Carisinyal / Samsung 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak kemunculan Samsung Galaxy S20 series di tahun 2020, begitu banyak fans yang memberikan reaksi berbeda-beda. Ada yang terkesima, ada juga yang merasa ponsel ini terlalu kemahalan. Nah, sekarang sudah ada Samsung Galaxy S20 FE dengan banderol harga yang lebih bersahabat.

Produk yang satu ini memang dikhususkan untuk para fans, sehingga fitur-fitur yang dipertahankannya memang yang dibutuhkan oleh penggemar merk HP asal Korea Selatan ini. Nah, karena harganya yang murah, sudah tentu ada beberapa pengurangan fitur. Apakah Samsung Galaxy S20 FE alias Fans Edition ini cocok untuk Anda? Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: Super AMOLED 6,5 inci Full HD+
  • Chipset: Exynos 990 (7 nm+)
  • GPU: Mali-G77 MP11
  • RAM: 6 GB / 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB / 256 GB
  • Memori EksternalmicroSD hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 12 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE

Ponsel flagship Samsung ini menghadirkan berbagai macam kelebihan pada sebagian besar parameternya. Anda bisa simak beberapa poin kelebihan Samsung Galaxy S20 FE di bawah ini.

1. Layar Super AMOLED yang Terang

galaxy s20 fe layar

Sebagai salah satu HP flagship yang dielu-elukan Samsung, Galaxy S20 FE ini menawarkan layar yang tentu berkualitas. Ya, Anda sungguh akan merasakan tampilan layar yang tajam dan terang berkat kehadiran panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci pada resolusi Full HD+.

Layar yang mengusung aspek rasio 20:9 ini juga mengantongi sertifikasi HDR10+ yang mampu memberikan rentang dinamis optimal serta tingkat kecerahan layar yang bagus. Baik di dalam ruangan maupun di luar, teriknya silau matahari tidak akan mengganggu visibilitas layar.

Berdasarkan informasi dari GSM Arena, tingkat brightness layar pada Galaxy S20 FE juga sedikit lebih baik dari Galaxy S20 Plus, baik itu saat mode manual maupun Auto. Sementara Galaxy S20 Plus memiliki tingkat kecerahan 379 nits pada mode manual, Galaxy S20 FE lebih unggul di angka 404 nits.

Begitupun pada Auto Brightness dinyalakan, Galaxy S20 FE sanggup meraih tingkat 823 nits yang lebih unggul dari varian Plus yang hanya meraih 797 nits.

Dalam hal multimedia, layar dari perangkat ini pun sudah tersertifikasi Widevine L1 sehingga pengguna pun bisa bebas menonton konten Netflix dan Amazon Video Prime pada resolusi tinggi.

2. Memiliki Rating IP68

galaxy s20 fe ip68

Untuk Anda yang seringkali tidak sengaja menjatuhkan ponsel ke kubangan air, sertifikasi IP Rating pada Samsung Galaxy S20 FE akan sedikit memberikan piece of mind agar tak melulu khawatir HP rusak. Apalagi, karena IP rating yang dimilikinya merupakan yang tertinggi pada industri ponsel, yakni IP68.

Ini artinya ponsel Anda akan terlindungi sepenuhnya dari debu dan air, melindungi komponen pada ponsel agar tidak langsung rusak saat terendam di air pada kedalaman 1,5 meter. IP rating ini juga turut hadir pada seri Galaxy S20 lainnya dan sebuah hal yang patut diapresiasi bahwa rating ini turut dibawa pada Galaxy S20 FE.

3. Laju Penyegaran 120 Hz

galaxy s20 fe 120hz

Ingin pengalaman menonton lebih maksimal? Aktifkan saja mode laju penyegaran tinggi pada Samsung Galaxy S20 FE. Ya, lagi-lagi ini adalah sebuah kelebihan yang juga kembali hadir pada varian murah Galaxy S20 ini.

Dengan mengandalkan laju penyegaran alias refresh rate 120 Hz, kini seluruh pergerakkan yang terjadi pada layar akan dua kali lebih cepat dan mulus. Mata pengguna pun akan terasa dimanjakan dan performa game pun akan mengalami peningkatan dari segi responsivitas.

Menariknya lagi, laju penyegaran 120 Hz ini bukanlah adaptif sehingga Anda tidak perlu khawatir perangkat tiba-tiba menurunkan laju penyegaran ini saat mode 120 Hz diaktifkan.

4. Performa Gaming Bagus

galaxy s20 fe performa chipset

HP flagship sudah otomatis harus menggunakan chipset yang cocok bermain game berat. Galaxy S20 FE ini hadir dalam dua varian, 5G dan LTE. Nah, khusus untuk LTE alias 4G, varian chipset yang digunakan adalah Exynos 990 dengan manufaktur 7nm+. Chipset atau SoC ini mengandung konfigurasi CPU sebanyak 8 inti, didukung juga oleh Mali-G77 MP11 sebagai kartu pengolah grafisnya.

Sayangnya ia tidak seperti varian 5G yang menghadirkan chipset Snapdragon 865. Padahal seperti yang diketahui, Snapdragon 865 ini merupakan salah satu chipset pionir di kalangan flagship. Keputusan pemilihan chipset ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya, Galaxy S20 series lainnya juga pernah membagi produk mereka dalam versi Snapdragon dan Exynos.

Karena Galaxy S20 FE masih tergolong ponsel canggih, ya tentu saja performa gamenya pun sudah bisa diandalkan. Bahkan saat Matthews Tech mencoba bermain game berat seperti Fortnite, COD M, dan PUBG M, perangkat sanggup melahap semuanya pada pengaturan grafis dan frame rate tertinggi.

Menurut GSM Arena, Samsung Galaxy S20 FE ini justru memiliki skor benchmark AnTuTu v8 yang lebih unggul ketimbang varian reguler dan Plus – mendapati angka 543986 poin sementara Galaxy S20 FE meraih skor 525029 dan Plus mencapai angka 500114 poin (keduanya pada mode 120 Hz).

5. Baterai Sangat Awet

galaxy s20 fe baterai awet

Rupanya kapasitas baterai pada Galaxy S20 Plus juga turut dibawa pada seri Fan Edition ini, yakni sebesar 4.500 mAh. Durasi ketahanan baterai ini tentu dipengaruhi dengan laju penyegaran yang diaktifkan, apakah pada mode 60 Hz atau 120 Hz.


Meskipun begitu sebuah YouTuber bernama Mark’s Tech mengungkapkan kalau durasi Galaxy S20 FE pada 120 Hz justru bisa lebih awet ketimbang ponsel-ponsel lain pada 60 Hz.

Pada sebuah video pengujian drain test yang dilakukannya, Galaxy S20 FE mampu menjalankan beragam aktivitas seperti medsos, mengambil video, bermain game berat, dan lain-lain selama kurang lebih 8 jam. Ya, ini adalah durasi screen on time setelah melakukan aktivitas selama 8 jam tanpa henti, dan dilakukan pada laju penyegaran 120 Hz. Sebuah performa baterai yang menakjubkan.

6. Kemampuan Pengecasan yang Lengkap

galaxy s20 fe pengecasan

Kalau yang satu ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi. Samsung memang selalu menambahkan fitur pengecasan yang unggul pada seri flagship-nya, tak terkecuali pada Galaxy S20 FE yang menghadirkan fast charging 25 W. Ada juga fitur-fitur lainnya seperti pengecasan nirkabel dan juga pengisian daya balik secara nirkabel alias reverse wireless charging.

Memang sih, daya wireless charging-nya hanya menggunakan daya 15 W. Juga, untuk mengisikan daya ponsel atau aksesoris lain secara nirkabel, perangkat menawarkan daya pengecasan 4,5 W. Tapi angka-angka tersebut masih terbilang cukup wajar untuk ponsel seharga Rp10 jutaan.

7. Pilihan Warna yang Variatif

galaxy s20 fe warna

Umumnya, warna utama yang ditawarkan oleh Galaxy S20 series lekat dengan nuansa hitam keabu-abuan. Untuk kali ini, Anda tidak akan menemukan warna yang terbilang cukup kaku tersebut, karena sudah tersedia beragam pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan style Anda sehari-hari.

Ada setidaknya enam pilihan warna yang dimiliki Galaxy S20 FE, terdiri dari Cloud Navy atau biru tua, Cloud Lavender yang merupakan ungu muda, Cloud Mint yang menyerupai hijau kebiruan dengan warna yang soft, dan tiga warna lainnya adalah Cloud Red, Cloud White, dan Cloud Orange. Dengan banyaknya pilihan warna ini, Anda bahkan tidak perlu memakaikan soft case untuk tampil unik dan mencolok.

8. Kamera Mumpuni

galaxy s20 fe kamera

Dari segi kemampuan fotografi, perangkat ini menghadirkan kamera utama yang sama dengan Galaxy S20 dan S20 Plus, yakni lensa wide angle berkekuatan 12 MP. Begitu pun dengan kamera ultrawide-nya yang memiliki resolusi 12 MP juga. Yang berbeda adalah ukuran lensa telefoto, di mana seri Fan Edition ini hanya menawarkan resolusi 8 MP alih-alih 64 MP yang dimiliki Galaxy S20 reguler.

Kemampuan perekaman videonya pun berbeda karena Galaxy S20 FE ini hanya mentok di resolusi 4K (60 FPS) sementara Galaxy S20 series lainnya sudah mampu merekam pada resolusi 8K.

Beralih ke kamera depan, Samsung nampaknya memang mendengar permintaan para fans yang menginginkan resolusi kamera depan yang besar. Alih-alih menghadirkan resolusi 10 MP seperti Galaxy S20 series lainnya, Galaxy S20 Fan Edition ini menawarkan lensa 32 MP.

galaxy s20 fe perbandingan kamera

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=4kuKc3aeLnw

galaxy s20 perbandingan kamera night mode

Kalau untuk pemotretan siang hari, Anda akan sulit membedakan hasil fotografi Galaxy S20 FE, S20, dan S20 Plus. Ini menandakan kalau kemampuan fotografi pada Galaxy S20 FE ini memang masih berada pada kelas yang sama dengan saudara-saudaranya.

Perbedaan baru terasa saat pemotretan night mode di mana perangkat condong menghasilkan warna kehijauan. Danny Winget mengatakan kalau hal ini bisa diatasi kalau Samsung mengeluarkan update-an perangkat lunak terbaru.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Terlepas dari berbagai keunggulan di atas, Samsung Galaxy S20 FE rupanya tidak luput juga dari beberapa kekurangan. Cukup wajar mengingat harganya yang lebih murah. Nah, ini dia beberapa kekurangannya sebagai berikut.

1. Hadir dengan Casan 15 W

galaxy s20 fe casan 15w

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ekQzc8erYmc

Meski sebelumnya sudah dibilang kalau Galaxy S20 FE hadir dengan fast charging 25 W, nyatanya perangkat ini hanya di-bundle dengan casan berkekuatan 15 W saja.

Hal ini mungkin dilakukan Samsung sebagai upaya pemangkasan harga, mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga lebih murah walau menawarkan spesifikasi yang sebelas dua belas dengan Galaxy S20 series lainnya.

2. Desain Bodi yang Tidak Premium

galaxy s20 fe desain bodi

Yang menjadi tren pada sekumpulan ponsel flagship adalah bangun rancang bodi yang terlihat berkelas. Namun sayangnya, Galaxy S20 FE ini kurang mampu memberikan kesan berkelas pada desain bodinya. Hal ini terlihat dari bezel di bagian depan yang tergolong cukup tebal. Ukuran bezel ini cukup kentara saat dibandingkan dengan ponsel lainnya dari seri Galaxy S20.

Hal lainnya adalah bentuk sisi layar yang terlihat rata padahal umumnya ponsel flagship itu mengusung curved display. Selain itu, dari segi bahan materialnya pun Galaxy S20 ini hanya terbuat dari plastik polikarbonat yang lebih sering ditemukan pada ponsel entry level. Padahal saudara-saudara lainnya sudah menggunakan material kaca yang lebih menawan dan lebih tahan dari goresan.

Simpulan

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai Samsung Galaxy S20 FE atau yang sering disebut sebagai flagship murah. Dibandingkan dengan Galaxy S20 yang bisa mencapai banderol harga Rp14 juta, Galaxy S20 FE ini lebih menggiurkan karena hanya memiliki harga Rp9.999.000,- saja.

Samsung Galaxy S20 FE juga sudah bisa Anda bawa pulang melalui link ini sejak September 2020, dan hadir dengan segenap keunggulan yang tidak jauh berbeda dari kakak-kakaknya.

Misalnya saja dari segi performa game yang sangat unggul, bermain game dengan chipset Exynos 990 berbalutkan RAM 6 / 8 GB sangatlah lancar. Terutama karena adanya refresh rate 120 Hz yang membuatnya tampil dua kali lipat lebih mulus ketimbang laju penyegaran 60 Hz biasa.

Ini sungguh merupakan sebuah persembahan istimewa dari Samsung yang mendengarkan segala keluh kesah dan saran yang diberikan pada fans vendor ini. Masih menjaga beberapa fitur yang relevan saja, dan mengurangi hal-hal yang dirasa tidak begitu perlu sehingga bisa menekan harga lebih murah lagi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *