carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Samsung Galaxy A04 telah dirilis secara global pada hari Rabu, 24 Agustus 2022. Ponsel ini hadir sebagai generasi penerus dari Samsung Galaxy A03 yang dirilis pada Februari 2022.

Samsung Galaxy A04 sudah hadir resmi di Indonesia pada Oktober 2022. Kehadiran ponsel ini menyusul Samsung Galaxy A04s yang sudah hadir lebih dulu pada September 2022.

Galaxy A0x series sendiri merupakan jajaran ponsel entry-level yang umumnya dibanderol dengan harga 1 jutaan. Spesifikasinya pun dibuat cukup sederhana, namun tetap solid di harganya untuk hadirkan pengalaman Android yang menyenangkan.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya ponsel ini? Simak pada tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Kinerja Chipset Cukup Unggul untuk Keseharian
Varian Memori Melimpah, RAM Besar
Layar Luas dan Memadai
Konektivitas Unggul untuk Kelas Harganya
Baterai Besar, Awet Seharian
Desain Kece
Kamera Oke di Kelas Harganya
Kurang Cocok untuk Gaming
Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari
Tanpa Gyroscope

Jika Ingin mengetahui soal HP ini lebih dalam, simak penjelasan detailnya berikut ini.

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

samsung galaxy a04
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy A04

Bagi Anda yang punya budget terbatas, tidak ada salahnya pertimbangkan Galaxy A04 ini. Yuk, perhatikan poin-poin kelebihan di bawah ini!

1. Kinerja Chipset Cukup Unggul untuk Keseharian

unisoc-SC9863A_

Samsung memutuskan untuk hadirkan SoC (System on Chip) berupa Unisoc SC9863A pada HP ini. Bukan dari MediaTek ataupun Qualcomm, nama Unisoc sendiri sudah cukup sering didengar di kancah industri smartphone. Ini karena performanya yang cenderung tinggi untuk harga yang ditawarkan.

Penggunaan chipset Unisoc SC9863A pun terbilang unggul ketimbang sejumlah ponsel 1 jutaan lain yang masih pakai Helio P25 dan sejenisnya. Dengan chipset ini, setidaknya Anda dapat rasakan performa lebih baik, terlebih untuk keperluan sehari-hari seperti buka medsos, menonton YouTube, chat di WhatsApp, dan lain-lain.

Unisoc SC9863A yang mengotaki Galaxy A04 ini dibangun atas dasar fabrikasi 28 nm yang membuatnya kurang baik dalam hal efisiensi daya. Meski begitu, arsitektur delapan inti CPU miliknya tergolong handal; bawakan kombinasi empat inti high performance Cortex A55 (1.6 GHz) serta empat unit hemat daya Cortex A55 (1.2 GHz).

Untuk sekadar menunjang aktivitas grafis ringan, chipset inipun didukung dengan GPU berupa IMG 8322. Meski kurang gahar untuk bermain gim berat, namun kinerjanya masih cukup layak untuk gim ringan seperti Candy Crush. Terbilang oke untuk kelas harganya.

Dilansir dari Nanoreview, Unisoc SC9863A sendiri mampu meraih skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 105.770 poin. Skor ini setidaknya masih lebih tinggi dibanding Helio G25 dengan skor 92.438 poin. Chipset Unisoc ini juga dinilai punya kinerja setara dengan Helio P35 dengan skor 113.517.

Sebagai salah satu perangkat yang dirilis pada kuartal ketiga tahun 2022, Samsung Galaxy A04 dirilis menggunakan sistem operasi Android 12 berselimutkan One UI Core 4.1. Jika mencari HP terjangkau yang sanggup menunjang aktivitas-aktivitas dasar, Galaxy A04 ini bisa jadi pilihan.

2. Varian Memori Melimpah, RAM Besar

samsung galaxy a04_

Tidak hanya chipset yang jadi penentu utama dalam kinerja smartphone. Calon konsumen juga harus perhatikan besaran RAM yang tersedia. Jika menilik pada mayoritas ponsel entry-level, besaran RAM dihadirkan hanya di kisaran 2 hingga 3 GB.

Anda beruntung jika menemukan ponsel entry-level yang tawarkan RAM 4 GB; dan Galaxy A04 adalah salah satunya. Ya, Samsung Galaxy A04 memiliki varian memori yang beragam, andalkan opsi storage 32 GB dan 64 GB,. Sedangkan untuk opsi RAM-nya, tersedia dalam opsi 3 GB dan 4 GB.

Bila dirasa kurang, storage internal berstandar eMMC 5.1 di HP ini dapat diperluas menggunakan memori eksternal. HP sediakan Dual SIM Slot dengan tambahan satu slot terpisah untuk menampung microSDXC hingga kapasitas 1 TB.

3. Layar Luas dan Memadai

samsung galaxy a04 layar

Tentu muluk-muluk jika mengharapkan layar AMOLED pada ponsel entry-level. Samsung Galaxy A04 sendiri bawakan panel PLS LCD yang merupakan versi Samsung dari IPS LCD. Ukuran yang dibawakannya sudah terbilang sesuai standar zaman sekarang yaitu 6.5 inci.

Yang bikin pengalaman layar jadi seru adalah bezel-nya yang dibuat cukup tipis, setidaknya untuk sisi kiri, atas, dan kanan. Ini karena bezel bawahnya memang terlihat agak tebal, memberikan kesan yang tidak simetris. Tapi, bezel yang tipis di ketiga sisi tadi membuat layar terlihat begitu luas.

Imersi layar cukup terbantu karena desain kamera depan yang dirancang sebagai waterdrop notch. Ini membantu ponsel untuk pertahankan bodi yang lebih ramping sambil sekaligus hadirkan layar berukuran besar. Diketahui, rasio bodi ke layarnya berkisar di angka 81.3%.

Panel layar PLS LCD pada Galaxy A04 hadir dalam resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) yang sudah sangat lumrah di harganya. Adapun informasi lainnya, layar berada dalam aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel cukup tinggi yaitu 270 ppi (pixel per inch).

4. Konektivitas Unggul

wifi 5

Satu hal yang cukup sering dikeluhkan dari HP entry-level adalah jaringan WiFi-nya yang cenderung lemot. Ini karena HP di kelas ini biasanya hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2.4 GHz saja.

Dalam hal konektivitas ini, Samsung Galaxy A04 tentu lebih menggiurkan. Ponsel sudah bawakan WiFi Dual Band (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac), sehingga tidak hanya dapat terhubung dengan protokol 2.4 GHz, tapi juga 5 GHz.

Dukungan WiFi Dual Band ini akan membantu Galaxy A04 untuk dapat terhubung dengan jaringan WiFi publik. Pasalnya, WiFi 5 hadirkan kecepatan yang lebih tinggi, cocok untuk terhubung dengan banyak perangkat sekaligus. Berbeda dengan ponsel yang cuman punya WiFi 4 yang tidak akan mendeteksi SSID router WiFi 5.

Ponsel ini juga diketahui sudah hadirkan Bluetooth dalam versi yang tinggi, yaitu Bluetooth 5.0. Konektivitas Bluetooth ini juga mendukung kodek A2DP serta fitur LE (Low Energy).

Galaxy A04 menyediakan sensor accelerometer dan proximity, serta hadirkan GPS dalam bentuk A-GPS. Adapun untuk port pengisian dayanya, tersedia microUSB 2.0 di HP ini. Sayangnya, tidak ada infrared ataupun NFC pada Galaxy A04.

5. Baterai Besar, Awet Seharian

samsung galaxy a04 2_

Samsung Galaxy A04 adalah ponsel yang akan menemani Anda seharian penuh tanpa lelah. Ini karena perangkat pintar tersebut sudah dimodali dengan baterai besar 5.000 mAh.

Umumnya, smartphone dengan baterai sebesar ini bisa bertahan hingga dua hari pada satu siklus pengisian daya. Asalkan dengan tipe pemakaian normal atau sedang.

Namun mengingat ponsel ini hadir dengan chipset yang punya fabrikasi tinggi (28 nm), kemungkinan hal tersebut akan berpengaruh buruk pada masa pemakaian ponsel. Tapi jika ditilik dari sisi lain, ponsel ini hanya menggunakan layar beresolusi HD+ yang lebih hemat daya ketimbang Full HD+.

Perangkat Samsung yang satu ini memiliki port pengecasan microUSB 2.0 tanpa dukungan pengisian daya cepat (fast charging). Dengan menggunakan daya 10 W, ponsel diasumsikan perlu waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya dari 0-100%.

6. Desain Bodi Kece

samsung galaxy a04 3_

Samsung Galaxy A04 tidak dirancang untuk memiliki desain bodi yang neko-neko. Namun, justru menurut kami, inilah yang jadi daya tarik visual bodi belakang. Tidak terlihat adanya camera island berwarna hitam yang biasanya menghiasi punggung ponsel Android.

Alih-alih, justru tersedia dua lensa berukuran simetris yang disusun berjajar vertikal, langsung ke bodinya (tanpa modul kamera). Di samping kedua lensa tersebut ada penampakkan lampu LED Flash.

Hanya terlihat tulisan "SAMSUNG" pada wilayah bodi bagian bawah. Tampilan bodi ini sebenarnya tidak beda jauh dengan Galaxy A03. Namun, desain penyusunan kameranya memang agak kontras dengan sang pendahulu ini.

Pada Galaxy A03, Anda masih dapat melihat penampakkan modul kamera (camera island) walau warna modulnya sendiri tidak lagi hitam. Melainkan mengikuti warna keseluruhan bodi, sehingga terbentuk impresi seamless dan selaras.

Bahan material yang digunakan bodi belakang tampaknya merupakan plastik polikarbonat. Bahan yang paling sering digunakan pada ponsel entry-level. Agar memberikan opsi yang beragam, ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Black, Green, White, dan juga Copper.

Ponsel ini hadir dalam dimensi 164,4 mm x 76,3 mm x 9,1 mm. Sedangkan, bobotnya pun berada di angka 192 gram. Dengan kata lain, ketebalan Galaxy A04 bukanlah yang paling ringan di industri. Malah, bisa dibilang bongsor. Tapi ini lumrah mengingat kelas harganya yang murah.

7. Kamera Oke di Kelas Harganya

samsung galaxy a04 4_

Jika mendengar kata ponsel entry-level atau HP 1 jutaan, apa ekspektasi Anda terhadap kameranya? Mungkin sebagian akan berekspektasi lensa dengan resolusi rendah, seperti 13 MP atau 8 MP. Well, you couldn't be more wrong.

Nyatanya, Samsung Galaxy A04 ini hadir dengan resolusi kamera utama super tinggi, yaitu 50 MP. Tidak sampai dua tahun sebelum HP ini dirilis, kamera 50 MP hanya dimiliki oleh ponsel mid-range atau flagship. Kehadiran kamera 50 MP di HP entry-level seperti Galaxy A04 tentu bukan prestasi yang bisa dianggap remeh.

Kamera 50 MP tersebut hadir dengan bukaan apertur f/1.8 dan mengusung fungsi wide-angle. Tersedia juga fitur autofokus agar viewfinder bisa mengunci fokus ke subjek secara cepat. Untuk membantu pemotretan minim cahaya, tersedia juga LED Flash yang juga bisa difungsikan sebagai lampu senter.

Hadirnya kamera 50 MP ini juga merupakan satu dari segelintir peningkatan dibanding Galaxy A03 dengan kamera 48 MP. Meski begitu, perbedaan tersebut terlampau sedikit.

Anda bisa ekspektasikan kualitas hasil foto yang lebih bagus dari Galaxy A03, namun tidak secara signifikan. Kamera belakang Galaxy A04 dan A03 sama-sama dilengkapi dengan kamera pendamping 2 MP (f/2.4) dalam fungsi bokeh (depth sensor).

Disebutkan pula bahwa Galaxy A04 mendukung perekaman video pada resolusi Full HD (1080p) pada kecepatan 30 FPS. Pada sisi depan, tersemat kamera selfie 5 MP (f/2.2). Namun, tidak diketahui resolusi perekaman video mana yang didukungnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A04

Dengan berbagai kelebihannya, apakah ini membuat Galaxy A04 tanpa cela? Nyatanya tidak demikian. Berikut adalah beberapa hal yang mesti Anda ketahui sebelum membeli.

1. Kurang Cocok untuk Gaming

Unisoc SC9863A

Sebelumnya dijelaskan bahwa ponsel yang mendukung kapasitas RAM 4 GB ini tergolong tinggi di harga entry-level. Namun, besarnya RAM tersebut belum cukup layak untuk menunjang aktivitas gaming terkini.

Pasalnya, meski masih tergolong nyaman untuk keseharian, Unisoc SC9863A bukanlah chipset yang cocok untuk gim berat sepertu PUBG Mobile, Free Fire, atau sejenisnya. Anda masih bisa rasakan kinerja yang cukup playable untuk Mobile Legends, but that's it.

Jika memang ingin memainkan PUBG Mobile di harga entry-level, kami sarankan sejumlah alternatif yang sudah gunakan Unisoc Tiger. Seperti realme Narzo 50i Prime atau realme C30 dengan Unisoc Tiger T612.

2. Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari

Samsung Galaxy A04 tidak mengharuskan Anda untuk buka kunci layar pakai PIN dan pola, lantaran sudah sediakan face unlock. Namun, tentu pengguna ingin fitur pembuka kunci alternatif kalau-kalau face unlock tidak dapat mendeteksi wajah dengan baik. Terlebih di saat gelap atau ketika sedang memakai masker di luar ruangan.

Di sinilah Galaxy A04 tampak kalah saing dengan para rivalnya. Di saat sejumlah ponsel entry-level lain seperti Infinix Smart 6 Plus sudah hadirkan fingerprint scanner, Galaxy A04 justru tidak.

3. Tanpa Gyroscope dan USB Type-C

samsung galaxy a04 6_

Alasan lain yang membuat Galaxy A04 tidak cocok untuk dipakai bermain gim adalah absennya sensor gyroscope. Fitur ini dapat mendeteksi gerakan gravitasi dan mempertahankan sebuah orientasi agar tetap stabil.

Sensor ini paling umum digunakan untuk gim-gim AR dan VR. Fungsi yang paling sering digunakan dari sensor ini adalah gyro aim pada PUBG Mobile, agar pengguna bisa membidik musuh dengan menggerak-gerakkan ponsel.

Selain itu, Samsung Galaxy A04 masih memakai port MicroUSB 2.0. Padahal, sudah banyak HP di kelas Rp1 jutaan yang tawarkan yang sudah memakai port Type-C.

Simpulan

Samsung Galaxy A04 sebenarnya hadirkan peningkatan minim dibanding generasi pendahulunya. Namun tetap saja, jika dilihat dari face value-nya, ia tetap salah satu ponsel entry-level yang layak dijajal.

Kameranya yang gunakan resolusi 50 MP tentu jadi sebuah daya tarik sendiri. Meski begitu, resolusi bukanlah satu-satunya faktor penentu pada kualitas hasilnya.

Kapasitas RAM 4 GB-nya yang terbilang besar juga akan menunjang aktivitas multi-tasking semakin layak. Setidaknya, tidak akan sesering itu dalam mengalami forced close jika dibandingkan HP dengan RAM di bawahnya.

Baterainya yang besar sudah lebih dari cukup untuk menunjang aktivitas seharian penuh. Dari pagi hingga malam. Asalkan, pastikan untuk mengecas HP sebelum beranjak tidur agar kondisi HP dalam kondisi full battery saat bangun. Ini terbukti jadi cara ampuh dalam atasi absennya fast charging di HP ini.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A04 hadir dalam dua varian memori. Yang pertama, varian RAM 3 GB dengan storage 32 GB yang ditawarkan eksklusif secara online mulai 19 Oktober 2022 dengan harga rekomendasi retail Rp1.499.000. Yang kedua, ada varian 4 GB dengan storage 64 GB dengan harga Rp1.799.000.

Sementara untuk varian warna yang masuk Indonesia ada tiga. Ketiga warna tersebut adalah Copper, Green, dan Black. Tertarik membeli Samsung Galaxy A04?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram