10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Xiaomi selaku salah satu brand smartphone asal Tiongkok merilis Redmi Note 11 Pro 5G di Indonesia pada 15 Maret 2022. Seri ini diluncurkan berbarengan dengan Redmi Note 11 dan Redmi Note 11 Pro.

Jika kita berkaca pada produk di bawah naungan nama Redmi Note series, tentu ada beberapa hal yang bisa diekspektasikan, misalnya saja performa yang kencang, fotografi unggul, dan juga baterai tahan seharian dengan fast charging mumpuni. Ya, Redmi Note series memang selalu hadir sebagai all-rounder yang bisa memuaskan siapa saja.

Lantas, wajar jika para penggiat gadget di Tanah Air pun mengharapkan hal serupa dengan Redmi Note 11 Pro 5G yang hadir di kuartal pertama tahun 2022 ini.

Apakah ia mampu menjadi sebuah all-rounder yang memenuhi ekspektasi Anda di kepala? Yuk cari tahu 10 kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11 pro 5G berikut ini!

Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 5G

redmi note 11 pro 5g_
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 5G

Jika membutuhkan HP di kelas mid-range dengan spesifikasi unggul, Redmi Note 11 Pro 5G bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan. Perhatikan beberapa poin kelebihannya berikut ini.

1. Kinerja Gaming yang Cukup Gahar di Kelasnya

redmi note 11 pro 5g

Redmi Note 11 Pro 5G hadir dengan chipset yang terbilang powerful di kelasnya, yakni Qualcomm Snapdragon 695 5G. Kendati hadir dari seri Snapdragon 6, kinerjanya sudah setara dengan Snapdragon 7 series. Lagipula, ia hadir dengan ukuran transistor 6 nanometer yang membuat efisiensi dayanya menjadi tinggi.

Mengacu pada konfigurasi prosesornya, Snapdragon 695 5G ini menghadirkan delapan inti CPU yang mencakup dua unit berkinerja tinggi Kryo 660 Gold berbasiskan Cortex A78 dengan kecepatan 2.2 GHz. Sedangkan, klaster keduanya merupakan enam inti hemat daya Kryo 660 Silver berbasiskan Cortex A55 yang punya frekuensi 1.7 GHz.

Redmi Note 11 Pro 5G hadir dengan tiga varian (RAM/Storage): 6/64 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB. Jenis RAM yang digunakan adalah LPDDR4X sedangkan memori internalnya berada pada standar UFS 2.2. Tidak lupa, tersedia juga slot microSD hibrida yang mendukung hingga kapasitas 1 TB.

Untuk melihat seberapa canggih performanya, mari menilik sekilas hasil pengujian benchmark yang dilansir dari GSM Arena. Disebutkan bahwa ponsel ini mampu meraih skor 2063 poin pada pengujian GeekBench 5 pada multi-core dan 688 pada single-core.

Lalu bagaimana performanya saat bermain game berat? Menurut video pengujian dari lctfix.net, ponsel ini masih sanggup memberikan gameplay yang playable pada Genshin Impact (pengaturan Low - 60 FPS). Kendati terjadi frame drop di beberapa adegan, tapi secara keseluruhan tidak mengganggu jalannya permainan.

Saat bermain di mode Highest, Anda akan merasakan frame rate yang mentok di 30 FPS saja. Kalau Anda tidak terlalu nitpicky, 30 FPS dengan sesekali frame drop masih mampu memberikan pengalaman yang mengasyikkan.

2. Kualitas Suara Stereo Speaker yang Nendang

redmi note 11 pro 5g stereo sepaker

Kabar baik bagi Anda yang suka menonton film dan mendengarkan lagu tanpa bantuan earphone. Pasalnya, ponsel akan mengeluarkan kualitas suara yang begitu imbang dan nendang berkat dual stereo speaker miliknya.

Kedua speaker yang dapat mengeluarkan suara pada frekuensi 24-bit/192kHz audio ini dinilai GSM Arena sebagai salah satu yang cukup baik di kelasnya. Dua speaker ini terletak di bagian bawah dan atas bodi.

Keduanya dianggap mampu hasilkan suara dengan kualitas seimbang dan simetris, tidak seperti ponsel-ponsel murah yang memaksakan untuk hadirkan stereo speaker, namun dengan kualitas yang "tidak beres".

Seperti pada pengujian Redmi Note 10 Pro, GSM Arena juga memberikan cap "Sangat Baik" pada kualitas speaker HP ini, dengan nada-nada tinggi yang lebih redengar dan kaya akan detil, serta suara dengan bass yang cukup terdengar baik.

Ditambah lagi, pengguna pun akan merasakan peningkatan suara speaker dari beragam aplikasi media berkat hadirnya Dolby Atmos. Redmi Note 11 Pro 5G mendapatkan skor -25.8 LUFS pada pengujian kelantangan suara.

3. Layar AMOLED Cerah dengan Refresh Rate 120 Hz

redmi note 11 pro 5g layar

Redmi Note 11 Pro 5G dilengkapi dengan layar panel AMOLED yang punya tingkat kecerahan tinggi. Bayangkan saja, ia mampu meraih high brightness mode sebesar 700 nit (tipikal) dan mampu tampilkan tingkat kecerahan puncak hingga 1200 nit.

Layar yang mengusung desain DotDisplay alias punch hole ini berada pada ukuran 6,67 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), berada pada aspek rasio 20:9 dan memiliki tingkat kerapatan piksel 395 ppi.

Untuk menjaga tampilan konten agar mampu mengeluarkan warna akurat, layar juga dirancang dengan mode gamut warna DCI-P3 serta hadirkan kontras rasio 4.500.000:1.

Anda pun dapat memilih tiga mode yang berbeda yakni Vivid yang tampilkan gamut DCI-P3, Saturated dengan gamut DCI-P3 yang hadirkan peningkatan saturasi, serta Standard dengan gamut warna sRGB.

Adapun refresh rate yang dihadirkannya adalah 120 Hz yang akan aktif ketika sedang melakukan aktivitas scrolling navigasi, medsos, bermain game, ataupun aplikasi-aplikasi yang memang mendukung. Namun saat sedang menonton konten video, refresh rate akan tetap berada di angka 60 Hz.

Menurut pengujian GSM Arena, layar Redmi Note 11 Pro 5G akan mencapai kecerahan hingga 470 nit saat slider dimaksimalkan secara manual, dan mampu mencapai kecerahan maksimal 746 nit saat berada pada mode Auto. Tingkat kecerahan ini tidak berbeda dengan varian 4G, dan merupakan salah satu yang tercerah dibanding para rival di harga yang sama.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram