Carisinyal / Xiaomi 2019 / Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Pro Ini!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Pro Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Ada banyak HP Xiaomi yang selalu menarik perhatian, termasuk dari divisi sub-brand Xiaomi, yakni Redmi. Redmi yang kini memiliki entitas sendiri memiliki banyak tipe HP yang cukup menarik, semisal Redmi Note 7 yang harganya terjangkau tetapi punya fitur yang baik.

Selain Redmi Note 7, Redmi juga punya HP dengan spesifikasi bagus yakni Redmi K20. Nah, Redmi K20 ini punya saudara yang memiliki spesifikasi lebih baik, dan yang paling penting harganya murah jika menilik kelas harganya, yaitu Redmi K20 Pro.

Seperti apa Redmi K20 Pro ini? Anda penasaran? Simak langsung kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Spesifikasi Redmi K20 Pro

Umum

  • Diumumkan
    Mei, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156.7 x 74.3 x 8.8 mm
  • Berat
    191 g

Layar

  • Jenis
    Super AMOLED capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.39 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 dan HDR
  • Resolusi
    1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • CPU
    Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.8 GHz Kryo 485)
  • GPU
    Adreno 640

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 13 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF/Laser AF
    8 MP, f/2.4, 53mm (telephoto), 1/4", 1.12µm, PDAF/Laser AF, 2x optical zoom
    13 MP, f/2.4, 12mm (ultrawide), 1/3", 1.12µm
    Fitur: lampu kilat ganda, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh yang tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian cepat 27W (Quick Charge 4+)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (di bawah layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Carbon black, Flame red, Glacier blue, Summer Honey
  • Lainnya
    -

Harga

  • Status
    Tersedia

Kelebihan Samsung Galaxy M30

Redmi K20 Pro memiliki beberapa kelebihan yang membuat HP ini menarik untuk dilirik. Apa saja kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Daya Tahan Baterai yang Lama

redmi k20 pro

* sumber: www.yugatech.com

Redmi K20 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini cukup besar. Namun, seberapa lama daya tahan baterai dari HP ini? Berdasarkan berbagai ulasan, Redmi K20 Pro terbilang memiliki daya tahan baterai yang awet.

Seperti yang diutarakan oleh AndroidAuthority, HP ini ternyata memiliki ketahanan sampai 13 jam lamanya ketika digunakan untuk internetan. Sementara menurut Yugatech, HP ini dapat mencapai 27 jam 36 menit lamanya dalam pengujian video loop tes. Bahkan, masih menurut Yugatech, HP ini bisa bertahan sampai 2 harian selama tidak penggunaan yang terlalu berat.

2. Mendukung Fast Charging

redmi k20 pro

* sumber: www.smartprix.com

Selain memiliki daya tahan baterai yang awet, HP ini juga sudah mendukung pengisian cepat. Charger bawaannya saja mendukung 18W dan mampu mengisi HP dari 20% ke 100% dalam tempo 1 jam saja. Waktu pengisian bisa lebih cepat jika memakai charger 27w, hal ini karena HP ini sudah mendukung pengisian cepat 27W.

3. Desain yang Oke

desain redmi k20 pro

* sumber: www.smartprix.com

Redmi K20 Pro hadir dengan desain yang menarik, lebih menarik jika dibandingkan Pocophone F1. Pocophone F1 memiliki spesifikasi yang tinggi tetapi memiliki desain yang kurang menarik. Sementara hal tersebut tidak ditemukan di Redmi K20 Pro.

Redmi K20 Pro memiliki desain yang menarik dan kekinian. Terlebih HP ini memiliki konstruksi logam kaca di bagian depan dan belakang. Desainnya juga mengusung konsep melengkung 3D dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 di depan dan belakang.

Menurut Smartprix, desain Redmi K20 Pro ini memiliki tampilan yang khas dan tampak lebih menyenangkan. Hal yang serupa juga diungkapkan oleh AndroidAuthority. Menurut mereka, Redmi K20 Pro memiliki desain yang lebih khas dan sangat cocok digunakan oleh anak muda. Satu kelebihan tersendiri tentunya dari sisi desain.

4. Layar AMOLED yang Benar-benar Full 

layar redmi k20 pro b

* sumber: www.smartprix.com

Redmi K20 Pro datang dengan layar 6,39 inci. Layarnya menawarkan resolusi FullHD+ 2340 x 1080 piksel dengan rasio layar 19.5:9. Layarnya memiliki kerapatan 403 ppi dan sudah mendukung DCI-P3 100% serta HDR10.

Jangan lupakan juga fakta kalau layar HP ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5. Sementara panel layar yang digunakan adalah panel Super AMOLED. Penggunaan panel Super AMOLED ini membuat Redmi K20 Pro terasa lebih spesial dan punya karakter.

Seperti yang diungkapkan oleh AndroidAuthority yang mengatakan kalau layar HP ini memiliki tampilan visual yang bagus ketika dipandang mata telanjang. Hasil pengujian mereka juga menunjukan kalau kualitas layar HP ini tergolong baik. Tingkat kecerahan yang baik, tampilan gambar yang akurat, dan kontras yang kaya.

Faktor layar yang penuh dan membuat HP memiliki bezel tipis juga jadi nilai plus tersendiri. Tidak ada notch atau punch hole camera. Layar depan benar-benar penuh dan membuat HP ini jadi HP dengan panel Super AMOLED yang benar-benar terasa “fullview display”.

5. Kamera Serba Guna

kamera belakang redmi k20 pro

* sumber: www.smartprix.com

Redmi K20 Pro dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera Sony IMX586 48 MP yang memiliki bukaan f/1.8. Kamera kedua adalah kamera telefoto 8 MP dengan bukaan f/2.4. Kamera ketiga adalah kamera ultrawide yang hadir dengan sensor 13 MP. Bagaimana hasil tangkapan kamera HP ini? Berikut contoh hasil tangkapan kamera Redmi K20 Pro!

hasil tangkapan kamera redmi k20 pro

* sumber: www.androidauthority.com

hasil tangkapan kamera redmi k20 pro

* sumber: www.androidauthority.com

hasil tangkapan kamera redmi k20 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat kalau hasil tangkapan kamera Redmi K20 Pro ini benar-benar bagus. Untuk penangkapan di kondisi siang dan kondisi gelap juga tergolong bagus. Bahkan, ada mode penangkapan malam hari, yang membuat hasil tangkapan kondisi gelap menjadi bagus, seperti terlihat pada foto berikut ini!

hasil tangkapan kamera redmi k20 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat mode malam hari alias nightmode di HP benar-benar bagus. Pujian terhadap kamera HP ini bukan tanpa alasan. AndroidAuthority menjajal kamera HP ini dan berpendapat kalau hasil tangkapan siang hari memakai Redmi K20 Pro cukup baik. Hasil tangkapannya memiliki rentang dinamis yang tepat dengan sedikit peningkatan saturasi.

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh situs Firstpost. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera HP ini memiliki gambar yang terlihat bagus di siang hari. Kamera ultrawide 13 MP sedikit memiliki distorsi tetapi memiliki foto yang seimbang dan memiliki jarak dinamis yang bagus. Sementara untuk foto malam hari, hasilnya juga bagus selama ada cahaya di sekitarnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, hasil tangkapan foto HP ini bagus, termasuk menangkap foto di kondisi cahaya rendah. Hasil tangkapan kamera telefoto juga tergolong di kondisi malam hari. Sektor kamera belakang, tentunya jadi kelebihan tersendiri dari HP ini.

6. Kamera Selfie Pop-up

Selain kamera belakang, kamera depan HP ini juga memiliki kelebihan tersendiri. Kamera depan HP ini mengusung mekanisme pop-up alias kamera tersembunyi yang dapat muncul ketika dibutuhkan. Kamera depannya sendiri hadir dengan sensor 20 MP dengan bukaan f/2.2.

Yugatech mengatakan kalau kamera depan HP ini tergolong bagus. Kamera selfie dari Redmi K20 Pro dapat menghasilkan foto selfie dengan gambar yang detail. Ada juga mode beauty yang membuat hasil foto terlihat alami. Bisa dibilang, untuk kamera depan, Redmi K20 Pro bekerja dengan cara yang benar.

7. Price to Performance

Performa Redmi k20 pro

* sumber: www.smartprix.com

Price to performance, itulah kalimat yang tepat yang menggambarkan betapa gaharnya HP ini menilik spesifikasi dan harganya. Betapa tidak, HP ini dibekali dengan chipset kelas atas, Snapdragon 855 tetapi harga jualnya tidak seperti HP dengan Snapdragon 855 lainnya. HP ini malah dijual di kelas harga kelas menengah.

Lantas, seperti apa performa dari Redmi K2O Pro ini? Dengan Snapdragon 855, tentu performa tidak kaleng-kaleng. Performa HP ini tergolong super cepat dan skor Antutu-nya juga tinggi seperti tertera berikut ini!

Antutu Redmi k20 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Skor Antutu 370 ribuan jelas bukan angka sembarangan. Skornya terbilang tinggi dan menunjukan kalau performa HP ini benar-benar kelas atas. Untuk bermain gim kelas atas tentu saja bisa. Seperti pengalaman AndroidAuthority yang menguji gim ini dengan gim PUBG Mobile. Gim ini dapat berjalan di Redmi K20 dengan pengaturan tertinggi tanpa terganggu jeda

Pengalaman yang sama juga diungkapkan oleh GadgestNDTV. Mereka juga menguji Redmi K20 Pro dengan gim PUBG Mobile. Hasilnya, mereka dapat memainkan gim PUBG Mobile dengan pengaturan grafis HD dan frame rates “high”. Mereka juga menguji gim ini dengan grafis kualitas HDR dan frame rate menjadi Ultra dan hasilnya gimnya lancar jaya. 

Untuk performa, tentu Redmi K20 Pro tidak perlu diragukan lagi. Nilai Antutu yang tinggi dan bisa memainkan gim PUBG Mobile di kualitas tinggi tentu adalah jaminan kalau HP ini memiliki performa yang tinggi. Terlebih Redmi K20 Pro memiliki fitur Game Turbo, fitur untuk menyederhanakan kinerja dan menyembunyikan notifikasi saat main gim. 

8. 3,5mm Audio Jack

redmi k20 pro

* sumber: carisinyal.com

Redmi K20 Pro memiliki kelebihan lain yang sederhana tapi penting, yakni kehadiran audio jack 3,5 mm. Mengapa ini penting? Karena saat ini semakin banyak HP yang mulai meninggalkan audio jack dan masih banyak orang yang membutuhkan audio jack 3,5 mm. 

Kekurangan Redmi K2O Pro

Ada beberapa kekurangan dari Redmi K20 Pro ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Respon Face Unlock yang Lambat

layar redmi k20 pro

* sumber: www.smartprix.com

Redmi K20 Pro memiliki sensor sidik jari di bawah layar dengan sistem optikal. Mengingat banyak HP lain yang menawarkan sensor sidik jari di bawah layar, hal ini jadi terlihat biasa. Terlebih untuk kelas harganya, wajar jika HP ini memiliki sensor sidik jari di bawah layar. 

Yang jadi masalah bukan soal sensor sidik jari di bawah layar, tapi sensor Face Unlock-nya. Ada apa dengan sensor face unlock atau face recognition?

Untuk diketahui, sensor sidik jari di bawah layar yang ada di HP ini memiliki kecepatan baca yang baik. Hal ini berbeda dengan fitur pengenalan wajahnya yang tergolong lambat. Kenapa lambat? Karena kehadiran kamera depan pop-up mengharuskan baca wajah sedikit lama. Yah karena harus menunggu kamera depan untuk muncul terlebih dulu.

Tentu hal ini berbeda dengan face unlock yang memakai kamera depan yang bukan tersembunyi. Jadi, bisa dibilang, kehadiran kamera pop-up bisa jadi kelebihan dan kekurangan tersendiri.

2. Tidak Ada OIS

redmi k20 pro

* sumber: www.yugatech.com

Kekurangan lain dari Redmi K20 Pro adalah tidak adanya fitur OIS di kameranya. Hal ini membuat rekaman video memakai HP ini kurang terasa stabil. Jika saja kameranya memiliki fitur OIS, sudah pasti hasil rekaman video lebih stabil.

Selain tidak memiliki OIS, kamera HP ini memiliki kekurangan lain di sektor kualitas rekaman video. Menurut GadgetsNDTV, kamera HP ini sudah mendukung resolusi 4K, hanya saja kualitas video 4K tidak terlalu baik.

Simpulan

Redmi K20 Pro tergolong bagus untuk kelas harganya. Performanya yang kencang, layar Super AMOLED, baterai berkapasitas besar, serta sektor kamera jadi keunggulan tersendiri dari HP ini. Kekurangan yang ada di HP ini masih bisa dimaklumi dan bukan jadi sesuatu yang fatal.

Redmi K20 Pro ini cocok dipilih untuk Anda yang butuh HP dengan chipset kencang di kelas harga terjangkau. Tertarik untuk meminang Redmi K20 Pro ini? Jika tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar