Carisinyal / Samsung 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samsung Galaxy M, adalah seri Galaxy dari Samsung yang biasanya fokus pada ketahanan baterai. Hal ini dapat dilihat dari kapasitas baterainya yang biasanya tergolong besar. Salah satunya, adalah Samsung Galaxy M21. Sebuah ponsel yang dijual dengan harga resmi Rp2.999.000.

Samsung Galaxy M21 ini bisa dibilang sebagai penerus dari Samsung Galaxy M20. Sebenarnya ada Samsung Galaxy M20s yang sayangnya tidak hadir resmi di Indonesia. Lantas, seperti apa Samsung Galaxy M21 ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M21 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21

  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci 1080 x 2340 piksel
  • Chipset: Exynos 9611 (10nm)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: MicroSD (Up to 512GB)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy M21

Apa hal menarik yang jadi kelebihan dari Samsung Galaxy M21? Untuk mengetahuinya, silakan simak deretan kelebihan Samsung Galaxy M21 berikut ini.

1. Layar AMOLED yang Bagus

samsung galaxy m21

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy M21 hadir dengan dimensi layar 6,4 inci. Layarnya ini mengusung resolusi 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan layar 403 ppi. Samsung sendiri mengklaim kalau layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan layar maksimal sampai 420 nit.

Yang menarik, Galaxy M21 memakai panel Super AMOLED. Penggunaan panel Super AMOLED ini merupakan peningkatan mengingat Samsung Galaxy M20 hanya dibekali panel PLS TFT. Dengan panel Super AMOLED, tampilan layar ponsel ini tentu memberikan visual yang bagus.

Tampilan layar Super AMOLED di Galaxy M21 tentu tidak sebagus AMOLED yang ada di Galaxy A51 misalnya. Tetapi menurut Smartprix, tampilan visual ponsel ini masih bagus, terutama untuk kebutuhan menonton video. Tampilan visual layar ini bisa dibilang dapat memberikan tampilan yang lebih cerah dengan warna yang lebih mendetail dibandingkan IPS LCD.

2. Daya Tahan Baterai Lama

layar galaxy m21

Samsung Galaxy M21 hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Kapasitas baterai ini masih tergolong langka digunakan, mengingat banyak ponsel yang masih berkutat di kapasitas 4.000 mAh sampai 5.000 mAh.

Dengan baterai 6.000 mAh, jelas Galaxy M21 menawarkan daya tahan baterai yang lama. Menurut Smartprix, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan sampai 2 hari. Tapi hal ini didapatkan karena kondisi karantina akibat pandemi Coronavirus.

Situs Kincir.com, juga mendapatkan waktu sampai 2 hari dalam memakai Galaxy M21 denga penggunaan normal. Jika ponsel digunakan bermain gim dan tethering, daya tahan baterainya hanya kuat seharian. Tapi hasil ini juga menunjukan kalau daya tahan baterai ponsel ini memang tahan lama.

3. Sensor Biometrik yang Cepat

fingerprint samsung galaxy m21

* sumber: gizmomaniacs.com

Samsung Galaxy M21 hadir dengan sensor keamanan atau sensor biometrik pengenalan wajah dan sidik jari. Kedua sensor ini ternyata memiliki respon yang tergolong cepat. Hal ini patut diapresiasi sebagai pembeda, mengingat banyak ponsel lain yang memiliki sensor ini. Hanya saja perbedaannya di bagian kecepatan bacanya saja.

4. Kualitas Kamera Cukup Oke

samsung galaxy m21

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy M21 hadir dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera belakang tersebut adalah kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera efek kedalaman 5 MP. Ketiga kamera ini memang cenderung biasa dan umum digunakan ponsel lain.

Tinggal pertanyaanya bagaimana kualitas kameranya? Untuk melihatnya, simak contoh tangkapan kamera belakang dari Galaxy M21 berikut ini.

hasil tangkapan kamera samsung galaxy m21

* sumber: www.smartprix.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy m21

*Sumber: https://youtu.be/0a0_LfYj7mc

Menurut Smartprix, secara umum, kualitas foto dari Samsung Galaxy M21 ini tergolong bagus. Hasil gambarnya memiliki keterukuran yang baik. Malah, menurut Smartprix, kualitas kamera ponsel ini hampir mirip dengan Samsung Galaxy M31.

Untuk kualitas kamera ultrawide, hasil tangkapannya juga bagus dan luas. Hanya saja hal tersebut didapatkan pada kondisi cahaya yang cukup. Sementara untuk portrait, hasilnya ternyata tergolong bagus dari yang diduga.

Hal sedikit berbeda diungkap situs Kincir. Menurutnya, kualitas kamera Galaxy M21 memang dapat menghasilkan foto yang detail. Bahkan, justru hasilnya tidak terlalu beda jauh dengan Samsung Galaxy A51.

Hal ini berarti sebenarnya kualitas kamera Galaxy M21 secara umum mirip dengan Galaxy M31 dan Galaxy A51. Tapi hanya sekadar mirip tidak menyerupai, yang artinya kualitasnya masih lebih baik Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy A51.

Mengingat Samsung Galaxy M21 dibanderol lebih murah. Hal ini tergolong wajar. Oh yah, kamera depan ponsel ini menawarkan kamera 20 MP. Dan hasil kamera depannya ini menurut Smartprix tergolong bagus. Meskipun kualitas kamera depan Galaxy M31 lebih baik.

5. Mendukung Rekaman Video 4K

samsung galaxy m21

* sumber: gizmomaniacs.com

Kamera belakang Samsung Galaxy M21 memiliki kemampuan yang jarang dimiliki di ponsel lain di kelas harganya. Kemampuan tersebut adalah dukungan rekaman video dengan resolusi 4K. Dengan dukungan resolusi 4K, jelas ponsel ini tergolong dan bisa diandalkan untuk membuat video.


Hanya saja, menurut Smartprix, kualitas rekaman video yang bagus dan maksimal dari ponsel ini adalah resolusi 1080p. Dengan resolusi ini, fitur Super Steady bisa diaktifkan. Fitur ini memungkinkan rekaman video menjadi lebih stabil.

6. Mendukung Streaming HD

samsung galaxy m21

Samsung Galaxy M21 ini sudah mendukung widevine L1. Dengan dukungan widevine L1, jelas membuat ponsel ini dapat menjalankan video HD di layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime. Kemampuan ini tentu jadi keunggulan tersendiri, mengingat tidak sedikit ponsel dari kompetitor di kelas harganya belum punya sertifikasi widevine L1.

Kekurangan Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21 juga tidak luput dari kekurangan. Apa saja kekurangan yang ada di ponsel ini? Berikut daftarnya!

1. Chipset Biasa Saja di Kelasnya

performa galaxy m21

Samsung Galaxy M21 hadir dengan chipset Exynos 9611. Chipset ini terdiri dari prosesor octa core 4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53 dengan pengolah grafis Mali-G72 MP3.

Chipset ini sendiri hadir di beberapa tipe smartphone Samsung lainnya. Sebut saja Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy A50s, Samsung Galaxy A31, Samsung Galaxy M31, dan Samsung Galaxy M30s.

Chipset ini pada dasarnya adalah chipset yang mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi sayangnya, chipset ini kalah dari kompetitor. Perhatikan gambar di bawah ini.

antutu samsung galaxy m21

*Sumber: https://youtu.be/0a0_LfYj7mc

Tampak kalau skor Antutu Galaxy M21 kalah dari Realme 6 yang memakai Mediatek Helio G90T. Realme 6 sendiri dapat dijumpai di toko online dengan harga Rp3 juta lebih sedikit. Ada juga ponsel lain yang memakai Helio G90T dan dijual di bawah Rp3 juta, yakni Redmi Note 8.

Menurut Smartprix, performa dari Galaxy M21 ini memang bukan untuk kebutuhan performa yang tinggi. Chipset ini terasa cukup untuk kebutuhan penggunaan aplikasi sehari-hari yang ringan dan sedang. Situs Kincir juga mengatakan kalau performa dari chipset ini belum masuk kategori istimewa.

2. Desain yang Mirip dengan Saudaranya

samsung galaxy m21

Samsung Galaxy M21 memiliki desain yang bagus dan bobotnya tergolong ringan sehingga mudah digenggam. Sayangnya, bentuk desain ponsel ini secara keseluruhan cenderung mirip dengan ponsel Samsung lain. Sebut saja, Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M30s.

Tidak ada yang salah dengan desain yang mirip sebenarnya. Tetapi tampilan desain mirip ini seolah tidak ada improvisasi yang dilakukan Samsung. Apalagi chipset yang digunakan juga serupa. Hal ini juga berpengaruh pada persaingan harga karena di pasaran, Galaxy M21 ini berada di kelas yang sama dengan Galaxy M31 dan Galaxy M30s, yakni dibawah Rp3 juta.

3. Dukungan Pengisian Cepat yang Biasa Saja

pengisian cepat samsung galaxy m21

Samsung Galaxy M21 hanya dibekali dengan teknologi pengisian cepat 15W. Hal ini membuat kecepatan pengisian ponsel ini cenderung biasa. Tidak lambat memang tetapi biasa saja. Berdasarkan tes pengisian yang dilakukan Kincir, ponsel ini dapat terisi selama 2 jam 30 menit dari 15% hingga 100%.

Situs Smartprix juga mengatakan kalau waktu pengisian daya ponsel ini sampai penuh membutuhkan waktu 2,5 jam. Dan hal ini jelas tergolong cukup lama.

4. Performa Kamera low-light Kewalahan

bodi samsung galaxy m21

* sumber: gizmomaniacs.com

Samsung Galaxy M21 secara umum memang mampu menghadirkan kualitas foto yang baik. Hanya saja untuk kondisi kurang cahaya alias low-light, hasil fotonya kurang memuaskan. Kamera ponsel ini juga tampak “kewalahan” ketika diajak memotret objek di kondisi kurang cahaya.

Simpulan

Samsung Galaxy M21 memang bukanlah ponsel yang sempurna di kelas harganya. Tetapi ponsel ini masih tergolong menarik karena menawarkan di satu hal, video. Ponsel ini dapat diandalkan untuk menonton video HD atau menikmati konten multimedia lainnya.

Samsung Galaxy M21 ini juga tergolong dapat diandalkan untuk merekam video dan cocok dipilih untuk pengguna yang sering merekam video dengan ponsel. Selebihnya, ponsel ini masih kategori ponsel biasa yang hanya jadi pemenuhan alternatif produk di pasaran.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Benar kualitas kamera di kondisi low light benar benar payah. Noise dimana mana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *