carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 22 September 2021

Masih ingat dengan peluncuran Samsung Galaxy A52 versi 4G pada Maret 2021? Ya, ini memang merupakan versi yang hadir secara resmi di Indonesia pada saat itu, sedangkan varian 5G-nya belum diboyong masuk ke pasar Tanah Air. Barulah saat memasuki September 2021, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memasukkan Samsung Galaxy A52s secara resmi ke Indonesia.

Ya, berbahagialah warga Indonesia. Pasalnya Samsung Galaxy A52s membawakan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan Galaxy A52 5G reguler. Embel-embel "s" ini memang dimaksudkan untuk menandakan peningkatan spesifikasi tersebut.

Anda bisa mengacu pada artikel perbedaan Galaxy A52 5G dan A52s 5G untuk mengetahui seberapa jomplang peningkatan yang dibawa varian "s" ini. Sedangkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan ponsel ini, kami telah sediakan beberapa poin yang bisa dijadikan referensi. Yuk, simak artikel berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 1
  • Rilis: September, 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6,5 inci, Full HD+
  • Chipset: Snapdragon 778G (6 nm)
  • GPU: Adreno 642L
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (memakai slot SIM bersama)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy A52s 5G

Berikut adalah berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A52s 5G. Apakah ponsel ini mengusung kelebihan yang bisa mengalahkan pesaingnya di harga yang sama? Simak poin-poin berikut ini!

1. Layar Super AMOLED FHD+ dengan Refresh Rate 120 Hz

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 3

Sering menggunakan smartphone untuk bermain game ataupun menonton film? Nah, Samsung Galaxy A52s ini rupanya hadir dengan layar yang begitu bagus dan mampu berikan tampilan memukau. Hal ini berkat kehadiran panel Super AMOLED pada bentang diagonal 6,5 inci, yang sudah mengusung resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Desain layarnya mengusung Infinity-O Display yang merupakan punch hole di tengah. HP ini hadirkan pengalaman scrolling yang sangat mulus berkat keberadaan refresh rate 120 Hz. Dibanding laju penyegaran 60 Hz yang standar, layar dapat menampilkan pergeseran 2x lipat lebih mulus.

Hadirnya refresh rate 120 Hz tentu jadi kabar gembira, setelah sebelumnya Galaxy A52 4G hanya membawakan refresh rate 90 Hz saja. Galaxy A52s 5G ini juga dibekali dengan tingkat kecerahan 800 nit pada mode HBM (high brightness mode), sehingga membuatnya enak dipandang meskipun di bawah terik sinar matahari.

Tidak lupa, terdapat juga fitur Eye Comfort Shield yang tersertifikasi Eye Care Certification oleh perusahaan Swiss bernama SGS. Sehingga, intensitas cahaya biru yang keluar dari layar bisa berkurang dan membuatnya lebih aman terhadap mata pengguna.

Layar dari Samsung Galaxy A52s 5G juga telah mendukung sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya mampu memperlihatkan konten HD pada layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime. Sayangnya, ia tidak dibekali dengan dukungan HDR10. Hilang sudah harapan menikmati konten-konten HDR di YouTube.

Kendati begitu, layar Galaxy A52s tetaplah merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Anda diekspektasikan dapat merasakan warna hitam yang sesungguhnya serta memiliki kontras rasio yang baik.

2. Quad Camera 64 MP yang Layak, dan Ada OIS

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 5

Dari segi kamera, tidak ada yang berbeda saat dibandingkan dengan Galaxy A52 5G reguler. Ponsel ini sama-sama mengandalkan konfigurasi Quad Camera dengan sensor utama berkekuatan 64 MP (wide-angle), berupa sensor Sony IMX682 Exmor RS.

Lensa utama ini punya bukaan f/1.8 dengan pixel size 0.80 µm dan ukuran sensor 1/1.7 inci. Uniknya, tersedia fitur OIS (Optical Image Stabilizer) agar pemotret tetap bisa mendapatkan hasil foto dan video maksimal meskipun sambil berjalan.

Galaxy A52 5G juga dibekali dengan tiga lensa pendamping berupa sensor 12 MP ultrawide, punya apertur f/2.2, ukuran piksel 1.12µm, serta field of view seluas 123 derajat. Untuk dua lensa terakhirnya, ponsel dikemas dengan sensor 5 MP f/2.4 pada fungsi makro dan sensor 5 MP f/2.3 pada fungsi kedalaman (depth).

Seperti ponsel harga menengah pada umumnya, Samsung Galaxy A52s juga mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 4K. Jika Anda mencari resolusi 8K, nampaknya harus mencari HP di kelas harga flagship 10 jutaan.


Di bagian depan bodi, ada lensa selfie beresolusi 32 MP yang punya ukuran sensor 1/2.8 inci dengan focal length 26 mm dan apertur f/2.2. Sama seperti kamera belakangnya, sensor depan ini juga mendukung resolusi hingga 4K saat merekam video.

Berdasarkan beberapa sampel foto yang kami kumpulkan dari beberapa sumber, Samsung Galaxy A52s 5G cukup andal dalam tampilkan hasil fotografi berkualitas baik pada saat pemotretan siang hari, ultrawide, ataupun malam hari. Walau begitu, kondisi foto memang tidak lebih baik dibanding iQOO 7 Legend yang punya banderol harga lebih tinggi (sekitar Rp8 jutaan).

3. Desain Bodi Khas Samsung A Series yang Chic dan Stylish

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 15

Samsung kerap kali memberikan desain bodi yang terkesan kaku dan serius pada seri A. Namun itu dulu. Di tahun 2021, Galaxy A52s 5G beserta jajaran Galaxy A Series lainnya sudah dibuat dengan desain yang chic dan anak muda banget.

Mengusung tema Awesome sebagai warnanya, Anda disuguhkan dengan balutan shade yang soft. Terdapat bump kamera yang juga selaras dengan warna bodi secara keseluruhan untuk hadirkan tema desain yang lebih seamless.

Setidaknya ada empat varian warna yang bisa dipilih, seperti Awesome Black, Awesome White, Awesome Mint, dan juga Awesome Violet. Di bagian bawah bodi terdapat port USB Type-C yang terhimpit di antara speaker dan juga port 3.5 mm jack audio.

91mobiles menyebutkan bahwa lokasi sensor sidik jari yang terletak di dalam layar membuat pembukaan kunci menjadi lebih nyaman. Ia diletakkan secara ergonomis di layar, dan punya kecepatan yang lebih baik ketimbang Face Unlock.

4. Terdapat Sertifikasi IP67

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 17

Ketahanan bodi tentu menjadi sebuah aspek yang tak boleh dilupakan pada ponsel kelas menengah. Jangan sampai ponsel langsung koit apabila terkena air. Itu mengapa, Samsung pun membekali Galaxy A52s 5G ini dengan sertifikasi IP67.

Berkat IP Rating tersebut, perangkat memiliki ketahanan maksimal terhadap debu dan bisa tahan di air hingga sedalam 1 meter pada durasi hingga 30 menit. Hadirnya sertifikasi IP Rating membuat pengguna merasa aman saat harus berada di kolam renang sambil membawa HP, ataupun sekadar membawa ponsel ke dalam kamar mandi.

5. Menyuguhkan Stereo Speaker yang Enak Didengar

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 19

Samsung Galaxy A52s 5G memiliki layar yang sangat menunjang aktivitas menonton film, namun bagaimana dengan kinerja speakernya? Well, di sinilah HP ini bersinar. Rupanya, Galaxy A52s 5G dilengkapi dengan dual stereo speaker yang simetris dan mampu keluarkan suara secara seimbang.

Samsung Galaxy A52s 5G juga mengusung tuning-an dari Dolby Atmos sehingga kualitas suaranya sudah pasti terdengar jelas, jernih, dan juga lantang. Adanya Dolby Atmos juga berimbas baik ketika Anda ingin mencolokkan earphone 3.5 mm jack audio.

Mengingat stereo speaker ini juga turut hadir pada Galaxy A52 5G reguler, kemungkinan keduanya punya performa suara yang sama. GSM Arena menyebutkan kalau kondisi speaker stereo pada Galaxy A52 5G terbilang bagus. Punya kelantangan suara yang membuatnya dapatkan skor -27.5 LUF.

6. Pakai Pelindung Corning Gorilla Glass 5

Gorilla Glass

Bukan hanya unggul dari segi ketahanan terhadap air dan debu, Galaxy A52s 5G pun punya ketahanan baik pada bagian layarnya. Layarnya yang berukuran 6,5 inci ini dikemas dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang terbilang tangguh di kelas harga menengah.

Memang, masih belum seunggul POCO X3 GT yang sudah gunakan Gorilla Glass Victus yang merupakan generasi terbaru. Namun, Gorilla Glass 5 setidaknya mampu menjaga layar ponsel dari kerusakan saat terjatuh ke permukaan keras dari ketinggian hingga 1,2 meter.

Gorilla Glass 5 juga menyuguhkan ketahanan yang lebih baik terhadap goresan dibanding kaca pelindung merek lain. Bahkan saat Anda memutuskan untuk tidak memasangkan tempered glass, layar tetap akan bertahan dalam waktu yang sungguh lama.

7. Hadirkan 12 Pita Jaringan 5G

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 22

Saat artikel ini ditulis, hanya ada dua pita jaringan yang didukung di wilayah Indonesia, yakni spektrum n3 pada provider Indosat dan n40 pada Telkomsel. Untungnya, Samsung Galaxy A52s 5G telah mendukung kedua pita jaringan tersebut.

Bukan main, Samsung Galaxy A52s 5G ini memiliki dukungan terhadap 12 pita jaringan (bandwidth) berupa n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n66, dan n78.

Konektivitas 5G ini mendukung kecepatan unduhan hingga 3,3 Gbit per detik. Selain 5G, chipset dari ponsel ini juga turut mendukung LTE Cat24/22 dengan kecepatan download mencapai 1200 Mbit per detik dan upload mencapai 210 Mbit per detik.

Galaxy A52s 5G juga hadir dengan konektivitas lain yang cukup andal seperti Bluetooth 5.0, USB Type-C, hadirnya 3.5 mm jack audio, juga NFC. Perangkat mendukung pita jaringan WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz tanpa dukungan terhadap WiFi 6 ataupun 6E.

Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G

Terlepas dari beragam kelebihannya yang menggiurkan, Anda harus tahu beberapa kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G yang membuatnya terlihat kalah saing. Berikut adalah poin-poin kekurangannya.

1. Kemampuan Fast Charging 25 W yang Kalah Saing

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 24

Samsung Galaxy A52s 5G memiliki kapasitas baterai yang cukup umum di kelasnya, yakni 4.500 mAh. Ukuran baterai segini terbilang besar dan bisa mempertahankan HP agar menyala seharian (dalam pemakaian normal). Ini karena layarnya menggunakan panel AMOLED yang jauh lebih hemat daya ketimbang IPS.

Dengan panel AMOLED, lampu pada layar benar-benar mati saat menampilkan warna hitam, membuatnya lebih mampu dalam mempertahankan daya baterai.

Ditambah lagi, chipset yang digunakannya merupakan Snapdragon 778 yang punya proses fabrikasi rendah, yakni 6 nm. Dibanding Snapdragon 750 pada Galaxy A52 5G dengan fabrikasi 8 nm, tentu ponsel ini punya tingkat efisiensi daya lebih tinggi.

Seorang YouTuber bernama Tech Spurt mengklaim kalau ponsel ini punya ketahanan baterai yang baik. Ia banyak melakukan kegiatan seperti berfoto dan streaming, dan mengatakan kalau Galaxy A52s 5G tetap punya durasi screen-on time yang lama.

Dan saat pemakaian hingga malam hari, Galaxy A52s 5G tidak pernah sekalipun mengaktifkan mode penghematan baterai secara otomatis. Sayangnya, Samsung Galaxy A52s 5G hanya mendukung fitur pengisian cepat dengan daya 25 W, dan casan yang disertakan dalam boks hanya mendukung 15 W.

Sungguh merupakan daya pengecasan yang terbilang lambat. Pasalnya, masih banyak HP lain di harga 6 jutaan dengan teknologi pengisian daya lebih cepat seperti Xiaomi Mi 10T dengan daya 33 W atau realme GT 5G dengan fast charging 65 W.

2. Chipset Terbilang Kurang Gahar di Kelas Harganya

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 26

Bukan hanya fitur fast charging-nya saja yang kalah saing, melainkan chipsetnya juga. Entah mengapa, Samsung memutuskan untuk menghadirkan Snapdragon 778G pada ponsel seharga 6 jutaan ini, sementara ponsel pesaingnya sudah banyak yang gunakan Snapdragon 888 Series.

Contoh saja seperti Xiaomi Mi 10T 5G yang pakai Snapdragon 865 atau realme GT 5G dan POCO F3 GT yang sudah menggunakan Snapdragon 888. Meski harganya sama-sama 6 jutaan, ketiga ponsel ini memiliki spesifikasi dan performa chipset yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk gaming profesional.

Galaxy A52 5G reguler hanya menawarkan Snapdragon 750G, alangkah lebih baik jika Galaxy A52s 5G hadir dengan peningkatan yang lebih drastis dan signifikan ketimbang Snapdragon 778 5G.

Chipset seri 700 tersebut dirilis pada Mei 2021 dan perangkat ini merupakan salah satu ponsel pertama yang menggunakannya. Snapdragon 778G memiliki fabrikasi 6 nm (TSMC) dengan balutan kartu pengolah grafis (GPU) Adreno 642L.

Snapdragon 778G juga telah terintegrasikan dengan modem internal 5G berupa X53, dan terhubung dengan konektivitas FastConnect 6700. Ia memiliki konfigurasi Octa Core yang mencakup satu inti prima Kryo 670 Prime (berbasiskan Cortex A78) dengan clock speed 2,4 GHz.

Klaster kedua merupakan tiga inti high performance Kryo 670 Gold (berbasiskan Cortex A78) dengan frekuensi 2,2 GHz. Dan pada klaster inti hemat daya, tersemat empat buah Kryo 670 Silver (berbasiskan Cortex A55) dengan kecepatan hingga 1.9 GHz.

Pada bagian memorinya, Galaxy A52s 5G menggunakan RAM tipe LPDDR4x dengan kapasitas 8 GB, dan memori internalnya menggunakan kapasitas 256 GB berjenis UFS 3.1. Perangkat juga hadir dengan Dual Slot SIM Hybrid sehingga pengguna bisa memperluas kapasitas memori hingga 1 TB dengan selipkan microSD.

Apabila Anda mencari ponsel dengan kinerja gaming tertinggi di kelas harga 6 juta, sayangnya Samsung Galaxy A52s 5G bukanlah pilihan terbaik.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 888, Snapdragon 778G punya kinerja yang 43% lebih rendah. Snapdragon 778G hanya punya skor AnTuTu v8 di kisaran 500 ribuan sedangkan Snapdragon 888 sudah tembus 700 ribuan. Untuk ponsel dengan price to performance terbaik, Anda bisa mengacu pada artikel HP dengan Snapdragon 888 termurah.

3. Tidak Memiliki Lensa Telefoto

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G 28

Samsung Galaxy A52s 5G memang dikemas dengan setup kamera yang cukup capable. Bahkan hasil fotonya sangat bisa diandalkan dalam kebutuhan fotografi profesional, dengan detil dan warna yang bagus. Namun jika Anda mencari kemampuan zoom yang optimal, sebaiknya jangan pilih HP ini.

Ya, tidak ada lensa telefoto yang umumnya hadir di kelas harga mid range sehingga pengguna pun hanya dapat lakukan zoom secara lossy (zoom digital). Lensa telefoto umumnya digunakan saat pengguna tidak dapat mendekati subjek foto secara jarak, namun tetap ingin hasilkan foto berkualitas tanpa buram.

Zoom digital sejatinya masih dapat dimanfaatkan, tapi caranya bekerja adalah dengan melakukan crop pada foto sehingga resolusinya yang rendah akan membuatnya terlihat buram.

Simpulan

Samsung Galaxy A52s 5G mungkin memang ponsel yang unggulkan banyak kelebihan. Tapi apakah cukup mampu dalam menempati posisi raja di segmen HP mid range? Tentu saja tidak. Di harganya yang Rp6,5 jutaan, Galaxy A52s 5G tertutupi oleh ponsel lain di kelas harga flagship killer 7 jutaan seperti vivo X60 dan Samsung Galaxy S20 FE.

Bukan itu saja, nyatanya masih banyak ponsel di rentang harga 6 jutaan yang mendapatkan performa lebih tinggi ataupun setup kamera yang superior. Namun jika memang Anda menyukai tampilan desain bodinya yang unggul dan konektivitas 5G yang lengkap, kami rasa Galaxy A52s 5G masih tetap layak dianggap sebagai opsi yang solid. Tertarik?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram