10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 (Xiaomi Mi 9T)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kamera 48 MP di Redmi K20 memakai sensor yang sama dengan kamera yang ada di Xiaomi Mi 9, yakni sensor Sony IMX586 48MP. Kamera kedua HP ini adalah kamera telefoto yang menawarkan sensor 8 MP. Kamera ini sudah mendukung PDAF dan 2x optical zoom. Sementara kamera ketiga adalah kamera ultrawide 13 MP.

Pengaturan kamera di HP ini sebenarnya sama saja dengan yang ada di Xiaomi Mi 9. Hanya saja perbedaan ukuran sensor tentu membuat hasil tangkapan kamera Xiaomi Mi 9 dan Redmi K20 berbeda.

Di Redmi K20, terdapat berbagai mode yang memang sudah familiar alias tidak berubah banyak dengan Xiaomi Mi 9. Ada pilihan mode kamera, mode zoom, mode HDR, AI, dan mode 48 MP. Oh yah, mode 48 MP ini bukan jadi bawaan karena kamera 48 MP pada HP ini sebenarnya adalah kamera 12 MP yang didukung dengan teknologi Quad Bayer.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera Redmi K20 ini? Simak contoh hasil tangkapan kamera dari HP ini.

Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*
Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*
Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*

Hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong bagus dan memiliki detail dan warna yang baik, terutama untuk kamera 12 MP alias 48 MP dalam mode Pro. Berdasarkan penuturan GSMArena, kontras foto yang dihasilkan baik, gambarnya tajam, dan memiliki dynamic range yang lebar.

Sayangnya, ketika diambil dalam mode PRO 48 MP, hasil tangkapan gambar tidak terlalu istimewa. Hasil foto memang memiliki resolusi penuh 48 MP tetapi tidak memiliki hasil yang terlalu spesial.

Khusus untuk kamera telefoto 8 MP, ternyata hasil yang didapatkan tergolong bagus. Namun, tidak sebagus kamera utama 12 MP alias kamera dengan sensor Sony IMX586 48MP. Sementara untuk kamera ultrawide 13 MP, hasil kualitas pixelnya lebih rendah tetapi tetap memiliki detail warna yang baik dan tingkat noise yang rendah.

Bagaimana dengan hasil tangkapan di kondisi malam hari? Berikut contoh hasil tangkapan HP ini di kondisi malam.

Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*
Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*
Hasil Contoh Foto Xiaomi Mi 9T
*

Masih menurut GSMArena, hasil tangkapan HP ini malam hari cenderung oke tetapi hasilnya kurang memuaskan. Terdapat banyak detail halus yang hilang akibat pengurangan noise yang terlalu agresif.  Namun, hasil berbeda ditunjukkan di mode malam.

Di pengaturan mode malam alias "night mode", hasil foto mampu menunjukan perbedaan yang cukup signifikan. Hasil foto menunjukkan pencahayaan yang tepat dan foto terlihat lebih detail. Memakai mode 48 MP, juga hasil foto tergolong bagus. Hal ini mengindikasikan kalau HP ini jelas memiliki kamera yang secara umum tergolong bagus.

7. Sensor Sidik Jari di Layar Cepat dan Akurat

Redmi K20

Redmi K20 sudah dibekali dengan teknologi sensor sidik jari di layar. Teknologi ini memang sudah jadi teknologi yang umum, bahkan HP kelas menengah juga banyak yang sudah memakai teknologi ini.

Masalahnya, tidak semua HP yang memiliki teknologi sidik jari di layar memiliki kinerja yang baik. Untungnya, Redmi K20 ternyata tidak termasuk kategori tersebut. Pengalaman penggunaan dari GSMArena membuktikan kalau Redmi K20 memiliki sensor sidik jari di layar yang cepat dan akurat dalam membaca sidik jari.

8. Ada 3.5mm Jack dan Fitur Lengkap

Ketika banyak HP kelas atas meninggalkan port 3.5mm audio jack, Redmi K20 justru malah masih mempertahankannya. Hal ini jelas membuat HP ini lebih menarik, terutama untuk pengguna yang butuh kehadiran port 3.5mm audio jack.

Selain kehadiran port 3.5mm audio jack, HP ini juga sudah memiliki fitur yang lengkap. HP yang MIUI 10 berbasis Android Pie ini sudah dibekali fitur NFC, fitur yang jarang hadir di HP Xiaomi. Selain itu, HP ini juga sudah mendukung USB Type-C.

Kekurangan Redmi K20 (Xiaomi Mi 9T)

Agak sulit menemukan kekurangan dari Redmi K20 ini. Karena memang HP ini hampir sempurna di kelas harganya. Tapi setidaknya ada dua poin kekurangan dari HP ini.

1. Hasil Tangkapan Foto Low-Light Kurang Nendang

Redmi K20
*

HP ini memiliki hasil tangkapan foto yang secara umum tergolong baik. Hanya saja, foto di malam hari , terutama memakai lensa telefoto dan ultrawide tergolong kurang memuaskan. Jadi, penggunaan kamera utama untuk kondisi malam dan memakai mode malam adalah pilihan terbaik.

Pendapat yang sama dikatakan oleh Ben Sin dari Forbes. Menurutnya, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong tajam dan baik. Hanya saja, kamera sedikit kesulitan dalam memotret kondisi di malam hari.

Hal yang sama terjadi pada kamera depan HP ini yang mengusung sensor 20 MP. Kamera depan HP ini memiliki kualitas foto yang sebenarnya bagus. Terlebih fotonya menggunakan sistem kamera tersembunyi. Hanya saja hasil tangkapan selfie memakai foto ini hasilnya bagus di kondisi cahaya yang cukup. 

Masih menurut Ben Sin dari Forbes, ketika selfie di kondisi gelap, hasil foto menunjukan dynamic range yang cenderung buruk. Hasilnya kalah dibandingkan iPhone XS atau OnePlus 7 Pro, meskipun hal ini tentu dapat dimaklumi mengingat kedua HP tersebut dibanderol dengan harga yang lebih mahal. 

2. Tidak Ada Wireless Charging dan Tidak Anti-Air

Agak sulit sebenarnya menemukan kekurangan dari Redmi K20 ini. Karena pada dasarnya HP ini bukan HP flagship sehingga kekurangan yang ada masih bisa dimaklumi. Namun, jika ingin dicari-cari, ketidakhadiran wireless charging tentu jadi kekurangan tersendiri. Selain itu, HP ini juga tidak mendukung fitur tahan air.

Simpulan

Redmi K20 merupakan HP yang tergolong menarik. Banyak kelebihan yang ditawarkan HP ini, malah HP ini lebih menarik jika dibandingkan Xiaomi Mi 9. Kekurangan yang ada di HP ini masih bisa dimaklumi sehingga membuat HP ini punya daya tarik tersendiri.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram