Carisinyal / Samsung 2019 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10!

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 April 2019

Samsung kembali merilis HP terbarunya yakni Samsung Galaxy S10 yang tentu saja memberikan kejutan tersendiri bagi para pecinta gadget, khususnya untuk pecinta HP Samsung. Nah, kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 secara eksklusif untuk Anda yang ingin menambah wawasan tentang HP ini.

Bagaimana, Anda penasaran? Mari simak langsung saja pembahasan tentang HP Samsung Galaxy S10, HP Samsung terbaru yang super keren dan menjadi salah satu HP terbaik yang dijual di pasaran saat ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10

  • Chipset: Exynos 9820 Octa (8 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 12 MP + 12 MP + 16 MP
  • Baterai: Li-Ion 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 12.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy S10

1. Desain Premium

Samsung Galaxy S10

HP flagship keluaran terbaru dari vendor asal Korea Selatan ini memiliki desain premium nan mewah. Kover belakang HP ini dilapisi kaca yang sudah diproteksi menggunakan pelindung Gorilla Glass generasi kelima. Frame-nya sendiri terbuat dari aluminum.

Meski kover belakangnya dilapisi kaca, HP ini sama-sekali tidak terasa licin kala dipegang. Anda masih bisa menggenggam HP ini dengan nyaman, lho. Samsung Galaxy S10 tersedia dalam berbagai varian warna, yakni Prism White, Prism Black, Prism Green, Prism Blue, Canary Yellow hingga Flamingo Pink.

2. Layar Super Jernih

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10

Bukan hanya desainnya saja yang premium, layar HP ini juga premium, nih kualitasnya. Yup, Samsung membekali HP andalannya ini dengan layar lebar khas HP kekinian berukuran 6.1 inci. Rasio layarnya sendiri sudah 19:9. Resolusinya 1440 x 3040 piksel dengan kerapatan layar di atas 400 ppi, tepatnya sebesar 550 ppi. Tidak heran, layar HP ini sangat jernih dan ketajamannya juga bagus.

Layar HP dengan bezel tipis dan notch kecil berbentuk tetesan air yang disebut Samsung sebagai Infinity O Display ini sudah mengusung teknologi panel layar terbaru, yakni Dynamic AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung sendiri.

Yup, tampilan layar yang bagus milik HP ini tak lepas dari adanya panel layar Dynamic AMOLED tadi. Oh ya, buat Anda yang suka nonton Netflix dengan mode HDR, Anda patut berbahagia karena HP ini sudah mengantongi teknologi HDR10+, lho.

Tidak cuma bodi belakangnya saja yang dilapisi pelindung Gorilla Glass. Layarnya juga sudah diproteksi dengan menggunakan Corning Gorilla Glass generasi terbaru, yakni Gorilla Glass 6 yang diklaim memiliki ketahanan terhadap goresan yang jauh lebih baik ketimbang versi sebelumnya.

3. Performa Gahar

Kalau sebuah HP flagship tak didukung performa kencang, maka hal tersebut terasa percuma. Nah, bagaimana dengan Samsung Galaxy S10 ini? Apakah performanya kencang? Jawabannya adalah, ya. Mengapa? Karena HP ini sudah mengantongi chipset Exynos 9820 octa yang terkenal sangat powerful.

Carisinyal sudah melakukan geekbench test (single core) pada HP ini. Hasilnya, Samsung Galaxy S10 meraih perolehan skor yang besar, yakni sebanyak 4395.

Selain itu kami juga sudah melakukan geekbench test multi core dan perolehan skornya juga tinggi, yakni sebesar 9647. Nah, kami juga melakukan pengujian untuk mengetahui skor antutu dari HP ini, dan hasilnya, HP ini memperoleh angka di atas 300 ribuan.

Intinya, soal performa, HP ini sudah pasti juara. Mau digunakan main game? Bisa. Untuk keperluan multimedia ataupun menjalankan tugas-tugas ringan? Sudah tentu bisa.

4. Sektor Kamera Mumpuni

Samsung Galaxy S10

Nah, sekarang kita beralih ke sektor kameranya. Samsung Galaxy S10 punya tiga kamera belakang. Masing-masing lensanya terdiri dari lensa wide dan telefoto berukuran 12 MP dan juga satu lensa ultra wide yang berfungsi untuk memotret gambar dengan jangkauan yang lebih luas.

Kamera belakangnya ini sudah didukung dengan berbagai fitur seperti phase detection auto focus atau PDAF hingga optical image stabilizer untuk hasil foto maksimal.  Hasil jepretan kamera belakangnya memiliki detil yang bagus dan tak memiliki banyak noise.

Sementara untuk kamera selfie-nya, Samsung membekali HP ini dengan lensa berukuran 10 MP yang posisinya berada di layar HP itu sendiri, bukan di poni atau notch seperti HP kebanyakan karena HP ini tak memiliki notch sama sekali di bagian layarnya.

Oh ya, kualitas foto yang dihasilkan kamera selfie-nya juga tak kalah bagus dengan yang dihasilkan oleh kamera belakangnya, lho. Pokoknya, kamera depan HP ini sangat cocok untuk berfoto selfie.

5. Daya Tahan Baterai Baik

Penggunaan Baterai di Samsung Galaxy S10

Sekarang, kita bahas soal baterainya. Samsung Galaxy S10 ini punya baterai berkapasitas standar, yakni 3.400 mAh. Namun, berdasarkan pengujian yang kami lakukan, baterai HP ini memiliki daya tahan yang baik dan bahkan dapat digunakan hingga seharian.

Sayangnya, meski didukung dengan teknologi fast charging, untuk mengisi daya baterai dari 0% hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar 105 menit. Cukup lama untuk mengisi daya baterai sebuah ponsel kelas atas,

6. Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy S10

HP Samsung Galaxy S10 adalah salah satu HP yang masuk kedalam jajaran HP dengan ketahanan terhadap air dan debu alias water and dust resistance yang baik. HP ini telah mengantongi sertifikat IP68. Artinya, Samsung Galaxy S10 dapat bertahan dalam air sedalam 1.5 meter selama 30 menit lamanya.

Jadi, kalau HP-nya nyemplung ke dalam air secara sengaja, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Dengan catatan, HP tersebut diambil kembali sebelum mencapai batas waktu kemampuannya untuk bertahan dalam air berakhir.

7. Dilengkapi Audio Jack 3.5 mm

Siapa bilang HP kelas atas nggak boleh punya audio jack untuk terlihat berkelas? Eits, Samsung Galaxy S10 yang masuk dalam jajaran HP flagship ini juga masih punya audio jack berukuran 3.5 mm, kok. Jadi, Anda yang hobi mendengarkan musik melalui earphone atau headphone, tidak perlu khawatir akan kerepotan karena harus memasang konektor USB-C ke audio jack 3.5 mm.

8. Sudah Support USB Tipe-C

Samsung Galaxy S10

Yup, Samsung Galaxy S10 ini sudah didukung dengan port USB tipe-C yang merupakan generasi terbaru, nih. For your information, USB tipe-C sendiri memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya, lho.

Kekurangan Samsung Galaxy S10

1. Slot Hybrid

Samsung Galaxy S10

Sangat disayangkan, HP Samsung Galaxy S10 yang nyaris sempurna ini ternyata juga memiliki kekurangan. Adalah slot-nya yang bertipe hybrid, yang mengharuskan Anda untuk merelakan microSD card jika Anda ingin menggunakan dua SIM Card pada HP ini.

Namun, kalau memori internalnya cukup untuk Anda, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Yah, tapi tetap saja nggak sedikit dari para pengguna ponsel yang membutuhkan penyimpanan ekstra, walau penyimpanan bawaan dari HP tersebut juga sudah sangat amat lega.

2. Sensor Sidik Jari Masih Tergolong Lamban

face unlock fingerprint Samsung Galaxy S10

Satu kekurangan yang dimiliki oleh HP Samsung Galaxy S10 ini adalah sensor sidik jarinya yang masih tergolong lamban untuk sebuah ponsel berkelas. Perlu diketahui, HP ini sudah mengusung sensor sidik jari di layar, lho. Keren, sih, namun sayang, kinerja dari sensor sidik jarinya ini tergolong lamban.

Simpulan

Jika Anda menginginkan HP keluaran terbaru dengan desain premium, layar super jernih, performa ngebut dan lancar hingga kamera yang mumpuni, Anda dapat memilih HP Samsung Galaxy S10 ini.

Kalau Anda kurang puas dengan satu kamera selfie di HP ini, Anda bisa memilih Samsung Galaxy S10+ yang punya dua lensa kamera untuk selfie atau swafoto. Nah, kalau Anda ingin membeli Samsung Galaxy S10 versi lite-nya, Anda bisa menjatuhkan pilihan kepada Samsung Galaxy S10e yang tidak kalah keren dari kedua kakaknya.

Nah, itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10. Kalau Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang HP ini, simak ulasan lengkapnya dalam artikel Review HP Samsung Galaxy S10 dari Carisinyal ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment