Carisinyal / Menyimak Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia E4

Menyimak Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia E4

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2019

Sony memulai tahun 2015 ini dengan merilis perangkat entry level Sony Xperia E4. Smartphone ini sendiri merupakan generasi keempat dari seri E yang pertama kali dirilis beberapa tahun yang lalu. Smartphone ini tampaknya akan menjadi perang dengan harga paling murah yang dirilis Sony pada tahun ini.

Sony Xperia E4 sendiri hadir dengan layar 5 inci; lebih bear dibanding layar 4,5 inci milik Xperia E3. Desain yang diusungnya juga tidak jauh berbeda dengan saudara tuanya tersebut, hanya saja Xperia E4 ini memiliki bodi yang lebih tebal.

Untuk pasaran Indonesia smartphone ini dijual seharga Rp 1.999.000. Yang jadi pertanyaannya, apa harga tersebut layak untuk spesifikasi yang diusungnya? Mari kita simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Sony Xperia E4 ini.

Kelebihan Sony Xperia E4

Tidak mudah memang melihat kelebihan yang ditawarkan oleh smartphone keluaran brand besar di tengah gempuran brand Tiongkok dan Taiwan. Terlebih, Xperia E4 tidak menyuguhkan perubahan radikal dibanding pendahulunya. Lantas apa sajakah yang dapat diunggulkan dari Xperia E4 ini?

  • Performa

Sony Xperia biasanya identik dengan prosesor buatan Qualcomm. Namun beberapa waktu yang lalu mereka mencoba peruntungan dengan prosesor Mediatek pada seri Xperia C. Hasilnya ternyata cukup memuaskan sehingga kini prosesor tersebut juga tersemat di Xperia E4.

kelebihan dan kekurangan sony xperia e4

Sony Xperia E4 menggunakan chipset Mediatek MT6582 dengan prosesor quad core Cortex-A7 1.3GHz dan GPU Mali-400MP2. Spesifikasi tersebut juga akan didukung oleh RAM sebesar 1 GB. Dalam beberapa test, performa yang disuguhkan oleh smartphone ini cukup mumpuni walaupun terdapat kekurangan pada sektor GPU-nya.

Bahkan dalam beberapa tes, smartphone ini justru kalah dari saudara tuanya Xperia E3. Meskipun begitu, secara keseluruhan performanya cukup handal untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

  • Perangkat lunak

Xperia E4 berjalan pada sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dengan tampilan antarmuka khas Sony yang ringan dan sederhana. Ya, banyak orang menyukai smartphone Xperia karena launchernya yang simpel seperti launcher Nexus. Berbagai aplikasi khas Xperia Walkman, Album, dan Movies juga sudah terdapat pada Xperia E4.

  • Kamera
kamera xperia e4

Sampel foto Xperia E4

Kamera milik Sony Xperia E4 sebenarnya tidak bisa dikatakan istimewa, namun tidak juga disebut buruk. Kamera utama sebesar 5 MP miliknya mampu menghasilkan foto yang tidak jauh berbeda dengan ponsel sekelasnya. Namun, kamera tersebut memiliki nilai plus ketika mengambil foto HDR.

Perekaman videonya juga cukup baik. Kamera tersebut mampu merekam video 1080p yang cukup bagus untuk kelas kamera 5 MP. Meskipun masih terdapat noise, namun hal tersebut tidak terlalu mengganggu kualitas videonya.

  • Daya tahan baterai

Sony Xperia E4 dibekali dengan baterai Li-ion sebesar 2300 mAh. Baterai tersebut tertanam di dalam ponsel sehingga Anda tidak bisa mencopotnya. Karena resolusi layarnya tidak terlalu besar, maka kapasitas baterai tersebut sudah cukup untuk menopang daya Xperia E4. Daya tahannya juga akan lebih panjang lagi jika Anda mengaktifkan fitur STAMINA mode.

Pada jaringan 2G, Xperia E4 dapat bertahan hingga 696 jam untuk waktu siaga dan 12 jam untuk waktu bicara. Sedangkan di jaringan 3G, smartphone ini memiliki waktu siaga hingga 653 jam dan waktu bicara 12 jam 40 menit. Selain itu, smartphone ini juga dapat digunakan untuk memutar musik selama 48 jam nonstop.

Kekurangan Sony Xperia E4

Setelah mengetahui berbagai macam kelebihan yang diusungnya, sekarang mari kita bandingkan dengan berbagai kelemahannya. Apa sajakah itu?

  • Layar

Dari segi ukuran, layar Xperia E4 memang lebih besar dibandingkan dengan Xperia E3. Namun, peningkatan tersebut tidak terjadi pada resolusinya. Ya, Xperia E4 tetap mengandalkan resolusi 540 x 960 piksel. Artinya, ketajaman layar smartphone ini berkurang hanya menjadi sekitar 220 ppi saja.

Selain ketajamannya yang berkurang, kontras dari layar ini juga kurang begitu baik ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Terakhir, layar ini juga tidak dilindungi dengan Gorilla Glass sehingga rawan terkena goresan ataupun mudah terkena noda minyak dan lainnya.

  • Speaker
speaker xperia e4

Speaker Xperia E4

Problem lainnya yang dimiliki oleh Xperia E4 adalah kualitas audionya yang di bawah rata-rata. Selain itu penempatan speakernya juga dirasa kurang tepat karena diletakan di bagian belakang bawah tepat di bawah logo Xperia. Jika ponsel diletakan dalam posisi terlentang, maka speaker tersebut sangat rawan untuk tertutupi.

  • LTE

Banyak pengguna yang memberikn acungan jempol kepada Sony ketika meluncurkan Xperia E3. Pasalnya smartphone tersebut sudah dibekali dengan konektivitas 4G LTE meskipun dibanderol dengan harga yang murah.

Sayangnya, dukungan LTE tersebut kini dicabut dari Xperia E4. Bahkan, Sony malah membuat versi baru yang mendukung LTE dengan nama Xperia E4g. keputusan Sony ini tentu merupakan sebuah langkah mundur karena kebanyakan produsen lain justru sedang gencar mempromosikan smartphone 4G mereka.

Simpulan

Dari ulasan kelebihan dan kekurangan Sony Xperia E4 di atas, dapat disimpulkan jika smartphone ini tidak lebih baik dari seri pendahulunya. Meskipun layar Xperia E4 ini lebih besar, namun layar Xperia E3 yang lebih kecil justru lebih tajam dan lebih baik kualitasnya. Selain itu, Xperia E3 juga sudah dibekali dengan konektivitas 4G.

Sony Xperia E4 saat ini dibanderol seharga Rp 1.999.000 untuk versi single SIM dan Rp 2.099.000 untuk versi dual SIM. Dengan harga tersebut, rasanya lebih menguntungkan jika kita memilih Xperia E3 yang saat ini juga dibanderol dengan harga yang sama.

Jika tetap ingin membeli Xperia E4, maka lebih disarankan untuk membeli Xperia E4g. Sebagai informasi, Xperia E4g memiliki layar yang lebih kecil namun chipsetnya lebih baik dan memiliki dukungan 4G. Sayangnya, Xperia E4g saat ini belum tersedia di Indonesia.

Alternatif lain yang dapat Anda pilih adalah Motorola Moto G yang memiliki spesifikasi lebih baik dari Xperia E4, namun harganya tidak jauh berbeda. Namun lagi-lagi, Moto G saat ini cukup susah didapatkan di Indonesia. Alternatif lain, Anda dapat memilih Asus Zenfone 5 yang juga dibanderol pada kisaran harga Rp 2 jutaan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar