Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy J6

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy J6

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2018

Kalau bicara HP Samsung, tidak akan ada habisnya. Vendor asal Samsung ini tergolong produktif dalam mengeluarkan HP terbaru ke Indonesia. Tidak aneh jika jumlah HP Samsung terbaru tiap tahunnya selalu lebih banyak dibanding vendor lain. Salah satu produk Samsung terbaru yang hadir di 2018 adalah Samsung Galaxy J6.

Samsung Gaalxy J6 ini dijual di harga kisaran 2 jutaan. Menilik harganya, HP ini bakal bersaing dengan HP lain di kelas 2 jutaan seperti Asus Zenfone Max Pro M1, Redmi Note 5, Honor 9 Lite, dan lainnya. Lantas, apakah HP ini cukup tangguh dan mampu bersaing dengan HP lain di kelas harga yang sama? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy J6 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J6

Samsung Galaxy J6

  • Rilis: Mei, 2018
  • Layar: Super AMOLED 5.6 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1480 18,5:9
  • Chipset: Exynos 7870
  • CPU: Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T830 MP1
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/1.9, 28mm), autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP, f/1.9, LED flash
  • Baterai: Non-Removable Li-Ion 3000 mAh battery

Kelebihan Samsung Galaxy J6

1. Layar Penuh Super AMOLED Berkualitas

samsung galaxy j6

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J6 punya nilai jual yang selalu jadi andalan Samsung, layar Super AMOLED. Sudah bukan rahasia lagi kalau tampilan layar Super AMOLED itu punya kualitas warna yang baik dibandingkan tipe layar lainnya, termasuk dengan layar HP ini.

Layar HP ini mampu menampilkan kualitas visual yang baik meski resolusi layar HP ini hanya HD+ 720 x 1480 saja. Resolusi layarnya sendiri mengusung resolusi 5,6 inch dengan rasio18,5:9. Untuk menonton Youtube ataupun menonton film, visual layar HP ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda. Satu kelebihan tersendiri dari Samsung Galaxy J6

2. Daya Tahan Baterai yang Baik

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J6 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterainya memang seperti kebanyakan HP lain yang tampak biasa. Jika melihat angka, tentu nilai kapasitas tersebut terasa biasa saja. Hanya perlu diingat kalau HP ini mengusung layar Super AMOLED dengan resolusi HD+. Umumnya, HP dengan tipe layar tersebut tidak membutuhkan konsumsi baterai yang lebih banyak alias awet.

Biar tidak penasaran, mari simak hasil tes yang dilakukan oleh channel Youtube Tech Updates. Pengujian dimulai dengan gim Temple Run 2 selama 1 jam yang menghabiskan konsumsi baterai sebesar 7%. Pengujian lain dilakukan dengan penggunaan kamera belakang selama 1 jam yang ternyata menghabiskan konsumsi daya sebesar 15%.

Tes lain dilakukan dengan cara memutar video selama 1 jam yang menghasilkan konsumsi baterai sebesar 7%. Menilik hasil ini, bisa dibilang HP ini mampu diandalkan untuk menonton video dengan durasi yang lama. Simpulan akhirnya, daya tahan baterai pada HP ini tergolong awet yang berarti jadi kelebihan tersendiri.

3. Fingerprint dan Face Unlock

Samsung Galaxy J6 sudah dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari dan sensor pengenalan wajah, alias fingerprint dan Face Unlock. Di kelas 2 jutaan, banyak HP lain yang punya kedua fitur ini secara bersamaan.

Karena itu, sebenarnya menganggap kehadiran dua fitur ini sebagai kelebihan sebenarnya kurang tepat. Hanya saja perlu diingat, kalau yang dibicarakan adalah produk HP Samsung yang biasannya punya fitur yang dipotong jika dibandingkan HP lain di kelas harga yang sama.

4. Triple Slot

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J6 punya tiga slot yang bisa dimanfaatkan untuk slot microSD dan dual SIM. Mengingat memori internal HP ini hanya 32 GB, kehadiran tiga slot ini jadi kelebihan tersendiri. Jadi, buat pengguna HP yang butuh dua kartu SIM aktif dan ingin menambah memorinya, maka tidak akan lagi galau. Hadirnya tiga slot ini memang terlihat kecil tapi cukup jadi perhatian calon pembeli HP.

5. Dolby Atmos

Samsung Galaxy J6 sudah dilengkapi dengan kualitas audio Dolby Atmos. Bagi mereka yang sensitif terhadap kualitas audio sebuah HP, faktor ini sering jadi acuan. Kehadiran Dolby Atmos di HP ini jelas akan membuat suara yang keluar terdengar lebih jelas dan cukup lantang.

Adanya Dolby Atmos di Samsung Galaxy J6 ini akan membuat HP ini lebih menarik digunakan sebagai HP untuk mendengarkan musik, menonton film atau Youtube, ataupun untuk melihat konten apapun yang sifatnya visual. Satu nilai plus tentunya dari kehadiran Dolby Atmos ini.

6. UI dengan Banyak Fitur Menarik

Samsung Galaxy J6 dibekali dengan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) dengan UI Samsung Experience. UI ini menghadirkan banyak fitur menarik yang bisa membantu para penggunanya. Fitur-fiturnya bahkan tergolong bermanfaat dan cukup kaya.

Salah satu fitur menarik dari UI Samsung Experience di HP ini adalah memungkinkan dua aplikasi berjalan dalam satu tampilan (lebih mudah dikenal sebagai split screen). Fitur ini disebut Samsung sebagai fitur multitask-ready display. Dengan fitur ini, pengguna bisa menonton Youtube sambil mengetik atau sambil berselancar di internet.

Fitur lainnya yang tidak kalah seru adalah fitur sticker pada kamera depan HP ini. Fitur stiker ini bakal membuat foto selfie jadi lebih menarik. Oh yah, kamera depan HP ini sendiri mengusung sensor 8 MP. Terbilang cukup untuk kebutuhan selfie sebenarnya. Tentu tidak bisa dibandingkan hasilnya dengan kamera HP lain yang mengusung selfie sebagai nilai jual utama.

Kekurangan Samsung Galaxy J6

1. Prosesor Kurang Kencang

antutu samsung galaxy J6

* sumber: www.youtube.com

Seperti terlihat di gambar, nilai AnTuTu Samsung Galaxy J6 adalah 58.345. Skor tersebut jelas tidak begitu tinggi sehingga membuat HP ini kurang begitu optimal untuk digunakan main gim. Jeroan Exynos 7870 masih terasa kurang nendang jika dibandingkan HP lain di kelas yang sama dengan mengusung Snapdragon 636.

Kalau menurut channel Youtube Gadgetin, HP yang dibekali dengan RAM 3 GB ini sebenarnya masih terbilang cukup oke untuk digunakan main gim populer, hanya saja tidak optimal. Memang, tampaknya HP ini lebih ditujukan untuk kebutuhan penggunaan smartphone yang tidak terlalu berat.

Bisa dibilang, prosesor octa-core 1.6 GHz Cortex-A53 yang dikombinasikan dengan GPU Mali-T830 MP1 pada HP ini tidak terlalu istimewa. Terlebih jika menilik harga HP ini, pengguna yang lebih mementingkan performa, terutama untuk main gim, cenderung tidak akan melirik HP ini dan lebih melirik HP lain di kelas harga yang sama dengan performa lebih baik.

2. Kamera di Bawah Rata-rata

https://www.youtube.com/watch?v=uGFZVSfIjAY

*

Kamera belakang HP ini mengusung kamera 13 MP dengan bukaan f/1.9. Kalau menurut channel GontaGantiHape, kameranya masih tergolong bisa diandalkan dengan warna dan ketajaman yang baik di kelasnya, hanya saja fiturnya kurang lengkap. Berikut contoh hasil tangkapan kamera 13 MP pada HP ini.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

Kalau melihat hasil fotonya, sekilas hasil fotonya kurang begitu dapat detail yang baik. Warnanya memang cukup tajam tapi terasa kurang oke.

Sebagai pembanding mari simak apa yang dikatakan oleh channel Youtube Gadgetin. Menurut Gadgetin, kualitas foto hasil tangkapan kamera ini tidak berkesan alias kurang bagus. Mode HDR mungkin bisa jadi solusi untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik. Hanya saja secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera HP ini tidak terlalu istimewa.

Dengan asumsi tersebut, bisa dikatakan kalau kualitas foto hasil kamera belakang HP ini memang di bawah rata-rata. HP lain di kelas harga yang sama memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Contohnya jelas Xiaomi Redmi Note 5, Asus Zenfone Max Pro M1, dan Honor 9 Lite.

3. Tidak Mendukung Pengisian Cepat

* sumber: www.youtube.com

Daya tahan baterai HP ini tergolong baik. Sayangnya, waktu pengisian dayanya tidak begitu cepat. Seperti yang ditunjukan oleh channel Youtube Tech Updates yang melakukan pengujian pengisian baterai Samsung Galaxy J6, didapatkan waktu 2 jam untuk mencapai 73% dari 0%. Untuk mencapai penuh, waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam 55 menit.

Hasil yang sama juga didapatkan oleh pengalaman channel Youtube Gadgetin. Berdasarkan pengalamannya mengisi daya Samsung Galaxy J6, hasilnya pengisian daya baterai HP ini memang lama. Waktu yang ditempuh untuk mengisi daya dari 0% sampai 100% ternyata butuh waktu sampai 3 jam. Waktu yang tidak jauh berbeda dengan pengujian yang dilakukan oleh Tech Updates.

Di zaman yang serba cepat ini, pengisian daya yang membutuhkan waktu sampai 3 jam tentu kurang begitu baik. Karena itu, dapat disimpulkan kalau pengisian baterai HP ini termasuk lama dan jadi kekurangan tersendiri.

4. Bodi Plastik

body samsung galaxy j6

* sumber: www.techradar.com

Kelemahan lain dari Samsung Galaxy J6 adalah bodinya yang memakai plastik. Bagi yang menyukai desain cantik dan berbodi menarik, penggunaan plastik pada HP ini jelas adalah nilai minus. Terlebih tidak ada kesan mahal dari balutan bodinya.

Perlu diingat, banyak HP lain yang bahkan lebih mahal masih memakai bodi plastik. Hanya saja mereka melakukan semacam kostumisasi agar bodinya terlihat mewah sehingga tidak terkesan murahan.

Simpulan

Samsung Galaxy J6 adalah HP 2 jutaan yang barangkali hanya dilirik oleh mereka yang butuh HP yang penting Samsung. Merek Samsung harus diakui punya prestise tersendiri. Khusus buat mereka yang mencari HP 2 jutaan dengan spesifikasi terbaik, HP ini jelas bukan pilihannya.

Kalau menilik keunggulan HP ini, Samsung Galaxy J6 tampak menyasar pasar yang spesifik yakni mereka yang butuh HP untuk multimedia. Mereka yang butuh HP dengan tampilan visual dan kualitas audio yang baik. Terlebih, HP ini dijual sepaket dengan headset yang jelas akan menjadi nilai tambah lain untuk calon pembeli. HP ini bisa Anda beli lewat Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment