carisinyal web banner retina

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Seperti yang kita tahu para model di seri Samsung Galaxy M ini banyak peminatnya, ini karena Samsung Galaxy M menyosor pada segmen menengah ke bawah. Selain itu, bisa dikatakan seri Galaxy M sebagai alternatif lain dari seri Galaxy A.

Lini ini lebih berfokus pada aspek kekuatan baterai, kamera, layar, dan performa yang tentunya cocok bagi pengguna yang mempunyai banyak aktivitas. Tepat di awal Februari 2021 seri ini kedatangan Samsung Galaxy M12, yang kabarnya memiliki asupan baterai yang besar, layar yang luas, dan didukung dengan fitur unggulan lainnya.

Apakah rumor tersebut benar? Mari kita buktikan dengan mengupas kelebihan sekaligus kekurangan yang ada di Samsung Galaxy M12. Carisinyal seperti biasa telah merangkumnya untuk kamu, tapi sebelumnya simak dulu spesifikasi dari Samsung Galaxy M12 di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Layar M12
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: Layar sentuh PLS TFT LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Exynos 850 (8nm)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Samsung Galaxy M12

Setelah membaca spesifikasi dari Samsung Galaxy M12 di atas, apakah kamu sudah menemukan tanda-tanda dari kelebihan Samsung Galaxy M12? Kalau belum berikut ini poin-poin dari kelebihan Samsung Galaxy M12 yang wajib kamu ketahui:

1. Kapasitas Baterai Super Besar

Samsung Galaxy M12 Bateri

Siapa sih yang tidak ingin baterainya cepat habis? Untuk menjawab masalah baterai boros, Samsung Galaxy M12 hadir dengan kapasitas baterai berukuran jumbo yakni 5.000 mAh. Perangkat ini juga didukung dengan teknologi pengisian cepat 15W.  Tidak hanya itu, ada beberapa penyesuaian lain yang ada di dalam penutup ponsel seperti port dan sensor komunikasi level standar untuk mendukung perangkat secara akurat.

Dengan dipasok daya yang besar dan teknologi pengisian cepat, Samsung Galaxy M12 mengklaim dapat bertahan setidaknya seharian untuk penggunaan yang intensif, 20 jam untuk berselancar internet via WiFi, 19 jam untuk menonton video, 49 jam untuk menelepon dalam jaringan 4G LTE, dan 92 jam untuk memutar musik.

2. Layar 90 Hz

Galaxy m12

Atraktif, itulah gambaran dari bodi dan layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M12. Bukan tanpa alasan, ini dibuktikan dengan kepemilikan panel bertipekan PLS IPS. Dengan layar tersebut akan memberikan kecerahan, sudut pandang, dan kualitas gambar yang lebih baik.

Penggunanya dapat lebih leluasa menggerakan jari jemari karena ukuran layar yakni 6,5 inci atau memiliki layar-ke-bodi dengan rasio ~81,9%. Selain itu, layarnya sudah mendukung laju penyegaran atau refresh rate 90 Hz. Hal ini membuat ponsel ini menarik karena harganya murah tetapi mendukung layar 90 Hz.

Sementara untuk bodinya, bagian belakang dan samping Samsung Galaxy M12 diracik dengan material plastik sementara untuk area depannya terbuat dari bahan gelas. Bodi dari Samsung ini memiliki dimensi 64 x 75.9 x 9.7 mm, jelas ini cukup besar untuk tampilan luar dan sesuai dengan harganya dipatoknya.

3. Keberadaan Kamera yang Profesional

M12 layar depan belakang

Menyasar kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy M12 tidak segan untuk memanjakan para penggunanya dengan kamera yang luar biasa dan profesional. Perangkat ini menyediakan pengaturan kamera yang sangat baik dengan susunan kamera belakangnya berbentuk persegi.

Konfigurasi dari kamera utamanya terdiri dari lensa primer 48 MP, Ultrawide 5 MP, serta sensor makro dan kedalaman sama-sama berkonfigurasi 2 MP. Dengan ukuran lensa yang besar dan beragam memungkinkan akan menyuguhkan hasil yang berkualitas.

Sementara, untuk kamera depan Samsung Galaxy M12 memberikan resolusi 8 MP yang sudah cukup digunakan berfoto selfie. Keistimewaan lain dari kamera depan ponsel ini yakni disokong dengan fitur HDR (High-Dynamic-Range), yang mampu memberikan pencahayaan lebih baik.

4. Sistem Operasi Terbaru

Mengupas Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12 5

Poin yang satu ini tidak boleh ketinggalan dari daftar kelebihan Samsung Galaxy M12. Bayangkan saja untuk ponsel yang berada di kelasnya, pengguna bisa dilayani dengan sistem operasi teranyar yakni Android 11. Dengan sistem yang telah ditingkatkan ini pengguna akan disambut dengan fitur-fitur terbaru.

Mulai dari fitur privasi yang lebih ketat, dark mode otomatis yang dapat dijadwalkan dan diatur, fitur smart home, dan beberapa fitur-fitur menarik lainnya yang bisa didapatkan dan dialami oleh pengguna Samsung Galaxy M12.

Selain itu, pengguna Samsung Galaxy M12 juga akan dijamu oleh antarmuka OneUI 3.0. Suatu kebanggan karena bisa sejajar dengan seri Galaxy S dan A yang juga mengaplikasikan antarmuka ini. Fitur yang akan kamu temukan di antarmuka 3.0 seperti layar beranda, layar kunci, pemberitahuan, dan panel cepat yang telah ditingkatkan secara visual untuk menyorot informasi penting.

Adapun efek visual yang bisa dirasakan yakni efek redup/buram sebagai fungsi pemberitahuan, membantu pengguna dengan cepat dapat fokus ke hal yang paling penting. Untuk desain ulang widget pun menciptakan layar utama Samsung Galaxy M12 lebih teratur, bersih, dan bergaya.

5. Pilihan Ruang Penyimpanan

RAM ROM

Keunggulan lain yang bisa kamu temui dari Samsung Galaxy M12 adalah pilihan memori dan RAM yang beragam. Hal ini tatkala menjadi kabar baik bagi mereka yang ingin menikmati kecanggihan M12 tetapi sesuai kebutuhan dan dengan dana yang dimiliki.

Samsung Galaxy M12 didukung teknologi eMMC 5.1, yang mampu menyimpan berkas dengan kecepatan tertinggi. Dua slot nano-sim disematkan, bersama dengan slot SD khusus untuk menambah memori eksternal. Di Indonesia sendiri, Galaxy M12 hadirkan varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 G dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Varian RAM 3 GB dijual kisaran Rp1,7 juta dan varian RAM 4 GB dijual kisaran Rp1,9 juta.

6. Kaya dengan Fitur Sensor

sensor sidik jari di samping

Bisa dibilang masih jarang sekali menemukan ponsel pintar yang memiliki sensor sidik jari di sisi ponsel atau side-mounted. Dengan demikian, Samsung Galaxy M12 harus bangga karena telah dibuat dengan sensor sidik jari side-mounted. Sensor sidik jari yang dipasang di pinggir bingkai merupakan sensor kapasitif, yang memiliki kelebihan mudah diakses.

Selain kehadiran sensor Virtual Light Sensing, ponsel ini juga dibekali dengan sensor accelerometer,  yang dapat mendeteksi dan mengukur getaran serta gerakan sebagai contoh saat layar secara otomatis berubah dari mode landscape ke potrait atau sebaliknya. Terakhir, kehadiran sensor proximity yang berguna untuk mengamankan layar sentuh dari sentuhan tidak disengaja.

7. Performa Mumpuni dan Hemat Daya

3. Samsung Exynos 850

Mendapat gelar sebagai ponsel yang multi-tasking, Samsung Galaxy M12 dibekali chipset Exynos 850 dengan proses fabrikasi 8nm yang terbuat dari CPU Octa-core ARM Cortex-A55. Chipset besutan Samsung ini memiliki performa bertenaga mumpuni berkat kecepatan maksimalnya atau clock speed yang mencapai 2 GHz.

Dengan chipset Exynos 850, tidak heran membuat sang perangkat juga lebih hemat daya. Sementara untuk Unit Pemrosesan Grafis (GPU), model Samsung ini telah dipasangkan dengan ARM Mali-G52. Dibandingkan dengan G51, versi ini mengklaim kepadatan kinerja dapat meningkat 30% pada node proses yangs sama sedangkan efisiensi daya memperoleh peningkatan 15%.

Kekurangan Samsung Galaxy M12

Di balik kelebihan, pasti ada kalanya akan bertemu dengan kekurangan. Begitu pun dengan Samsung Galaxy M12 yang juga memiliki kekurangan. Penasaran apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy M12? Langsung saja simak poin-poin berikut ini:

1. Tidak Didukung NFC

NFC Samsung

Di era digital saat ini kehadiran fitur NFC pada ponsel pintar bisa dibilang cukup penting untuk sebagian orang. NFC atau Near Field Communication, fitur yang berfungsi untuk melakukan proses transaksi pembayaran secara online dengan fitur barcode.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk beragam kegiatan yang bersifat digital dengan NFC tag. Sayangnya, pengguna dari Samsung Galaxy M12 nantinya belum bisa merasakan fitur dari NFC ini.

2. Memiliki Bobot yang Berat

2. M12 Kerapatan Piksel

Merujuk pada hasil survey dari GSM Arena, bagi kebanyakan orang bahwa berat ideal sebuah ponsel adalah antara 140 - 170 gram. Senada dengan The Nex Web, menyebutkan bahwa rata-rata berat ponsel pada 2019 yakni 179,3 gram.

Lalu, bagaimana dengan bobot Samsung Galaxy M12? Perangkat ini memiliki bodi yang berat yakni 221 gram. Bahkan jika dibandingkan dengan bobot dari Samsung Galaxy A12 atau M02, perbedaan beratnya sangat jauh. Bagi kamu yang sedang mencari ponsel yang ringan, mungkin Samsung Galaxy M12 bukanlah jawabannya.

3. Layar Tidak Corning Gorilla Glass

Galaxy m12

Bagi kamu yang memutuskan membeli Samsung Galaxy M12, sepertinya harus mengeluarkan dana tambahan untuk melapisi layar dengan anti gores. Sebab Samsung ini belum diselimuti dengan Corning Gorilla Glass, sehingga tidak menutup kemungkinan perangkat dapat lecet pada layar akibat goresan.

Padahal dengan adanya Gorilla Glass akan membuat layar ponsel tampil lebih elegan dan kekinian, juga tentunya menghindari dari benturan dan goresan agar tetap mempertahankan postur tipis.

Simpulan

Bagi kamu yang sedang mencari ponsel dengan harga terjangkau dan spesifikasi lumayan mumpuni untuk kegiatan multi-tasking, Samsung Galaxy M12 bisa menjadi solusinya. Terlebih ponsel ini telah didukung sistem operasi terbaru, konfigurasi kamera yang tinggi, hingga baterai badaknya. Namun, sayangnya masih ada kekurangan misalnya pada layar yang dilengkapi dengan gorilla glass, badannya yang berat, hingga tidak mendukung NFC.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M12. Gimana berminat untuk membelinya? Terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia gadget, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram