carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Xiaomi selaku salah satu brand smartphone asal Tiongkok merilis Redmi Note 11 Pro 5G di Indonesia pada 15 Maret 2022. Seri ini diluncurkan berbarengan dengan Redmi Note 11 dan Redmi Note 11 Pro.

Jika kita berkaca pada produk di bawah naungan nama Redmi Note series, tentu ada beberapa hal yang bisa diekspektasikan, misalnya saja performa yang kencang, fotografi unggul, dan juga baterai tahan seharian dengan fast charging mumpuni. Ya, Redmi Note series memang selalu hadir sebagai all-rounder yang bisa memuaskan siapa saja.

Lantas, wajar jika para penggiat gadget di Tanah Air pun mengharapkan hal serupa dengan Redmi Note 11 Pro 5G yang hadir di kuartal pertama tahun 2022 ini.

Apakah ia mampu menjadi sebuah all-rounder yang memenuhi ekspektasi Anda di kepala? Yuk cari tahu 10 kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11 pro 5G berikut ini!

Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 5G

redmi note 11 pro 5g_
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 5G

Jika membutuhkan HP di kelas mid-range dengan spesifikasi unggul, Redmi Note 11 Pro 5G bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan. Perhatikan beberapa poin kelebihannya berikut ini.

1. Kinerja Gaming yang Cukup Gahar di Kelasnya

redmi note 11 pro 5g

Redmi Note 11 Pro 5G hadir dengan chipset yang terbilang powerful di kelasnya, yakni Qualcomm Snapdragon 695 5G. Kendati hadir dari seri Snapdragon 6, kinerjanya sudah setara dengan Snapdragon 7 series. Lagipula, ia hadir dengan ukuran transistor 6 nanometer yang membuat efisiensi dayanya menjadi tinggi.

Mengacu pada konfigurasi prosesornya, Snapdragon 695 5G ini menghadirkan delapan inti CPU yang mencakup dua unit berkinerja tinggi Kryo 660 Gold berbasiskan Cortex A78 dengan kecepatan 2.2 GHz. Sedangkan, klaster keduanya merupakan enam inti hemat daya Kryo 660 Silver berbasiskan Cortex A55 yang punya frekuensi 1.7 GHz.

Redmi Note 11 Pro 5G hadir dengan tiga varian (RAM/Storage): 6/64 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB. Jenis RAM yang digunakan adalah LPDDR4X sedangkan memori internalnya berada pada standar UFS 2.2. Tidak lupa, tersedia juga slot microSD hibrida yang mendukung hingga kapasitas 1 TB.

Untuk melihat seberapa canggih performanya, mari menilik sekilas hasil pengujian benchmark yang dilansir dari GSM Arena. Disebutkan bahwa ponsel ini mampu meraih skor 2063 poin pada pengujian GeekBench 5 pada multi-core dan 688 pada single-core.

Lalu bagaimana performanya saat bermain game berat? Menurut video pengujian dari lctfix.net, ponsel ini masih sanggup memberikan gameplay yang playable pada Genshin Impact (pengaturan Low - 60 FPS). Kendati terjadi frame drop di beberapa adegan, tapi secara keseluruhan tidak mengganggu jalannya permainan.

Saat bermain di mode Highest, Anda akan merasakan frame rate yang mentok di 30 FPS saja. Kalau Anda tidak terlalu nitpicky, 30 FPS dengan sesekali frame drop masih mampu memberikan pengalaman yang mengasyikkan.

2. Kualitas Suara Stereo Speaker yang Nendang

redmi note 11 pro 5g stereo sepaker

Kabar baik bagi Anda yang suka menonton film dan mendengarkan lagu tanpa bantuan earphone. Pasalnya, ponsel akan mengeluarkan kualitas suara yang begitu imbang dan nendang berkat dual stereo speaker miliknya.

Kedua speaker yang dapat mengeluarkan suara pada frekuensi 24-bit/192kHz audio ini dinilai GSM Arena sebagai salah satu yang cukup baik di kelasnya. Dua speaker ini terletak di bagian bawah dan atas bodi.

Keduanya dianggap mampu hasilkan suara dengan kualitas seimbang dan simetris, tidak seperti ponsel-ponsel murah yang memaksakan untuk hadirkan stereo speaker, namun dengan kualitas yang "tidak beres".

Seperti pada pengujian Redmi Note 10 Pro, GSM Arena juga memberikan cap "Sangat Baik" pada kualitas speaker HP ini, dengan nada-nada tinggi yang lebih redengar dan kaya akan detil, serta suara dengan bass yang cukup terdengar baik.

Ditambah lagi, pengguna pun akan merasakan peningkatan suara speaker dari beragam aplikasi media berkat hadirnya Dolby Atmos. Redmi Note 11 Pro 5G mendapatkan skor -25.8 LUFS pada pengujian kelantangan suara.

3. Layar AMOLED Cerah dengan Refresh Rate 120 Hz

redmi note 11 pro 5g layar

Redmi Note 11 Pro 5G dilengkapi dengan layar panel AMOLED yang punya tingkat kecerahan tinggi. Bayangkan saja, ia mampu meraih high brightness mode sebesar 700 nit (tipikal) dan mampu tampilkan tingkat kecerahan puncak hingga 1200 nit.

Layar yang mengusung desain DotDisplay alias punch hole ini berada pada ukuran 6,67 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), berada pada aspek rasio 20:9 dan memiliki tingkat kerapatan piksel 395 ppi.

Untuk menjaga tampilan konten agar mampu mengeluarkan warna akurat, layar juga dirancang dengan mode gamut warna DCI-P3 serta hadirkan kontras rasio 4.500.000:1.

Anda pun dapat memilih tiga mode yang berbeda yakni Vivid yang tampilkan gamut DCI-P3, Saturated dengan gamut DCI-P3 yang hadirkan peningkatan saturasi, serta Standard dengan gamut warna sRGB.

Adapun refresh rate yang dihadirkannya adalah 120 Hz yang akan aktif ketika sedang melakukan aktivitas scrolling navigasi, medsos, bermain game, ataupun aplikasi-aplikasi yang memang mendukung. Namun saat sedang menonton konten video, refresh rate akan tetap berada di angka 60 Hz.

Menurut pengujian GSM Arena, layar Redmi Note 11 Pro 5G akan mencapai kecerahan hingga 470 nit saat slider dimaksimalkan secara manual, dan mampu mencapai kecerahan maksimal 746 nit saat berada pada mode Auto. Tingkat kecerahan ini tidak berbeda dengan varian 4G, dan merupakan salah satu yang tercerah dibanding para rival di harga yang sama.

4. Konektivitas Lengkap

redmi note 11 pro 5g konektivitas

Anda mungkin sudah menyangka kalau Redmi Note 11 Pro 5G dihadirkan dengan konektivitas cukup lengkap. Pasalnya, rata-rata HP Xiaomi memang begitu, mau itu ponsel kelas entry level, menengah, ataupun flagship sekalipun.

HP ini dihadirkan dengan 3.5 mm audio jack port, sehingga Anda tidak perlu pakai adapter untuk menghubungkan earphone. Selain itu, terdapat konektivitas WiFi Dual Band 802.11 a/b/g/n/ac alias WiFi 5 untuk kecepatan internet yang cukup tinggi.

Seperti kebanyakan HP Xiaomi lainnya, tentu saja Anda dapat menikmati fitur infrared port di Redmi Note 11 Pro 5G. Fitur ini cukup penting untuk dimiliki, terlebih jika Anda ingin mengontrol TV dan AC pada satu perangkat yang sama.

Belum lagi, ponsel ini juga turut hadir dengan NFC (Near Field Communication), sehingga dapat mengecek saldo eToll atau eMoney dengan hanya menempelkan kartu pada bodi belakang HP.

5. Baterai Super Awet dan Fast Charging yang Ngebut

redmi note 11 pro 5g baterai

Sebagai salah satu anggota ponsel Xiaomi, Anda tentu dapat mengharapkan kinerja baterai unggulan pada Redmi Note 10 Pro 5G ini. Seperti varian LTE-nya, ia pun hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang dijamin mampu tahan seharian penuh pada kondisi penggunaan normal.

Jika menilik dari penggunaan chipset Snapdragon 695 5G yang dibangun atas fabrikasi 6 nanometer dan layarnya yang gunakan panel AMOLED, ponsel Redmi Note 11 Pro 5G ini dijamin bisa meraih durasi penggunaan yang lebih panjang dari sebagian besar rivalnya.

Benar saja, menurut pengujian GSM Arena, HP ini meraih endurance rating sebesar 115 jam dengan durasi panggilan telepon 3G selama 33 jam 34 menit, berselancar di dunia maya selama 13 jam 31 menit, dan pemutaran video playback selama 19 jam 51 menit.

Durasi ini tidak sebaik Redmi Note 11 Pro 4G dengan endurance rating 118 jam. Namun sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Lagipula, Redmi Note 11 Pro 5G ini juga suguhkan fast charging 67 W yang luar biasa ngebut.

Untuk mencapai kondisi baterai 100% saja, ponsel ini hanya perlu dicas selama 45 menit! Durasi pengisian yang cepat, bukan? Selain itu, waktu pengisian dari nol selama 30 menit akan meraih kondisi baterai 74%.

Redmi Note 11 Pro 5G dinilai memiliki kemampuan fast charging yang lebih baik dibanding realme 9 Pro yang perlu dicas selama 1 jam 14 menit dan realme 9 Pro+ dengan durasi 48 menit untuk mencapai full battery.

6. Desain Bodi yang Atraktif dan Tahan Percikan Air

redmi note 11 pro 5g desain bodi atraktif

Bagi Anda yang menyukai ponsel berdesain ciamik, Redmi Note 11 Pro 5G akan menjadi pilihan yang cocok. Semua seri Redmi Note 11 tampil dengan desain bodi yang nyaris sama, dengan beberapa perbedaan yang terletak pada dimensi bodinya saja.

Pada Redmi Note 11 Pro 5G, Anda dapat mengekspektasikan sensasi sejuk saat menggenggam ponsel ini. Pasalnya, bodi terbuat dari kaca pada bagian depan dan belakangnya, dan memiliki tekstur finishing matte yang halus dan terasa enak saat disentuh.

Meskipun berlayar AMOLED, ponsel ini menghadirkan sensor pemindai sidik jari di samping, menyatu dengan tombol daya. Setidaknya ini lebih baik ketimbang sensor di punggung yang akan membuat bodi belakang tidak terlihat bersih.

Di bagian layarnya, telah dilapisi sebuah kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang tidak hanya dapat menjaga layar dari kerusakan akibat tergores, melainkan saat terjatuh juga.

Redmi Note 11 Pro 5G juga kini mengusung desain panel belakang yang datar. Berbeda dengan Redmi Note 10 Series yang melengkung. Juga, bingkai pada HP yang terbuat dari plastik ini memiliki bentuk datar juga alih-alih curved.

Tak hanya terlihat atraktif dan nyaman di tangan, bodi Redmi Note 11 Pro 5G juga diberikan pengamanan ekstra terhadap percikan air berkat hadirnya sertifikasi IP53.

Walau tidak membuatnya tahan air sepenuhnya, setidaknya sertifikasi IP53 tersebut mampu melindungi HP dari kerusakan akibat terkena tetesan air minum dan air hujan. Jika mencari alternatif dengan IP Rating lebih unggul, bisa pertimbangkan Samsung Galaxy A52 yang sudah mengantongi IP67.

Ponsel Xiaomi yang satu ini juga memiliki dimensi 164,2 x 76,1 x 8,1 mm untuk panjang, lebar, dan ketebalannya. Kemudian, bobotnya berkisar di angka 202 gram yang notabene bukan termasuk dalam bobot teringan di harganya. Namun, hal ini tetap tidak mengurangi kenyamanan pengguna dalam menggenggamnya berkat material premium.

Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G

Tidak hanya hadir dengan kelebihan, Redmi Note 11 Pro 5G juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum membelinya yakni sebagai berikut.

1. Fotografi Alami Penurunan

redmi note 11 pro 5g fotografi alami penurunan

Walaupun ponsel ini hadir dengan kamera utama beresolusi tinggi yakni 108 MP, nyatanya hasil fotonya tidak sebaik yang diharapkan.

Lensa utamanya merupakan kamera Samsung ISOCELL HM2 beresolusikan 108 MP dengan ukuran sensor 1/1.52 inci, menggunakan filter warna Nona Bayer yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu.

Kemudian, kamera kedua menggunakan sensor 8 MP Sony IMX355 dengan bukaan apertur f/2.2. Kamera ketiga andalkan kamera makro GalaxyCore GC02M1 dengan resolusi 2 MP untuk mengambil foto close up pada objek kecil pada jarak 4 cm. Sayangnya, sensor makro ini alami penurunan dibandingkan kamera makro telefoto pada Redmi Note 10 Pro.

Karena menggunakan teknologi filter warna pixel binning 9-in-1, hasil output secara default yang Anda dapatkan adalah 12 MP.

Secara teori, hal ini memungkinkan penyerapan lebih banyak cahaya untuk hasilkan foto lebih detil dan jernih. Akan tetapi, saat diujikan GSM Arena, foto-foto Redmi Note 11 Pro 5G alami kendala noise dengan algoritme penajaman yang justru membuatnya terlihat semakin buruk.

Redmi Note 11 Pro 5G, Mode Auto 12 MP
Redmi Note 11 Pro 5G, Mode Auto 12 MP
Redmi Note 11 Pro 5G, Ultrawide
Redmi Note 11 Pro 5G, Ultrawide
Redmi Note 11 Pro 5G, Night Mode
Redmi Note 11 Pro 5G, Night Mode

Setelah melihat sampel-sampel di atas, kini tinggal Anda yang tentukan apakah hasil fotonya terbilang bagus di mata Anda atau tidak.

Sebenarnya, Anda masih bisa gunakan mode 108 MP yang hasilkan foto berukuran 20 MB, lalu di-crop bagian tengahnya atau di-resize untuk hasilkan foto yang lebih detil dan minim noise, tanpa campur tangan post-processing yang disinyalir memperburuk kualitas foto mode 12 MP. Tapi hal ini dinilai terlalu ribet untuk dilakukan.

2. Minim Peningkatan Ketimbang Generasi Sebelumnya

redmi note 11 pro 5g minim peningkatan

Jika Anda berniat "hijrah" dari Redmi Note 10 Pro 5G ke generasi berikutnya ini, kami tidak menyarankan Anda untuk melakukannya. Sebab, Anda hanya akan menikmati peningkatan yang sedikit.

Bahkan jika dilihat dari performanya, penggunaan SoC Snapdragon 695 5G tidak dapat dikatakan sebagai peningkatan drastis ketimbang Snapdragon 732G yang dimiliki Redmi Note 10 Pro. Juga, konfigurasi kameranya sama sekali tidak berubah dari pendahulunya ini.

Malahan, Redmi Note 11 Pro 5G justru malah memiliki beberapa minus, seperti minimnya slot terpisah untuk memori eksternal dan malah hadirkan Dual SIM Slot Hybrid.

Satu-satunya peningkatan yang layak dinanti-nantikan adalah fast charging yang kini meningkat dari 33 W menjadi 67 W, serta jaringan seluler 5G. But that's it. Sisalnya, Anda benar-benar tidak akan merasakan peningkatan apa pun, padahal kedua ponsel ini dirilis dengan jarak waktu terpaut satu tahun penuh. Belum lagi, sebenarnya masih banyak HP 5G 4 jutaan lain yang lebih layak dimiliki.

3. Tidak Ada Perekaman 4K dan Gyro-EIS

redmi note 11 pro 5g tanpa 4k

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Redmi Note 11 Pro 5G ini menghadirkan hasil foto yang tidak begitu menawan dibandingkan beberapa rivalnya. Hal ini semakin diperparah dengan kenyataan bahwa kamera belakang dan depan hanya dapat merekam hingga resolusi 1080p saja.

Tentu ini sebuah kabar kurang mengenakkan, terlebih di saat Redmi Note 10 Pro yang jadi pendahulunya saja sudah mendukung resolusi 4K. Dan lagi, di harganya yang sekitar 4 jutaan, Anda pun tidak akan mendapatkan fitur gyro-EIS yang penting untuk hasilkan video dengan kualitas baik tanpa adanya efek shaky.

Barangkali minimnya dukungan 4K tidak akan menjadi deal-breaker bagi Anda. Toh, video 4K hanya dibutuhkan jika Anda berniat menampilkannya di TV atau monitor berukuran besar.

Akan tetapi, gyro-EIS dan OIS sebenarnya merupakan dua hal penting, terlebih untuk kreator konten atau penggiat medsos yang sering update Instagram Stories.

4. Hadirkan Chipset Inferior

Qualcomm Snapdragon

Kendati Snapdragon 695 5G termasuk ke dalam chipset yang gahar di kelasnya, tetap saja ada beberapa hal darinya yang membuatnya kalah saing dibanding beberapa rivalnya.

Meskipun kinerjanya lebih baik dibanding Snapdragon 720G, nyatanya ia hadirkan beberapa kekurangan yang ujungnya membatasi kemampuan ponsel di sisi kamera.

Pasalnya, Snapdragon 695 5G ini hanya mendukung perekaman video 4K saja, dan inilah yang mengakibatan kamera Redmi Note 11 Pro 5G hanya mampu merekam 1080p saja terlepas hadir dengan sensor beresolusi tinggi.

Juga, kemampuan GPU Adreno 619 miliknya disebut-sebut punya performa yang tidak meningkat ketimbang Adreno 618 pada chipset Snapdragon 732G yang mengotaki Redmi Note 10 Pro. Padahal, konsumen pasti mengharapkan adanya peningkatan gaming dari setiap iterasi berikutnya.

Ditambah lagi, dengan harga awal yang berkisar di angka 4 jutaan, Anda sebenarnya bisa mendapatkan ponsel lain dengan kinerja yang lebih tinggi misalnya saja Samsung Galaxy A52 dengan Snapdragon 750G 5G, atau bahkan POCO X3 GT dengan chipset flagship MediaTek Dimensity 1100 5G.

Simpulan

Redmi Note 11 Pro 5G dirilis di Tanah Air mulai dari harga Rp4,7 juta. Harga yang tergolong menarik tentunya. Menilik harganya, ini adalah ponsel yang layak dipilih jika Anda mencari konektivitas lengkap dengan kemampuan layar yang punya kecerahan tinggi.

Selain itu, baterainya yang berkapasitas besar dan fast charging cepat membuatnya tampak seperti HP flagship. Kamera 108 MP miliknya juga cukup oke untuk dimiliki, walau memang hasil kualitas fotonya tidak sebaik Redmi Note 10 Pro dengan konfigurasi kamera yang serupa.

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya, kini Anda yang tentukan apakah HP ini cocok atau tidak untuk kebutuhan sehari-hari. Tertarik membeli Redmi Note 11 Pro5G?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram