini sendiri dibanderol dengan harga normal Rp2.199.000,-. HP ini bisa dibawa pulang pada tanggal 11 November 2020 sejak dini hari dan mengusung harga promo sebesar Rp1.999.000,-. Tertarik? Apa hal yang paling Anda suka dari realme Narzo 20 ini? Tulis di kolom komentar ya! Oh iya, jangan lupa kunjungi juga artikel kami tentang HP Rp2 jutaan terbaik.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram