10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11s yang Wajib Dibaca

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Redmi Note 11s merupakan satu dari empat ponsel Redmi Note 11 Series yang diluncurkan Xiaomi secara global pada Januari 2022. Ponsel ini hadir sebagai penerus Redmi Note 10s.

Pada dasarnya, Redmi Note 11s memiliki penampakan yang sama dengan Redmi Note 11. Kedua HP memiliki ciri khas desain bodi dengan rangka datar (flat). Yang membedakan Redmi Note 11s dengan saudara kandungnya itu ada di chipset dan kamera.

Namun, dalam artikel ini, Carisinyal tidak akan membahas dua sektor itu. Yang akan kami sajikan kali ini adalah apa saja kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11s. Buat Anda yang penasaran dengan HP ini, simak ulasannya sampai kelar!

Spesifikasi Redmi Note 11s

Redmi Note 11S
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Redmi Note 11s

Ponsel Redmi dengan akhiran "s" biasanya lebih sip daripada model regulernya. Demikian pula yang terjadi pada Redmi Note 11s. Untuk mengetahui seberapa sip HP ini, berikut poin-poin kelebihannya yang dapat kami jabarkan.

1. Desain

redmi note 11s

Cukup sulit untuk membedakan ponsel merek satu dengan ponsel merek lain pada masa sekarang. Ponsel masa kini tak seperti ponsel dekade 2000-an. Ketika itu, produsen berlomba-lomba untuk menciptakan bentuk yang seunik mungkin, walaupun fungsinya itu-itu saja.

Ponsel masa kini memiliki bentuk yang begitu-begitu saja, tetapi fungsinya berlimpah. Tampaknya form factor batu sabak (slate) yang diadopsi ponsel masa kini cukup membatasi ruang kreativitas produsen untuk menciptakan desain nyeleneh.

Meski demikian, fenomena seperti ini terjadi salah satunya karena permintaan konsumen. Maka tak heran bila sebuah brand membuat ngetren suatu desain, brand kompetitor kemudian akan mengikutinya.

Redmi Note 11s pun kini mengikuti tren desain flat (datar) yang sedang hype pada 2022. Bagian dari ponsel ini yang dibikin datar adalah rangka alias frame-nya. Bagian tepi penutup belakangnya sih masih memiliki lengkungan.

Tidak ada yang salah dari rangka flat. Sebagian konsumen bahkan menyukainya karena menciptakan kesan minimalis dan tegas. Penguji 91 Mobiles, Kshitij Pujari, mengaku suka dengan desain Redmi Note 11s berkat rangka datarnya itu.

Apalagi, menurut dia, HP ini juga punya penampilan yang bersih dan enak digenggam. Kesan nyaman saat digenggam timbul karena penutup belakang si ponsel memiliki polesan matte. Untuk diketahui, varian warna yang dites Pujari adalah Graphite Gray.

Selain Graphite Gray, tersedia pula varian Pearl White dan Twilight Blue. Sementara itu, Roydon Cerejo dari Gadgets 360 menilai build quality Redmi Note 11 bagus walaupun bodinya terbuat dari bahan plastik. Adapun dimensi HP ini tidaklah besar, 159.87 x 73.87 x 8.09.

Bobotnya pun hanya 179 gram yang tergolong ringan. Lebih lanjut, HP ini memiliki sertifikasi IP53 yang berarti tahan debu dan percikan air. Proteksi tahan goresan dari kaca Gorilla Glass 3 terdapat di bagian layar si HP.

2. Tampilan

redmi note 11s

Ukuran dan teknologi layar yang dipakai Redmi Note 11s sama seperti Redmi Note 10s. Layar 6,43 inci yang dipakai untuk sektor tampilan HP ini masih memakai panel AMOLED dengan lubang kamera di tengah atas.

Resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan kepadatan piksel 409 ppi. Yang beda, layar AMOLED Redmi Note 11s kini mendukung refresh rate tinggi 90 Hz. Hal ini membuat animasi di layarnya terasa mulus, baik saat bernavigasi maupun menjalankan gim tertentu.

Hanya saja, pengguna belum mendapatkan fitur refresh rate adaptif di HP ini. Pengguna mesti memilih untuk menyetel secara konstan refresh rate layar antara 90 Hz dan 60 Hz. Jika ingin baterai lebih awet, pilihlah setelan 60 Hz.

Lebih lanjut, touch sampling rate-nya tembus 180 Hz yang membuat layar cukup responsif. Xiaomi mengeklaim bahwa layar Redmi Note 11 mampu menampilkan warna cukup luas dan masuk dalam rentang DCI-P3.

Para penguji pun mengaku puas dengan kualitas layar Redmi Note 11s karena warna yang ditampilkan pekat dan tajam. Ewdison Then dari Slashgear pun berkata demikian. Bahkan dia juga memuji layar HP ini karena keterbacaannya di luar ruangan bagus.

Apa yang dirasakan Ewdison Then mengonfirmasi bahwa tingkat kecerahan layar Redmi Note 11 memang tinggi. Xiaomi menyebut layar si ponsel mampu meraih tingkat kecerahan 700 nit pada mode kecerahan tinggi, dan 1000 nit pada mode kecerahan otomatis.

Adapun layar HP ini belum mendukung pemutaran konten HDR10+. Meski begitu, sertifikasi Widevine L1 sudah ada. Pengguna pun bisa menyetel film dari Netflix, Disney Plus, Amazon Prime dan platfrom sejenis pada resolusi Full HD.

3. Performa

redmi note 11s

Sektor dapur pacu menjadi pembeda pertama antara Redmi Note 11 dan Redmi Note 11s. Jika Redmi Note 11 memakai SoC Snapdragon 680 dari Qualcomm, Redmi Note 11s menggunakan Helio G96 bikinan MediaTek.

MediaTek Helio G96 sebetulnya mirip-mirip dengan MediaTek Helio G95 yang digunakan Redmi Note 10s. Hal itu lantaran kedua SoC 12 nm tersebut memiliki konfigurasi CPU serupa, yakni dua Cortex A76 dan enam Cortex A55. Masing-masing klaster disetel pada frekuensi 2,05 Ghz dan 2,0 Ghz.

Akan tetapi, GPU dan ISP yang digunakan G96 dan G95 berbeda. GPU yang dikandung Helio G96 adalah Mali-G57 MC2 yang punya frekuensi 850 Mhz. GPU tersebut sedikit lebih rendah ketimbang Mali-G76 MC4 (900 MHz) milik Helio G95.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram