carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11s yang Wajib Dibaca

Redmi Note 11s merupakan satu dari empat ponsel Redmi Note 11 Series yang diluncurkan Xiaomi secara global pada Januari 2022. Ponsel ini hadir sebagai penerus Redmi Note 10s.

Pada dasarnya, Redmi Note 11s memiliki penampakan yang sama dengan Redmi Note 11. Kedua HP memiliki ciri khas desain bodi dengan rangka datar (flat). Yang membedakan Redmi Note 11s dengan saudara kandungnya itu ada di chipset dan kamera.

Namun, dalam artikel ini, Carisinyal tidak akan membahas dua sektor itu. Yang akan kami sajikan kali ini adalah apa saja kelebihan dan kekurangan Redmi Note 11s. Buat Anda yang penasaran dengan HP ini, simak ulasannya sampai kelar!

Spesifikasi Redmi Note 11s

Redmi Note 11S
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Redmi Note 11s

Ponsel Redmi dengan akhiran "s" biasanya lebih sip daripada model regulernya. Demikian pula yang terjadi pada Redmi Note 11s. Untuk mengetahui seberapa sip HP ini, berikut poin-poin kelebihannya yang dapat kami jabarkan.

1. Desain

redmi note 11s

Cukup sulit untuk membedakan ponsel merek satu dengan ponsel merek lain pada masa sekarang. Ponsel masa kini tak seperti ponsel dekade 2000-an. Ketika itu, produsen berlomba-lomba untuk menciptakan bentuk yang seunik mungkin, walaupun fungsinya itu-itu saja.

Ponsel masa kini memiliki bentuk yang begitu-begitu saja, tetapi fungsinya berlimpah. Tampaknya form factor batu sabak (slate) yang diadopsi ponsel masa kini cukup membatasi ruang kreativitas produsen untuk menciptakan desain nyeleneh.

Meski demikian, fenomena seperti ini terjadi salah satunya karena permintaan konsumen. Maka tak heran bila sebuah brand membuat ngetren suatu desain, brand kompetitor kemudian akan mengikutinya.

Redmi Note 11s pun kini mengikuti tren desain flat (datar) yang sedang hype pada 2022. Bagian dari ponsel ini yang dibikin datar adalah rangka alias frame-nya. Bagian tepi penutup belakangnya sih masih memiliki lengkungan.

Tidak ada yang salah dari rangka flat. Sebagian konsumen bahkan menyukainya karena menciptakan kesan minimalis dan tegas. Penguji 91 Mobiles, Kshitij Pujari, mengaku suka dengan desain Redmi Note 11s berkat rangka datarnya itu.

Apalagi, menurut dia, HP ini juga punya penampilan yang bersih dan enak digenggam. Kesan nyaman saat digenggam timbul karena penutup belakang si ponsel memiliki polesan matte. Untuk diketahui, varian warna yang dites Pujari adalah Graphite Gray.

Selain Graphite Gray, tersedia pula varian Pearl White dan Twilight Blue. Sementara itu, Roydon Cerejo dari Gadgets 360 menilai build quality Redmi Note 11 bagus walaupun bodinya terbuat dari bahan plastik. Adapun dimensi HP ini tidaklah besar, 159.87 x 73.87 x 8.09.

Bobotnya pun hanya 179 gram yang tergolong ringan. Lebih lanjut, HP ini memiliki sertifikasi IP53 yang berarti tahan debu dan percikan air. Proteksi tahan goresan dari kaca Gorilla Glass 3 terdapat di bagian layar si HP.

2. Tampilan

redmi note 11s

Ukuran dan teknologi layar yang dipakai Redmi Note 11s sama seperti Redmi Note 10s. Layar 6,43 inci yang dipakai untuk sektor tampilan HP ini masih memakai panel AMOLED dengan lubang kamera di tengah atas.

Resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan kepadatan piksel 409 ppi. Yang beda, layar AMOLED Redmi Note 11s kini mendukung refresh rate tinggi 90 Hz. Hal ini membuat animasi di layarnya terasa mulus, baik saat bernavigasi maupun menjalankan gim tertentu.

Hanya saja, pengguna belum mendapatkan fitur refresh rate adaptif di HP ini. Pengguna mesti memilih untuk menyetel secara konstan refresh rate layar antara 90 Hz dan 60 Hz. Jika ingin baterai lebih awet, pilihlah setelan 60 Hz.

Lebih lanjut, touch sampling rate-nya tembus 180 Hz yang membuat layar cukup responsif. Xiaomi mengeklaim bahwa layar Redmi Note 11 mampu menampilkan warna cukup luas dan masuk dalam rentang DCI-P3.

Para penguji pun mengaku puas dengan kualitas layar Redmi Note 11s karena warna yang ditampilkan pekat dan tajam. Ewdison Then dari Slashgear pun berkata demikian. Bahkan dia juga memuji layar HP ini karena keterbacaannya di luar ruangan bagus.

Apa yang dirasakan Ewdison Then mengonfirmasi bahwa tingkat kecerahan layar Redmi Note 11 memang tinggi. Xiaomi menyebut layar si ponsel mampu meraih tingkat kecerahan 700 nit pada mode kecerahan tinggi, dan 1000 nit pada mode kecerahan otomatis.

Adapun layar HP ini belum mendukung pemutaran konten HDR10+. Meski begitu, sertifikasi Widevine L1 sudah ada. Pengguna pun bisa menyetel film dari Netflix, Disney Plus, Amazon Prime dan platfrom sejenis pada resolusi Full HD.

3. Performa

redmi note 11s

Sektor dapur pacu menjadi pembeda pertama antara Redmi Note 11 dan Redmi Note 11s. Jika Redmi Note 11 memakai SoC Snapdragon 680 dari Qualcomm, Redmi Note 11s menggunakan Helio G96 bikinan MediaTek.

MediaTek Helio G96 sebetulnya mirip-mirip dengan MediaTek Helio G95 yang digunakan Redmi Note 10s. Hal itu lantaran kedua SoC 12 nm tersebut memiliki konfigurasi CPU serupa, yakni dua Cortex A76 dan enam Cortex A55. Masing-masing klaster disetel pada frekuensi 2,05 Ghz dan 2,0 Ghz.

Akan tetapi, GPU dan ISP yang digunakan G96 dan G95 berbeda. GPU yang dikandung Helio G96 adalah Mali-G57 MC2 yang punya frekuensi 850 Mhz. GPU tersebut sedikit lebih rendah ketimbang Mali-G76 MC4 (900 MHz) milik Helio G95.

Soal ISP, Helio G96 mendukung kamera dengan resolusi 108 MP. Sementara itu, Helio G95 hanya bisa dipasangi kamera dengan resolusi tertinggi 64 MP.

Pada Redmi Note 11s versi global, Helio G96 didampingi RAM dan memori internal 6/64 GB, 6/128 GB, serta 8/128 GB. Jenis RAM-nya adalah LPDDR4X, sedangkan memori internalnya adalah UFS 2.2.

Dalam penggunaan sehari-hari, Redmi Note 11s mampu menghadirkan performa yang apik. Manas Tiwari dari India Today mengaku tidak menjumpai kegagapan ketika si ponsel menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu. Hal yang sama ia temui saat sekadar streaming video atau membalas pesan.

Nah, soal performa gaming, Redmi Note 11s cukup bisa diandalkan. Gim-gim populer masa kini semacam PUBG Mobile, Call of Duty Mobile dapat dijalankan dengan lancar pada setelan grafis menengah.

Menurut pengalaman Shruti Dhapola dari Indian Express, gim super berat Genshin Impact masih bisa dijalankan dengan lancar oleh HP ini. Tidak ada lag, tidak ada pula jeda antara sentuhan jari ke layar dan respons karakter.

Dhapola tidak menjelaskan setelan grafis apa yang ia pakai saat memainkan Genshin Impact. Namun, kami meyakini bukan setelan grafis tertinggi yang dipakai. Dhapola hanya bilang bahwa si ponsel jadi hangat setelah memainkan Genshin Impact lebih dari satu jam.

Buat Anda yang penasaran dengan skor benchmark sintetis Redmi Note 11s, berikut kami sertakan hasil pengujian yang dilakukan oleh Kshitij Pujari. Skor yang dihasilkan umumnya sudah cukup baik.

redmi note 11s ujiSumber: 91 Mobiles

Pada aplikasi GeekBench 5, skor single-core HP ini adalah 523, dengan skor multi-core 1817. Sementara itu, kemampuan grafisnya pada aplikasi 3D Mark Wild Life meraih skor 1088 dengan rerata fps 6,5. Lalu skor keseluruhan AnTuTu 9 HP ini adalah 315.080.

4. Kamera

redmi note 11s

Alasan lain kenapa Redmi Note 11s dipasangi SoC MediaTek Helio G96 adalah agar bisa memakai kamera utama dengan sensor 108 MP. Xiaomi bilang, sensor yang dipakai adalah Samsung ISOCELL HM2 dengan ukuran 1/1,52 inci.

Sensor ini bisa menghasilkan satu piksel gambar berukuran 0,7 mikrometer. Namun, saat digabung menggunakan teknik 9-in-1 binning pixel, ukuran tiap piksel gambar meningkat jadi 2,1 mikrometer.

Artinya, dalam mode default, satu foto yang dijepret oleh kamera utama HP ini sebetulnya memiliki resolusi 108 MP dibagi 9 yaitu 12 MP. Fitur menjepret dengan resolusi 108 MP tentunya akan jarang Anda gunakan, kecuali saat Anda iseng butuh foto dengan detail ekstra.

Adapun kamera utama Redmi Note 11s didukung lensa 26 mm dan bukaan f/1.9. Terdapat tiga kamera lain yang menemani kamera utama tersebut.

Mulai dari kamera ultra-wide 8 MP, f/2.2, kamera makro 2 MP, f/2.4, dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4. Selain itu, ada satu lampu flash. Nah, di bagian depan ada satu kamera selfie 16 MP, f/2.4.

Kualitas foto jepretan kamera Redmi Note 11s pada dasarnya bagus. Kata Saurabh Singh dari Financial Express, karakter warnanya mirip seperti Redmi Note 11. Hanya, lanjut dia, hasil foto secara keseluruhan tentu lebih baik Redmi Note 11s.

Lebih-lebih saat foto dijepret pada kondisi pencahayaan baik. Manas Tiwari juga bilang demikian soal jepretan kamera utama Redmi Note 11s. Menurut Tiwari, fotonya tajam dan cerah.

Ia pun suka dengan foto yang diambil oleh kamera ultra-wide dan kamera selfie si ponsel. Akan tetapi, Tiwari tidak terlalu terkesan dengan foto kamera makro Redmi Note 11s.

Sementara itu, menurut Saurabh Singh, foto low light kamera HP ini semestinya bisa lebih baik lagi. Namun, saat dia memakai mode malam, kecerahan meningkat dan foto pun layak untuk dipublikasikan di media sosial. Berikut contoh jepretan kamera Redmi Note 11s:

redmi note 11sSumber: India Today
indoor redmi note 11sSumber: India Today
ultrawide redmi note 11sSumber: India Today
selfie redmi note 11sSumber: India Today

5. Baterai

redmi note 11s

Ukuran baterai Redmi Note 11s besar, yakni 5000 mAh. Ukuran tersebut tak disangka-sangka bisa disematkan ke dalam bodi ponsel, padahal bobotnya terbilang cukup ringan. Manfaat yang didapat dari baterai berkapasitas besar tentu saja daya tahannya.

Berdasarkan pengalaman Kshitij Pujari, Redmi Note 11s bisa bertahan satu hari penuh. Daya tahan tersebut bisa diperoleh kendati ponsel dipakai untuk menyelesaikan tugas berat.

Xiaomi membekali HP ini dengan teknologi pengisian cepat 33W. Charger 33W disertakan dalam paket penjualan. Ewdison Then lalu coba mengetes kecepatan pengisiannya. Hasilnya, baterai dengan sisa 20% bisa terisi penuh dalam waktu 41 menit saja. Cukup cepat, bukan?

6. Speaker, Port, dan Sensor

redmi note 11s

Sama seperti pendahulunya, Redmi Note 11s datang dengan speaker berkonfigurasi stereo. Speaker utama terletak di bagian bawah, sedangkan speaker sekunder menyatu dengan earpiece di sisi atas.

Kualitas suara yang dikeluarkan sih biasa saja. Pasalnya, Roydon Cerejo menyebut dua speaker HP ini belum seimbang, sebab speaker bawah punya keluaran suara lebih jelas. Kemudian, menurut Ewdison Then, elemen bass terasa samar. Suaranya pun tipis pada volume tinggi.

Namun demikian, Anda memang tidak boleh berharap banyak pada speaker stereo HP di level terjangkau. Speaker stereo setidaknya bisa menciptakan dinamika, sehingga suara yang timbul lebih hidup.

JIka pengguna kurang puas dengan keluaran suara speaker si ponsel, masih ada audio jack 3,5 mm yang bisa dimanfaatkan. Dengan colokan ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman audio yang lebih asyik. Terlebih Redmi Note 11s mendukung pemutaran audio resolusi tinggi via headset berkabel.

Sementara itu, pengguna tak perlu khawatir jika koleksi lagu dan film, dan videonya bikin sesak ruang simpan HP. Masalah ini bisa diselesaikan dengan memasang kartu microSD, maksimal 1 TB. Slot microSD HP ini bersifat khusus, yang artinya terpisah dari dua slot kartu SIM.

Adapun Redmi Note 11s juga cocok dipasangkan dengan headset VR yang meningkatkan pengalaman bermain, khususnya jika pengguna memainkan gim seperti Pokemon Go. Headset VR bisa dipasang karena HP ini punya sensor giroskop untuk membaca arah orientasi.

Selain giroskop, Redmi Note 11s juga punya sensor akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, fingerprint, dan tidak ketinggalan infrared. Untuk NFC, sebagian negara tujuan pemasaran HP ini mendapat fitur tersebut.

Kekurangan Redmi Note 11s

Manusia memang tidak boleh memancang ekspektasi terlalu tinggi dalam segala hal, termasuk memilih HP. Redmi Note 11s tentu bukan HP yang jelek. Akan tetapi, HP ini punya sisi lain yang mesti Anda cermati. Berikut sisi lain tersebut yang mungkin saja dapat Anda nilai sebagai sebuah kekurangan.

1. Sisi Minus Desain

redmi note 11s

Dalam gambar resmi yang dicantumkan di situs resmi Xiaomi, Redmi Note 11s punya penampilan yang serupa dengan Redmi Note 11. Akan tetapi, pada kenyataannya, HP ini punya satu perbedaan dengan Redmi Note 11.

Perbedaan itu terdapat di modul kameranya. Singkatnya, modul kamera Redmi Note 11s memiliki satu tingkatan yang lebih banyak ketimbang Redmi Note 11. Hal itu karena ada lapisan kaca ekstra yang ditumpuk di lensa kamera utama si ponsel.

Keberadaan kaca ekstra tersebut kemungkinan besar karena sensor kamera utama Redmi Note 11s memang lebih besar daripada Redmi Note 11. Jika dilihat dari segi estetika, hal ini bukan masalah besar. Namun, bila ditinjau dari segi ergonomika, hal ini menimbulkan sedikit masalah.

Masalah pertama adalah HP terasa lebih mengganjal saat dimasukkan ke dalam saku celana. Khususnya bila Anda memakai celana jeans.

Masalah kedua adalah ketidakstabilan ponsel saat ditaruh di atas meja. Selain gampang goyang, HP ini jelas akan mengalami guncangan hebat ketika berdering.

2. Belum 5G

redmi note 11s

Redmi Note 11s statusnya merupakan ponsel 4G. SoC MediaTek Helio G96 yang dipakai HP ini memang tidak mengandung modem 5G. Redmi Note 11s pun masih layak diboyong jika Anda tidak buru-buru ingin menjajal konektivitas 5G.

Toh 5G yang dikembangkan di Indonesia berjenis Sub6. Jaringan 5G jenis ini menggunakan infrastruktur 4G. Selama infrastruktur 4G masih dipakai, jaringan 4G tetap ada.

3. Perekaman Video

redmi note 11s

Hasil jepretan kamera Redmi Note 11s memang bukan yang terbaik. Namun, foto yang dihasilkan sudah cukup bagus di kelasnya. Hal tersebut berbeda dengan perekaman videonya.

Pasalnya, Redmi Note 11s hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps. Padahal, SoC MediaTek Helio G96 yang dipakai si ponsel sebetulnya mendukung perekaman hingga resolusi 2K pada 30 fps.

Pengguna pun mesti pikir-pikir lagi jika hendak menjadikan HP ini sebagai perangkat untuk membikin konten. Pasalnya, resolusi 1080p cukup mepet dan bikin kualitas akhir konten video mengalami penurunan setelah masuk proses edit (seperti zooming atau cropping).

Limitasi resolusi yang dilakukan Xiaomi sepertinya supaya ponsel tidak mengalami panas berlebih ketika merekam video pada resolusi tinggi. Hanya saja, keputusan ini merupakan sebuah downgrade. Alasannya karena pendahulu ponsel ini, Redmi Note 10s, sudah mampu merekam video hingga resolusi 4K.

4. Software

redmi note 11s

Redmi Note 11s datang dengan antaramuka baru MIUI 13. Antarmuka ini punya algoritma anyar yang mampu meningkatkan performa dan pengelolaan sistem resource yang lebih baik. Fitur privasi dan kemampuan multitasking juga ditingkatkan, beserta hadirnya widget, live wallpaper, dan font baru.

Sayangnya antarmuka ini masih berbasis Android 11. Agak miris mengingat Android 12 sudah dirilis. Redmi Note 11s tentu saja bakal mendapat peningkatan ke Android 12, cepat atau lambat. Namun, peningkatan ke Android 13 masih tanda tanya besar.

Umumnya HP kelas menengah Xiaomi hanya akan mendapat dua kali upgrade generasi antarmuka. Artinya bisa jadi HP ini akan memperoleh pembaruan sampai MIUI 14 saja.

Adapun MIUI 13 tetap mengandung banyak bloatware sebagaimana pengalaman para penguji. Beberapa aplikasi pun memunculkan notifikasi yang tak diinginkan. Namun, tenang saja, sebagian besar bloatware bisa di-uninstall, sedangkan notifikasi tak penting bisa dimatikan.

Simpulan

Redmi Note 11s adalah HP kelas menengah 4G yang bisa memenuhi kebutuhan berbagai orang. Desain HP ini oke, layarnya sip, kameranya bisa membikin foto apik, dan baterainya tahan lama. Performa HP ini juga mumpuni.

Anda tidak akan mengalami kendala dalam pemakaian sehari-hari. Bahkan, gim-gim dengan tingkat kerumitan grafik menengah bisa dijalankan dengan mulus. Gamer dengan bujet mepet perlu mempertimbangkan Redmi Note 11s.

Hanya saja, kemampuan perekaman video ini mentok di resolusi 1080p saja. Selain itu, HP ini belum memperoleh Android 12 saat dirilis. Jika Anda bukan kreator konten video dan mau sedikit bersabar menunggu update Android 12, Redmi Note 11s tetap layak untuk dilirik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram