carisinyal web banner retina

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung kembali memperbaharui jajaran HP kelas entry-level miliknya dengan merilis Samsung Galaxy A04s. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi kamera yang berkualitas agar konsumen dengan budget terbatas bisa merasakan fitur kamera khas Samsung..

Dalam seri ini, Samsung menggunakan kamera utama 50 MP ditemani 2 buah kamera pendamping yang diklaim mampu menghasilkan foto dan video yang jelas dan tajam. Tidak hanya kamera, HP Samsung ini juga dibekali RAM besar dan layar refresh rate tinggi.

Diharapkan dengan sejumlah ubahan yang ada, Samsung Galaxy A04s ini bisa melanjutkan kesuksesan dari Galaxy A03s sebelumnya. Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Anda bisa menyimak berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04s pada tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain Sederhana tapi Elegan
Layar HD+ dengan Refresh Rate 90Hz
One UI Core yang Beri Pengalaman Menarik
Cip Exynos 850 yang Cukup Oke di Kelasnya
Kamera 50 MP dengan PDAF dan AI Baru
Kualitas Suara Oke Berkat Dolby Atmos
Sensor Kurang Lengkap
Fingerprint Kurang Cepat
Tanpa Kamera Ultrawide
Fast Charging Kurang Cepat

Untuk lebih detail soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04s ini, bisa simak penjelasan lebih detailnya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Samsung Galaxy A04s
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy A04s

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Samsung Galaxy A04s. Enam poin itu  merupakan kekuatan utama dari ponsel mid-range  ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Sederhana tapi Elegan 

samsung galaxy a04s

Samsung menghadirkan desain yang lebih segar khas seri Galaxy A dalam ponsel ini. Perubahan paling tampak tentu di bagian bodi belakang. Pada bagian ini, desain kameranya kini lebih terinspirasi dari seri Galaxy S namun tanpa modul. Dengan demikian, desain bodinya nampak sederhana dan memberi kesan elegan meski dipasarkan di harga murah.

Samsung Galaxy A04s ini masih menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing matte. Ini membuat bodi belakang mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Bodi belakang ponsel tampak polos tanpa tekstur, hanya ada logo Samsung saja.

Untuk bagian depan, Samsung masih menggunakan model kamera depan tipe lama yakni model infinity-v. Anda memang tidak bisa berharap banyak di bagian depan ini karena masih sama dengan Samsung Galaxy A03s..

Untuk penggunaan harian, HP ini didukung dimensi yang pas, yakni berukuran 164,7 x 76,7 x 8,1 mm dengan berat 195 gram. Dimensinya seperti khas ponsel entry-level lainnya, cukup ramping dan tidak terlalu besar sehingga cukup ideal untuk penggunaan harian meski terasa berat. 

Untuk sistem keamanan, Samsung kini menempatkan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi samping. Penempatan tombol power ini sangat pas sehingga membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah.

2. Layar HD+ dengan refresh rate  90Hz

samsung galaxy a04s

Layar Samsung Galaxy A04s merupakan hasil pengembangan dari layar Galaxy A03s. Tidak heran spesifikasi yang digunakan cukup mirip. Layarnya berukuran 6,5 inci. Layar dengan paneI PLS LCD ini kian nyaman digunakan karena sudah menggunakan resolusi layar  HD+ 720 x 1600 piksel. 

Peningkatan layar yang pertama ialah Samsung sudah menambahkan kecerahan layar 400 nits. Dengan kecerahan ini, layar HP masih nyaman digunakan di dalam maupun luar ruangan. Namun, kala terik siang, tetap saja layar ini tidak jelas terlihat dibawah sinar matahari.

Berbeda dengan seri sebelumnya, layar Samsung Galaxy A04s ini mendukung refresh rate 90 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang lebih smooth saat scrolling, lebih responsif untuk gaming dan lebih immersive saat streaming. 

Gabungan layar berukuran 6,5 inci dan refresh rate 90 hz  diatas membuat HP ini nyaman digunakan untuk bermain game hingga menonton video meski harganya ramah di kantong. Apalagi HP ini juga memiliki sudut pandang layar yang cukup lebar sehingga pengalaman visual kian menyenangkan.

3. Sistem One UI Core yang Beri Pengalaman Menarik

samsung galaxy a04s

Untuk sistem operasi, ponsel ini sudah menggunakan One UI core versi 4.1. Sistem yang berbasis Android 12 ini memiliki sejumlah fitur untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Pemilihan sistem ini diharapkan membuat kinerja HP lebih kencang dan tidak mudah lag.

Dalam One UI Core ini kamu bisa menginstal dual aplikasi seperti whatsapp, bisa mengedit tampilan sesuai warna wallpaper hingga adanya fitur diagnosa hardware.

One UI Core merupakan sistem operasi yang dirancang khusus oleh Samsung untuk digunakan di ponsel entry-level atau mid-range Samsung. Alhasil, akan ada beberapa fitur One UI yang tidak terdapat dalam One UI Core. Walaupun demikian, secara tampilan dan fungsi sebenarnya tidak terlalu berbeda.

4. Chipset Exynos 850 yang Cukup Oke di Kelasnya

Exynos 850

Untuk memberikan pengalaman navigasi yang lebih kencang dan lebih baik dibanding seri sebelumnya, Samsung menggunakan chipset Exynos 850. Ini merupakan prosesor octa-core dengan fabrikasi 8nm.

Chipset Exynos 850 ini terdiri dari 4 core Cortex A55 2,0 Ghz dan 4 core Cortex A55 2.0 Ghz. Chipset ini dapat optimal bekerja berkat dukungan GPU Mali G52 memori penyimpanan UFS 3.1 32, 64 atau 128 GB dan memori RAM 3 atau 4 GB LPDDR4X.

Menariknya, Samsung mengklaim chipset ini menawarkan efisiensi daya yang lebih baik. Performanya juga lebih baik. Bahkan ketika membuka berbagai aplikasi terasa lebih cepat dan halus. 

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. 

Pada AnTuTu 9, chipset ini mencetak skor 145.396. Skor tersebut sudah tinggi untuk kelas HP entry-level. Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5.

Hasilnya impresif, skor single-core HP ini menyentuh 162, sedangkan multi-core-nya tembus 950. 

5. Kamera 50 MP dengan PDAF dan AI Baru 

samsung galaxy a04s

Samsung tidak mengganti konfigurasi kamera pada Galaxy A04S, masih mirip dengan Galaxy A03s.. HP ini tetap memiliki kamera utama,  kamera depth 2 MP f/2.4, kamera makro 2 MP f/2.4, dan satu kamera selfie  5 MP f/2.2. Hal ini sedikit mengecewakan karena masih banyak pengguna yang membutuhkan kamera ultrawide daripada kamera makro.

Yang berbeda ialah Samsung kini menggunakan kamera utama 50 MP f/1.8 dengan PDAF. Sedangkan di seri sebelumnya Samsung hanya memakai kamera utama 13 MP. 

Samsung juga sudah menghadirkan sejumlah inovasi dan peningkatan sensor agar hasil foto dan video di HP Android murah ini lebih cerah dan lebih detail di berbagai kondisi.

Yang cukup menarik, kamera depan ini cocok untuk Anda lebih berekspresi dengan foto selfie. Anda juga bisa bikin video konten dengan kualitas gambar yang jernih supaya makin eksis di media sosial.

Perihal perekaman video, resolusi 1080p 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama dan depan. Sayangnya untuk perekaman video di malam hari, HP ini masih terbilang standar saja hasilnya.

6. Kualitas Suara Oke Berkat Dukungan Dolby Atmos

samsung galaxy a04s dolby atmos

Samsung Galaxy A04s ternyata punya kualitas suara yang oke. Terbukti dari hadirnya teknologi Dolby Atmos yang ada di HP ini. Ini membuat pengalaman multimedia di HP ini menjadi lebih menyanngkan. Kehadiran Dolby Atmos juga jadi nilai plus mengingat jarang di HP harga Rp2 juta, tersemat fitur ini.

Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap Samsung Galaxy A04s. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Sensor Kurang Lengkap

samsung galaxy a04s

Samsung Galaxy A04s memang dilahirkan untuk pasar entry-level. Untuk itu, Samsung menghilangkan sejumlah fitur dan sensor dalam HP ini untuk menekan harga jualnya.

Masih sama seperti seri Samsung Galaxy A03s, HP Android ini ternyata hanya memiliki sensor sidik jari, sensor akselerometer, dan sensor proksimitas. Anda tidak akan menemukan sensor kompas dalam seri ini. Hal ini membuat HP kurang optimal kalau digunakan sebagai penentu arah.

2. Fingerprint Kurang Cepat

samsung galaxy a04s fingerprint

Seperti yang telah diulas diatas, Samsung menempatkan sensor fingerprint menyatu dengan tombol power di sisi samping. Menariknya, sensor sidik jari jenis kapasitif ini dirasa kurang cepat dalam membuka dan mengunci layar HP. masih ditemukan jeda yang cukup mengganggu kala jari menekan tombol power.

3. Tanpa Kamera Ultrawide 

samsung galaxy a04s cover

Samsung memang sudah membawa sektor kamera baru dalam seri A04s ini. Namun, ternyata Samsung masih tidak menghadirkan sektor kamera ultrawide, sama seperti seri Galaxy A03s.

Hal ini terbilang wajar mengingat, Samsung menghadirkan Galaxy A04s dengan harga yang terjangkau. Namun, daripada memasang kamera makro atau depth yang jarang digunakan, sebaiknya Samsung memasang kamera jenis ultrawide saja.

Kamera ultrawide dianggap lebih bermanfaat untuk memotret dengan sudut pandang lebih luas. Anda pun bisa memotret pemandangan, memotret sekumpulan orang dengan lebih luas dan jelas. 

4. Fast Charging Kurang Cepat

samsung galaxy a04s

Samsung Galaxy A04s dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut ternyata cukup memadai untuk membuat HP menyala dari pagi sampai malam, apalagi HP ini hanya menggunakan layar HD+. 

Sayangnya, teknologi fast charging yang tidak terlalu cepat. Pasalnya, cip Exynos 850 pada HP ini tidak mendukung fast charging yang lebih besar dan hanya mampu 15W saja. 

Padahal di kelas yang sama, beberapa produsen menghadirkan fast charging 25W hingga 33W. Tentu akan lebih baik jika Samsung memberikan kemampuan pengisian cepat minimal 18W saja. Mengingat 18W Samsung biasanya lebih baik dibanding teknologi yang sama dari merek lain. 

Simpulan

Kehadiran Samsung Galaxy A04s merupakan komitmen Samsung dalam menghadirkan teknologi yang berkelas dan bermakna pada produk yang terjangkau.

Alhasil, konsumen bisa merasakan fitur andalan Triple Camera 50 MP tanpa harus mengeluarkan dana berlebih.Cukup keluarkan dana Rp2 juta lebih sedikit untuk meminang HP ini. 

Sayangnya, untuk spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy A04s tidak berubah banyak dibanding seri Galaxy A03s. Samsung menganggap bahwa spesifikasi lama A03s masih mampu bersaing dengan ponsel-ponsel murah baru lainnya.

Sedikitnya ubahan di HP Samsung ini memang masih wajar karena HP entry-level memang tidak membutuhkan performa yang kencang. Untungnya, peningkatan di layar dan di kamera dirasa sudah mencukupi kebutuhan saat ini. Jadi bagaimana? Masih tertarik dengan HP Samsung Galaxy A04s ini?   

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram