carisinyal web banner retina

7 Kelebihan & Kekurangan Tecno Camon 20, HP yang Nyentrik

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Empat HP Tecno Camon 20 Series melenggang secara global pada Mei 2023. Masing-masing adalah Tecno Camon 20 Premier, Tecno Camon 20 5G, Tecno Camon 20 Pro, dan Tecno Camon 20.

Seluruh smartphone memiliki penampilan identik dan tampak menarik. Namun, khusus di artikel ini, yang dibahas adalah Tecno Camon 20 alias model yang paling terjangkau.

Camon 20 ditujukan untuk penggunaan sehari-hari seperti berkirim pesan, browsing, dan streaming. Itulah mengapa SoC yang dipakainya adalah SoC kelas entri MediaTek Helio G85.

Di sisi lain, HP ini punya segudang kelebihan yang bisa mengubah persepsi Anda terhadap sebuah HP kelas entri. Apa saja itu? Silakan cek sendiri pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain nyentrik yang mencuri perhatian
Kamera pendamping kurang sip
Layar AMOLED yang punya sensor sidik jari
Tidak ada fitur penstabilan video
Performa harian lancar
Tidak ada NFC
Konfigurasi memori yang lapang
Kamera depan dan belakang dengan lampu flash
Ada speaker stereo dan audio jack
Baterai besar, pengisian cepat

Jika pemaparan pada tabel di atas kurang jelas, Anda harus membaca artikel ini sampai tuntas! Berikut ini adalah spesifikasi utama Tecno Camon 20 yang bisa Anda tengok terlebih dahulu.

Spesifikasi Tecno Camon 20

Tecno Camon 20
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Camon 20

Tecno Camon 20 bukan sekadar HP kelas entri dengan penampilan menarik. HP ini ternyata membawa fitur-fitur bagus yang mampu meningkatkan pengalaman pakainya.

1. Desain Nyentrik yang Mencuri Perhatian

tecno camon 20

Tecno Camon 20 mengadopsi desain flat yang cukup ngetren sejak kemunculan iPhone 12. Sisi datar dapat dijumpai pada tepi penutup belakang, tepi layar, dan seluruh sisi rangkanya.

Namun, Tecno membuat desain Camon 2 naik kelas dengan dua cara. Pertama, mereka meninggalkan lubang kamera depan ala tetesan air dan beralih ke punch hole. Kedua, Tecno menciptakan corak estetik pada penutup belakang HP ini.

Corak seperti garis-garis berlian itu mereka sebut dengan Tyson Polygon. Dengan corak tersebut, Camon 20 terlihat stand out, khususnya untuk varian warna Predawn Black dan Glacier Glow.

Namun, satu varian warna lain terlihat lebih nyentrik. Adalah varian Serenity Blue. Varian ini adalah yang paling spesial karena menggunakan permukaan ala kulit sintetis. Ia tak meninggalkan noda sidik jari dan mampu menciptakan feel premium saat disentuh.

Desain Camon 20 makin mencuri perhatian karena bodinya termasuk tipis, hanya 7,8 mm. HP ini pun sudah mengantongi sertifikasi IP53, sehingga tahan terhadap debu di seluruh sisi serta tahan terhadap percikan air.

2. Layar AMOLED yang Punya Sensor Sidik Jari

tecno camon 20

Bagian depan Tecno Camon 20 dihuni oleh layar AMOLED dengan bentang layar 6,67 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400). Tak ada masalah perihal detail.

Kanal YouTube TechOverWatch pun menyebut bahwa tampilan yang dihasilkan layar Camon 20 terasa hidup. Sementara itu, kanal YouTube Megalite Unboxing menilai bahwa kecerahan layar HP ini bagus. Pengguna pun tak perlu khawatir saat menggunakannya di bawah lingkungan outdoor.

Intinya, kekhasan panel AMOLED yang unggul dalam hal kontras warna dapat ditemukan di layar HP ini. Layar dengan kontras warna tinggi dapat memanjakan mata khususnya saat menonton video dan main game.

Di sisi lain, layar Camon 20 memang belum mendukung refresh rate tinggi. Angka refresh rate-nya mentok di 60 Hz. Kendati begitu, layar HP ini sudah dipasangi sensor pemindai sidik jari. Hal yang sangat jarang dijumpai di HP kelas entri.

Kecepatan pemindaiannya memang tak secepat HP flagship. Namun, pembacaannya masih cukup akurat. Sensor pemindai sidik jari tetap jadi solusi keamanan paling masuk akal ketimbang face unlock. Pasalnya, fitur ini tidak terpengaruh oleh kondisi pencahayaan sekitar.

3. Performa Harian Lancar

Helio-G85

MediaTek Helio G85 memang bukan SoC yang luar biasa. Kecepatannya dalam membuka aplikasi juga bukan yang terkencang mengingat ia belum mendukung penyimpanan berbasis UFS. Dukungan penyimpanan internal Helio G85 baru sampai eMMC 5.1

Meski begitu, SoC ini sudah mampu membuat performa penggunan harian Tecno Camon 20 cukup lancar. Buka browsing, streaming, dan main media sosial bukan masalah.

Tecno bahkan mengeklaim bahwa Camon 20 mampu menangani 18 aplikasi sekaligus. Kemampuan multi-tasking yang seperti itu bisa didapat karena HP ini juga dibekali RAM 8 GB. Fitur Extended RAM untuk menambah RAM hingga 8 GB tersedia jika diperlukan.

Kemampuan gaming-nya pun lumayan. Setidaknya Tecno Camon 20 bisa menjalankan beberapa game populer. Dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Tech OverWatch, HP ini bisa menjalankan Call oF Duty Mobile dengan lancar pada setelan grafis menengah.

Game lain seperti Mobile Legend dan Asphalt tentunya bisa dijalankan dengan lancar oleh Camon 20. Adapun Helio G85 yang dipakai HP ini memiliki komponen utama delapan inti CPU dan GPU Mali-G52 (2 execution unit; 1 GHz).

CPU Helio G85 disokong dua inti Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam inti Cortex A55 (1,8 GHz). SoC yang dibikin dengan fabrikasi 12 nm ini belum mendukung konektivitas 5G karena hanya memiliki modem 4G.

Sebagai informasi tambahan, pengujian yang dilakukan kanal YouTube Megalite menunjukkan skor AnTuTu 9 Camon 20 menyentuh 255.324.

4. Konfigurasi Memori yang Lapang

tecno camon 20

Tecno Camon 20 cukup terbantu dengan RAM 8 GB yang cukup besar. Berkat RAM besar, kemampuan multi-tasking HP ini cukup baik. RAM besar juga membantu mempercepat loading saat main game, serta memperpanjang usia pakai sebuah HP.

RAM 8 GB itu dipasangkan dengan penyimpanan 256 GB. Jadilah Camon 20 punya konfigurasi memori yang lapang. Kapasitas penyimpanan 256 GB sudah lebih dari cukup. Anda bisa memasang beragam aplikasi, game, menyimpan foto, video, dan berbagai file.

Andai 256 GB kurang, Anda bisa memanfaatkan slot microSD yang tersedia di HP ini. File seperti foto dan video bisa Anda pindahkan ke microSD sehingga memori internal jadi longgar.

5. Kamera Depan dan Belakang dengan Lampu Flash

tecno camon 20

Tecno Camon 20 dibekali dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Tiga kamera belakang itu terdiri atas kamera utama 64 MP (f/1.7), sensor kedalaman 2 MP (f/2.4), dan lensa AI (f/2.0). Sementara itu, kamera depannya punya resolusi 32 MP (f/2.45).

Di kamera belakang ada lampu flash dengan bentuk lingkaran. Di kamera depan juga ada lampu flash kecil. Keberadaan lampu flash di kamera depan merupakan kekhasan yang dimiliki HP Tecno dan Infinix. Adapun untuk perekaman video, baik kamera utama dan kamera depan bisa mencapai resolusi 2K 30 fps.

Sampel foto yang ditunjukkan kanal YouTube Megalite Unboxing dan Tech OverWatch membuktikan bahwa tangkapan kamera Camon 20 cukup baik. Foto tangkapan kamera utama dan kamera depan tajam dengan warna yang natural.

Warna kulit pun dapat direpresentasikan dengan baik. Rentang dinamisnya juga oke karena cukup mampu membedakan area gelap dan terang. Hasil foto yang bagus berlaku pada kondisi cahaya yang cukup.

Bagaimana dengan kemampuan low light-nya? Asalkan mengaktifkan mode malam, detail tetap bisa disajikan dengan baik. Warnanya pun masih enak dilihat.

tecno camon 20Sumber: Tech OverWatch
Kamera utama
tecno camon 20Sumber: Tech OverWatch
Kamera depan

6. Ada Speaker Stereo dan Audio Jack

tecno camon 20

Tecno Camon 20 cocok digunakan sebagai teman menonton film. Alasannya ada dua: punya layar AMOLED dan ada speaker stereo. Kualitas tampilan layar AMOLED HP ini sudah dibahas di poin kedua. Lantas seperti apa dengan speaker-nya?

Menurut kanal YouTube Megalite Unboxing, keluaran suaranya cukup lantang dengan kualitas yang memadai. Tecno mengeklaim, speaker stereo Camon 20 mampu sajikan elemen bass dengan baik. Terlebih teknologi DTS juga sudah disuntikkan.

Namun, jika pengguna merasa kurang puas, masih ada audio jack 3,5 mm yang bisa dimanfaatkan. Ya, HP ini punya audio jack untuk mencolokkan headset/earphone kabel. Letak audio jack ada di sisi bawah ponsel.

7. Baterai Besar, Pengisian Cepat

tecno camon 20

Tecno Camon 20 dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang umum untuk HP masa kini. Kapasitas ini cukup untuk menjaga nyala HP hingga sehari penuh. Namun demikian, gaya pemakaian pengguna juga berpengaruh terhadap daya tahannya.

Baterai yang besar tersebut didukung dengan teknologi pengisian cepat 33W. Secara teori, pengisian cepat 33W mampu membuat pengecasan baterai 5000 mAh menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Ini tergolong cukup cepat.

Hanya saja, charger yang disertakan dalam paket penjualan cuma memiliki daya 18W. Dengan charger itu, durasi pengisiannya jelas akan lebih lama.

Kekurangan Tecno Camon 20

Tecno Camon 20 cukup menarik jika Anda menginginkan HP kelas entri yang tidak biasa-biasa saja. Meski begitu, tidak semua hal menarik bisa disajikan pada HP ini. Beberapa alasannya ada di bawah ini.

1. Kamera Pendamping Kurang Sip

tecno camon 20

Kamera depan dan belakang Camon 20 mampu hasilkan foto yang oke. Foto yang dihasilkan punya warna yang tidak lebay dan siap diunggah langsung ke media sosial tanpa edit sekalipun.

Yang jadi masalah adalah kamera di HP ini tidak punya opsi untuk Anda yang suka neko-neko. Misalnya, ingin memfoto dengan sudut yang lebar atau memfoto dari jarak jauh. Pasalnya, tidak ada kamera ultrawide ataupun kamera tele di HP ini.

Kamera pendamping kamera utama milik Camon 20 bisa dibilang sebagai penghias sisi belakang saja. Dua kamera itu, sensor kedalaman dan lensa AI, bisa dibilang sedikit sekali andilnya. Tanpa kedua kamera itu, kamera utama Camon 20 sebenarnya sudah mampu hasilkan foto yang apik.

Ketiadaan kamera pendamping yang pas buat kamera utama masih bisa dimaklumi untuk HP di kelas harga terjangkau. Pasalnya, ini adalah salah satu siasat yang diambil Tecno untuk memangkas harga jual, sekaligus mempercantik sektor lain yang lebih esensial.

2. Tidak Ada Fitur Penstabilan Video

tecno camon 20

Masih di sektor kamera, Tecno Camon 20 tidak punya fitur penstabilan rekaman video. Dalam sampel yang ditunjukkan para penguji, videonya tampak goyang. Cukup disayangkan memang mengingat kualitas rekamannya sudah cukup baik. Warnanya tidak kusam dan gambar tidak patah-patah.

Absennya fitur penstabilan video jelas karena Camon 20 tidak memiliki sensor giroskop. Selain untuk mengarahkan karakter saat main game, giroskop juga berfungsi untuk mengirimkan data kemiringan kepada SoC. Data kemiringan itulah yang jadi bahan untuk melakukan kompensasi getaran pada perekaman video.

Oleh karena itu, jika ingin menjadikan Camon 20 sebagai perangkat content creation, sangat disarankan untuk membeli alat tambahan yang bisa membantu menstabilkan rekaman video. Alat tambahan itu seperti tripod atau gimbal.

3. Tidak Ada NFC

oppo a1 pro 5g

NFC penting buat masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan. Mereka memanfaatkan NFC di HP untuk melakukan pengecekan dan pengisian saldo e-money. Sayangnya, NFC masih absen di Tecno Camon 20.

Jika ingin membeli HP Tecno yang ada NFC-nya, ada beberapa opsi yang bisa Anda lirik. Misalnya, Tecno POVA 4 Pro, Tecno Spark 10 NFC, dan Tecno Camon 19 Pro.

Simpulan

Tecno Camon 20 bukan HP kelas entri kaleng-kaleng. Tecno coba membuat HP ini naik kelas dengan memberi fitur yang mampu meningkatkan pengalaman pengguna. Desain HP ini kece, terutama varian Serenity Blue yang punya permukaan ala kulit sintetis.

Kualitas tampilan, suara, foto, pun bagus di kelasnya. Makin keren lagi, Camon 20 punya memori besar, sensor sidik jari di layar, audio jack, dan dukungan pengisian cepat pada baterai 5000 mAh-nya. Ditambah lagi performanya masih mumpuni untuk penggunaan sehari-hari

Kelemahan HP 4G ini krusial di HP ini hanya soal perekaman video yang tak punya fitur penstabil, tidak ada kamera ultrawide, dan belum punya NFC. Jika Anda bukan orang yang suka merekam video dan tidak sering memakai kartu e-money, sah-sah saja menjadikan Tecno Camon 20 sebagai HP andalan.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram