carisinyal web banner retina

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 3 November 2021

Tecno merupakan brand yang umurnya terbilang muda di Indonesia. Ia dikenal dengan produk-produknya yang memiliki layar lebar dan spek yang unggul pada segmen harga entry-level. Brand yang merupakan anak perusahaan dari Transsion Holding ini masih satu rumpun dengan Itel dan Infinix.

Beberapa produknya terbilang unik, seperti smartphone 1 jutaan yang sudah pakai NFC (Tecno Spark 7 NFC) hingga HP 2 jutaan dengan dapur pacu gahar dan baterai jumbo 7.000 mAh (Tecno Pova 2). Nah, kali ini, Anda pun disuguhkan dengan Tecno Spark 6 Go 2021 yang juga memiliki value for money yang tinggi di kelasnya.

Ini adalah sebuah produk refresh dari Tecno Spark 6 Go yang diluncurkan pada tahun 2020. Berbagai speknya tetap sama, namun ada beberapa perubahan di bagian pencitraan dan juga desain bodi. Di harganya yang nyaris 1 juta pas, bersediakan Anda menjadikannya sebagai daily driver? Yuk, ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Spesifikasi Tecno Spark 6 Go 2021

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 1
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio A20
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Tecno Spark 6 Go 2021

Ponsel ini dijamin cocok sebagai HP pertama yang dimiliki oleh anak Anda. Meski harganya murah, tapi ia masih mampu menjalankan beragam aktivitas dasar, bahkan lebih dari itu. Penasaran? Langsung saja simak poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Hadir dengan Fingerprint Scanner

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 3

Kehadiran ponsel dengan harga yang begitu terjangkau tentu menjadi solusi bagi calon konsumen dengan budget terbatas. Namun sayangnya, hal ini kerap kali berimbas pada fitur yang minim, contohnya pada absennya fitur pemindai jari untuk membuka kunci layar secara praktis dan aman.

Pada Tecno Spark 6 Go 2021, untungnya pengguna tetap bisa menikmati sensor berguna tersebut. Kendati punya banderol harga 1 jutaan, Tecno masih menyuguhkan fingerprint scanner di bodi belakang agar pengguna tidak perlu memasukkan PIN atau kata sandi setiap ingin menggunakan ponsel.

Ini tentu sebuah hal yang sangat patut diapresiasi, mengingat jumlah HP yang tawarkan sensor sidik jari di harga 1 jutaan masih bisa dihitung dengan jari.

2. Punya Layar Berukuran Besar

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 5

Tecno Spark 6 Go 2021 mungkin terbilang ponsel ala kadarnya yang hanya cocok untuk penggunaan dasar seperti SMS dan telepon. Akan tetapi, mengingat ponsel tersebut menghadirkan layar cukup besar, Anda pun dapat menikmati kegiatan streaming dengan khusyuk.

Layarnya memiliki bentang diagonal 6.52 inci pada panel IPS LCD. Perangkat yang sangat affordable ini memiliki layar yang berjalan pada resolusi HD Plus alias 720 x 1600 piksel. Resolusi tersebut memang sangat umum untuk HP 1 jutaan. Rata-rata HP dengan resolusi Full HD Plus (1080p) memang baru bisa Anda temukan pada HP 2 jutaan,

Selain itu, layar perangkat juga memiliki aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel sebesar 269 ppi. Kesemuanya ini semakin terlihat menyenangkan berkat desain layar berponi tetesan air (waterdrop notch) sebagai "rumah" bagi kamera depan. Alhasil, perangkat inipun disinyalir memiliki aspek perbandingan bodi ke layar yang cukup tinggi yaitu sekitar 81,2 persen.

3. Dukungan Slot MicroSD Terdedikasi

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 7

Apakah Anda berniat memindahkan microSD dari perangkat lama Anda ke perangkat yang baru? Tentu hal ini hanya bisa diwujudkan jika perangkat baru mendukung pemasangan memori eksternal, contohnya ya seperti Tecno Spark 6 Go 2021 ini.

Selain mendukung penyelipan dual SIM Card, Anda pun bisa memasukkan memori eksternal pada slot yang terpisah. Kapasitas maksimal yang didukung pun cukup besar, yakni 256 GB.

Anda kini tidak perlu lagi menyimpan file-file foto atau video pada memori internal. Biarkanlah memori internal hanya menampung aplikasi, agar jumlah aplikasi dan game yang ditampung pun jadi lebih banyak.

Di saat Anda sedang berada dalam kondisi urgent dan butuh memasukkan microSD secepatnya, Anda dijamin akan sangat mengapresiasi mekanisme pemasangan kartu di Tecno Spark 6 Go 2021.

Pasalnya, ketiga slot terdapat di belakang bodi. Anda hanya perlu melepas cangkang belakang jika ingin mencabut atau memasangkan kartu. Tanpa membutuhkan pin ejector sama sekali.

4. Memakai Android Go Edition, Jadi Lebih Ringan dan Gesit

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 9

Tecno Spark 6 Go 2021 memang hanya membawakan kapasitas RAM yang sedikit, yakni 2 GB. Otomatis, hal ini mungkin membuat banyak calon konsumen khawatir soal kinerjanya dalam menjalankan aplikasi. Pasalnya, RAM 2 GB dianggap terlalu sedikit untuk bisa menunjang kebutuhan harian dengan lancar.

Untuk menyiasati hal tersebut, perangkat ini dikemas dengan sistem operasi Android 10 (Go Edition) berbasiskan HiOS 6.2 yang disinyalir dapat membuka aplikasi 15 persen lebih cepat dibandingkan Android edisi biasa. Belum lagi, ekosistem yang dibentuknya pun sangat mendukung untuk perangkat dengan RAM 2 GB ke bawah.

Misalnya saja saat Anda mengakses Google Play Store, sistem akan mengarahkan Anda untuk mengunduh versi Go Edition dari aplikasi-aplikasi first party seperti Maps Go, Camera Go, YouTube Go, dan sebagainya. Sejatinya, aplikasi-aplikasi ini punya ukuran yang lebih kecil, juga dengan fitur-fitur esensial yang lebih simpel digunakan.

Karena aplikasi punya file lebih kecil, artinya mereka tidak akan terlalu banyak memakan ruang memori internal. Juga, Anda pun dapat membuka lebih banyak aplikasi dalam sekali waktu tanpa terjadi isu force close.

Secara fitur, Android Go Edition dan versi biasa tidak banyak berubah. Hanya ada beberapa pengurangan fitur yang tidak terlalu signifikan, contohnya adalah absennya fitur picture-in-picture pada Android Go Edition.

5. Baterai 5000 mAh yang Awet

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 11

Ada beberapa hal yang membuat baterai Tecno Spark 6 Go 2021 begitu awet. Pertama, karena ia menggunakan layar dengan resolusi HD Plus yang lebih hemat daya. Kedua, karena mengantongi kapasitas baterai 5000 mAh yang terbilang besar.

Penggunaan Android Go Edition yang ringan juga membuat ponsel hanya membutuhkan sedikit daya untuk menjalankan aplikasi ataupun sekadar bernavigasi. Toh, jumlah aplikasi yang bisa dibuka dalam sekali waktu juga lebih terbatas dibandingkan HP-HP di kelas harga lebih tinggi. Ini pun menyebabkan baterainya jadi lebih awet, bukan?

Baterai Tecno Spark 6 Go 2021, dilansir dari The Times of India, diklaim dapat bertahan lama berkat fitur penghematan daya. Lanjutnya lagi, HP inipun disinyalir bisa bertahan hingga 36 jam pada mode stand by. Tecno Spark 6 Go 2021 ini juga dinilai awet saat menjalankan beberapa aktivitas seperti menelepon (27 jam), pemutaran video (21 jam), serta web browsing (21 jam).

Sedangkan untuk fitur pengisian dayanya, HP ini sayangnya hanya mendukung pengecasan 10 W saja dengan charging port microUSB 2.0. Anda pun disinyalir hanya dapat mengisikan baterai ini dalam waktu kurang lebih dua setengah jam hingga tiga jam.

6. Pengalaman Gaming yang Mengasyikkan

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 13

Tecno Spark 6 Go 2021 boleh jadi merupakan ponsel entry level. Tapi bukan berarti ia tidak hadir dengan fitur optimasi game. Secara kinerja, ia didukung dengan chipset Mediatek MT6761D Helio A20 yang dibangun pada fabrikasi 12 nm serta membawakan kartu pengolah grafis PowerVR GE8320.

Secara konfigurasi prosesor, chipset ini dikemas dengan kombinasi delapan inti yang terdiri dari empat buah Cortex A53 berkekuatan 1,8 GHz, serta empat unit Cortex A53 dengan frekuensi 1,5 GHz. Dari segi face value, ini adalah spesifikasi chipset yang terbilang kentang, terlebih jika Anda berniat menggunakan ponsel ini untuk bermain game berat.

Akan tetapi, manajemen kinerja ponsel ini terbilang baik. Berdasarkan pantauan kami dari video yang diunggah FlashGadget, perangkat ini masih bisa memainkan PUBG M dengan pengaturan mentok di Balance - Medium.

Saat dimainkan pada pengaturan Smooth - Medium, permainan berjalan dengan cukup lancar tanpa terlihat adanya lag. Tampaknya frame drop hanya terjadi sesekali saat pada adegan yang cukup intens.

PUBG M saja sudah kuat, artinya ia pun bisa memainkan game lain yang lebih ringan seperti Pokemon Unite dan MLBB. Di sisi lain, jangan coba-coba mainkan Genshin Impact, ya! Sudah pasti tidak akan kuat.

7. Desain Bodi Unik

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 15

Salah satu yang membedakan Tecno Spark 6 Go 2021 dengan yang edisi 2020 adalah desain bodinya. Kini, perangkat dikemas dengan desain bodi belakang yang lebih unik dan berestetika. Edisi sebelumnya tampak seperti HP biasa pada umumnya dengan tekstur glossy. Namun kini edisi 2021-nya mengusung bodi yang hadir dengan corak-corak bergaris.

Tecno Spark 6 Go 2021 ini memiliki modul kamera belakang yang dibuat seperti ponsel-ponsel premium pada umumnya, alias tidak lagi berbentuk vertikal seperti yang umum dimiliki oleh ponsel murah lainnya. Bodinya memiliki dimensi 165.6 mm x 76.3 mm x 9.1 mm dengan bobot seberat 193 gram.

Tambahan corak di belakangnya pun membuat noda bekas sidik jari sulit menempel pada bodi. Jika dilihat dari laman penjualan resmi di marketplace Indonesia, Tecno Spark 6 Go 2021 ini tersedia pada dua varian warna yaitu Maldives Blue dan Horizon Orange.

8. Hasil Fotografi yang Cukup Oke di Harganya

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 17

Tecno Spark 6 Go 2021 memang hanya dilengkapi dengan Dual AI Camera 13 MP di belakangnya, tanpa keberadaan sensor ultrawide, makro, depth, ataupun yang lainnya. Namun hasil fotonya tetap terbilang bagus untuk di harga 1 jutaan.

Sensor utamanya memiliki kekuatan 13 MP dengan bukaan f/1.8, turut hadirkan fitur autofokus. Sedangkan pada sensor keduanya, tidak diketahui berapa resolusinya. Algoritme lensa kamera belakangnya diketahui mampu mengenali sebanyak 18 adegan yang berbeda. Anda pun disuguhkan Dual LED Flash, mode panorama, serta mode HDR.

Adapun di bagian depannya, tersemat lensa selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang juga dibekali LED Flash untuk memberikan exposure tambahan saat selfie di tempat gelap. Resolusi perekaman video melalui rear camera yang didukung adalah hingga 1080p pada frame rate 30 FPS. Namun tidak diketahui dukungan resolusi rekaman video pada kamera depan.

Melihat dari sampel-sampel foto di atas, Tecno Spark 6 Go 2021 rupanya merupakan ponsel dengan performa yang tidak buruk-buruk amat di harganya.

Bahkan ia masih bisa menghasilkan detil dan ketajaman baik pada kondisi pencahayaan baik. Kualitas foto cukup menurun drastis pada saat pencahayaan redup, tapi masih terbilang layak. Terlebih untuk seukuran HP 1 jutaan.

Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021

Mengingat harganya yang super ekonomis, tentu wajar jika Tecno Spark 6 Go 2021 memiliki beberapa kekurangan. Apa sajakah kekurangan tersebut? Simak poin-poin berikut ini.

1. Tidak Mendukung WiFi 5

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 23

Rasanya tidak lazim jika smartphone tidak terhubung pada internet setiap saat. Oleh karena itu, produsen smartphone berbondong-bondong hadirkan teknologi internet terkini dengan kecepatan dan stabilitas yang ditingkatkan. Contohnya saja seperti hadirnya 5G dan WiFi 6 pada perangkat di kelas harga flagship.

Akan tetapi, nyatanya Tecno Spark 6 Go 2021 cukup ketinggalan dalam hal konektivitas. Ia hanya dapat terhubung dengan pita jaringan wireless 2,4 GHz saja (Wi-Fi 802.11 b/g/n). Sehingga jika Anda menggunakan router WiFi 5 (5 GHz) di rumah, ya ponsel ini tidak dapat mendeteksi jaringan tersebut.

Namun bukan berarti ponsel ini sepenuhnya buruk, ya. Setidaknya Anda masih bisa menjadikannya sebagai Hotspot WiFi untuk membagikan jaringan internet ke laptop, PC, ataupun perangkat lain. Juga, tersedia fitur Bluetooth 4.2 yang mencakup A2DP untuk kemudahan transfer data dan penggunaan aksesoris audio nirkabel.

Tecno Spark 6 Go 2021 juga turut hadir dengan A-GPS, FM Radio, Dual SIM LTE, serta sensor-sensor lainnya seperti proksimitas, akselerometer, dan sensor pemindai sidik jari di belakang.

2. RAM dan Memori Internal Kecil

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 6 Go 2021 25

Sebelumnya sempat disinggung bahwa HP ini berjalan pada sistem operasi Android Go yang lebih efisien. Itu mengapa, HP ini tetap relatif cepat saat digunakan meski punya RAM kecil. Namun tahukah Anda? RAM 2 GB (LPDDR3) dengan memori internal 32 GB (eMMC 5.1) miliknya akan tetap terasa lamban jika menggunakan banyak aplikasi sekaligus.

Dan apabila Anda membutuhkan ponsel harga ekonomis yang punya RAM dan memori internal lebih besar, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit lebih banyak budget untuk mendapatkan Advan G9 yang menawarkan RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB.

Simpulan

Tecno Spark Go 2021 hanya dibanderol dengan harga rilis Rp1.199.000,- (MSRP). Di harganya yang semurah ini, ponsel sudah dilengkapi dengan Face Unlock dan fingerprint scanner. Selangkah lebih maju dibanding rivalnya di harga yang sama.

Anda yang terpentok budget pun tetap bisa dapatkan HP yang layak dijadikan sarana gaming. Meski berbekal dapur pacu yang terhitung sederhana, HP ini tetap layak digunakan push rank pada game eSport seperti Mobile Legends. Jika Anda rela berkompromi soal grafis, PUBG M pun bisa Anda mainkan dengan frame rate yang playable.

Soal fotografi, Anda mungkin tidak ingin menjadikan ponsel ini untuk hasilkan foto-foto profesional. Namun, kemampuan kameranya tetap saja terbilang layak di harganya. Kalau untuk sekadar mengambil dokumentasi sebuah acara atau untuk disebarkan di Instagram, Tecno Spark Go 2021 ini terbilang memadai.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram